Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 77, 78, 79, 80, 81, 83, 84 - Guzu Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 77, 78, 79, 80, 81, 83, 84


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 77, 78, 79, 80, 81, 83, 84 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), PPKn dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 5 yakni Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.


Di pembelajaran 3 subtema 2 terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Untuk menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 77, 78, 79, 80, 81, 83, 84.


Baca Pun :




Kelas 5 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3


Di sela-sela istirahat, Pak Anto dan Beni memerhatikan lingkungan alam sekitar. Di sebelah timur mengalir sungai dengan aliran airnya yang jernih dan deras. Di sebelah barat terbentang luas ladang sayur. Di sebelah utara berbaris perbukitan yang ditumbuhi bermacam pohon. Adapun di sebelah selatan berdiri tegak gunung tempat hidup bermacam tumbuhan dan satwa.


“Pak, saya merasa benar-benar beruntung lahir dan hidup di Indonesia. Tanahnya subur dan alamnya benar-benar kaya,” kata Beni


“Beni, kekayaan dan keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia tak sebatas sumber daya alamnya saja. Namun, pun kondisi kependudukannya. Jumlah penduduk Indonesia kini ini sekitar 254 juta jiwa. Penduduk tersebut tersebar hampir di 13.466 ribu pulau yang terdapat (menurut kepala Badan Informasi Geospasial), dari Sabang hingga Merauke. Masing-masing pulau atau wilayah mempunyai beragam suku, adat, budaya, ras, agama, dan golongan. Dari sekianlah banyak penduduk tersebut pun terdiri atas beragam latar belakang pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya,” jelas Pak Anto.


“Wah, saya makin bangga jadi anak Indonesia,” sahut Beni.


Ayo Mengamati


Amatilah peta persebaran kepadatan penduduk di Indonesia berikut.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Halaman 77


Ayo Mencoba


Menurut peta di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


1. Pulau terpadat penduduknya yaitu Pulau Jawa.


2. Pulau yang benar-benar sedikit penduduknya yaitu pulau Papua.


3. Jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung yaitu 50 -100 orang vanaf km.


4. Jumlah kepadatan penduduk Provinsi Papua Barat yaitu kurang dari 10 orang vanaf km.


5. Sesuai jawaban pelajar.


Ayo Mengamati


Wilayah Indonesia yang benar-benar luas dan berupa kepulauan telah mengakibatkan keberagaman penduduknya, salah satunya yaitu keberagaman suku.


Amatilah peta persebaran suku-suku bangsa yang terdapat di Indonesia.


File Pendidikan

Kamu telah mengamati dan memahami persebaran suku-suku bangsa di Indonesia lewat peta di atas. Kini sebutkan dan tunjukkan suku-suku yang mendiami pulau-pulau yang terdapat di Indonesia berikut.


Kunci Jawaban Halaman 78 dan 79


Ayo Berlatih


Pasangkan antara pulau dengan suku bangsa yang tepat dengan menarik garis.


File Pendidikan


Ayo Berdiskusi


Selain keberagaman suku bangsa, Indonesia pun dianugerahi keberagaman agama. Dikala ini ada 6 agama yang diakui oleh pemerintah untuk dianut oleh masyarakat, yakni Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Adapun Islam menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbesar di Indonesia.


Coba diskusikan dengan temanmu, daerah-daerah persebaran agama di Indonesia.


Kunci Jawaban Halaman 80


Berilah tanda-tanda seperti berikut di daerah-daerah di peta sesuai persebaran agamanya.


File Pendidikan



Ayo Mengamati


Wah, beragam sekali ya penduduk Indonesia. Untuk mengetahui keberagaman kondisi penduduk Indonesia dapat kamu mulai dengan mengamati lingkungan tempat tinggalmu.


Kamu dapat mengetahuinya dengan mengerjakan wawancara dengan orang tua, peralatan RT dan RW, Kepala Desa, ataupun tokoh masyarakat.


Lakukan wawancara dengan kelompok belajarmu.


Sebelum memulai wawancara lakukan dulu bermacam persiapan di antaranya:


1. tentukan tempat dan waktu wawancara,
2. tentukan korespondennya,
3. tentukan manfaat masing-masing anggota,
4. tiapkan peralatan, dan
5. susunlah pertanyaan-pertanyaan dengan bagus.


