Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 116 membahas soal mengenai manfaat hidup rukun. Tema 9 Halaman 117 mengenai meniru gerakan tari daerah. Berikutnya di halaman 119 mengenai mementaskan pola lantai tari kreasi daerah.
Kunci jawaban tematik kelas 5 ini pun dilengkapi dengan bahan pembelajaran dan gambar-gambar yang menarik seperti yang terdapat di buku tematik pelajar tema 9 subtema 2 pembelajaran 6. Berikut ini kunci jawaban dan bahan pembelajaran tema 9 kelas 5 kurikulum 2013.
Baca pun :
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9
- Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 5 SD
- Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 6 SD
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 113, 114, 115, 116, 117, 119
Udin pandai dan hobi melukis. Udin melukis pesona wisata Bali. Udin melukis penari kecak seperti yang terdapat di iklan televisi “Pesona Indonesia”.
Lukisan Udin seperti gambar nyata. Tak lupa Udin menuliskan “Pesona Indonesia” di lukisannya. Setiap lukisan Udin selalu mendapat pujian, bagus dari pendidik maupun teman. Orang tua Udin bangga dengan kepandaian Udin melukis.
Ayo Mengamati
Perhatikan hasil lukisan dan tulisan Udin mengenai tempat-tempat wisata yang terdapat di Pulau Bali seperti berikut.
1. Begitulah penyajian isi iklan elektronik secara visual yang dikerjakan oleh Udin. Udin memvisualkan iklan elektronik mengenai “Pesona Indonesia Visit Bali”.
2. Banyak tempat wisata di pulau Bali yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Ada dua tempat yang diiklankan via Pesona Indonesia Visit Bali, yaitu Ubud dan Pantai Kuta. Banyak tempat wisata lainnya di Pulau Bali yang dapat dikunjungi.
Contohnya: Pura Tanah Loterijlot, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Lovina, Pura Besakih, Pura Uluwatu, Pantai Jimbaran, Sangeh, Tanjung Benoa, Danau Batur Kintamani, Tari Kecak Uluwatu, Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Arung Jeram Sungai Ayung, dan Pantai Sanur.
Semua itu ialah sebuah kekayaan Indonesia yang patut disyukuri dan dibanggakan oleh segenap bangsa Indonesia.
Begitulah format kesimpulan isi iklan elektronik yang disajikan Udin secara tertulis. Berikutnya, Udin mempresentasikan hasil kesimpulannya secara lisan di depan kelas. Di depan kelas, Udin dengan tenang menyebutkan tempat- tempat wisata di Bali.
Ayo Berlatih
Kini coba kamu pilih diantara iklan di televisi. Gambarlah benda-benda yang terdapat di iklan televisi. Berikutnya, bikin kesimpulan tertulis isi iklan yang kamu pilih di lembaran kertas.
Presentasikan hasil kesimpulanmu secara lisan di depan kelas. Bapak/Ibu Pendidik akan menilai hasil kesimpulan isi iklanmu tersebut.
Isi dan Kesimpulan dari Iklan :
Tari Kecak ialah sebuah tarian adat Bali. Tari Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu dengan kedua lengan diangkat. Gerakannya serempak dan kompak.
Kekompakan gerakan di tarian Kecak mengandung ritual agama. Selain itu pun mencerminkan kebersamaan dan kerukunan. Kebersamaan dan kerukunan tak hanya di tari Kecak. Akan tetapi, pun di kehidupan di keluarga, sekolah, masyarakat, dan bangsa. Kebersamaan dan kerukunan urgen di mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 9 Halaman 114
Ayo Berlatih
1. Hidup rukun artinya saling menghormati, saling menolong, dan saling menyayangi. Hidup rukun hendaknya dilakukan bagus di lingkungan rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Bagaimana kamu mewujudkan kerukunan dikala di rumah, di sekolah, dan di masyarakat lingkungan tempat tinggalmu? Uraikan di kolom berikut.
