Download Paket 01 Soal dan Kunci Jawaban Tryout PPUS-USBN Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2018 - Guzu Blog

Download Paket 01 Soal dan Kunci Jawaban Tryout PPUS-USBN Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2018

Download Paket 01 Soal dan Kunci Jawaban Tryout PPUS-USBN Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2018











File Pendidikan
Paket Soal dan Kunci Jawaban Tryout PPUS-USBN Bahasa Indonesia SD/MI 2018

Pedoman Umum


  1. Isikan identitas Kamu ke di Lembar Jawaban Komputer (LJK) yang terdapat dengan menggunakan pensil 2B, sesuai pedoman di Lembar Jawaban Komputer (LJK).

  2. Silanglah (X) jawaban di huruf yang Kamu anggap benar ke di Lembar Jawaban Komputer (LJK).

  3. Waktu yang disediakan 120 menit untuk mengerjakan tes tersebut.

  4. Di setiap butir soal terdapat 4 (empat) alternatif jawaban.

  5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Kamu menjawabnya.

  6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tak komplit.

  7. Tak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika, atau alat bantu hitung lainnya.

  8. Periksalah profesi Kamu sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.

  9. Lembar soal boleh dicoret-coret untuk mengerjakan hitungan.


SELAMAT MENGERJAKAN

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1–6!



Krisis Air Bersih


Persediaan air bersih di beberapa daerah di Indonesia lumayan memprihatinkan, terutama ketika musim kemarau tiba. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya krisis air bersih. Salah satunya ketersediaan lahan terbuka hijau yang terbatas.



Banyaknya lahan yang dibeton membangun air hujan tak dapat meresap ke di tanah sehingga ketersediaan air tanah berkurang. Padahal, semakin banyak lahan terbuka hijau karenanya ketersediaan air tanah akan semakin banyak. Dengan demikian, kebutuhan manusia akan ketersediaan air tanah dapat tercukupi.


Ada diantara satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ketersediaan air tanah selain membuka lahan terbuka hijau. Cara itu ialah dengan membangun biopori yang dapat memicu pertumbuhan fauna tanah dan dapat membangun pori-pori di tanah. Perancangan biopori di lahan terbuka hijau amat tepat sasaran untuk mengembalikan persediaan air bersih. 

 

1. Kalimat utama paragraf kedua ialah . . .
    A. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya krisis air bersih.
    B. Perancangan biopori di lahan terbuka hijau amat tepat sasaran untuk mengembalikan persediaan air   

         bersih.
   C. Banyaknya lahan yang dibeton membangun air hujan tak dapat meresap ke di tanah

        sehingga ketersediaan air tanah berkurang.
   D. Diantara cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ketersediaan air tanah,
        selain menambah lahan terbuka hijau ialah membangun biopori.


2. Ide utama paragraf pertama-tama ialah . . . .
    A. terbatasnya persediaan air di daerah Indonesia
    B. lahan terbuka hijau ialah cara tepat sasaran untuk memenuhi kebutuhan air
    C. jumlah biopori di tanah memengaruhi ketersediaan air bersih di tanah
    D. membangun biopori dapat memicu pertumbuhan fauna tanah dan dapat menambah persediaan air 

         bersih


3. Simpulan sesuai dengan teks tersebut ialah . . .
    A. Kurangnya lahan terbuka hijau dan resapan air menyebabkan sumber air bersih berkurang.
    B. Persediaan air bersih terbatas karena pemakaian yang berlebihan.
    C. Banyaknya lahan berbeton membangun resapan air berkurang.
    D. Ketersediaan air bersih semakin menipis.


4. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf kedua ialah . . .
    A. Biopori dapat membangun pori-pori di tanah.
    B. Biopori membangun persediaan air tanah menipis.
    C. Kekurangan air bersih disebabkan oleh kurangnya biopori yang dikerjakan.
    D. Ketersediaan air tanah dapat meningkat dengan membuka lahan terbuka hijau.


5. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf ketiga ialah . . .
    A. Apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan ketersediaan air tanah?
    B. Apa yang menyebabkan ketersediaan air bersih berkurang?
    C. Bagaimana memenuhi kebutuhan manusia akan air tanah?
    D. Bagaimana cara membuka lahan terbuka hijau? 

 

Soal lainnya :




Download Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban, Kisi-kisi US, USBN SD/MI



6. dst….

 

47. Kalimat berikut yang sesuai dengan kaidah penulisan yang benar ialah . . .
      A. ayahku bekerja selaku Arsitek.
      B. Schijt tina membelikanku boneka di toko Sederhana.
      C. Besok kami diajak berkunjung ke rumah nenek di Solo.
      D. Ibu membuatkanku Nasi Goreng dengan telur mata sapi.


48. Bacalah ilustrasi berikut!
      Di hari libur, kami dan keluargaku berencana berkunjung ke rumah nenek. Rumah nenekku 

      berada di jalan Diponegoro 26 Medan.
      Perbaikan penulisan kalimat bercetak miring yang benar ialah . . .
      A. Rumah nenekku berada di jalan Diponegoro 26 medan.
      B. Rumah nenekku berada di jalan Diponegoro 26 Medan.
      C. Rumah nenekku berada di jalan diponegoro 26 Medan.
      D. Rumah nenekku berada di Jalan Diponegoro 26, Medan.


49. Bacalah ilustrasi berikut!
      Pak Soleh bekerja di perkebunan Pak Anwar. Ia rajin dan menguasai profesi, sehingga
      dipercaya menjadi . . . .
      Istilah kata yang tepat untuk melengkapi ilustrasi di atas ialah . . . .
      A. satpam
      B. mandor
      C. sekretaris
      D. juru bayar


50. Pagi ini ayah mendengarkan siar radio yang membahas prestasi atlet Indonesia di ajang    

      Olimpiade Rio 2016 di Brasil.
      Perbaikan kata bercetak miring yang benar ialah . . . .
      A. siaran
      B. tersiar
      C. penyiaran
      D. menyiarkan 

KUNCI JAWABAN

1. C


File Pendidikan

2. A
3. A
4. D
5. A
6. A
7. D
8. C
9. D
10. A
11. B
12. C
13. B
14. A
15. D
16. A
17. C
18. D
19. A
20. D 


DOWNLOAD  SELENGKAPNYA DI BAWAH INI !




Demikianlah informasi paket soal tryout untuk Persiapan Ujian Sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Tahun 2018 selaku persiapan USBN Tahun 2019. Selamat dan sukses.



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top