UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI - Guzu Blog

UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI

UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI


KELAS: I
Tujuan kurikulum melingkupi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut diperoleh via proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri di berinteraksi dengan keluarga, teman, dan pendidik”. Kedua kompetensi tersebut diperoleh via pembelajaran tak seketika (officieus teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pembelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan selaku pertimbangan pendidik di mengoptimalkan letter peserta didik lebih lanjut.











File Pendidikan
KI dan KD Kurikulum 2013 PJOK SD/MI Kelas I, II, III, IV, V, VI

Selengkapnya mengenai KI & KD Mata Pembelajaran PJOK silahkan simak di bawah ini, dan silahkan untuk dimengerti oleh semuanya.


Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan selaku berikut ini.
















KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)


3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya merujuk di rasa
ingin tahu mengenai dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah


4. Menyajikan pengetahuan faktual
di bahasa yang jelas dan logis,
di karya yang estetis, di
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan di tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia




File Pendidikan


File Pendidikan













3.8 Memahami bagian-bagian tubuh,
bagian tubuh yang boleh dan tak
boleh disentuh orang lain, cara
menjaga kebersihannya, dan
kebersihan pakaian


4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh,
bagian tubuh yang boleh dan tak
boleh disentuh orang lain, cara
menjaga kebersihannya, dan
kebersihan pakaian




KELAS: II
Tujuan kurikulum melingkupi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut diperoleh via proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri di berinteraksi dengan keluarga, teman, dan pendidik”. Kedua kompetensi tersebut diperoleh via pembelajaran tak seketika (officieus teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pembelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan selaku pertimbangan pendidik di mengoptimalkan letter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan selaku berikut ini.
















KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)


3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya merujuk di rasa
ingin tahu mengenai dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah


4. Menyajikan pengetahuan faktual
di bahasa yang jelas dan logis,
di karya yang estetis, di
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan di tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia


























KOMPETENSI DASAR


KOMPETENSI DASAR


3.1 Memahami variasi gerak basic
lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
wujud permainan sederhana dan
atau tradisional


4.1 Mempraktikkan variasi gerak basic
lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
wujud permainan sederhana dan
atau tradisional


3.2 Memahami variasi gerak basic
non-lokomotor sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
wujud permainan sederhana dan
atau tradisional


4.2 Mempraktikkan variasi gerak basic
non-lokomotor sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
wujud permainan sederhana dan
atau tradisional


3.3 Memahami variasi gerak basic
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
wujud permainan sederhana dan
atau tradisional


4.3 Mempraktikkan variasi gerak basic
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
wujud permainan sederhana dan
atau tradisional

































3.4 Memahami bergerak secara
seimbang, lentur, dan kuat di
rangka pengembangan kebugaran
jasmani via permainan
sederhana dan atau tradisional


4.4 Mempraktikkan prosedur bergerak
secara seimbang, lentur, dan kuat
di rangka pengembangan
kebugaran jasmani via
permainan sederhana dan atau
tradisional


3.5 Memahami variasi beraneka pola
gerak dominan (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) di aktivitas senam
lantai


4.5 Mempraktikkan variasi beraneka
pola gerak dominan (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) di aktivitas senam
lantai


3.6 Memahami pemakaian variasi
gerak basic lokomotor dan non
lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
di aktivitas gerak berirama


4.6 Mempraktikkan pemakaian variasi
gerak basic lokomotor dan non
lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
di aktivitas gerak berirama


3.7 Memahami prosedur pemakaian
gerak basic lokomotor, non
lokomotor,dan manipulatif di
wujud permainan, dan menjaga
keselamatan diri/orang lain di
aktivitas air ***


4.7 Mempraktikkan pemakaian gerak
basic lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif di wujud
permainan, dan menjaga
keselamatan diri/orang lain di
aktivitas air***


3.8 Memahami manfaat pemanasan dan
pendinginan, serta beraneka vishal
yang mesti dilakukan dan dihindari
sebelum, pada rentang waktu, dan setelah
menjalankan aktivitas fisik


4.8 Menceritakan manfaat pemanasan
dan pendinginan, serta beraneka vishal
yang mesti dilakukan dan dihindari
sebelum, pada rentang waktu, dan setelah
menjalankan aktivitas fisik


3.9 Memahami cara menjaga
kebersihan lingkungan (tempat
tidur, rumah, kelas, lingkungan
sekolah, dan lain-lain)


4.9 Menceritakan cara menjaga
kebersihan lingkungan (tempat
tidur, rumah, kelas, lingkungan
sekolah).




KELAS III















KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)


