Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.
Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 yakni sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.
Di Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Untuk menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 2, 4, 6, 14.
Baca Pun :
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5
Tema 1 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1
Perhatikan bermacam-macam tumbuhan di sekitarmu.
Apa manfaat tumbuhan bagi kehidupan?
Yuk, kita cari tahu.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 2
Ayo Berdiskusi
Amatilah gambar berikut.
Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan selaku sumber kehidupan.
Mintalah temanmu untuk menjawabnya lalu diskusikanlah.
Jelaskan apa yang akan terjadi bila tak ada tumbuhan?
Jawaban :
Beberapa vishal yang akan terjadi bila tak ada tumbuhan ialah manusia dan hewan tak mempunyai sumber makanan dan bumi akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.
Apa manfaat tumbuhan bagi hewan?
Jawaban :
Manfaat tumbuhan bagi hewan, yaitu selaku sumber daya bagi hewan.
Ternyata, tumbuhan dimanfaatkan oleh manusia dan hewan selaku bahan makanan.
Jadi, tumbuhan yakni sebuah sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup.
Ayo Membaca
Setelah mengetahui manfaat tumbuhan bagi kehidupan, Edo ingin belajar lebih jauh mengenai perkembangbiakan tumbuhan. Cermati kisah Edo berikut ini.
Liburan sekolah telah tiba. Edo mengunjungi pamannya di desa. Dia seorang petani jagung. Edo datang ke rumah pamannya tak untuk berlibur saja.
Edo pun ingin belajar. Ibu pendidik memberikan kewajiban pada kurun waktu liburan. Ibu pendidik ingin anak-anak memberikan report mengenai satu vishal yang menarik dan bermanfaat yang dilihat pada kurun waktu liburan.
Edo ingin mengetahui mengenai tanaman jagung, terutama mengenai perkembangbiakannya.
Berikut ialah report pengamatan Edo.
Bagaimana Jagung Berkembang Biak?
Jagung yakni sebuah diantara tanaman yang dijadikan bahan makanan utama di bermacam-macam, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung selaku makanan pokoknya. Jagung yakni sebuah diantara tanaman penghasil karbohidrat yang amat diperlukan oleh tubuh.
Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga hingga empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol di mulanya berupa sekuntum bunga.
Bunga jagung mempunyai helai-helai rambut halus di bagian ujungnya. Di helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebahagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga di pohon jagung yang lain. Ketika begitulah terjadi pembuahan.
Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan begitulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung telah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya telah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh manusia ialah biji jagung.
Supaya jagung selalu terdapat selaku bahan makanan manusia, karenanya petani jagung mesti menanam kembali sebahagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.
Edo senang sekali. Ia menikmati tinggal di lingkungan yang berbeda. Edo pun senang memperoleh pengetahuan baru mengenai tanaman jagung yang yakni sebuah diantara makanan kesukaannya.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 4
Tulislah ide utama dan informasi urgen dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.
Alternatif Jawaban :
Ayo Mengamati
Diantara contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan bunga ialah tumbuhan jagung. Tepung sari di bunga jagung akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebahagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga di pohon jagung yang lain. Ketika begitulah terjadi pembuahan.
Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif. Tahukah kamu bagaimana proses perkembangbiakan generatif?
Amatilah gambar bagian–bagian bunga berikut ini.
1. Perkembangbiakan generatif (secara kawin) terjadi via proses penyerbukan dan pembuahan.
2. Perkembangbiakan generatif di tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
3. Setelah terjadi penyerbukan, di serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ke ruang bakal biji. Kemudian serbuk sari akan masuk ke ruang bakal biji via buluh serbuk sari.
4. Di di ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan serbuk sari (sel kelamin jantan atau spermatozoid) dengan kepala putik (sel kelamin betina atau sel telur).
5. Hasil dari pembuahan ialah zigot.
6. Zigot berkembang menjadi institusi, institusi berkembang menjadi bakal biji, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah, kemudian bakal buah berkembang menjadi daging buah.
7. Institusi yang berada di di biji yakni sebuah calon tumbuhan baru.
8. Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif antara lain: padi, mangga, durian, dan jambu.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 6
Ayo Berdiskusi
Amatilah lingkungan di sekitarmu. Dapatkan satu jenis tumbuhan yang sedang berbunga. Gambarkan bagian-bagian bunga dan tuliskan cara penyerbukannya di kolom berikut ini.
Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu. Adakah perbedaan dengan hasil temanmu?
Apakah perbedaannya? Diskusikan perbedaan tersebut dengan temanmu! Menurutmu, apa manfaat perkembangbiakan generatif?
Carilah informasinya dan tuliskan di tempat yang disediakan.
