Soal Penilaian Ahir Semester (PAS) yang lebih dikenal dengan Ulangan Ahir Semester (UAS) ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu K13 Kelas 5 SD/MI Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia. Jadi amat cocok digunakan selaku refrensi di mendesain naskah soal ujian.
Selain itu, dapat pun dimanfaatkan oleh pelajar selaku sumber belajar latihan mengerjakan soal, selaku langkah persiapan menghadapi ujian semester 1.
Ujian Sekolah di semester 1 dikenal dengan istilah Penilaian Ahir Semester (PAS), sedangkan di semester 2 disebut dengan Penilaian Ahir Tahun (PAT).
Penilaian Ahir Semester (PAS) Kurikulum 2013 Sekolah Basic yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi pelajar di ahir semester 1.
Cakupan Soal terdiri dari indikator yang mempresentasikan seluruh Kompetensi Dasar (KD) yang dipelajari di semester ganjil. Ujian Ahir Semester (UAS) dilaksanakan setelah menyelesaikan seluruh tema di satu semester belajar aktif.
Instrumen soal Penilaian Ahir Semester di aspek pengetahuan tema Organ Gerak hewan dan Manusia disusun merujuk di muatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik KD yang pastinya telah dipetakan kedalam wujud kisi-kisi soal yang mengacu di kaidah penulisan soal.
Penilaian Ahir Semester menggunakan soal di wujud tes tertulis, yaitu alternatif ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.
Penilaian Akhir Semester Kelas 5 meliputi tema 1 organ gerak hewan dan manusia, tema 2 udara bersih bagi medis, tema 3 makanan sehat, tema 4 sehat itu urgen dan tema 5 ekosistem. Masing-masing tema terdiri dari 3 subtema dan 6 pembelajaran. Di pembelajaran tema 1 terdiri dari :
- Subtema 1 Organ Gerak Hewan
- Subtema 2 Manusia dan Lingkungan
- Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya
Baca Pun :
- Soal PAS Tema 1 Kelas 5 Semester 1
- Soal UAS Tema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013
- Soal PAT Tema 6 Kelas 5 Semester 2
- Soal Ujian Tema 7 Kelas 5 Revisi 2018
- Soal Ulangan Tema 8 Kelas 5 K13
- Soal UKK Tema 9 Kelas 5 PDF
Kompetensi Basic Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia
PPKn
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia
3.1 menentukan utama pikiran di teks lisan dan tulis.
Ilmu Pengetahuan Alam
3.1 menjelaskan alat gerak dan fungsinya di hewan dan manusia serta cara memelihara medis alat gerak manusia.
Ilmu Pengetahuan Sosial
3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia selaku negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya kepada kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 memahami gambar cerita.
Contoh Soal Kelas 5 Tema 1
PPKn KD 3.1
1. Perhatikan gambar berikut!
Sikap yang sesuai dengan Sila Pancasila yang di lambangkan dengan gambar di atas yaitu . . .
A. rajin beribadah
B. menjenguk teman yang sakit
C. gotong royong
D. musyawarah
2. Program yang dicanangkan Pemerintah untuk menghasilkan kehidupan beragama damai dan rukun disebut . . .
A. 3 kerukunan umat beragama
B. toleransi beragama
C. kerukunan umat beragama
D. toleransi antar suku
4. Berikut ini perilaku yang tak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah yaitu . . .
A. berteman dengan seluruh pelajar
B. mengikuti upacara bendera
C. menyontek
D. memberi pinjaman pulpen ke teman
5. Perhatikan gambar berikut!
Merujuk di gambar di atas, perilaku yang tak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di tunjukkan oleh nomor . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
6. Tujuan menjalankan musyawarah yaitu untuk mencapai . . .
Jawaban : Mufakat
7. Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk duduk ketika berada di angkutan umum yakni perilaku yang sesuai dengan sila pancasila yang berbunyi . . .
Jawaban :
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
8. Tuliskan 3 contoh kegiatan pengambilan keputusan bersama di lingkungan sekolah . . .
Jawaban :
Pemilihan ketua kelas, pemilihan ketua osis, pemilihan ketua komite sekolah.
Bahasa Indonesia KD 3.1
9. Bacalah teks berikut ini!
Diantara ciri dari makhluk hidup yaitu bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebahagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebahagian atau seluruh bagian tubuhnya.
Ide utama dari bacaan di atas yaitu . . .
