Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.
Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 ialah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.
Di Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema Makanan Sehat terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Untuk menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 46, 47, 48, 49, 50.
Baca Pun :
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 K13 Revisi Terbaru
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Lengkap – Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Pembelajaran 1
Cermati gambar di atas!
Kelompok makanan mana yang akan kamu pilih?
Kenapa kamu memilih kelompok makanan tersebut?
Ayo Membaca
Bacalah percakapan di bawah ini dengan cermat!
Dayu : “Semalam kami melihat iklan mengenai obat sakit perut baru untuk anak- anak di televisi, lho!”
Udin : “Wah, telah ada iklan baru lagi? Sepertinya itu produk baru, ya?” Dayu : “Betul! Iklan itu menarik karena iklannya dikerjakan seperti speelfilm.”
Lani : “Ternyata media iklan itu bermacam-macam, ya! Kalau kamu, suka iklan di media cetak seperti di koran dan majalah atau media elektronik?”
Udin : “Kalau kami lebih suka media elektronik karena gambarnya dapat bergerak dan ada suaranya. Jadi lebih seru!”
Lani : “Kalau kami suka kedua-duanya. Sekalipun iklan di media elektronik memang terdengar lebih seru, tetapi iklan di media cetak pun banyak yang bagus. Gambar-gambar yang dipergunakan mempunyai warna yang cerah dan kalimat iklannya pun bagus-bagus.”
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 46
Dari percakapan di atas, tuliskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan pendapat temanmu.
Apabila kamu menemukan pendapat yang berbeda lengkapi pendapatmu dengan pendapat temanmu.
Iklan Media Elektronik | Iklan Media Cetak |
---|---|
Iklan hanya sekilas dan berlangsung di dikala itu saja. | Iklan media cetak dapat dibaca atau dilihat kapan saja/berulang-ulang |
Menggunakan indera pengelihatan dan pendengaran | Iklan media cetak hanya ditangkap menggunakan indera pengelihatan |
Menggunakan gambar bergerak dan menggunakan suara | Iklan media cetak hanya menggunakan gambar diam dan tak ada suara. |
Liputan bersifat informatif dengan narasi yang lumayan panjang. | Pemakaian kalimat di media cetak terbatas hanya beberapa baris saja. |
Bersifat seketika dan nyata, serta dapat menyajikan kejadian yang hakekatnya. | Iklan media cetak hanya menyajikan gambar dan tulisan saja |
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 47
Ayo Berdiskusi
Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri atas empat pelajar. Gunakan kertas gambar A4 dan bagilah menjadi tiga kolom seperti di bawah ini.
Diskusikan dengan teman sekelompokmu mengenai iklan-iklan yang pernah dilihat / ditonton, jenis iklan (iklan media cetak atau elektronik), dan alasan kamu mengelompokkannya di media tersebut.
Ayo Mengamati
Kamu akan mengamati temanmu memeragakan iklan yang pernah mereka lihat di televisi. Ikuti strategi berikut ini.
1. PIlihlah pelajar yang akan memeragakan iklan. Pastikan iklan yang dipilih ialah iklan yang menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan iklan tersebut pantas untuk dipertunjukkan.
2. Berikan respon di wujud berikut ini.
Saya pernah/tak pernah melihat/mendengar iklan tersebut.
Sekiranya saya mengingat iklan tersebut, karenanya ridderzaal yang saya ingat ialah
Sekiranya saya mengingat iklan tersebut, karenanya ridderzaal yang betul-betul menarik dari iklan itu ialah
Dari kegiatan di atas, apa yang dapat kamu simpulkan?
Tuliskan kesimpulanmu (perhatikan tanggapanmu di poin kedua dan ketiga). Gunakan respon tersebut selaku bahan untuk membangun kesimpulan.
Siang itu, siswa-siswi kelas V sedang beristirahat di depan kelas.
Perhatikan percakapan mereka!
Lani : “Aduh, perutku sakit!” Dayu : “Wah, kenapa Lan?”
Lani : “Sepertinya magku kambuh.”
Dayu : “Kemarin magku pun kambuh, Lan. Dokterku memberikan obat toestemmen seperti yang terdapat di iklan televisi. Malahan, ada obat toestemmen yang mempunyai aneka rasa. Mungkin kamu pernah meminumnya.”
