Soal Penilaian Ahir Tahun (PAT) yang dikenal dengan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu K13 Kelas 4 SD/MI Tema 8 lingkungan tempat tinggalku, jadi dapat dimanfaatkan oleh pengajar selaku refrensi di menyusun naskah soal.
Selain itu dapat pun dimanfaatkan oleh peserta didik selaku sumber belajar latihan mengerjakan soal, selaku format persiapan menghadapi ujian semester 2.
Ujian sekolah di semester 1 dikenal dengan istilah Penilaian Ahir Semester (PAS) sedangkan di semester genap, disebut dengan Penilaian Ahir Tahun (PAT).
Penilaian Ahir Tahun (PAT) di Kurikulum 2013 yakni kegiatan yang dilakukan pengajar untuk mengukur pencapaian kompetensi pelajar diakhir semester 2.
Cakupan Penilaian terdiri dari seluruh indikator yang mempresentasikan Kompetensi Mendasar (KD) yang dipelajari di Kelas 4 SD/MI semester genap.
Kurikulum 2013 di kelas 4 masih menggunakan revisi 2017 berbeda dengan pembelajaran di kelas 3 dan kelas 6 yang telah menggunakan hasil revisi 2018.
Baca Pun : Soal PAT/PAS Kelas 4 Tema 7 Semester 2
Soal Penilaian Ahir Semester/Tahun di aspek pengetahuan tema lingkungan tempat tinggalku terdiri dari alternatif ganda, esai/isian singkat, dan uraian.
Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, pengajar perlu mendesain kisi-kisi soal yang melingkupi muatan pembelajaran, kompetensi basic, indikator soal, jenis soal, bobot/skor, nomor soal dan kunci jawaban.
Kisi-kisi soal tersebut dibangun merujuk di Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) di Tema 8, perlu dilakukan identifikasi proporsi seluruh KD mata pembelajaran yang akan dinilai di ahir semester agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan soal yang akan dibangun.
Baca pun : Soal PAT/PAS Kelas 4 Tema 6 Semester 2
Kompetensi Mendasar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku
PPKn
3.3 Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik persoon di kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia
3.9 Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat di teks fiksi.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak di peristiwa di lingkungan sekitar.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan beraneka bidang kegiatan serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar hingga provinsi.
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
3.1 Mengetahui gambar dan format tiga dimensi.
3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah.
Contoh Soal Kelas 4 Tema 8
PPKn KD 3.3
1. Yang ialah keragaman sifat yakni . . .
A. Rambut Lani lurus, rambut Dayu keriting
B. Lani senang menari, Dayu senang menari
C. Lani beragama islam, Dayu beragama hindu
D. Lani anak yang pemarah, Dayu anak yang sabar
2. Perhatikan beberapa keragaman berikut :
I) menari
II) sepak bola
III) melukis
IV) bulu tangkis
Perbedaan keragaman di bidang seni ditunjukan angka . . .
A. I dan II
B. I dan III
C. II dan IV
D. III dan IV
3. Perbedaan warna kulit, jenis rambut, tinggi badan, dan berat badan, ialah keragaman karakteristik persoon dilihat secara . . .
4. Kepada teman yang mengalamai cacat fisik, kita tak boleh . . ..
5. Dita bertubuh betul-betul pendek kalau diperbandingkan dengan teman-teman sekelasnya. Meskipun demikian Dita tak merasa . . . . . karena keadaan tubuhnya yakni anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.
6. Keragaman karakteristik masyarakat Indonesia ialah kekayaan khazanah budaya bangsa yang dapat memperkokoh . . . . bangsa.
Bahasa Indonesia KD 3. 9
8. Tokoh yang mempunyai watak bagus sehingga disenangi dan dikagumi pembaca, disebut . . .
A. antagonis
B. protagonis
C. utama
D. tambahan
Jawaban :
9. Cerita yang berisi kebodohan atau kecerdikan seseorang dan menimbulkan senyuma atau tawa bagi pembaca atau pendengarnya di sebut . . .
A. cerita jenaka
B. fabel
C. sage
D. mite
10. Terjadinya Selat Bali
Manik Angkeran yakni putra Sidhimantra seorang Brahmana. Manik Angkeran dan ayahnya tinggal di kerajaan Daha Bali ketika pulau Bali belum terpisah dengan pulau Jawa. Manik Angkeran suka sekali menghambur-hamburkan harta orang tuanya.
Berulang kalium Sidhimantra menasihati anaknya. Namun Manik Angkeran tak mau mendengarkan nasihat ayahnya. Harta orangtuanya pun dihabiskan. Malah, dia berani berhutang kepada orang lain. Di akhirnya Manik Angkeran dikejar-kejar penagih hutang. Sidhimantra tak tega. Hartanya telah habis tetapi Sidhimantra tak mau anaknya celaka.
Tokoh pembantu dari penggalan cerita di atas yakni . . .