A. diantara ciri makhluk hidup yaitu bergerak.
B. gerak dapat diartikan berpindah tempat.
C. makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan
D. gerak yaitu perubahan posisi.
10. Gagasan yang menjadi mendasar sebuah paragraf disebut . . .
A. kalimat pengembang
B. kalimat pertama-tama
C. gagasan
D. ide utama
11. Bacalah teks berikut ini!
Pancasila selaku mendasar negara Indonesia bukan lagi suatu ontvangstruimte yang baru bagi masyarakat Indonesia. Dari zaman dahulu, nilai-nilai Pancasila memang telah terkandung di kehidupan sosial budaya masyarakat kita. Nilai-nilai tersebut telah meliputi beraneka aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara hingga dikala ini.
Ide utama bacaan di atas yaitu . . .
A. Pancasila telah ada sejak zaman dahulu
B. Pancasila terkandung di kehidupan sosial budaya masyarakat
C. Pancasila yaitu mendasar negara Indonesia
D. Pancasila bukan lagi suatu ontvangstruimte baru bagi bangsa Indonesia.
12. Bacalah teks berikut ini!
Kupu-kupu yaitu hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap di bunga-bunga. Badannya kecil, namun mempunyai sayap yang lebar. Sukakah kamu di kupu-kupu?
Ide utama bacaan di atas yaitu . . .
A. kupu-kupu warnanya menarik
B. kupu-kupu yaitu hewan lucu
C. kupu-kupu terbang dan hinggap di bunga-bunga.
D. banyak orang menyukai kupu-kupu
13. Bacalah teks berikut ini!
Sejarah telah mencatat bahwa kejayaan bahari bangsa Indonesia telah lahir sebelum kemerdekaan. Ridderzaal ini dibuktikan dengan adanya temuan-temuan situs prasejarah maupun sejarah.
Ide utama bacaan di atas yaitu . . .
A. adanya situs-situs prasejarah di Indonesia
B. sejarah kemerdekaan Indonesia
C. kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak sebelum kemerdekaan
D. bukti sejarah bangsa Indonesia
14. Manfaat ide utama yaitu . . .
Jawaban :
Menjadi mendasar pengembangan paragraf.
15. Apa yang dimaksud dengan ide utama?
Jawaban :
Ide utama yaitu gagsan yang menjadi mendasar sebuah paragraf.
16. Tuliskan strategi menentukan ide utama!
Jawaban :
Membaca kalimat di paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut, inti paragraf demikianlah yang disebut ide utama.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) KD 3.1
17. Alat gerak manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak aktif dan pasif. Berikut ini contoh alat gerak aktif yaitu . . .
A. tulang
B. otot
C. kulit
D. kaki
18. Organ gerak di ikan yaitu . . .
A. kaki
B. sayap
C. sirip
D. tangan
19. Hewan yang susunan syarafnya berada di perut, mempunyai rangka luar, dan otaknya tak terlindungi oleh cangkang yakni ciri-ciri hewan . . .
A. vertebrata
B. avertebrata
C. mamalia
D. ternak
20. Perhatikan gambar berikut!
Tanda X di gambar di atas menunjukkan tulang . . .
A. pipih
B. tengkorak
C. rahang bawah
D. rahang atas
21. Mempunyai pigmen mioglobin, inti sel berada di tepi, berbentuk silindris dengan garis gelap terang yakni ciri-ciri otot . . .
A. jantung
B. polos
C. lurik
D. paha
22. Kelainan di tulang akibat kecelakaan disebut . . .
Jawaban : fraktura / patah tulang.
23. Kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan yang terus-menerus secara berlebihan di sebut . . .
Jawaban : Hipertrofi
24. Tuliskan 3 kelainan di tulang!
Jawaban :
- Lordosis, kelainan di tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung di daerah lumbalis.
- Skoliosis, kelainan di tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung ke arah samping.
- Kifosis, kelainan di tulang karena sikap duduk membungkuk sehingga tulang belakang membengkok ke belakang.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) KD 3.1
25. Gunung krakatau berada di pulau . . .
A. sumatera
B. kalimantan
C. sulawesi
D. jawa
26. Perhatikan gambar berikut!
Merujuk di gambar di atas, pulau manakah yang kepadatan penduduknya benar-benar banyak?
