Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi peserta didik dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi mendasar di perumusan kompetensi mendasar tiap mata pembelajaran, sehingga kompetensi mendasar tiap mata pembelajaran melingkupi kompetensi mendasar
kelompok sikap, kompetensi mendasar kelompok pengetahuan, dan kompetensi mendasar kelompok keterampilan. Seluruh mata pembelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut.
Pembelajaran Sejarah Indonesia untuk Kelas XI level Pendidikan Menengah yang disajikan di buku ini pun tunduk di ketentuan tersebut. Sejarah Indonesia bukan berisi bahan pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi pengetahuan peserta didik. Sejarah Indonesia ialah mata pembelajaran yang membekali peserta didik dengan pengetahuan mengenai dimensi ruang-waktu perjalanan sejarah Indonesia, keterampilan di menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak, serta sikap menghargai jasa para pahlawan yang telah meletakkan pondasi bangunan negara Indonesia dan pun seluruh wujud warisan sejarah, bagus benda maupun takbenda. Sehingga terbentuk pola pikir peserta didik yang sadar sejarah.
Selaku pembelajaran wajib yang mesti diambil oleh semua peserta didik yang belum tentu tertarik di bidang sejarah, buku ini disusun menggunakan pendekatan regresif yang lebih populer. Via pengamatan kepada kondisi sosial-budaya dan sejumlah warisan sejarah yang dapat dijumpai dikala ini, peserta didik diajak mengarungi garis waktu mundur ke lama lampau dikala terjadinya peristiwa yang melandasi terbentuknya peradaban yang melatar-belakangi kondisi sosial-budaya dan warisan sejarah tersebut. Pembahasan dilanjutkan dengan peristiwa-peristiwa berikutnya yang menyebabkan berkembang atau menyusutnya peradaban tersebut sehingga menjadi yang tersisa dikala ini.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang mesti dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan di Kurikulum 2013, peserta didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang terdapat dan terbentang luas di sekitarnya. Peran pendidik di meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan di buku ini betul-betul urgen. Pendidik dapat memperkayanya dengan kreasi di wujud kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Unduh verkeersopstopping
Unduh Alat Pembelajaran Sejarah Peminatan kelas XII K13 Revisi 2019, Sementara belum terbit, selaku referensi Alat Pembelajaran Sejarah Peminatan K13 Revisi 2017 Kelas XII, DISINI
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/