Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 125, 126, 128
Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 125, 126, 128 – Bahan Pembelajaran Tematik Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sobat Kita Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Pembelajaran 5 dipelajari di Semester 2. Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 ini mengenai report dan kesimpulan percobaan mengetahui tingkat pemborosan air halaman 125, Kunci Jawaban Soal latihan mengenai buklet berisi cerita ajakan untuk mengerjakan tindakan-tindakan penghematan air halaman 126.
Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8 Berikutnya mengenai pertanyaan menyusun sketsa gambar cerita menurut tema di pembelajaran 2. Kunci Jawaban Tematik Tema 8 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 5 ini pun dilengkapi dengan gambar-gambar dan bahan pembelajaran untuk mempermudah menyesuaikan jawaban dengan bahan yang terdapat di buku pelajar kelas 5 tema 8 semester 2 kurikulum 2013.
Baca pun :
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 6
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 7
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 8
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 6
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 9
- Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 5 SD
- Kunci Jawaban Buku Matematika Kelas 6 SD
Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 125
Ayo Mencoba
Mengetahui Tingkat Pemborosan Air
- Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).
- Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! Apabila tak ada keran air di sekolahmu, dapat diganti dengan penampung air, misalnya ember atau kaleng bekas. Buatlah lubang kecil di penampung air itu, kemudian isilah dengan air hingga penuh! Usahakan lubang itu lumayan kecil sehingga air hanya keluar dengan menetes.
- Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.
- Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.
- Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti di percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia pada rentang waktu satu hari (24 jam)?
- Tulislah report dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada Bapak/Ibu Pengajar.
Jawaban :
Report dan kesimpulan kegiatan ini relatif berbeda untuk setiap pelajar, menyesuaikan dengan hasil praktik yang dilakukan oleh masing-masing pelajar / kelompok.
Percobaan di atas telah menunjukkan pemborosan air yang seringenboom terjadi di lingkungan rumah tangga. Dari jumlah air yang terbuang, kamu dapat memperkirakan pemborosan yang terjadi, bukan? Kini ini, apa tindakanmu untuk menghemat pemakaian air?
Ayo Membaca
Penghematan Air
Amatilah pemakaian air di rumahmu! Air digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, memasak, dan mencuci piring. Berapa banyak air yang digunakan di rumahmu setiap hari?
Walaupun hingga dikala ini air selalu terdapat di alam, tetapi kita mesti menggunakan air secara bijaksana. Menghemat pemakaian air benar-benar bermanfaat, terutama jikalau air diperoleh lewat pompa air listrik atau PDAM.
Semakin seringenboom kita menghidupkan pompa tersebut, semakin besar tagihan listrik yang mesti kita bayar. Demikian pun jikalau kita menggunakan air dari PDAM. Semakin banyak air yang kita gunakan, tagihan air vanaf bulannya pun semakin besar. Mungkin kamu belum dapat membayangkan mengenai pemborosan pemakaian air.
Kunci Jawaban Soal Buku Paket Tematik Kelas 5 Tema 8 Halaman 126
Ayo Berdiskusi
1. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu mengenai tindakantindakan penghematan air yang dapat kalian lakukan.
Jawaban :
- Tak bermain air di rumah.
- Mandi menggunakan shower.
- Menyiram tanaman menggunakan air bekas mencuci piring dan sayuran.
- Mematikan keran air setelah menggunakannya.
- Membersihkan kloset dengan air bekas mencuci buah.
- Menggunakan sedikit deterjen di dikala mencuci pakaian.
2. Berikutnya, buatlah buklet berisi cerita ajakan untuk mengerjakan tindakan-tindakan penghematan air.
Jawaban :
3. Lengkapi cerita dengan gambar yang mendukung. Perhatikan strategi penyusunan gambar cerita.
Ayo Membaca
Langkah-Langkah Membangun Gambar Cerita
1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik omkering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya.
2. Menentukan Tema
Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dikerjakan. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.
3. Perancangan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah berikutnya yaitu menyusun sketsa. Sketsa sebaiknya dikerjakan lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik.
4. Penyelesaian Gambar
Dari beberapa sketsa yang dikerjakan dapat dipilih satu yang menurutmu betul-betul bagus. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup.
Bila telah mantap, warnai gambarmu dengan rapi. Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik omkering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik omkering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.
Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Kelas 5 Tema 8 Halaman 128
Ayo Berkreasi
Buatlah sketsa gambar cerita menurut tema yang telah kamu tentukan di Pembelajaran 2.
Jawaban :
Demikian Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 126, 128, 129, 130. Semoga kunci jawaban tematik ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dimanapun berada.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/