A. pulau papua
B. pulau jawa
C. pulau bali
D. pulau kalimantan
27. Pulau Papua yakni pulau terbesar di Indonesia dan termasuk pulau terbesar kedua di dunia setelah pulau . . .
A. sumatera
B. kalimantan
C. jawa
D. greenland
28. Berikut ini yakni akibat positif yang diakibatkan oleh letak dan kondisi gegrafis indonesia selaku negara maritim dan kepulauan yaitu . . .
A. terjadinya perpindahan ilmu pengetahuan
B. komunikasi antar penduduk menjadi lebih sulit
C. terjadinya perubahan perilaku masyarakat
D. minimnya alat transportasi
29. Suku-suku bangsa di Indonesia di klasifikasikan menjadi . . . . . suku bangsa induk.
A. 17
B. 18
C. 19
D. 20
30. Indonesia masuk ke di rumpun bahasa . . .
Jawaban : Austronesia
31. Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui secara resmi oleh Pemerintah, yaitu . . .
Jawaban :
Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu.
32. Tuliskan 3 ciri-ciri keragaman budaya lokal Indonesia!
Jawaban :
Keragaman suku bangsa, keragaman bahasa, keragaman agama.
Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.1
33. Gambar yang dikerjakan seperti keadaan aslinya, bagus wujud, ukuran dan tata letaknya di sebut . . .
A. karikatur
B. kartun
C. dekoratif
D. realis
34. Rancangan gambar yang dikerjakan sesuai dengan gagasan disebut . . .
A. gagasan
B. sketsa
C. pewarnaan
D. teknik
35. Berikut ini yakni unsur voorkant yang bagus yaitu . . .
A. terdapat nomor halaman
B. terdapat kalimat penjelas yang sulit dimengerti
C. terdapat nama penulis
D. terdapat sinopsis di isi buku
36. Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas yakni contoh desain voorkant . . .
A. penuh warna dan gambar
B. latar putih dan tulisan sederhana
C. penuh warna dan tulisan
D. latar putih dan tulisan bewarna
37. Format seni yang menggunakan gambar-gambar tak bergerak dan disusun sedemikian rupa sehingga menyusun jalinan cerita disebut . . .
A. komik
B. karikatur
C. poster
D. dekoratif
38. Langkah mendesain gambar ilustrasi yaitu mendesain gagasan, sketsa dan . . . .
Jawaban : Pewarnaan
39. Gambar yang melebih-lebihkan atau merubah dari objek aslinya disebut . . .
Jawaban : Karikatur
40. Tuliskan 3 unsur di mendesain voorkant yang bagus!
Jawaban :
Terdapat nama penulis, terdapat identitas penerbit, dan menyertakan gambar yang menarik.
Unduh Soal UAS Kelas 4 Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia
Contoh Soal Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI ini terdiri dari muatan pembelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan SBDP.
Sedangkan soal Matematika dikerjakan oleh Pendidik Kelas dan diujikan secara terpisah, seperti itu pun dengan soal ujian mata pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PADB) serta mata pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Medis (PJOK) yang pun dikerjakan secara terpisah oleh pendidik mapel masing-masing.
Untuk mempermudah memahami naskah soal Ujian Tema 1 Kelas 5 SD/MI Semester 1, Selengkapnya soal tema organ gerak hewan dan manusia dan pun kunci jawaban di format pdf dapat di unduh di listig tautan berikut ini :
Semoga dengan adanya contoh soal ujian tersebut dapat memberikan ide bagi Kamu di menyusun naskah soal dan mempermudah di menjalankan penilaian.
Selain itu, semoga peserta didik pun dapat termotivasi di mempelajari materi-materi tema 1 yang terdapat di soal-soal tersebut selaku persiapan menghadapi ujian semester 1.
Soal tersebut masih menggunakan revisi 2017 dikarenakan buku tematik terpadu pegangan pendidik dan pelajar yang digunakan selaku sumber belajar utama untuk kelas 5 SD/MI yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum terdapat untuk revisi 2018 seperti di kelas 6 dan kelas 3.
Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul 40 Soal Penilaian Ahir Semester PAS/UAS Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
Demikianlah pembahasan kumpulan latihan soal untuk kelas 5, semoga soal-soal tersebut dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada. Apabila terdapat kunci jawaban dan bahan yang tak sesuai dengan yang dipelajari di tema 1, mohon kiranya agar dapat memberikan kritik dan saran di kolom komentar yang terdapat.
Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul 40 Soal Ujian PAS Kelas 5 Tema 1 Beserta Kunci Jawaban dengan domisili listig http://filependidikan.informasi/rmasi/pemetaan-kd-kelas-5-k13-semester-1-2018-2019.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/