Soal USBN IPA SD Kelas 6 Tahun 2019/2020 Sering Keluar - Guzu Blog

Soal USBN IPA SD Kelas 6 Tahun 2019/2020 Sering Keluar


File Pendidikan


Soal USBN IPA Kelas 6 SD Tahun 2020 – Ujian Sekolah di Tahapan Sekolah Basic (SD) sederajat terdiri dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Sekolah (US). USBN SD terdiri dari 3 mata pembelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Sedangkan US terdiri dari mata pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Agama Islam (IPA).


Lulus dan memperoleh Nilai USBN dan Nilai US yang bagus yakni sebuah keinginan setiap peserta didik. Untuk memperoleh hasil yang bagus tentu tak semudah membalikan telapak tangan, karenanya rajinlah belajar dan banyak berlatih mengerjakan soal. Diantara alat latihan menghadapi USBN dan US ialah dengan banyak mempelajari soal try out dan membaca kisi-kisi soal USBN/US.


Merujuk di kisi-kisi USBN Kelas 6 SD, Soal USBN IPA menggunakan bahan irisan, KTSP atau Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.


Belajar mengisi kunci jawaban dan memahami tata tertib ujian sekolah pun salon yang amat urgen, salon ini untuk menghindari kesalahan penulisan identitas peserta didik seperti nama, tanggal lahir, tanda tangan, nomor ujian, dll.


Selaku refrensi belajar menghadapi USBN tahun pembelajaran 2019/2020, berikut ini contoh soal USBN IPA. Soal ini diambil dari Soal UN Kelas 6 Tahun Pembelajaran 2018/2019. Selain itu, soal ini pun dapat di unduh secara cuma-cuma di format opstopping PDF di listig tautan di ahir wetsartikel ini.


Baca Pun :




Contoh Soal USBN IPA SD 2020


A. Soal Alternatif Ganda


1. Perhatikan gambar di bawah ini!


File Pendidikan

Gambar di atas ialah contoh simbiosis . . .
A. komensalisme
B. parasitisme
C. mutualisme
D. individualisme


2. Pohon jati yang menggugurkan daunnya di musim kemarau bertujuan untuk mengurangi . . .
A. penguapan
B. jumlah air
C. pertumbuhan
D. kadar oksigen


3. Manfaat melestarikan hutan bakau di daerah pesisir ialah untuk . . .
A. mencegah banjir
B. menanggulangi abrasi
C. melindungi nelayan
D. menjaga hewan laut


4. Perhatikan ilustrasi di bawah ini!
Di hari minggu Wayan pergi ke sawah di belakang rumahnya. Dia melihat banyak tanaman dan hewan di sawahnya. Di sana dia melihat tanaman padi yang mulai menguning dan beragam jenis hewan seperti belalang, burung pipit, katak, ikan mujair dan burung bangau. Merujuk di ilustrasi tersebut, rantai makanan yang dapat terbentuk ialah . . .
A. padi – belalang – ikan mujair – burung pipit – burung bangau
B. padi – belalang – burung pipit – ular – burung bangau
C. padi – ikan mujair – ular – burung bangau
D. padi – belalang – ikan mujair – ular – burung bangau


5. Sebuah bioma didominasi oleh batu dan pasir, mempunyai curah hujan yang amat rendah yaitu kurang dari 250 mm / tahun. Keadaan tanahnya amat tandus dan tak dapat menyimpan air. Perubahan suhu yang amat ekstrim, yaitu mencapai 60 derajat celcius di siang hari dan 0 derajat celcius di malam hari. Air tanah yang terdapat cenderung berasa asin karena mineral garam tak mengalami pencucian oleh drainase maupun air hujan. Jenis tumbuhan yang dapat beradabtasi di bioma tersebut ialah . . .
A. kelapa sawit
B. pohon pinus
C. pohon kaktus
D. pohon jati


6. Perhatikan gambar berikut ini!


File Pendidikan

Hewan lain yang melindungi diri seperti hewan A dan B secara berurutan ialah . . .
A. ular dan kelabang
B. ular dan kalajengking
C. kura-kura dan kelabang
D. kadal dan tawon


7. Di suatu padang rumput terdapat ekosistem rumput, rusa, harimau, dan pengurai. Kepunahan harimau dapat mengakibatkan . . .
A. populasi rusa menurun
B. populasi rusa meningkat
C. populasi rumput menurun
D. rumput menjadi subur


