Di kegiatan belajar mendidik, diantara yang mesti di capai yakni tujuan pembelajaran yang terdapat di rencana pelaksanaan pembelajaran. Terdapat beragam macam cara yang dapat meningkatkan kesuksesan kegiatan belajar mendidik. salah satunya dengan menggunakan proefje pembelajaran.
di postingan kalium ini, akan di bahas proefje pembelajaran Take and Give. melingkupi pengertian, strategi, kelebihan serta kekurangan dilengkapi dengan contoh RPP dengan menggunakan proefje Take and Give.
baca pun : contoh RPP dengan model NHT
Take and Give secara bahasa berarti “saling membagi dan menerima”. vishal itu senada dengan pendapat Huda (2013, hlm.241) Take and Give yaitu proefje pembelajaran yang didukung oleh penyajian gegevens yang diawali dengan pemberian kartu kepada pelajar. didalam kartu, ada catatan yang mesti dikuasai atau dihafal masing-masing peserta didik. Peserta didik kemudian mencari pasangannya masing-masing untuk bertukar pengetahuan sesuai dengan apa yang didapatstellingnya di kartu, ladelu kegiatan pembelajaran diakhiri denngan mengevaluasi peserta didik dengan menanyakan pengetahuan yang mereka miliki dan pengetahuan yang mereka terima dari pasangannya. Beberapa ahli percaya bahwa suatu mata pembelajaran benar-benar dikuasai banyak, apabila peserta didik mampu mengajarkannya di peserta didik yang lain.
Prototype Pembelajaran menerima dan memberi (Take and Give) yaitu proefje pembelajaran yang mempunyai sintaks, menuntut pelajar mampu memahami bahan pembelajaran yang diberikan pendidik dan teman sebayanya (pelajar lain).
Kelebihan:
- Pelajar akan lebih cepat memahami penguasaan bahan dan informasi karena memperoleh informasi dari pendidik dan pelajar yang lain.
- Dapat menghemat waktu di pemahaman dan penguasaan pelajar akan informasi.
Kelemahan:
- Bila informasi yang disampaikan pelajar kurang tepat (salah) karenanya informasi yang diterima pelajar lain pun akan kurang tepat.
sebelum melaksankan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan proefje Take and Give siapkan terlebih dahulu kartu yang berisi nama pelajar, bahan didik dan nama yang diberi informasi. contoh kartu dapat dilihat di gambar di bawah :
- Siapkan kelas dari yang mestinya.
- Jelaskan bahan sesuai topik menit.
- Untuk memantapkan penguasaan peserta, tiap pelajar diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) kurang lebih 5 menit.
- Semua pelajar disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan bahan sesuai kartu masing-masing. Tiap pelajar mesti mencatat nama pasangannya di kartu control.
- Demikian seterusnya hingga tiap peserta dapat saling memberi dan menerima bahan masing-masing.
- Untuk mengevaluasi kesuksesan, berikan pelajar pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
- Strategi ini dapat dimodifikasikan sesuai keadaan.
- Kesimpulan.
sumber : http://filependidikan.informasi/rmasi/contoh-rpp-model-numbered-heads
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/