Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73 - Guzu Blog

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan di Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 ialah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Di Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema Persatuan di Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Untuk menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73.


Baca Pun :




Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 3


Ayo Membaca


Baca teks berikut di hati!


Pertempuran Ambarawa


Di tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan maksud mengurus tawanan perang.


Kedatangan Sekutu ini diboncengi oleh Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Namun, ketika pasukan Sekutu dan NICA telah hingga di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia.


File Pendidikan

Di tanggal 26 Oktober 1945 di kota Magelang terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan gabungan Inggris dan NICA. Insiden tersebut terhenti setelah Soekarno dan Brigadir Bethell menjalankan perundingan dan memperoleh kata sepakat.


Namun, ternyata pihak Sekutu mengingkari janji. Di tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa.


Kolonel Soedirman seketika memimpin pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.


File Pendidikan

Setelah bertempur pada kurun waktu 4 hari, di tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dikerjakan mundur.


Kemenangan ini diperoleh berkat kerja sama dari seluruh rakyat di Ambarawa.


Kemenangan pertempuran ini kini diabadikan dengan didirikannya “Monumen Palagan Ambarawa” dan diperingati selaku hari Jadi TNI Angkatan Darat atau Hari Juang Kartika.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 66


Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat tepat sasaran!


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


Apa : Pertempuran Pasukan Sekutu dan NICA dengan Indonesia di Ambarawa.


Kenapa : Ketika pasukan Sekutu dan NICA telah hingga di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia.


Siapa : Pasukan Sekutu, NICA dan TKR Indonesia.


Bagaimana : Di tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa. Kolonel Soedirman seketika memimpin pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung. Setelah bertempur pada kurun waktu 4 hari, di tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dikerjakan mundur.


Kapan :  12-15 Desember 1945


Di mana : Ambarawa

Tukarkan peta pikiran yang telah kamu bikin dengan salah seorang teman! Mintalah teman tersebut memberikan komentar mengenai setiap kalimat yang kamu tuliskan. Apakah kalimat tersebut telah memenuhi kriteria kalimat tepat sasaran? Mintalah teman tersebut menuliskan komentarnya di kolom yang telah disediakan.


Pertempuran Ambarawa ialah sebuah diantara pertempuran yang amat bersejarah di upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


Pastinya pertempuran tersebut mempunyai makna sejarah bagi seluruh rakyat Indonesia.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 67-68


Ayo Berdiskusi


Baca kembali teks Pertempuran Ambarawa dan peta pikiran yang telah kamu bikin, kemudian jawab pertanyaan berikut!


1. Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!


Menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.

2. Bagaimana pendapatmu mengenai upaya-upaya yang telah dilakukan?


Setelah bertempur pada kurun waktu 4 hari, di tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dikerjakan mundur.

3. Bagaimana pendapatmu mengenai sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan?


Sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan ialah sebuah sikap tak bertanggung jawab. Ridderzaal inilah yang menyebabkan terjadinya pertempuran ambarawa.

4. Bagaimana pendapatmu mengenai taktik gelar supit urang?


Taktir gelar supit urang atau taktik supit urang ialah sebuah taktik perang yang berfokus di gerakan menyerang secara tiba-tiba.

5. Sikap apa yang dapat kamu pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa?


Sikap persatuan, bekerja sama, rela bekorban dan pantang menyerah.

6. Bagaimana kamu dapat mengaplikasikan sikap-sikap tersebut di kehidupanmu sehari-hari? Berikan contoh!


Dengan bekerja sama tanpa memandang suku, agama, daerah dan budaya. Contohnya gotong royong dan ronda malam.

Tahukah kamu bahwa beberapa hewan pun menggunakan prinsip kerja sama, persatuan, dan taktik agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya?


Hyena ialah contohnya. Diantara cara yang dilakukan hewan ini agar tetap bertahan hidup ialah dengan bersatu dan bergerombol.


Ayo Membaca


Ayo, kita baca berita dari surat kabar berikut di hati!


Hyena ialah Hewan Amat Pintar di Dunia


Apabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba-lumba ialah hewan terpintar dikala ini, mungkin pernyataan tersebut betul, namun kurang tepat. Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi ialah Hyena. Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews mengatakan bahwa Hyena ialah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan pun dapat ‘berhitung.’


File Pendidikan

Di penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor hewan ditentukan dari cara mengatasi masalah. Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan dapat mempertahankan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang mesti hadir untuk mengusirnya. “Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan. Ridderzaal ini seperti yang dilakukan manusia ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah seperti yang dikutip Telegraph (09/09). Dia pun menjelaskan bahwa walaupun banyak hewan lain yang menjalankan program seperti yang dilakukan Hyena, namun hewan ini lebih cepat di melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada hewan lainnya,” lanjut Sarah.


Mungkin, di kemudian hari, karena disebut lebih pintar, karenanya NASA dapat menggunakan Hyena selaku penelitian ke luar angkasa. Pada rentang waktu ini, NASA hanya menggunakan simpanse dan beberapa hewan kecil lainnya untuk ontvangstruimte tersebut.


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 70-71


Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?


Cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya ialah dengan cara memanggil rekan mereka.

Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya di mengatasi masalah?


Hyena dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang mesti hadir untuk mengusirnya.

Tulis kesimpulanmu mengenai bacaan tersebut!


Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi ialah Hyena karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan pun dapat ‘berhitung.’ Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan. 

Kamu telah mengetahui bagaimana Hyena mempertahankan diri, sekarang ini ini kita akan mencari tahu bagaimana cara hewan lain beradaptasi.


Perhatikan gambar dan baca teksnya!


Kamuflase


Hewan ini menyesuaikan diri dengan kondisi tempat yang sesuai dengan tubuhnya, misalnya belalang daun dan belalang sembah. Belalang seringenboom hinggap di daun untuk menyesuaikan warna dan format tubuhnya.


File Pendidikan


Mimikri


Bunglon menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya berada. Misalnya ketika bunglon berada di batang kayu, warna kulitnya berubah dari hijau menjadi kecokelatan dan kehitaman atau sebaliknya. Perubahan warna ini mendesain bunglon mampu membaur dengan lingkungan.


File Pendidikan


Autotomi (Melepas Bagian Tubuh)


Untuk melindungi dirinya, cecak dan kadal melepaskan ekornya. Cara ini disebut autotomi. Ekor yang telah putus akan tumbuh lagi seperti semula.


File Pendidikan


Menggulungkan Diri


Trenggiling menjalankan penyesuaian diri dengan menggulungkan tubuhnya menyusun spiral. Cara ini dilakukan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Contoh hewan lain yang menggulungkan diri ialah lipan.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 72


Kini ini, ayo cari tahu bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri!


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 73


Tulis kesimpulanmu mengenai cara hewan beradaptasi di diagram berikut.


File Pendidikan

Diskusikan diagram yang telah kamu bikin di kelompok.


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 2 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 2 Halaman 66, 67, 68, 70, 71, 72, 73 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informasi/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top