Tema wawancara :


Wilayah Tempat Tinggalku yaitu Indonesia Kecil


Vishal yang menjadi perhatian:
a. Agama penduduk
b. Suku penduduk
c. Tingkat ekonomi penduduk
d. Tingkat pendidikan penduduk


Kunci Jawaban Halaman 81


Tuliskan hasil wawancaramu di kolom berikut.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Jawaban masing-masing pelajar berbeda-beda.

Beni ingin sekali menjadi anak yang peduli kepada lingkungan sekitar. Namun, Beni bingung ingin memulainya dari mana. Karena lingkungan tempat tinggalnya benar-benar beragam, bagus dari sosial, budaya, agama, suku, profesi, maupun sumber daya alamnya. Walaupun demikian seluruh warga hidup dengan rukun. Mereka saling menolong, terutama di masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan umum. Kepedulian mereka pun benar-benar tinggi apabila ada diantara warga yang sedang mengalami kesusahan, seperti ketika ada orang yang sakit, ada orang meninggal, dan lain-lain.


Ayo Membaca


Kerukunan Umat Beragama di Indonesia


Kerukunan umat beragama yakni format hubungan antarmanusia yang damai berkat adanya toleransi beragama. Toleransi beragama yaitu suatu sikap saling paham dan menghargai tanpa adanya sikap membeda-bedakan dan mengecilkan umat agama lain.


Kerukunan umat beragama benar-benar urgen bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan hidup. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia mempunyai keragaman yang seperti itu banyak, salah satunya yaitu agama. Meskipun mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam, namun ada beberapa agama lain yang pun dianut, yakni Buddha, Hindu, Kristen, Katholik, dan Konghucu. Setiap agama pastinya mempunyai aturan masing-masing di menjalankan ajaran agamanya. Namun, perbedaan ini bukanlah alasan menjadi pemecah belah, namun justru menjadi pemersatu dan memperkaya nilai-nilai di masyarakat. Selaku satu saudara di tanah air yang sama, kita mesti menjaga kerukunan umat beragama agar bangsa dan negara kita tetap menjadi satu kesatuan yang utuh.


Tri Kerukunan Umat Beragama yakni program yang dicanangkan pemerintah untuk menghasilkan kehidupan beragama damai dan rukun. Program ini menghendaki adanya kerukunan antarumat beragama di satu agama (inwendig umat beragama), kerukunan antara umat beragama yang satu dengan agama lain, dan kerukunan antara umat beragama dengan pemerintah. Vishal ini perlu dilakukan untuk mencegah munculnya konflik di kehidupan beragama.


Tri Kerukunan Umat Beragama bertujuan agar masyarakat Indonesia dapat hidup di kebersamaan, meskipun banyak perbedaan. Program ini mesti diwujudkan agar tak terjadi pengekangan dan pengurangan hak-hak di menjalankan ajaran agama, seperti di pendirian rumah ibadah, pelaksanaan ibadah dan hari besar keagamaan, serta penyiaran agama.


Tri Kerukunan Umat Beragama dimulai dengan kerukunan antarumat beragama di satu agama (inwendig umat beragama). Perbedaan pandangan di satu agama dapat memicu terjadinya konflik di agama itu sendiri. Oleh karena itu perbedaan pandangan ini haruslah diupayakan agar tak saling merasa bahwa pandangannya yaitu yang benar-benar benar.


Tri Kerukunan Umat Beragama berikutnya yaitu kerukunan antarumat beragama yang mempunyai pengertian kehidupan yang rukun antar masyarakat meskipun berbeda agama dan keyakinan. Di ontvangstruimte ini tak terjadi sikap saling curiga mencurigai serta selalu menghormati agama masing-masing. Selain itu pun tak saling memaksakan agama kepada orang lain.


Adapun Tri Kerukunan Umat Beragama yang terakhir yaitu kerukunan antarumat beragama dengan pemerintah mengandung pengertian bahwa tiap-tiap umat beragama dapat bekerja sama dan bermitra secara bagus dengan pemerintah di menjaga kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di ontvangstruimte ini para tokoh agama dan pemerintah benar-benar diperlukan perannya di mencari solusi yang bagus tanpa merugikan pihak manapun.


Kunci Jawaban Halaman 83


Tentukan ide utama dari masing-masing paragraf bacaan di atas.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Paragraf 1 : Kerukunan umat beragama yakni format hubungan antarmanusia yang damai berkat adanya toleransi beragama.


