Soal Tematik Kelas 5 Tema 8 – Soal Penilaian Ahir Tahun (PAT) yang dikenal dengan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu K13 Kelas 5 SD/MI Tema 8 Lingkungan Sobat Kita, jadi dapat dimanfaatkan oleh pendidik selaku refrensi di menyusun naskah soal.
Selain itu dapat pun dimanfaatkan oleh peserta didik selaku sumber belajar latihan mengerjakan soal, selaku wujud persiapan menghadapi ujian semester 2.
Ujian sekolah di semester 1 dikenal dengan istilah Penilaian Ahir Semester (PAS) sedangkan di semester genap, disebut dengan Penilaian Ahir Tahun (PAT).
Penilaian Ahir Tahun (PAT) di Kurikulum 2013 yaitu kegiatan yang dilakukan pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi pelajar diakhir semester 2.
Cakupan Penilaian terdiri dari seluruh indikator yang mempresentasikan Kompetensi Mendasar (KD) yang dipelajari di Kelas 5 SD/MI semester genap.
Kurikulum 2013 di Kelas 5 masih menggunakan revisi 2017 berbeda dengan pembelajaran di kelas 3 dan kelas 6 yang telah menggunakan hasil revisi 2018.
Soal Penilaian Ahir Semester/Tahun di aspek pengetahuan tema lingkungan sobat kita terdiri dari alternatif ganda, esai/isian singkat, dan uraian.
Sebelum menyusun soal-soal tes tertulis, pendidik perlu menyusun kisi-kisi soal yang meliputi muatan pembelajaran, kompetensi mendasar, indikator soal, jenis soal, bobot/skor, nomor soal dan kunci jawaban.
Kisi-kisi soal tersebut dikerjakan merujuk di Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) di Tema 8, perlu dilakukan identifikasi proporsi seluruh KD mata pembelajaran yang akan dinilai di ahir semester agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan soal yang akan dikerjakan.
Contoh Soal Tematik Kelas 5 Tema 8
Soal Alternatif Ganda Kelas 5 Tema 8
1. Perhatikan gambar berikut!
Menurut gambar di atas, urutan proses siklus air yang benar yaitu . . .
A. 1-2-3
B. 3-2-1
C. 2-3-1
D. 1-3-2
2. Perubahan wujud cair menjadi padat di sebut . . .
A. membeku
B. menguap
C. mengembun
D. mencair
3. Berikut yakni sebuah dua contoh akibat penebangan hutan . . .
A. terjadinya longsor dan banjir
B. terjadinya gemba dan tsunami
C. terjadinya angin topan dan banjir
D. terjadinya angin darat dan angin laut
4. Pengaruh panas matahari kepada air menyebabkan air akan . . .
A. mencair
B. menguap
C. membeku
D. mengembun
5. Berikut yakni sebuah tiga sifat air yaitu . . .
A. menempati ruang, permukannya rata, da mempunyai berat
B. selalu membeku, mencair dan menguap
C. mengembun mencair, dan menyublim
D. meresap kemana-mana, permukaannya rata, stuw warna selalu jernih
6. Tahap awal siklus air yaitu . . .
A. mengembun
B. menguap
C. mencair
D. membeku
7. Indonesia yaitu diantara negara agraris, berikut yang bukan kegiatan ekonomi di bidang agraris . . .
A. perkebunan
B. peternakan
C. perikanan
D. perindustrian
8. Perusahaan yang seluruh atau sebahagian besar modalnya dimiliki oleh negara disebut . . .
A. firma
B. koperasi
C. PT
D. BUMN
9. Tujuan koperasi yaitu . . .
A. memperoleh keuntungan sebesar-besarnya
B. mensejahterakan anggotanya
C. mengumpukan dana untuk pembangunan
D. menghimpun modal dari anggotanya
10. Bapak koperasi Indonesia yaitu . . .
A. Dr. Wahidin
B. Moh. Hatta
C. Adam Malik
D. Jokowi
11. Pengertian budaya yaitu . . .
A. Suatu cara hidup untuk berkembang dan dimiiki oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi
B. cara hidup manusia
C. hasil karya manusia
D. perilaku yang dilakukan manusia
12. Orang yang menjalankan kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen disebut . . .
A. pedagang
B. konsumen
C. distribusi
D. distributor
13. Jenis usaha yang seketika memanfaatkan sumber daya alam yaitu . . .
A. perkebunan
B. perdagangan
C. perindustrian
D. perhotelan
14. Pak Amir yaitu seorang nelayan, setiap hari dia menangkap ikan di laut. Menangkap ikan di laut yang dilakukan pak Amir disebut . . .