- Dengan menjaga secara seimbang antara hiel dan kewajiban tiap anggota keluarga di rumah
- Dengan mengutamakan kepentingan keluarga di atas kepentingan pribadi
- Menyamakan persepsi di memperjuangkan tujuan bersama di keluarga
- Meningkatkan keakraban di keluarga
- Meningkatkan kualitas komunikasi antara anggota keluarga
- Menjalankan manfaat masing-masing anggota keluarga dengan penuh tanggung jawab
- Saling menghormati dan menyayangi antar anggota keluarga
- Tak membeda-bedakan teman sekolah karena agama, suku, ras atau status sosial
- Saling menghormati dan menghargai antar teman sekolah
- Pelajar yang lebih tua melindungi pelajar yang lebih muda, pelajar yang lebih muda menghormati pelajar yang lebih tua
- Sikap saling tolong menolong antar teman sekolah
- Menanamkan di diri sendiri, bahwa perbedaan yang terdapat di sekolah yaitu suatu anugerah
- Dengan menghargai hasil karya teman
- Dengan menghargai pendapat teman lain
- Membiasakan tersenyum dan saling menyapa dikala berjumpa dengan teman/tetangga sekitar
- Turut aktif mengikuti kegiatan yang diadakan oleh masyarakat sekitar seperti kerja bakti, rapat warga, dan lain-lain
- Menolong tetangga yang mempunyai kegiatan tertentu/hajatan
- Menghargai dan menghormati tetangga yang berbeda agama, suku, ras
- Mengutamakan musyawarah mufakat di mengambil keputusan yang berhubungan dengan masyarakat
- Meningkatkan sikap kekeluargaan dan gotong royong di kehidupan bermasyarakat
- Saling menghormati pendapat, dan hasil karya orang lain
2. Apakah kerukunan bagimu memberikan rasa aman? Kenapa? Uraikan di kolom berikut.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 115
Ayo Mengamati
Perhatikan peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan berikut.
Apa yang dikerjakan anak-anak di gambar? Apakah mencerminkan kerukunan dikala di sekolah? Tuliskan pendapatmu di kotak berikut.
Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak di gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku di gambar seringenboom dilakukan? Tuliskan pendapatmu di kotak berikut.
Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 5 Halaman 116
Ayo Berlatih
1. Apa yang kamu lakukan dikala di depan rumahmu ada kegiatan membersihkan lingkungan atau kerja bakti? Tuliskan di kolom berikut.
2. Apa manfaat dari hidup rukun?
- Tak adanya / berkurangnya pertengkaran / perselisihan
- Kehidupan menjadi lebih harmonis
- Kehidupan menjadi lebih aman sentosa
- Kehidupan menjadi lebih tenteram dan damai
- Dapat memperkukuh / memperkuat persatuan dan kesatuan
Ayo Berlatih
Perhatikan kembali tari Kecak dari Bali di bahan sebelumnya. Gerakan di tarian Kecak duduk melingkar di tempat. Merujuk di gerakan tari kecak tersebut, pola lantai tarian Kecak yaitu pola lantai garis melengkung yang menyusun garis lingkaran.
Bisakah kamu mengoptimalkan pola lantai tari kreasi daerah? Sebelum kamu melakukannya, hendaknya latihan gerak-gerak tari dengan pola lantai berikut.
Amati gambar gerak-gerak di bawah ini. Kemudian, tirukanlah gerakannya bersama teman-temanmu. Berlatihlah hingga kamu menguasai bagus gerak maupun pola lantainya.
Gerak 1
Gerak 2
Gerak 3
Gerak 4
Gerak 5
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 119
Ayo Berkreasi
Kamu telah mengetahui empat pola lantai tarian daerah. coba kamu lakukan kreasi pola lantai dengan menggabungkan pola lantai yang kamu ketahui. Lakukan secara kelompok.
Kamu dapat menirukan gerakan tari dari tarian daerah mana pun. Pentaskan hasil kreasi pola lantai yang kelompokmu bikin. Bapak/Ibu Pendidik akan menilai hasil kreasi kelompokmu.
Demikianlah Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 113, 114, 115, 116, 117, 119. Semoga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/