3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya merujuk di rasa
ingin tahu mengenai dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah


4. Menyajikan pengetahuan faktual
di bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, di karya yang estetis,
di gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan di tindakan
yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia


























KOMPETENSI DASAR


KOMPETENSI DASAR


3.1 Memahami kombinasi gerak basic
lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
wujud permainan sederhana dan
atau tradisional


4.1 Mempraktikkan gerak kombinasi
gerak basic lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan di
beraneka wujud permainan
sederhana dan atau tradisional


3.2 Memahami kombinasi gerak basic
non-lokomotor sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
wujud permainan sederhana dan
atau tradisional


4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi
gerak basic non-lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan di
beraneka wujud permainan
sederhana dan atau tradisional


3.3 Memahami kombinasi gerak basic
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
wujud permainan sederhana dan
atau tradisional


4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak
basic manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
wujud permainan sederhana dan
atau tradisional


































3.4 Memahami bergerak secara
seimbang, lentur, lincah, dan
berdaya tahan di rangka
pengembangan kebugaran jasmani
via permainan sederhana dan
atau tradisional


4.4 Mempraktikkan bergerak secara
seimbang, lentur, lincah, dan
berdaya tahan di rangka
pengembangan kebugaran jasmani
via permainan sederhana dan
atau tradisional


3.5 Memahami kombinasi beraneka
pola gerak dominan (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan,
dan mendarat) di aktivitas
senam lantai


4.5 Mempraktikkan kombinasi beraneka
pola gerak dominan (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) di aktivitas senam
lantai


3.6 Memahami pemakaian kombinasi
gerak basic lokomotor, non
lokomotor dan manipulatif sesuai
dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik di
aktivitas gerak berirama


4.6 Mempraktikkan pemakaian
kombinasi gerak basic lokomotor,
non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik di
aktivitas gerak berirama


3.7 Memahami prosedur gerak basic
mengambang (water trappen) dan
meluncur di air serta menjaga
keselamatan diri/orang lain di
aktivitas air***


4.7 Mempraktikkan gerak basic
mengambang (water trappen) dan
meluncur di air serta menjaga
keselamatan diri/orang lain di
aktivitas air***


3.8 Memahami wujud dan manfaat
istirahat dan penginputan waktu luang
untuk menjaga medis


4.8 Menceritakan wujud dan manfaat
istirahat dan penginputan waktu luang
untuk menjaga medis


3.9 Memahami perlunya memilih
makanan bergizi dan jajanan sehat
untuk menjaga medis tubuh


4.9 Menceritakan perlunya memilih
makanan bergizi dan jajanan sehat
untuk menjaga medis tubuh




KELAS IV















KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)


3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan
menanya merujuk di rasa ingin
tahu mengenai dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah
dan tempat bermain


4. Menyajikan pengetahuan faktual
di bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, di karya yang estetis,
di gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan di tindakan
yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia


























KOMPETENSI DASAR


KOMPETENSI DASAR


3.1 Memahami variasi gerak basic
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di permainan
bola besar sederhana dan atau
tradisional*


4.1 Mempraktikkan variasi gerak basic
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di permainan
bola besar sederhana dan atau
tradisional*


3.2 Memahami variasi gerak basic
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di permainan
bola kecil sederhana dan atau
tradisional*


4.2 Mempraktikkan variasi gerak basic
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di permainan
bola kecil sederhana dan atau
tradisional*


3.3 Memahami variasi gerak basic
jalan, lari, lompat, dan lempar
via permainan/olahraga yang
dimodifikasi dan atau olahraga
tradisional


4.3 Mempraktikkan variasi pola basic
jalan, lari, lompat, dan lempar
via permainan/olahraga yang
dimodifikasi dan atau olahraga
tradisional





































3.4 Mengaplikasikan gerak basic
lokomotor dan non-lokomotor
untuk menyusun gerak basic
seni beladiri**


4.4 Mempraktikkan gerak basic
lokomotor dan non lokomotor untuk
menyusun gerak basic seni
beladiri**


3.5 Memahami beraneka wujud
aktivitas kebugaran jasmani
via beraneka latihan; daya
tahan, kekuatan, kecepatan, dan
kelincahan untuk mencapai berat
badan ideal


4.5 Mempraktikkan beraneka aktivitas
kebugaran jasmani via beraneka
wujud latihan; daya tahan,
kekuatan, kecepatan, dan
kelincahan untuk mencapai berat
badan ideal


3.6 Mengaplikasikan variasi dan
kombinasi beraneka pola gerak
dominan (bertumpu, bergantung,
keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) di aktivitas senam
lantai