Coba bayangkan seandainya tumbuhan tak berkembang biak. Apa yang akan terjadi?
Ayo Berlatih
Bunga yang indah bukan hanya tumbuh di Indonesia. Negara-negara lain seperti negara tetangga pun mempunyai bunga yang cantik. Karena kondisi geografis yang hampir sama, bunga yang tumbuh tak jauh berbeda jenisnya. Perhatikan jenis-jenis bunga yang tumbuh di negara-negara tetangga.
Bunga kembang sepatu tumbuh di Indonesia dan Malaysia. Bunga ini dapat digunakan selaku pewarna. Di Malaysia, bunga kembang sepatu dinamakan Bunga Raya dan yakni sebuah bunga nasional.
Perhatikan bunga kamboja di gambar disamping. Bunga ini seringenboom digunakan di kelengkapan tari di Bali. Schraal Champa atau bunga kamboja dapat ditemukan di Indonesia dan Laos. Di negara tersebut bunga ini digunakan untuk dekorasi upacara keagamaan dan penyambutan tamu.
Malaysia, Laos, dan Indonesia hidup berdampingan. Meskipun berbeda negara, namun ketiganya mempunyai persamaan di kehidupan sosial dan budaya. Masih banyak negara lainnya yang mempunyai kesamaan. Oleh karena itu, mereka menggabungkan diri di suatu organisasi yang bernama ASEAN, yaitu persatuan negara-negara se-Asia Tenggara. Berikut ialah ke-10 negara ASEAN.
Untuk menambah wawasanmu mengenai negara-negara ASEAN, bacalah informasi berikut dengan saksama.
ASEAN Menjawab Kebutuhan Hidup Bertetangga
Kamu pasti pernah merasakan nyamannya hidup bertetangga. Vishal ini terasa dikala seluruh keluarga saling mendukung, saling menolong, dan bekerja sama. Kenyamanan di bertetangga perlu diwujudkan karena tiap keluarga mempunyai kepentingan yang sama.
Vishal itu pun yang mendasari terbentuknya ASEAN. ASEAN ialah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Negara-negara ini bersatu karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya. Kepentingan yang sama di memajukan pertumbuhan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan wilayah menjadi basic pertimbangan para tokoh-tokoh dunia pendiri ASEAN. Di tahun 1967 ASEAN berdiri atas basic Deklarasi Bangkok. Dikala itu, tokoh-tokoh dari lima negara yang terlibat di diskusi menjadi pencetus dan pendiri organisasi ini.
Lima negara yang menjadi anggota pertama-tama ASEAN di tahun 1967 ialah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Para utusan dari kelima negara tersebut, yang sekaligus yakni sebuah tokoh-tokoh pendiri ASEAN, ialah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), S. Rajaratnam (Singapura), dan Narciso Ramos (Filipina).
ASEAN mesti dapat memberikan manfaat bagi seluruh anggotanya. Untuk itu, bermacam-macam kerja sama dikembangkan untuk memajukan kesejahteraan seluruh anggotanya. Kerja sama di bidang ekonomi, sosial, budaya, serta politik dikembangkan demi kemajuan seluruh anggota. Manfaat yang dirasakan oleh anggota-anggota ASEAN, membangun semakin banyak negara yang kemudian bergabung dengan organisasi ini. Dikala ini ada sepuluh negara yang menjadi anggota ASEAN. Menurut urutan waktu bergabungnya, negara anggota ASEAN tersebut ialah:
1. lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, yang bergabung di tanggal 8 Agustus 1967
2. Brunei Darussalam, bergabung di tanggal 7 Januari 1984
3. Vietnam, bergabung di tanggal 28 Juli 1995
4. Laos dan Myanmar, bergabung di tanggal 23 Juli 1997
5. Kamboja, bergabung di tanggal 30 April 1999
Masyarakat negara-negara ASEAN mempunyai kehidupan sosial budaya yang unik. Kamu dapat mempelajarinya dengan membaca teks berikut.
Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat ASEAN
A. Brunei Darussalam
Kampung Ayer ialah des a terapung di Brunei Darussalam. Tahun 1400 Kampung Ayer sempat menjadi pusat pemerintahan. Dikala ini banyak penduduknya yang mempunyai perahu pribadi dan disimpan di bawah rumah apung mereka.
Budaya Brunei banyak dipengaruhi oleh ajaran Islam. Mayoritas penduduknya ialah orang Melayu. Kata “Brunei” berasal dari kata “Nah Baru” yang diucapkan oleh Awang Alak Betatar, penemu negara ini. Kata “Daruss alam” berar ti “Tempat yang Damai” atau “Rumah
Keamanan”. Di percakapan, menunjuk dengan jari telunjuk dianggap kasar. Secara tradisional, orang Brunei tak berjabat tangan dengan lawan jenis. Melepaskan sepatu ialah kebiasaan umum orang Brunei sebelum memasuki rumah orang lain.