A. distributor
B. pertambangan
C. konsumsi
D. produksi
15. Berikut ini kegiatan ekonomi dibidang agraris, kecuali . . .
A. pertanian
B. pertambangan
C. perkebunan
D. perternakan
16. Sikap yang tepat di mengisi kemerdekaan selaku seorang pelajar yaitu, kecuali . . .
A. menonton televisi
B. belajar dengan tekun
C. mengikuti upacara dengan hidmat
D. mengikuti kegiatan yang positif
17. Budaya bangsa atau budaya nasional bersumber dari . . .
A. kebudayaan melayu
B. kebudayaan asing
C. kebudayaan daerah
D. kebudayaan luar
18. Lambang negara kita yaitu . . .
A. pancasila
B. burung garuda
C. bhineka Tunggal Ika
D. pohon beringin
19. Keragaman yakni sebuah kondisi di masyarakat yang terdapat banyak perbedaan diberbagai bidang. Keragaman pun dikenal dengan istilah . . .
A. plural
B. estetika
C. etika
D. artistik
20. Diantara penyebab faktor keberagaman budaya di Indonesia yaitu . . .
A. pernah dijajah belanda ratusan tahun
B. kondisi negara yang pernah mengalami krisis
C. kondisi negara berbentuk kepulauan
D. kemajuan teknologi dan komunikasi
21. Keragaman budaya daerah akan memperkaya . . .
A. budaya lokal
B. budaya asing
C. budaya internasional
D. budaya nasional
22. Mayoritas penduduk Indonesia bermata pencaharian . . .
A. nelayan
B. pedagang
C. petani
D. staff
23. Berikut ini yakni sebuah tiga contoh cara menghargai keragaman budaya, kecuali . . .
A. bangga dengan kebudayaan daerah dan nasional
B. melestarikan nilai-nilai budaya yang terdapat
C. tak mengejek suku bangsa lain
D. bersikap acuh tak acuh kepada budaya lain
24. Rumah limas yakni sebuah rumah adat yang berasal dari . . .
A. sumatera barat
B. sumatera utara
C. jawa barat
D. sumatera selatan
25. Pola atau denah yang dilakukan oleh penari dengan berpindah pergerakan posisi disebut . . .
A. pola lantai
B. pola baris
C. pola gerakan
D. pola gaya
Untuk menjawab soal nomor 26-28 perhatikan wacana berikut!
Air Sumber Kehidupan
Air amat urgen bagi manusia, manusia memerlukan air untuk memasak, mencuci, mandi, minum, dan sebagainya.
Sebahagian masyarakat ada yang menggali sumur untuk memperoleh air. Untuk mengambil air dari di sumur menggunakan timba, bagian-bagian timba meliputi ember, tali, dan katrol. Untuk menggunakan timba, terlebih dahulu tali disampirkan di katrol, posisi katrol dapat dikaitkan di tiang penyangga yang tepat berdiri di atas sumur. Diantara ujung tali yang telah dikaitkan oada katrol diikatkan di gagang ember, setelah itu timba ditarik dikala ember berisi air.
Cara mengambil air dengan timba yaitu dengan menjatuhkan ember ke di sumur sambil diantara ujung tali timba tetap dipegang. Tali timba yang dipegang dikendurkan supaya ember di sumur tenggelam. Setelah ember berisi air, timba ditarik pelan-pelan. Dikala ember berisi air hingga di bibir sumur, ember segera diambil dan airnya dituangkan ke wadah yang telah disediakan.