8. Perhatikan ilustatrasi berikut ini!
Beni dan keluarganya hidup di daerah perkotaan. Mereka tinggal di daerah pemukiman padat penduduk. Banyak sampah rumah tangga yang didapatkan di daerah tersebut. Tempat sampah tak mampu menampung seluruh sampah, sehingga akhirnya mereka membuangnya ke sungai. Merujuk di ilustrasi di atas, imbas yang terjadi akibat pembuangan sampah ke sungai bagi lingkungan ialah . . .
A. penduduk di sekitar aliran sungai dapat terkena banjir
B. suhu udara meningkat karena adanya pembusukan sampah di sungai
C. polusi air karena adanya gas yang didapatkan oleh sampah
D. tumbuhan air tumbuh subur sehingga ikan di sungai banyak mati


9. Bagian pohon jati yang dapat berfungsi bagi manusia selaku alat pembuat mebel ialah . . .
A. daun
B. akar
C. bunga
D. batang


10. Manfaat ekor di burung pinguin ialah . . .
A. mempertahankan diri dari pemangsa
B. menentukan arah terbang yang tinggi
C. menjaga keseimbangan tubuh
D. mendayung waktu berenang


11. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Tumbuhan yang dapat dikembangbiakan dengan cara di atas ialah . . .
A. ketela pohon dan sirih
B. alamanda dan strawberi
C. begonia dan sri rejeki
D. soka dan jambu air


12. Proses yang terjadi di alat pernapasan yang ditunjukkan anak panah ialah . . .


File Pendidikan

A. menyesuaikan suhu udara yang masuk
B. menghubungkan paru-paru kanan dan kiri
C. menyaring udara tahap ke dua di di paru-paru
D. tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida


13. Perhatikn gambar berikut!


File Pendidikan

Bagian yang ditunjuk tanda panah di gambar di atas berfungsi untuk . . .
A. menyerap kembali air
B. menyerap sari-sari makanan
C. menambah enzim pencerna makanan
D. mengubah dan mencernah makanan lebih halus


14. Aliran darah di program peredaran darah kecil ialah . . .
A. bilik kanan – paru-paru – serambi kiri
B. bilik kiri – serambi kiri – paru-paru
C. serambi kanan – paru-paru – bilik kiri
D. serambi kiri – paru-paru – serambi kanan


15. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Manfaat gambar yang ditunjukkan oleh anak panah ialah . . .
A. tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida
B. tempat penyaringan debu agar udara menjadi bersih
C. tempat pembuangan gas karbondioksida dan udara
D. tempat masuk pertama-tama gas oksigen dan karbondioksida


16. Perhatikan skema peredaran darah berikut!


File Pendidikan

Urutan peredaran darah kecil ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 3, 5, 6, 7, 1
B. 1, 2, 8, 9, 10
C. 2, 5, 4, 8, 6
D. 4, 5, 3, 2, 7


17. Perhatikan bagan berikut!


File Pendidikan

Mekanisme program peredaran darah besar diurutkan oleh nomor . . .
A. 3, 5
B. 1, 3, 4
C. 1, 5, 1
D. 2, 3, 1


18. Buang air besar yang terus menerus diisertai darah dikala membuang fieses yakni sebuah jenis penyakit . . .
A. wasir dan tifus
B. tifus dan diare
C. diare dan wasir
D. tifus dan sembelit


19. Yang yakni sebuah sifat dari benda padat bila menempati suatu ruangan di bawah ini yang benar ialah . . .
A. bentuknya tetap, tak dipengaruhi oleh wujud wadahnya
B. menekan ke segala arah
C. bentuknya tak tetap
D. meresap ke celah kecil


20. Contoh peristiwa perubahan wujud benda dari padat menjadi gas, terjadi di . . .
A. air yang disimpan di frezeer
B. es krim yang diletakkan di ruang terbuka
C. es krim yang berada di atas meja
D. kapur barus di kemasan tertutup


21. Perhatikan tabel berikut!


File Pendidikan

Pasangan yang tepat antara benda dan sifatnya yang benar ialah . . .
A. 1S dan 3Q
B. 2P dan 4S
C. 1P dan 2R
D. 3R dan 4Q


22. Perhatikan tabel berikut!


File Pendidikan

Pasangan yang tepat antara benda dan manfaatnya yang benar ialah . . .
A. 1P dan 2R
B. 1S dan 3Q
C. 3R dan 4P
D. 1R dan 4T


23. Contoh peristiwa perubahan wujud benda cair menjadi benda padat berikut ini yang benar ialah . . .
A. air yang dimasukkan kedalam frezer akan berubah menjadi es
B. bensin yang diletakkan di wadah terbuka, lama kelamaan akan habis
C. pakaian basah yang dijemur, lama kelamaan akan omkering
D. titik-titik embun di dedaunan di pagi hari