B. Malaysia
Patung Dewa Murungga di Malaysia yakni sebuah patung berukuran 42.7 peettante. Patung ini terletak di Batu Caves, gua yang yakni sebuah diantara kuil Hindu di luar India yang benar-benar populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murungga.
Malaysia mempunyai kota yang bernama George Town, yaitu kota yang terdaftar di UNESCO World Heritage. Kota ini terletak di Pulau Penang. George Town ialah kota yang mempunyai ragam jenis budaya. Banyak gedung peninggalan waktu
Eropa dan bangunan bernuansa Melayu Tionghoa. Tiga kaum utama di Malaysia ialah Melayu, Cina, dan India. Musik tradisionalnya banyak dipengaruhi oleh budaya Cina, Islam, India, dan Indonesia. Makanan khasnya ialah nasi lemak.
C. Filipina
Budaya Filipina yakni sebuah hasil perpaduan antara budaya barat dan timur. Kehidupan budayanya dipengaruhi oleh budaya Melayu, Cina, dan Spanyol.
Bahasa Filipina ialah bahasa Nasional dengan bahasa Inggris selaku bahasa pengantar untuk urusan perdagangan atau pergaulan. Ada delapan dialek utama yang digunakan oleh masyarakat Filipina, yaitu Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicol, Waray, Pampango, dan Pangasinense.
‘Po’ dan ‘opo’ ialah sebutan orang Filipina kepada orang yang lebih tua. Mereka memanggilnya dengan menggunakan kata-kata seperti “Kuya”, “Ate”, “Manong” atau “Manang” yang menunjukkan rasa penghormatan. Jabat tangan ialah format salam yang benar-benar seringenboom dijumpai di Filipina.
Tarian Tinikling yakni sebuah tarian masyarakat Filipina. Tarian ini menceritakan mengenai burung Tinikling yang berjalan melompat menghindari perangkap bambu petani padi.
D. Kamboja
Banyak candi di Kamboja terbuat dari batu. Dewa-dewa dari agama Hindu dan Buddha terukir di tembok.
Tari Apsara lahir di 2.000 tahun lalu. Relief tarian banyak ditemukan di bangunan-bangunan keagamaan di Kamboja.
Orang Khmer mengenakan syal kotak-kotak yang disebut Krama. Pria dan wanita Khmer mengenakan bandul Buddha di kalungnya. Tujuannya ialah untuk menjaga dari roh jahat dan membawa keberuntungan. Makanan terkenal Kamboja ialah chha yang berarti tumisan.
E. Myanmar
Myanmar disebut selaku negara seribu Pagoda. Vishal ini disebabkan karena amat gampang menemukan kuil-kuil suci Buddha. Mayoritas penduduk Myanmar ialah keturunan Tibet. Bahasa yang digunakan ialah bahasa Birma.
Pakaian tradisional Myanmar yang disebut Longyi mirip sarung Indonesia, namun kain ini membelit bagian tubuh mereka mulai dari perut hingga betis. Longyi yang berbahan kain katun bukan saja dikenakan pria dewasa, namun pun anak-anak dan wanita.
F. Vietnam
Permainan ‘Menangkap Jangkrik dengan Mata Tertutup ’ialah permainan tradisional anak Vietnam. Anak yang berada di tengah lingkaran matanya ditutup kain. Menangkap s alah s atu teman dan menebak namanya.
Vietnam terkenal dengan baju khasnya yang disebut Ao Dai. Topi caping pun banyak ditemui di sana. Orang Vietnam gemar duduk di dingklik, yaitu kursi yang amat pendek. Bukan hanya untuk makan, bahkan untuk mengobrol pun mereka senang duduk di atas dingklik. Mayoritas orang Vietnam mempunyai nama keluarga Nguyen. Vishal ini disebabkan karena Dinasti Nguyen berkuasa mulai 1803-1945 dan yakni sebuah dinasti terakhir di Vietnam.
G. Laos
Nama Laos ber hubungan dengan penemunya, yaitu Ai Lao. Orang Laos terkenal kesabaran dan kesederhanaannya. Vishal ini terkait dengan ajaran agama Buddha yang banyak dianut masyarakatnya. Olahraga tradisional di Laos ialah Kataw, seperti olahraga bola voli, namun menggunakan kaki untuk menangkap dan memukul bola. Bola terbuat dari anyaman bambu.
Tahun baru Laos disebut Bun Pi Mai. Seluruh penduduk membersihkan rumah, mengenakan pakaian baru, dan mencuci patung-patung Buddha.