4.6 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi beraneka pola gerak
dominan (bertumpu, bergantung,
keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) di aktivitas senam
lantai


3.7 Mengaplikasikan variasi gerak basic
langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik di
aktivitas gerak berirama


4.7 Mempraktikkan variasi gerak basic
langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik di aktivitas
gerak berirama


3.8 Memahami gerak basic satu gaya
renang***


4.8 Mempraktikkan gerak basic satu
gaya renang ***


3.9 Memahami jenis cidera dan cara
penanggulangannya secara
sederhana dikala menjalankan
aktivitas fisik dan di
kehidupan sehari-hari


4.9 Mendemonstrasikan cara
penanggulangan jenis cidera secara
sederhana dikala menjalankan aktivitas
fisik dan di kehidupan sehari
hari.


3.10 Menganalisis perilaku terpuji
di pergaulan sehari-hari (antar
teman sebaya, orang yang lebih
tua, dan orang yang lebih muda)


4.10 Mendemonstrasikan perilaku terpuji
di pergaulan sehari-hari (antar
teman sebaya, orang yang lebih tua,
dan orang yang lebih muda)




KELAS V
















KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)


3. Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba
merujuk di rasa ingin mengenai
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain


4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual di bahasa
yang jelas, sistematis, logis dan
kritis, di karya yang estetis,
di gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan
di tindakan yang
mencerminkan perilaku anak






























KOMPETENSI DASAR


KOMPETENSI DASAR


3.1 Memahami kombinasi gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional*


4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional*


3.2 Memahami kombinasi gerak basic
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
permainan bola kecil sederhana dan
atau tradisional*


4.2 Mempraktikkan kombinasi gerak
basic lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan di beraneka
permainan bola kecil sederhana
dan atau tradisional*


3.3 Memahami kombinasi gerak basic
jalan, lari, lompat, dan lempar
via permainan/olahraga yang
dimodifikasi dan atau olahraga
tradisional


4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak
basic jalan, lari, lompat, dan
lempar via
permainan/olahraga yang
dimodifikasi dan atau olahraga
tradisional


3.4 Mengaplikasikan variasi gerak basic
lokomotor dan non lokomotor untuk
menyusun gerak basic seni
beladiri**


4.4 Mempraktikkan variasi gerak
basic lokomotor dan non
lokomotor untuk menyusun
gerak basic seni beladiri**


































3.5 Memahami aktivitas latihan daya
tahan jantung (cardio respiratory)
untuk pengembangan kebugaran
jasmani


4.5 Mempraktikkan aktivitas latihan
daya tahan jantung (cardio
respiratory
) untuk pengembangan
kebugaran jasmani


3.6 Memahami kombinasi pola gerak
dominan (bertumpu, bergantung,
keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) untuk menyusun
keterampilan basic senam
menggunakan alat


4.6 Mempraktikkan kombinasi pola
gerak dominan (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) untuk menyusun
keterampilan basic senam
menggunakan alat


3.7 Memahami pemakaian kombinasi
gerak basic langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik di
aktivitas gerak berirama


4.7 Mempraktikkan pengunaan
kombinasi gerak basic langkah
dan ayunan lengan mengikuti
irama (ketukan) tanpa/dengan
musik di aktivitas gerak
berirama


3.8 Memahami diantara gaya renang
dengan koordinasi yang bagus di
jarak tertentu***


4.8 Mempraktikkan diantara gaya
renang dengan koordinasi yang
bagus di jarak tertentu ***


3.9 Memahami konsep pemeliharaan
diri dan orang lain dari penyakit
menular dan tak menular


4.9 Mengaplikasikan konsep pemeliharaan
diri dan orang lain dari penyakit
menular dan tak menular


3.10 Memahami bahaya merokok,
minuman keras, dan narkotika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat
berbahaya lainnya kepada
medis tubuh


4.10 Memaparkan bahaya merokok,
meminum minuman keras, dan
mengonsumsi narkotika, zat-zat
aditif (NAPZA) dan obat berbahaya
lainnya kepada medis tubuh




KELAS VI


Tujuan kurikulum melingkupi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut diperoleh via proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri di berinteraksi dengan keluarga, teman,
pendidik, dan tetangga serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi tersebut diperoleh via pembelajaran tak seketika (officieus teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pembelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan selaku pertimbangan pendidik di mengoptimalkan letter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan selaku berikut ini.
















OMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)


KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)


3. Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba
merujuk di rasa ingin tahu
mengenai dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan di tempat
bermain


4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual di bahasa yang
jelas, sistematis, logis dan kritis,
di karya yang estetis, di
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan di tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia






























KOMPETENSI DASAR


KOMPETENSI DASAR


3.1 Memahami variasi dan kombinasi
gerak basic lokomotor, non
lokomotor, dan manipulatif dengan
kontrol yang bagus di permainan
bola besar sederhana dan atau
tradisional*


4.1 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak basic lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif
dengan kontrol yang bagus di
permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional*


3.2 Memahami variasi dan kombinasi
gerak basic lokomotor, non
lokomotor, dan manipulatif dengan
kontrol yang bagus di permainan
bola kecil sederhana dan atau
tradisional*


4.2 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak basic lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif
dengan kontrol yang bagus di
permainan bola kecil sederhana dan
atau tradisional*


3.3 Memahami variasi dan kombinasi
gerak basic jalan, lari, lompat, dan
lempar dengan kontrol yang bagus
via permainan dan atau
olahraga tradisional


4.3 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak basic jalan, lari,
lompat, dan lempar dengan kontrol
yang bagus via permainan dan
atau olahraga tradisional


3.4 Memahami variasi dan kombinasi
gerak basic lokomotor, non
lokomotor, dan manipulatif untuk
menyusun gerak basic seni
beladiri**


4.4 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak basic lokomotor,
non lokomotor, dan manipulatif
untuk menyusun gerak basic seni
beladiri**






























3.5 Memahami latihan kebugaran
jasmani dan pengukuran tingkat
kebugaran jasmani pribadi secara
sederhana (contoh: menghitung
denyut nadi, menghitung
kemampuan menjalankan push up,
menghitung kelenturan tungkai)


4.5 Mempratikkan latihan kebugaran
jasmani dan pengukuran tingkat
kebugaran jasmani pribadi secara
sederhana (contoh: menghitung
denyut nadi, menghitung
kemampuan menjalankan push up,
menghitung kelenturan tungkai)


3.6 Memahami rangkaian tiga pola
gerak dominan (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dengan konsisten, tepat
dan terkontrol di aktivitas
senam


4.6 Mempraktikkan rangkaian tiga pola
gerak dominan (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dengan konsisten, tepat
dan terkontrol di aktivitas
senam


3.7 Memahami pemakaian variasi dan
kombinasi gerak basic rangkaian
langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik di
aktivitas gerak berirama


4.7 Mempraktikkan pemakaian variasi
dan kombinasi gerak basic
rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik di
aktivitas gerak berirama


3.8 Memahami keterampilan diantara
gaya renang dan dasar-dasar
penyelamatan diri***


4.8 Mempraktikkan keterampilan salah
satu gaya renang dan dasar-dasar
penyelamatan diri***


3.9 Memahami perlunya
pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi


4.9 Memaparkan perlunya
pemeliharaan kebersihan
alat
reproduksi




Keterangan:
*) Untuk kompetensi basic permainan bola besar dan permainan bola kecil dapat dipilih sesuai dengan alat prasarana yang terdapat. (Dan dipastikan Pengajar tak mengajarkan di diantara pembelajaran yang diminati oleh gurunya melainkan diminati oleh siswanya agar pelajar tak terpaksa dan PJOK menjadi momok bagi siswanya)


**) Pembelajaran aktifitas beladiri selain pencaksilat dapat pun aktifitas beladiri lainnya (karate, yudo, taekondo, dll) disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah. Olahraga beladiri pencaksilat mulai diajarkan di kelas IV dikarenakan karakterisrtik psikis anak kelas I. II dan III belum lumayan untuk menerima aktifitas pembelajaran beladiri.


***) Pembelajaran aktifitas air boleh dilaksanakan sesuai dengan kondisi, jikalau tak dapat dilaksanakan digantikan dengan aktifitas fisik lainnya yang terdapat di lingkup bahan.




Terdapat pun KI dan KD SD/MI untuk mata pembelajaran lainnya.




Unduh KI dan KD PPKn SD/MI Kelas I, II, III, IV, V, VI


KI dan KD Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Sunda SD/MI Kelas 1-6


Dengan demikian kiranya untuk mata pembelajaran PJOK telah lumayan komplit apabila Bapak Ibu memerlukan Kompetensi Inti dan Kompetensi Basic / KI-KD untuk Satuan Pendidikan Sekolah Basic / Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Sehingga tak ada alasan lagi untuk tak melengkapi administrasi yang lainnya, apabila ada kaitannya dengan mata pembelajaran olahraga dan kesehtan. Semoga saja, pendidikan kita kuat, dan sehat untuk generasi yang akan datang, bagus sehat jasmani maupun rohaninya.



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top