Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59 - Guzu Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 ialah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Di Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Untuk menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 55, 56, 57, 58, 59.


Baca Pun :




Tema 3 Kelas 6 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Pembelajaran 6


Baca teks berikut di hati!


Roda, Pengubah Wajah Dunia


Perhatikan seluruh benda di sekeliling kita, adakah yang mempunyai roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda ialah diantara penemuan terbesar manusia yang mendesain seluruh kesibukan menjadi lebih gampang.


File Pendidikan

Awalnya roda dikerjakan oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda amat tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul pun di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari format sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian pun diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.


File Pendidikan

Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear di tahun 1839 berhasil menghasilkan verbod terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat kepada gesekan permukaan jalan. Di tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menghasilkan verbod yang berisi udara. Di perkembangannya, dikala ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.


Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di beraneka belahan dunia menjadi lebih gampang dan lebih cepat. Pengaruh roda betul-betul terasa kepada perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan gampang. Tanpa roda, pastinya kehidupan manusia akan menjadi betul-betul sulit.


Ayo Berdiskusi


Diskusikan bersama teman mengenai urutan peristiwa penemuan roda.


Analisa garis waktu sejarah perkembangan roda berikut ini! Apakah telah sesuai dengan urutan yang terdapat di di bacaan?


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 55


Apakah teks tersebut termasuk ke di jenis teks eksplanasi ilmiah? Berikan alasannya!


Teks tersebut termasuk ke di jenis teks eksplanasi ilmiah karena menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam.  

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi urgen di setiap paragraf di diagram berikut!


File Pendidikan


Paragraf 1 : Topik Masalah
Manfaat roda bagi manusia


Paragraf 2 : Deret Penjelas
Perkembangan roda dimulai dari format sederhana hingga roda berjari-jari.


Paragraf 3 : Deret Penjelas
Perkembangan roda mempunyai banyak ukuran dan jenis


Paragraf 4 : Kesimpulan dan Pesan /  Pendapat Pribadi Penulis
Pentingnya roda bagi kehidupan manusia.

Bagaimana tanggung jawab para penemu tersebut sekaitan dengan penemuannya? Apakah mereka bertanggung jawab atas hiel yang telah mereka dapatkan? Ayo,kita peroleh jawabannya!


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 56


Baca kembali arti hiel dan kewajiban yang telah kamu pelajari di hari sebelumnya.


Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman:


1. Sebutkan beberapa macam hiel yang dimiliki oleh para penemu tersebut!


Beberapa hiel yang dimiliki oleh penemu tersebut yaitu hiel untuk mengerjakan penelitian, dan memperoleh penghargaan atas penemuannya tersebut. 

2. Apakah mereka telah memperoleh haknya? Jelaskan!


ya, mereka telah memperoleh haknya yaitu diakui selaku ilmuan yang menemukan roda.

3. Apa manfaat hiel tersebut bagi mereka?


Manfaat hiel tersebut bagi mereka yaitu mereka dikenal sepanjang waktu selaku ilmuan yang telah berjasa bagi perkembangan dunia.

4. Apakah mereka telah bertanggung jawab kepada hiel yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!


Ya, mereka telah bertanggung jawab kepada hiel yang telah mereka dapatkan. Contohnya mereka terus meperbaiki atau meningkatkan temuan mereka hingga menjadi verbod karet berisi udara.

Presentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain. Lengkapi jawabanmu menurut masukan mereka.


Baca dengan teliti cerita pendek berikut!


Hiel dan Tanggung Jawab


Ani yaitu putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang lumayan ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi seluruh kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob pun selalu mendesain bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani betul-betul bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani pun rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan kegunaan sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob betul-betul bangga dengan Ani.


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Halaman 57 dan 58


Jawab pertanyaan berikut menurut cerita tersebut!


1. Sebutkan hiel Ani di cerita tersebut!


Hiel Ani di cerita tersebut yaitu memperoleh pendidikan, memperoleh seluruh kebutuhan sekolah, memperoleh makanan sehat, memperoleh perhatian dari orang tuanya.

2. Apakah Ani telah memperoleh haknya? Jelaskan dan berikan contoh!


ya, Ani telah memperoleh haknya. Contohnya memperoleh sekolah yang bagus, memperoleh buku, seragam sekolah, makanan sehat dan seluruh kebutuhan sekolah. 

3. Apa manfaat hiel tersebut bagi waktu depan Ani?


Manfaat hiel tersebut bagi waktu depan Ani yaitu Ani menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan ayah dan ibunya.

4. Apakah Ani telah bertanggung jawab kepada hiel yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!


Ya, Ani telah bertanggung jawab kepada hiel yang telah ia dapatkan. Contohnya mematuhi nasihat ayah dan ibu, rajin sekolah, rajin belajar, dan rajin mengerjakan kegunaan sekolah.

5. Apa yang akan terjadi bila Ani tak bertanggung jawab kepada haknya? Jelaskan dan berikan contoh!


Apabila Ani tak bertanggung jawab kepada haknya karenanya orang tuanya akan betul-betul kecewa, ia tak akan menjadi pelajar yang berprestasi dan kebutuhan sekolahnya tak akan dipenuhi oleh kedua orang tuanya.

Diskusikan dan tuliskan jawabanmu di diagram berikut:


File Pendidikan

Bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman yang lain.


Lengkapi jawabanmu hingga memperoleh jawaban yang amat tepat.


Bagaimana dengan dirimu sendiri? Apakah kamu telah bertanggung jawab kepada hak-hak yang telah kamu dapatkan? Nah, kini ini saatnya untuk merenung dan memperbaiki diri!


Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 59


Tuliskan pengalaman dirimu di menggunakan hiel yang telah kamu dapatkan. Tulis di diagram berikut:


File Pendidikan


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 1 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 6 Halaman 55, 56, 57, 58, 59 dengan tempat tinggal listig http://filependidikan.informasi/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top