Buku Panduan Penilaian SMP Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 mengenai Rencana Pem bangunan Rentang Menengah Nasional 20152019 menjelaskan, bahwa sasaran pembangunan di bidang pendidikan antara lain peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, tersedianya kurikulum yang handal, dan tersedianya program penilaian yang komprehensif. Untuk itu Direktorat Jenderal Pendidikan Mendasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan, Ke menterian Pendidikan dan Kebudayaan via Pusat Penilaian Pendidikan, menyusun Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama-tama-tama (SMP)
Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP di tahun 2014 menunjukkan bahwa diantara kesulitan pendidik di mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menya takan mereka belum dapat menyusun, menjalankan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan bagus. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik yaitu merumuskan indikator, menyusun butirbutir instrumen, dan menjalankan penilaian sikap dengan menggunakan berjenis-jenis macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri di menjalankan penilaian keterampilan, karena belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.
- Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan schrijfstift didikan berkaitan dengan ontvangstruimteontvangstruimte berikut. Pengertian, pendekatan dan prinsip penilaian di kuri kulum 2013;
- Penilaian yang dilakukan oleh pendidik bagus penilaian sikap, pengetahuan maupun keterampilan;
- Penilaian yang dilakukan oleh satuan pendidikan
” Verbinding Unduh “
Panduan Kebijakan Pemenuhuan TIK ( Unduh )
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/