24. Perhatikan tabel berikut ini!


File Pendidikan

Dari tabel di atas, peralatan yang cara kerjanya menunjukkan perubahan tenaga listrik menjadi tenaga gerak ialah . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4


25. Perhatikan tabel berikut ini!


File Pendidikan

Dari tabel di atas, tenaga yang tergolong di tenaga alternatif ialah . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4


26. Perhatikan gambar kegiatan dan tabel pernyataan berikut ini!


File Pendidikan

Pasangan yang tepat antara kegiatan dan pernyataan mengenai gaya yang bekerja di kegiatan tersebut ialah . . .
A. 1 – M
B. 2 – L
C. 3 – K
D. 4 – N


27. Perhatikan tabel berikut ini!


File Pendidikan

Dari tabel di atas, benda yang dapat dimanfaatkan selaku alat peredam bunyi ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 1
B. 1 dan 2
C. 1, 2 dan 3
D. 1, 2, 3 dan 4


28. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Alat musik yang dibunyikan dengan cara dipetik ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4


29. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Benda yang mengalami perubahan tenaga yang sama ialah . . .
A. 3 dan 4
B. 2 dan 1
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4


30. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Agar batang besi dapat menjadi magnet, sifat magnet dapat diberikan ke batang besi dengan cara . . .
A. dipukul pukulkan dengan magnet
B. digosok-gosok dengan magnet ke satu arah
C. digosok-gosok dengan magnet secara bolak balik
D. ditempelkan dengan magnet pada rentang waktu 1 menit


31. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut!


File Pendidikan

Saklar S1 dan S2 dapat ditutup atau dibuka yang menyebabkan lampu-lampu di rangkaian padam atau menyala. Pernyataan yang benar mengenai saklar S1 dan S2 serta kondisi lampu di rangkaian listrik tersebut ialah . . .


File Pendidikan

32. Air yang terdapat di permukaan bumi jumlahnya tak akan berkurang ataupun bertambah. Vishal ini disebabkan oleh . . .
A. pemakaian air
B. proses penguapan air
C. siklus air
D. pengembunan air


33. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Merujuk di kedudukan matahari, bumi dan bulan, gerhana yang terjadi bila bulan terletak di nomor 3 ialah . . .
A. gerhana bulan beberapa
B. gerhana bulan total
C. gerhana matahari beberapa
D. gerhana matahari total


34. Kegiatan manusia yang bertujuan mencegah atau mengurangi terjadinya erosi dan tanah longsor di lahan miring maupun lereng pegunungan ialah . . .
A. menyusun cagar alam dan hutan lindung
B. menyusun terasering atau sengkedan dan reboisasi
C. menyusun bendungan untuk irigasi sawah
D. mendirikan pabrik dan membuka pemukiman abru


35. Gerhana matahari terjadi di dikala . . .
A. matahari, bumi dan bulan berada di satu garis lurus
B. matahari, bulan dan bumi berada di satu garis lurus
C. bumi, matahari dan bulan berada di satu garis lurus
D. bulan, bumi dan matahari berada di satu garis lurus


B. Soal Uraian Tertulis


36. Anggerk pensil hanya terdapat disekitar danau dendam tak telah yang termasuk wilayah cagar alam Danau Dusun Besar Provinsi Bengkulu. Anggrek pensil termasuk diantara tanaman yang dilindungi. Apakah tujuan dari perlindungan kepada angrek jenis ini?


37. Jelaskan 3 cara memelihara medis organ pencernaan!


38. Perhatikan gambar botol minuman berikut ini!


File Pendidikan

Icha ingin minum dari botol minumannya setelah berolahraga di sekolah. Namun ia kesulitan membuka tutup botol. Berikanlah diantara cara yang dapat kamu sarankan di Icha dan jelaskan kenapa cara itu dapat menyusun tutup botol terbuka?


39. Seandainya kita melihat kolam yang bening, seolah-olah airnya lebih dangkal. Kenapa demikian? Jelaskan!


40. Tuliskan 4 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui!


Unduh Soal USBN IPA SD Kelas 6 Tahun 2020


Soal USBN IPA Kelas 6 yang terdiri dari 35 soal alternatif ganda dan 5 soal uraian tertulis di format pdf dapat di unduh di listig tautan berikut ini.




Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Soal USBN IPA SD Kelas 6 Tahun 2020


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga informasi mengenai contoh soal USBN SD 2020 ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang rekan-rekan baca ini berjudul Contoh Soal USBN IPA SD Kelas 6 Tahun 2020 dengan tempat tinggal listig http://filependidikan.informasi/rmasi/soal-ujian-sd-usbn-utama-matematika-mtk-kelas-6.



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top