Selamat pagi semuanya, selamat mulai beraktivitas rutin untuk para pendidik. Semoga semuanya pada keadaan sehat selalu, bagus sehat lahir mapun sehat bathin, dan diberikan rizki yang lumayan pada arti rizki yang barokah dari Tuuhan Yang Maha Esa. Di artikel kali ini admin mencoba bagi menulis sebuah program sekolah mengenai Penilaian Ahir Semester Ganjil bagi SMP/MTs Tahun Pembelajaran 2019/2020, karena sebentar lagi kita akan menjalankan PAS 1 Tahun Pembelajaran 2019-2020, yaitu tepatnya di bulan Desember 2019.
Terkaut dengan hal tersebut, pihak sekolah mulai dari kini mesti telah mempersiapkan diri merancan/merencanalan atau merancang program kerja sesuai dengan keadaan sekolah masing-masing. Karena dengan mempersiapkan sejak kini alangkah baiknya dari di menunggu waktu yang terus berjalan. Admin hanya mengingatkan bahwa profesi Kepala Sekolah/Madrasah, Pendidik, TU dan PTK lainnya lumayan banyak/padat karenanya silahkan mulailah dari dikala ini, agar nantinya berjalan dengan mudah.
Untuk Bapak Ibu Kepala Sekolah, Pendidik, TU dan yang lainnya, admin telah menyediakan sebuah contoh Program Kerja Penilaian Ahir Semester (PAS) Ganjil bagi SMP/MTs Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang dapat di unduh / di unduh di tautan di bawah ini.
Contoh Program PAS (Penilian Ahir Semester) Ganjil SMP-MTs Tahun Pembelajaran 2019/2020 >>> LINK UNDUH / LINK DOWNLOAD
Lihat artikel lainnya :
Silahkan lihat, simak Contoh Program PAS 1 SMP/MTs Tahun Ajaran 2019/2020 berikut ini.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tercantum diantara Tujuan Nasional yaitu mencerdaskan bangsa. Sekaitan dengan usaha bagi mencapai tujuan tersebut, karenanya pemerintah mempunyai program bagi meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan dan dapat mandiri serta berkualitas. Kebijakan ini diambil selaku strategi mendasar nasional pendidikan pada upaya mensejajarkan diri dengan negara maju pada bidang pengetahuan dan teknologi.
Usaha pemerintah bagi meningkatkan mutu pendidikan ini tampak dari pembaharuan dan penyempurnaan yang telah beberapa kali dilaksanakan. Disamping usaha tersebut, pemerintah pun mengadakan usaha standarisasi tingkat pengetahuan dan kemampauan pelajar bagi setiap tahapan dan jenis sekolah di Indonesia.
Selain itu bagi menentukan kesuksesan dari suatu proses pendidikan yang dilakukan, perlu diselenggarakan proses evalPASi. EvalPASi adalah sebuah cara atau teknik penilaian kepada peserta didik merujuk pada di perhitungan yang telah ditetapkan yakni bagi mengetahui apakah suatu program telah berhasil dan efisien atau tak.
Adapun tujuan dari evalPASi diantaranya ialah:
- Bagi mengetahui atau mengumpulkan informasi mengenai tarap perkembangan dan kemajuan yang diperoleh pelajar pada rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan pada kurikulum pendidikan.
- Mengetaui prestasi hasil belajar guna menetapkan keputusan apakah bahan pembelajaran perlu diulang atau dapat dilanjutkan
- Mengetahui sejauhmana kurikulum telah dipenuhi pada proses kegiatan belajar mendidik .
Dengan mengacu di tujuan tersebut, evalPASi berfungsi selaku umpan balik (feed back) kepada kegiatan proses pendidikan. Umpan balik ini bermanfaat bagi Ishlah yaitu perbaikan kepada suatu komponen pendidikan, Tajqiyah yaitu penyucian kepada seluruh komponen-komponen pendidikan artinya melihat kembali program-program yang telah dilakukan yakni apakah program tersebut urgen atau tak pada kurikulum.
Pada kenyataannya penilaian mempunyai beberapa jenis yaitu penilaian Formatif, Sumatif dan Diagnostik. Adapun kegiatan yang hendak dilakukan ialah penilaian Sumatif yakni penilaian yang dilakukan kepada hasil belajar pelajar setelah mengikuti proses pembelajaran dalam kurun waktu satu semester atau pada hal ini ulangan yang akan dilakukan karena berada di semester ganjil karenanya sering di namakan Penilaian Ahir Semester Ganjil.