11. Kasuari mempunyai badan yang besar dan sayap yang lebar. Dia mampu terbang tinggi. Namun, kasuari amat serakah. Dia memetik banyak sekali buah yang telah masak. Buah-buahan tersebut disembunyikannya di bawah sayapnya sehingga burung-burung lain tak mendapat bagian. Burung-burung lain mengetahui keserakahan kasuari. Oleh karena itu tak ada seekor burung pun mau berteman dengannya.
Menurut penggalan cerita tersebut, tokoh utamanya mempunyai sifat antagonis yaitu . . .
12. ……………………. Tanpa sengaja kalung itu terjatuh. Permata-permatanya tercerai berai di lantai. Permaisuri amat sedih. Permaisuri terduduk dan menangis. Tangisan Permaisuri menyayat hati. Seluruh rakyat yang hadir turut menangis. Mereka sedih melihat tingkah laku putri yang mereka sayangi.
Tak disangka, air mata yang tumpah ke lantai berubah menjadi aliran air. Aliran air menghanyutkan permata-permata yang berseraakan. Air tersebut mengalir ke luar istana dan menyusun danau. Anehnya air danau berwarna-warni seperti warna-warna permata kalung putri. Kini danau itu dikenal dengan nama Telaga Warna.
Penggalan cerita tersebut termasuk cerita fiksi jenis . . .
13. Penyabar, jujur, rendah hati, dermawan yakni ciri-ciri watak tokoh . . .
14. Apa yang dimaksud dengan tokoh utama?
15. Tuliskan 3 ciri-ciri cerita fiksi!
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) KD 3.4
16. Tarian atau dorongan yang dapat mempengaruhi keadaan suatu benda di sebut . . .
A. gaya
B. tenaga
C. gerak
D. usaha
17. Peristiwa yang menunjukan bahwa gaya dapat mengubah format benda yakni . . .
A. bola melambung tinggi bila di tendang
B. meja dapat bergerak bila didorong
C. kaleng minuman penyok bila diinjak
D. sepeda yang melaju akan berhenti bila di rem.
18. Sebuah mobil mainan dapat bergerak karena adanya gaya yang berupa . . .
19. Mobil yang melaju kencang akan berhenti bila direm. Peristiwa ini membuktikan bahwa gaya dapat . . .
20. Dinamometer yakni alat untuk mengukur besar kecilnya . . .
21. Bola yang dilempar ke arah dinding akan memantul. Vishal ini menunjukkan bahwa gaya dapat . . .
22. Apakah yang dimaksud dengan gerak?
23. Tuliskan 3 (tiga) contoh peristiwa yang menunjukkan bahwa gaya dapat mengubah benda diam menjadi bergerak!
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) KD 3.3
24. Keadaan alam mempengaruhi jenis kegiatan penduduk. Profesi yang dapat dilakukan penduduk di daerah pantai yakni . . .
A. menanam padi
B. mendesain kerajinan dari kerang
C. bertani sayur-sayuran
D. membuka jasa konsultan hukum
25. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi seorang dokter ketika merawat pasiennya yakni . . .
26. Pengajar, polisi, hakim yakni kegiatan yang meghasilkan . . .
27. Kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mencari penghasilan di rangka memenuhi kebutuhan hidupnya disebut kegiatan . . . .
28. Pak Andi yakni seorang pengrajin mebel. Dia mendesain meja, kursi dan lemari. Hasil yang dia bikin kemudian dibeli oleh pedagang. Di kegiatan ekonomi, Pak Andi berperan selaku . . .
29. Distributor ialah pelaku kegiatan ekonomi yang berperan . . . . . . . . . . . di barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
30. Apa yang dimaksud dengan kegiatan konsumsi? Jelaskan!
31. Hasil dari kegiatan produksi dapat berupa barang dan jasa. Tuliskan 3 contoh produsen yang menghasilkan barang!
Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.2
32. Urutan nada yang disusun secara berjenjang disebut . . .
33. Di teks lagu “Yamko Rambe Yamko” ditulis tempo 104, artinya lagu tersebut mesti dinyanyikan di kecepatan 104 ketukan di waktu . . . . . menit.
34. Apa yang dimaksud dengan tempo? Jelaskan!
Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.3
35. Tari kipas serumpun berasal dari . . . .
A. sumatera selatan
B. sumatera barat
C. bali
D. aceh
36. Tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah lumayan lama disebut tari . . .
37. Tuliskan 3 macam unsur tari!
Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) KD 3.1
Unduh Soal UKK Kelas 4 Tema Lingkungan Tempat Tinggalku
Selain itu semoga peserta didik kelas 4 SD/MI dapat terbantu di mempelajari materi-materi Tema 8 yang terdapat di soal-soal tersebut untuk persiapan menghadapi Ujian Kenaikan Kelas.
Demikianlah Soal Penilaian Ahir Tahun (PAT-PAS) Kelas 4 Tema 8 Lingkungan Tempat Tinggalku
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/