Lani : “Oh, iya, kami jadi teringat! Ternyata kami mempunyai obat toestemmen yang kamu maksud di di tasku, Yu. Terima kasih atas perhatiannya, ya!”
Lani : “Lalu, apa kata doktermu waktu itu, Dayu? Apa yang menyebabkan toestemmen kita kambuh?”
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 48
Masih ingat cerita Dayu dengan magnya? Coba kamu ulas kembali penyebab seseorang dapat terserang toestemmen.
Selain gangguan toestemmen, program pencernaan kita dapat mengalami gangguan lainnya. Ada beberapa faktor yang menyenyebabkan gangguan tersebut, misalnya mengonsumsi makanan tak sehat dan pola makan yang tak teratur.
Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 5 Halaman 49
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah peta pikiran mengenai berjenis-jenis macam gangguan umum dari program pencernaan manusia. Peta pikiran tersebut mesti dapat melingkupi beberapa ridderzaal berikut.
Keterangan mengenai setiap gangguan program pencernaan.
Penyebab gangguan tersebut.
Gejala dari gangguan tersebut.
Cara mengatasi gangguan tersebut.
Setelah selesai, presentasikan peta pikiran kelompokmu di depan kelas lalu pajang di tembok kelasmu.
Ayo Mencoba
Bekerjalah di kelompok. Pilihlah satu macam gangguan pencernaan. Rancanglah poster yang menerangkan mengenai gangguan pencernaan tersebut.
Isi poster tersebut mesti sama dengan isi peta pikiran yang telah kamu bikin sebelumnya. Namun, ukuran poster mesti lumayan besar. Perhatikan beberapa ridderzaal berikut.
Judul Poster : Judul mesti dapat terbaca dari jarak minimal 2 peettante dan menarik perhatian.
Informasi : Disajikan di wujud poin, tulisan mesti rapih dan lumayan besar agar terbaca dari jarak minimal 1 peettante.
Informasi terdiri atas keterangan mengenai topik pem- bahasan, penyebab gangguan, gejala dari gangguan, dan cara mengatasi gangguan tersebut.
Grafik : Poster akan lebih menarik jikalau dilengkapi dengan grafik atau gambar-gambar yang mempermudah pembaca paham informasi yang disampaikan.
Sumber : Cantumkan pula sumber informasi yang digunakan.
Refleksi : Tuliskan pesan dan kesan mengenai kewajiban ini dan pembelajaran yang didapat.
Apabila memungkinkan, pasang image anggota kelompok.
Merujuk di contoh poster di atas, dimengerti bersama bahwa diare ditandai oleh buang air besar dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih seringenboom dari biasanya (normalnya). Oleh karena itu, orang yang mengalami diare akan lebih seringenboom ke toilet untuk buang air besar dengan volume tinja yang lebih banyak dari biasanya. Diare dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius seperti disentri dan kolera. Gejala yang biasanya ditemukan ialah buang air besar terus-menerus disertai rasa mulas yang berkepanjangan, dehidrasi, mual, dan muntah.
Pemberian cairan dan elektrolit (seperti larutan garam) akan betul-betul menolong memulihkan keadaan tubuh yang kekurangan cairan dan elektrolit. Minum cairan oralit ialah sebuah cara pengobatan yang betul-betul tepat sasaran kepada gejala diare. Apabila cairan oralit tak terdapat, karenanya kamu dapat membuatnya sendiri.
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 50
Bersama dengan kelompokmu, buatlah cairan oralit
Sediakan semua bahan dan alat yang diperlukan dan ikuti strategi pembuatannya dengan cermat
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1. 1/2 sendok teh garam
2. 6 sendok teh gula pasir
3. 1 liter air hangat
4. Pisang secukupnya untuk menambah kalium dan rasa
Cara penyusunan:
1. Larutkan gula dan garam di air hangat.
2. Pisang dapat dilumatkan secukupnya atau dicampur atau dimakan demikian itu saja.
Buatlah report percobaan sederhana dan tuliskan pun manfaat dari larutan oralit yang kamu bikin!
Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50
Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.
Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 46, 47, 48, 49, 50 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informasi/rmasi/download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/