Sekaitan dengan akan diselenggarakan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020, karenanya perlu disusun Program kerja secara sistematis yang melingkupi seluruh kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan ini. Dengan berpegang di program kerja ini diinginkan pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 dapat berjalan secara tepat sasaran dan mencapai sasaran.
B. Basic / Landasan Hukum
- Undang-undang Basic Negara Repunlik Indonesia Tahun 1945
- Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 mengenai Aplikasi Pendidikan Indonesia
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 mengenai Perubahan Atas PP No. 19 tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan
- Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2013 mengenai Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan.
- Permendiknas nomor 22 tahun 2006 Mengenai standar komptensi lulusan.
- Permendiknas nomor 23 tahun 2006 Mengenai Pedoman penilaian.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2007 mengenai standar Penilaian pendidikan.
- Merujuk pada kalender pendidikan Kementrian Agama Tahun Pembelajaran 2019/2020 mengenai pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020. Hasil rapat dinas Kepala Madrasah dan juga pengajar dan staff yang dilaksanakan di Juli 2018 mengenai Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020.
- Surat Keputusan Kepala MTs Nurul Falah Sukasari Kota Cimahi mengenai penetapan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020.
C. Program Kerja
Sekaitan akan dilaksanakannya Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020, karenanya perlu disusun program kerja secara sistematis yang melingkupi seluruh kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan ini. Dengan berpegang di program kerja ini diinginkan pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 dapat berjalan secara tepat sasaran dan mencapai sasaran yang diinginkan.
D. Maksud, Tujuan dan sasaran diadakannya Program Kerja
1. Maksud Tujuan
Penyusunan program kerja ini dimaksudkan selaku pedoman sebelumnya dalam kurun waktu dan setelah pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 dan secara terperinci program kerja ini berfungsi selaku:
1. Pedoman persiapan pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang melingkupi jumlah peserta, keperluan ruang, jadwal kegiatan dan semua sesuata yang berhubungan dengan persiapan.
2. Pedoman pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020. Pedoman bagi Ulangan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 memperoleh instrumen yamg memadai seperti tingkat kesukaran, tahapan, dll.
3. Pedoman agar pelaksanaan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
4. Pedoman penilaian hasil belajar sehingga ditentukan nilai ahir yang diperoleh pelajar.
2. Sasaran
a. Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 dapat berjalan mudah dan tertib.
b. Setiap Anggota panitia dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, sungguh-sungguh dan tepat waktu
c. Terjalin kebersamaan dan gotong-royong
E. Ruang Lingkup
Pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 mengacu kepada kurikulum 2013 Revisi Sekolah Menengah Pertama-tama dan Madrasah Tsanawiyah. Sesuai dengan tujuan pemerintah bagi mencapai standarisasi pada bidang pendidikan, karenanya ulangan ini dilaksanakan secara individu di SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Prov, Kab./Kota ….. dan untuk MTs di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Barat.
Merujuk pada hal tersebut, SMP/MTs berpedoman kepada Rapat Dinas Pendidik, pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 dilaksanakan mulai tanggal 03 Desember s.d. 08 Desember 2018
Agar dapat memberikan ilustrasi yang jelas kegiatan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020, pada program kerja ini akan disinggung masalah yang berhubungan dengan jumlah peserta, pembagian ruang, jadwal pembelajaran yang di ulangankan, jadwal mengawas oleh pengawas ruang, dan pemeriksaaan lembar jawaban peserta ulangan oleh pengajar mata pembelajaran.
1. Jumlah Peserta
Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 diikuti oleh pelajar kelas VII, VIII dan IX yang dinyatakan berhak mengikuti Ulangan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020. Adapun perinciannya ialah selaku berikut:
2. Junmlah Ruang
Pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 seluruhnya menggunakan 16 ruangan, yaitu ruangan 01 hingga dengan ruangan 16 dengan perincian selaku berikut :
2. Jadwal Pembelajaran
Jadwal Pembelajaran yang diulangankan mengacu kepada Kalender Pendidikan Kementerian Agama Tahun Pembelajaran 2019/2020.
3. Pengawasan
Pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 diadakan di ruang 01 hingga dengan 19. Sesuai dengan kebiasaan yang mengacu kepada jumlah pengawas ruang dan disesuaikan dengan anggaran yang terdapat, karenanya setiap ruang ditetapkan satu orang pengawas ruang. Dengan demikian setiap hari diperlukan 19 orang pengawas ruang ditambah beberapa orang cadangan yang diambil dari panitia bila terjadi hal-hal dimana pengawas ruang yang telah ditetapkan berhalangan hadir.