26. Bagaimana cara sebahagian masyarakat memperoleh air?
A. mencari ke sungai
B. menggali sumur
C. langganan PDAM
D. mencari mata air
27. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf pertama-tama yaitu . . .
A. kenapa manusia memerlukan air?
B. bagaimana cara menggali sumur?
C. pentingkah air bagi manusia?
D. apa manfaat katrol?
28. Ide utama di paragraf kedua yaitu . . .
A. cara mengambil air dengan timba
B. cara sebahagian masyarakat mengambil air
C. manfaat katrol bagi manusia
D. air urgen bagi keidupan
29. ……………………. nama mu? Kata tanya yang tepat untuk mengisi titik-titik tersebut yaitu . . .
A. apa
B. siapa
C. bagaimana
D. kenapa
30. Perhatikan cara memasak mihoen berikut!
(1) tuangkan air hangat secukupnya
(2) buka mihoen dari bungkusnya
(3) siapkan wadahnya
(4) masukkan bumbunya
(5) mihoen siap dihidangkan
Urutan cara memasak mihoen yang benar yaitu . . .
A. 4-2-3-5-1
B. 4-2-3-1-5
C. 1-4-3-2-5
D. 3-2-1-4-5
Soal Isian Singkat Tema 8 Kelas 5
1. Istilah lain dari peresapan air tanah disebut . . .
2. Apabila kita kekurangan minum, karenanya kita akan mengalami . . .
3. Diantara usaha ekonomi yang berasaskan kekeluargaan yaitu . . .
4. Koperasi simpan pinjam disebut pun dengan koperasi . . .
5. Koperasi serba usaha yaitu . . .
6. Masjid yakni sebuah tempat beribadah umat beragama . . .
7. Rumah limas yakni sebuah rumah adat dari daerah . . .
8. Garis imajiner yang dilalui penari dikala menjalankan gerak tari disebut . . .
9. Tari serampang dua belas berasal dari . . .
10. Tarian yang mempunyai letterteken lincah dengan rangkaian gerak patah-patah yakni sebuah ciri khas tari daerah dari . . .
Soal Uraian Tema 8 Lingkungan Sobat Kita
1. Bagamana cara menghadapi akibat krisi air bersih?
2. Tuliskan urutan proses terjadinya siklus air!
3. Tuliskan 5 agama yang terdapat di Indonesia!
4. Tuliskan 3 contoh sikap mu selaku seorang pelajar di mengisi kemerdekaan!
5. Tuliskan interval yang terdapat di tangga nada diatonis mayor!
Unduh Soal UKK Kelas 5 Tema Lingkungan Sobat Kita
Contoh Soal Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI ini terdiri dari mata pembelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS dan SBDP.
Sedangkan soal mata pembelajaran matematika dikerjakan oleh pendidik kelas dan diujikan secara terpisah, seperti itu pun dengan soal ujian mata pembelajaran Pendidikan Agama Isalm dan Budi Pekerti (PAdB), serta Pendidikan Jasmani Olahraga dan Medis (PJOK) dikerjakan secara terpisah oleh pendidik mata pembelajaran masing-masing.
Untuk mempermudah Rekan rekan di memahami Naskah Soal Ujian Tema 8 Kelas 5 SD/MI Semester 2, Mimin telah menyiapkan Soal tematik di wujud verkeersopstopping pdf yang dapat di unduh di verbinding tautan berikut ini:
Semoga dengan adanya contoh soal ujian tersebut dapat memberikan refrensi bagi Rekan rekan di menyusun naskah soal, dan mempermudah menjalankan penilaian.
Selain itu semoga peserta didik Kelas 5 SD/MI dapat terbantu di mempelajari materi-materi Tema 8 yang terdapat di soal-soal tersebut untuk persiapan menghadapi Ujian Kenaikan Kelas.
Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Soal Penilaian Ahir Tahun (PAT-PAS) Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sobat Kita
Terima kasih ya telah membaca wetsartikel ini, semoga informasi yang disampaikan di postingan ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.
Wetsartikel yang sedang Rekan rekan baca ini berjudul Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT-PAS) Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informasi/rmasi/download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/