Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 73, 74 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dan Bahasa Indonesia.
Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 5 yakni sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.
Di pembelajaran 2 subtema 2 terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Untuk menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 63, 65, 66, 67, 68, 69, 71, 73, 74.
Baca Pun :
- Lengkap – Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 K13
- Lengkap – Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 K13
- Lengkap – Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 K13
Kunci Jawaban Halaman 63
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di atas. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Kegiatan yang nampak di gambar di atas yakni ….
2. Kegiatan di atas termasuk permainan yang menggunakan ….
3. Tempat yang aman untuk menjalankan kegiatan tersebut yakni ….
4. Apa saja yang mesti dilakukan sebelum menjalankan kegiatan tersebut?
Selesai menolong mengemas selada, Beni menolong Pak Anto memanen kol. Hasil panen kalium ini amat bagus, bentuknya bulat dan besar.
“Alhamdulillah, Beni. Hasil panen kalium ini amat bagus,” sahut pak Anto.
“Benar sekali, Pak. Bentuknya telah seperti bola saja. Saya seperti ingin menendangnya saja… he… he…. ” canda Beni.
“Ah, dapat saja kamu ini, Ben,” sahut Pak Anto. “Kamu senang bermain bola, ya?” tanya pak Anto.
“Ya, tentu senang, Pak. Saya jago menendang, menggiring, dan menerima umpan lho, Pak”, sahut Beni.
Permainan bola memerlukan banyak gerakan, seperti berjalan, berlari, menendang, dan melempar. Hampir seluruh bagian tubuh aktif. Pastinya vishal ini mengharuskan seluruh organ gerak di tubuh, bagus itu otot ataupun tulang, bekerja dengan bagus.
Coba kamu amati aktivitasmu sehari-hari. Ketika kita berjalan, kenapa kaki kita dapat bergerak? Kenapa pun tangan kita dapat berayun, memegang, dan menggenggam? Ya, kaki dan tangan kita dapat bergerak karena di kaki dan tangan kita terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot inilah yang dapat mengerakkan tangan dan kaki kita. Tangan dan otot yakni sebuah alat gerak.
Organ gerak di hewan dan manusia mempunyai kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan di manusia dan hewan ada dua macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama di menjalankan pergerakan sehingga menyusun suatu program yang disebut program gerak.
Ayo Mengamati
Kunci Jawaban Halaman 65
Ayo Berlatih
Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang. Nah, perhatikan gambar rangka tangan dan kaki berikut ini. Coba kenali dan tunjukkan nama tulang-tulang tersebut lewat gambar berikut.
Pasangkan antara gambar dengan keterangan menggunakan garis!
Ayo Mencoba
Untuk menambah pemahamanmu mengenai organ gerak manusia yang berupa tulang, buatlah specimen sederhana rangka manusia dari bahan bubur kertas.
Strategi kerja
1. Siapkan alat dan bahan
a. Gunting
b. Ember
c. Kertas koran d. Kawat kasa
e. Pati kanji
f. Cat warna dan kuas
2. Buatlah kerangka patung dari kawat kasa
3. Potong-potonglah kertas koran menjadi serpihan-serpihan
4. Rendamlah serpihan koran-koran ke di air.
5. Setelah rendaman serpihan koran lembek, angkat dan tumbuklah hingga halus dan campurkan dengan perekat dari pati kanji. Aduklah hingga berbentuk bubur, namun jangan terlalu encer.
6. Tempelkan bubur koran tersebut di rangka kawat.
7. Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan dijemur seketika di bawah terik matahari agar tak retak
8. Warnailah dengan menggunakan cat.
Kunci Jawaban Halaman 68
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Kini, diskusikan dengan temanmu manfaat dari masing-masing tulang tersebut.
Untuk mempermudah pekerjanmu, kamu dapat mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.
Alternatif Jawaban
Kunci Jawaban Halaman 69
Guna organ gerak manusia amat banyak. Hampir seluruh aktivitas manusia tak dapat terlepas dari organ gerak, bukan hanya di sepak bola saja. Coba kamu sebutkan aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak!
Bermacam-macam aktivitas dapat kita lakukan di kehidupan sehari-hari. Semuanya itu tak terlepas dari karunia Tuhan yang memberikan kelengkapan dan kesempurnaan manfaat bagian-bagian tubuh kita. Sudahkah kamu bersyukur atas itu seluruh? Bagaimana caramu bersyukur?
Ayo Membaca
Penyandang Cacat yang Sukses
Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak mempunyai kedua kaki mulai dari pangkal paha. Boleh dibilang, tubuhnya hanya separuh. Sebelum menggunakan kursi roda, dia mengayunkan dua tangan guna menyeret tubuhnya untuk berjalan.
Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tak pernah mau merepotkan orang lain. Ia selalu berusaha menjalankan seluruh aktivitasnya sendiri. Dia pun tak mau dipapah atau digendong.
“Saya tak mau dikasihani orang. Saya ingin sukses bukan karena orang kasihan kepada saya, tetapi karena kerja keras saya,” katanya lugas.
Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi tak menghasilkan bahan berarti, Sidik memilih keluar dan mencari kegiatan lain. Dengan bekal ijazah diplomanya, dia diterima di sebuah perusahaan kontraktor selaku staf personalia. akan tetapi belum lama dia bekerja, krisis moneter tahun 1998 menghantam dan perusahaannya terpaksa tutup. Karenanya, dimulailah tijdsperiode Sidik menjadi pengangguran. Tetapi, dia tak mau lama-lama menganggur, Sidik mulai mengikuti beragam kursus keterampilan yang diadakan oleh Pemda DKI bagi penyandang cacat. Diantara kursus yang memikat perhatian Sidik ialah kursus membangun kerupuk dari singkong.
Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah. Bersama istrinya, Sidik kemudian memulai usaha membangun kerupuk dari singkong.
“Dulu belum ada merek, plastik pembungkusnya masih polos.” katanya. Di awal produksi dia memproduksi sekitar 100 bungkus kerupuk berukuran 2 onzerzijds dari bahan baku singkong sebanyak 10 kilogram.
“Namanya pun pertama-tama, kerupuk dagangan saya baru habis setelah sebulan lebih,” katanya mengenang.
Namun kini, dari hanya mengolah 10 kilogram singkong, Sidik mengolah sedikitnya 50 hingga 100 kilogram singkong setiap bulannya.
Dia pun telah mempunyai merek komplit dengan cap di pembungkus produknya.
“Saya beri nama merek Cap Gurame, ini sama sekali tak ada hubungannya dengan ikan gurame, tetapi gurame yakni singkatan dari Gurih, Renyah, Enak,” katanya tersenyum. “Kalau nanti ada uang lebih, merek ini saya mau patenkan.” tambahnya.
Beruntung, ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.
“Namanya pun tak punya kaki, saya sempat bingung pun, bagaimana mengendarainya?” Tetapi Sidik tak kehilangan akal, dia mendesain motornya agar tuas perseneling dapat dioperasikan dengan tangan. Dengan bantuan tukang samenvoeging, jadilah sebuah motor dengan tongkat besi tambahan yang ditempel di perseneling dan injakan rem. Tak lupa dia pun menempelkan gerobak di sampingnya untuk mengangkut muatan.
“Motor itu benar-benar menolong mobilitas dan produktivitas usaha saya.” ujar Sidik.
Ketika ini Sidik terus mengoptimalkan pemasaran produknya. Setiap hari dia masih berkeliling ke koperasi-koperasi atau warung di seluruh pelosok Ibukota. Pun dikala Kabari mewancarainya, dua kalium telepon selularnya berbunyi dari orang yang meminta agar pasokan kerupuk “Cap Gurame” segera dikirim.
Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 hingga 2 juta rupiah perbulan. Meski jumlahnya kecil, apa yang diperbuat Sidik termasuk luar lazimnya. Dengan keadaan yang terbatas, dia menjadi enterpreuner sejati. Meminjam rumusnya Pak Ciputra, pengusaha dan dosen mata kuliah enterpreunership, bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 20 uitpersen penduduknya menjadi enterpreuner, barulah menjadi negara makmur, karenanya Sidik telah memulainya bertahun-tahun lalu. Jelaslah, Indonesia membutuhkan orang-orang gigih seperti Sidik.
Cerita yang kamu baca inspiratif, bukan? Orang yang berkebutuhan khusus pun mampu beraktivitas layaknya orang normal. Bagaimana dengan kamu?
Kunci Jawaban Halaman 71
Menurut bacaan di atas, dapatkan ide utama masing-masing paragrafnya.
Alternatif Jawaban
Kamu telah membaca bacaan di atas, pastinya kamu pun telah mengetahui dan memahami isinya. Banyaknya informasi yang kamu dapatkan dari bacaan tergantung di panjang dan bobot bacaan. Pastinya akan berbeda informasi yang kamu dapatkan antara membaca teks berupa karangan dengan membaca buku.
Ayo Berkreasi
Asyik sekali ya, aktivitas membaca itu? Apalagi apabila membaca sebuah buku secara menyeluruh. Di dikala membaca buku, sesungguhnya isi dari sebuah buku telah dapat kita terka atau prediksikan sebelumnya dengan melihat sampul atau voorkant buku tersebut. Karena memang sampul voorkant buku yakni sebuah bagian buku yang berupa gambar ilustrasi yang dapat mewakili isi buku.
Voorkant atau sampul buku yakni sebuah cerminan dari keseluruhan isi buku. Voorkant atau sampul yakni sebuah bagian terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi, yakni depan dan belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan melengkapi serta menguatkan isi dari buku.
Voorkant yang bagus yakni yang dapat mempengaruhi dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, karenanya sebuah voorkant mesti memenuhi unsur-unsur berikut.
1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.
2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan gampang dimengerti.
3. Terdapat nama penulis.
4. Terdapat identitas penerbit.
5. Menyertakan gambar yang menarik.
6. Terdapat sinopsi isi buku di sisi belakang.
7. Terdapat identitas buku di punggung buku.
Kunci Jawaban Halaman 73 dan 74
Coba kamu perhatikan contoh voorkant berikut.
Kini giliranmu untuk membangun gambar di voorkant atau sampul buku. Kamu dapat membuatnya merujuk di isi bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses.
Setelah gambar selesai kamu bikin, ceritakan kembali gambarmu tersebut di hadapan pendidik dan teman-temanmu.
Jangan lupa untuk meminta masukan atau pendapat dari pendidik dan teman-temanmu kepada gambar dan ceritamu.
Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74
Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.
Wetsartikel yang sedang sobat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 63, 65, 68, 69, 71, 73, 74 dengan domisili listig http://filependidikan.informasi/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/