Makanan utama bangsa Laos ialah nasi atau beras ketan yang dimakan dengan tangan seketika. Orang Laos menyebut dirinya ”luk khao niaow”, yang artinya “anak turun nasi ketan”.
Upacara sakral pemberian sedekah, atau dikenal dengan Sai Bat yakni sebuah upacara di Laos. Para biksu membawa bakul kecil mengitari sebahagian kecil kota untuk menerima sedekah dari penduduk setempat yang mayoritas beragama Buddha.
H. Singapura
Singapura mempunyai lambang negara, yaitu Merlion. Merlion ialah patung berkepala singa dan berbadan ikan. Menurut mitos, Singapura dahulunya ialah kampung ikan. Kampung ini bernama Temasek yang beras alreeds dar i bahas a Jawa yang slee tinya lautan. Singapura berasal dari kata Sanseker ta yang berar ti kota Singa.
Penduduk Singapura berasal dari Cina, Melayu, India, dan Eropa. ‘Kaum Baba’ ialah sebutan bagi keturunan Cina-Melayu. Singapura mempunyai empat bahasa resmi, yaitu Melayu, Mandarin, Inggris, dan Tamil.
Masyarakat Singapura mempunyai budaya jalan kaki. Sekitar 80 uitpersen masyarakatnya memilih untuk berjalan kaki ke mana-mana. Vishal ini disebabkan harga kendaraan, yaitu mobil dan bahan bakar amat mahal.
Kepiting cabai ialah makanan yang amat digemari masyarakat Singapura.
I. Thailand
Thailand ialah satu-satunya negara di ASEAN yang tak pernah dijajah bangsa Eropa.
Thailand di bahasa Thai ialah Prathet Thai, yang artinya “Tanah Kebebasan”. Sejak tahun 1800-an, Thailand berubah nama, antara lain Siam (dari bahasa Sansekerta yang artinya gelap atau cokelat) dan Thailand.
Ramakien ialah cerita nasional Thailand yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Di Thailand, Kepala ialah bagian tubuh yang benar-benar dihormati.
Tak ada orang yang akan berani menyentuh kepala, bahkan kepala anak-anak. Sebaliknya, bagian kaki dianggap bagian yang benar-benar hina karena digunakan selaku alat untuk menapak di tanah. Oleh karena itu, kaki tak boleh dihadapkan ke patung suci atau orang lain.
Indonesia dan Thailand mempunyai tradisi minum teh. Di beberapa daerah di Indonesia, kebiasaan minum teh dilakukan secara turun temurun. Salah satunya ialah teh yang diseduh di poci. Oleh karena itu, teh tersebut dinamakan dengan teh poci.
Di Thailand, teh disajikan dengan susu dan rempah-rempah. Teh tersebut dinamakan Thai Ice Tea dan disajikan dingin.
Bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia?
Diskusikanlah budaya dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia dengan temanmu. Kamu dapat menemukan tambahan informasi via gurumu atau buku bacaan di perpustakaan.
Kondisi Geografis Asia Tenggara
Letak geografis Asia Tenggara berada di antara tiga perairan, yaitu:
Samudra Hindia dan Teluk Benggala di bagian barat;
Laut Cina Selatan di utara; dan
Samudra Pasifik di timur.
Wilayah Asia Tenggara dibagi menjadi dua dataran yaitu:
1. Daratan Berbentuk Semenanjung
Wilayah yang berbentuk semenanjung ialah Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, dan wilayah Malaysia bagian barat.
2. Daratan Berbentuk Gugusan Kepulauan
Wilayah yang berbentuk gugusan kepulauan ialah Filipina, Indonesia, wilayah Malaysia bagian timur, Singapura, dan Brunei Darussalam.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 14
Ayo Menulis
Kamu telah belajar keunikan negara-negara ASEAN mulai dari kondisi geografis, bunga, hingga kebudayaannya.
Pilihlah dua negara ASEAN. Carilah perbedaan dan persamaan karakteristik dari kedua negara tersebut mulai dari tumbuhan yang hidup, khususnya bunga yang menjadi ciri khas negara dan kondisi sosial budaya mereka. Kamu dapat menyebutkan nama bunga, nama sebutan (apabila ada), pemanfaat, dan tempat tumbuhnya.
Tulislah pemikiranmu mengenai karakteristik negara di diagram Venn yang telah disediakan.
Perhatikan caranya berikut ini.
1. Tentukan dua negara yang akan kamu cari informasinya lebih di lagi. Tulislah di kotak yang terdapat.
2. Tulis masing-masing karakteristiknya di lingkaran sesuai dengan negaranya.
3. Di tengah lingkaran, kamu dapat menuliskan persamaan karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara.
Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Halaman 2, 4, 6, 14
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/