Daftar pengajar yang diberi fungsi Mengawas Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020:
F. Sistematika
Program kerja penyelenggaraan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 ini disusun merujuk pada pedoman bagi SMP dari Kemendikbud dan MTs dari Kanwil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat yang meliputi hal-hal selaku berikut:
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Basic Hukum
C. Program Kerja
D. Maksud Tujuan dan Sasaran
E. Ruang lingkup
F. Sistematika
BAB II : PENGORGANISASIAN
A. Sususnan Organisasi
B. Susunan Panitia
C. Rincian Kewajiban
BAB III : JADWAL KEGIATAN
BAB IV : RENCANA ANGGARAN
A. Sumber Biaya
B. Rencana Pengeluaran
BAB V : PENUTUP
Lampiran-lampiran
BAB II
PENGORGANISASIAN
Pada menjalankan Penyelenggaraan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020, perlu disusunnya organisasi kepanitiaan dan rincian fungsi dari setiap panitia yang menyelenggarakan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020. Adapun susunan organisasi kepanitian Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 ialah selaku berikut:
A. Susunan Organisasi
B. Susunan Panitia
Penanggung Jawab : Kepala Madrasah ( ……….)
Wakil Penanggung Jawab : PKM Bid. Kurikulum ( ………. )
K e t u a : ……….
Sekretaris : ……….
Bendahara : L. ……….. dan ……….
Anggota : 1. ……….
2. ……….
3. ……….
C. Rincian Kewajiban
1. Penanggung Jawab
a. Selaku penanggung jawab semua kegiatan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 dari awal hingga ahir kegiatan, bagus keluar maupun ke pada.
b. Mengarahkan, mengkoordinasikan, mengawasi serta mengevaluasi seluruh kegiatan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020.
c. Menentukan kebijakan umum sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh instansi terkait.
2. Ketua
a. Bertanggung jawab atas kelancaran, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020
b. Menetapkan dan memberikan surat keputusan bagi Panitia Penyelenggaraan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 dan mengatur secara garis besar mekanisme kerja para petugas dan panitia penyelenggara.
c. Mengkoordinasikan dan mengatur semua kegiataan atau pembagian fungsi yang berhubungan dengan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020.
3. Sekretaris
a. Menyiapkan dan merancang administrasi.
b. Menyiapkan dan merancang format-format kegiatan.
c. Mencatat peserta yang tak hadir setiap pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020
d. Membangun pengamanan dan penyimpanan berkas.
e. Menyusun report pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020
4. Bendahara
a. Merencanakan dan merancang program.
dst …..
BAB III
JADWAL KEGIATAN
BAB IV
RENCANA ANGGARAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMP/MTS …………………………
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Contoh :
A. TOTAL PEMASUKAN
B. RENCANA PENGELUARAN
KETERANGAN
DAFTAR PENERIMAAN HONOR KERJA PANITIA
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMP/MTs ……….
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TENAGA PENDIDIK YANG MEMBANTU DALAM PELAKSANAAN
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
BAN V
PENUTUP
Program Kerja Sekolah pada rangka pelaksanaan Penilaian Ahir Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 di susun secara terperinci, sebelum memulai suatu kegiatan atau pelaksanaan di maksud, ini akan menolong bagi menentukan strategi yang akan dilakukan. Karenanya kesimpilan yang diambil pada penyusunan Program Kerja Pelaksanaan PAS Ganjol SMP/MTs Tahun 2019 ini ialah :
- Panitia Penyelenggara akan mengetahui dan menjalankan tugasnya sesuai dengan kewenangan.
- Akan selalu mengadakan koordinasi atar panitia.
- Pemakaian anggaran akan sesuai dengan anggaran yang terdapat.
- Bila ada hal-hal yang dibalik perencanaan yang tak sesuai dengan rencana, segera melaporkan kepada panitia/Kepala Sekolah, sehingga segera dapat ditangani dan tak akan cepat informasi tersebut menyebar ke luar.
Gampang-mudahan Contoh progran kerja Penilaain Ahir Semester Ganjil bagi SMP.MTs ini dapat menolong panitia khususnya, dan umumnya penyelengaran PAS 1 Tahun pembelajaran 2019/2020 dapat berjalan atau berlangsun tertib dan mudah.
……………., Desember 2019
Kepala Sekolah / Madrasah
……………………………….
NIP.
Demikianlah dan tetima kasih telah menggunakan situs www.gurujumi.blogspot.com selaku alat bagi pendidikan pada meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
Hingga berjumpa kembali dilain waktu dan tunggu artikel menarik lainnya.
Sumber
https://mayastaqiem.blogspot.com/