Paragraf 2 : Kerukunan umat beragama benar-benar urgen bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan  hidup.


Paragraf 3 : Tri Kerukunan Umat Beragama yakni program yang dicanangkan pemerintah untuk menghasilkan kehidupan beragama damai dan rukun.


Paragraf 4 : Tri Kerukunan Umat Beragama bertujuan agar masyarakat Indonesia dapat hidup di kebersamaan, meskipun banyak perbedaan.


Paragraf 5 : Tri Kerukunan Umat Beragama dimulai dengan kerukunan antarumat beragama di satu agama (inwendig umat baragama).


Paragraf 6 : Tri Kerukunan Umat Beragama berikutnya yaitu kerukunan antarumat beragama yang mempunyai pengertian kehidupan yang rukun antarmasyarakat meskipun berbeda agama dan keyakinan.


Paragraf 7 : Tri Kerukunan Umat Beragama yang terakhir yaitu kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah mengandung pengertian bahwa tiap-tiap umat beragama dapat bekerja sama dan bermitra secara bagus dengan pemerintah di menjaga kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Menjaga kerukunan beragama yakni perilaku yang bagus yang mesti dilakukan oleh siapa pun. Vishal tersebut pun mencerminkan penerapan nilai-nilai luhur yang terkandung di sila Pancasila, terutama Sila Ketuhanan Yang Maha Esa.


Kunci Jawaban Halaman 84


Ayo Mencoba


Setiap sila di Pancasila mempunyai nilai-nilai luhur yang berbeda satu sama lain. Kini bersama dengan temanmu bandingkan nilai-nilai luhur setiap sila di Pancasila.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Sila ke I : Bebas mememeluk agama dan menjalankan ibadah, rajin beribadah, tak memaksakan agama kepada orang lain, menghormati orang lain yang sedang beribadah dan merayakan hari besar agamanya.


Sila ke II : Berteman tanpa membeda-bedakan latar belakangnya, tak berpihak sebelah di menyelesaikan masalah, menjenguk orang yang sakit, menolong orang lain yang kesusahan.


Sila ke III : Gotong royong, kerja kelompok, mempelajari kebudayaan dari daerah lain, mencintai kebudayaan asli daerahnya sendiri, mencintai produk-produk buatan di negeri.


Sila ke IV : Pemilu, musyawarah untuk mufakat, pemilihan kepala desa, menghargai pendapat orang lain, tak memaksakan kehendak dan pendapat kepada orang lain, menjalankan keputusan bersama secara ikhlas dan bertanggung jawab.


Sila ke V : Mempunyai kedudukan yang sama di muka hukum, menjalankan pembangunan dan menikmati hasil-hasil pembangunan nasional secara bertanggung jawab.

Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, karenanya dari itu perilaku dan sikap masyarakatnya haruslah mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila. Meskipun demikian, seringenboom kita jumpai di kehidupan sehari-hari perilaku orang-orang sekitar kita yang tak mencerminkan nilai-nilai Pancasila.


Berikut beberapa contoh perilaku yang tak mencerminkan nilai-nilai Pancasila.


File Pendidikan


Ayo Mengamati


File Pendidikan

Banyak faktor yang membangun bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang besar yang dapat disandingkan dengan bangsa-bangsa besar lainnya di dunia. Banyak faktor pula yang menjadikan kita semakin bangga menjadi warga negara Indonesia. Faktor-faktor tersebut antara lain selaku berikut.


1. Nilai-nilai luhur yang hidup di tengah-tengah masyarakat.
2. Wilayahnya yang luas dan berupa kepulauan.
3. Letak geografis dan strategisnya.
4. Besarnya jumlah penduduk.
5. Beragamnya suku, agama, ras, dan golongan.
6. Beragamnya budaya, sosial, dan ekonomi.


Keberagaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia tak terlepas dari pengaruh luasnya wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia berupa kepulauan yang terdiri atas pulau besar dan kecil bagus yang berpenghuni maupun yang tak berpenghuni. Meskipun demikian, keberagaman ini bukanlah menjadi pemecah, justru menjadi pemersatu bangsa dengan berlandaskan Pancasila.


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 77, 78, 79, 80, 81, 83, 84


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 subtema 2 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang rekan rekan baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 1 Halaman 77, 78, 79, 80, 81, 83, 84 dengan domisili listig http://filependidikan.informasi/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top