– Buku Pendidik dan Pelajar Matematika Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018. Halo sobat filependidikan, di postingan ini kami akan berbagi Buku Pendidik (BG) dan Buku Pelajar (BS) Mata Pembelajaran Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dapat rekan-rekan unduh secara free.
Buku Matematika Kelas IV K13 Revisi 2018 ialah sebuah buku yang dipersiapkan Pemerintah dan disusun oleh beragam pihak koordinasi koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku MTK Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini disusun untuk menolong pengajar agar dapat memfasilitasi pelajar belajar dan memahami bahan matematika dari yang diamanatkan di Kurikulum 2013 yang direvisi.
Pendekatan di pembelajaran di kuirkulum 2013 yang digunakan menggunakan ialah scientific approach atau 5 M, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Masing-masing tahapan disajikan secara detail untuk menolong pelajar di mengerjakan aktivitas ilmiah dengan menggunakan berfikir tingkat tinggi.
Beberapa aspek urgen yang disampaikan di buku matematika Kelas 4 K13 Revisi 2018 ialah adanya narasi awal pembelajaran dengan menyajikan masalah-masalah kontekstual, pengajar memfasiltasi siwa di proses pembelajaran problem based learning, discovey learning, dan collaborative learning. Pelajar pun didorong untuk dapat membangun kaitan-kaitan urgen antar sub bahan, dan antar bahan dengan alam sekitar anak. Literasi dan koneksi pelajar dinilai dengan menggunakan authentic assessment. Di ahir setiap bab, di sajikan project based learning.
Prototype pembelajaran di Buku Matematika Kelas 4 SD/MI K13 Revisi 2018 ini Problem-based Learning, Problem-based Learning mempunyai karakteristik tersendiri yang membedakan dengan
specimen pembelajaran yang lain. Problem-based Learning berpotensi memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik minat dan menyenangkan bagi pelajar. Karakteristik Problem-based Learning menurut beberapa sumber meliputi:
- Belajar diawali dengan suatu masalah
- Masalah yang diberikan berhubungan dengan dunia nyata pelajar atau integrasi konsep dan masalah dunia nyata
- Keterkaitan masalah dengan beragam disiplin ilmu,
- Penyelidikan yang dilakukan bersifat autentik,
- Menghasilkan dan memamerkan hasil karya,
- Adanya kolaborasi antar pelajar, maupun pelajar dengan pengajar,
- Menggunakan kelompok kecil.
Sumber https://www.websiteedukasi.com/
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/