Format Instrumen Penilaian Diri Guru Kajian Konsep HOTS - Guzu Blog

Format Instrumen Penilaian Diri Guru Kajian Konsep HOTS


Format Instrumen Penilaian Diri Pendidik Kajian Konsep HOTS



Format Instrumen Penilaian Diri Pendidik Kajian Konsep HOTS-Kesuksesan penguasaan suatu konsep hanya akan diperoleh bila peserta didik mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi, karena konsep yang telah dimengerti akan melekat di ingatan peserta didik di waktu yang lama, sehingga urgen sekali bagi peserta didik untuk mempunyai keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (High Order Thinking skill). Diantara cara untuk mengetahui apakah peserta didik telah mempunyai keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu dengan cara mengerjakan penilaian. Penilaian yang berupa tes dapat digunakan untuk mengasah kemampuan berpikir peserta didik, dan berpengaruh di menentukan keterampilan berpikir peserta didik. Banyak penelitian memperlihatkan bahwa peserta didik di Indonesia mempunyai memampuan HOTS yang rendah diperbandingkan dengan negara lainnya, diantara faktor yang penyebabnya yaitu peserta didik kurang terus dilatih untuk mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi, agar peserta didik di memahami bahan yang dipelajari dengan bagus. oleh karena itu perlu sekiranya pendidik lebih mengotimalkan teknik penilaian yang berupa tes yang dapat digunakan untuk mengasah kemampuan berpikir peserta didik, di salon ini HOTS. Wetsartikel ini berupaya untuk memberikan ilustrasi mengenai pengembangan teknik penyusunan penilaian hasil belajar peserta didik yang bermuatan HOTS.











File Pendidikan
Format Instrumen Penilaian Diri Pendidik Kajian Konsep HOTS



Revisi terbaru di Kurikulum 2013 yang diberlakukan difokuskan di penyempurnaan dua bagian besar kurikulum, yaitu standar isi dan standar penilaian. Di standar isi dirancang agar peserta didik mampu berpikir kritis dan dan analitis sesuai dengan standar internasional yang dilakukan dengan mengurangi bahan yang tak relevan dan pendalaman serta perluasan bahan yang relevan bagi peserta didik, sedangkan di standar penilaian dilakukan dengan mengadaptasi model-model penilaian standar internasional secara bertahap. Penilaian hasil belajar lebih menitikberatkan di kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) (Kemendikbud, 2017).

Penyempurnaan kurikulum untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dilakukan menurut hasil studi internasional Programme for Internasional Student Assessment (PISA) yang memperlihatkan gegevens bahwa prestasi literasi membaca (reading literacy), literasi matematika (mathematical literacy), dan literasi sains (scientific literacy) peserta didik Indonesia benar-benar rendah. Karenanya dari itu diperlukan adanya perubahan program di pembelajaran. (Kemendikbud, 2016).


Opstopping Instrumen PKP SD 2019
Unduh Lembar Pengamatan Pratek Pembelajaran.docx 
Unduh Format Monitoring dan Penilaian Hasil Belajar.docx


Kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat dilatih di proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang dilakukan mesti memberikan ruang kepada peserta didik untuk menemukan konsep pengetahuan dengan aktivitas dan bermakna. Oleh karena itu di revisi K 2013 menekankan mesti mengintegrasikan (Higher Order Thinking Skills/HOTS) di pembelajaran. Vishal ini menunjukkan pembelajaran mesti memberikan pelatihan bukan hanya


Opstopping Di Bawah ini :


Instrumen Penilaian Diri.docx 



untuk pembelajaran mendasar pelajar pemahaman secara konseptual, tetapi pun kemampuan tingkat tinggi pelajar. Berikutnya untuk mempermudah pemahaman di wetsartikel ini Higher Order Thinking Skills akan ditulis HOTS. Namun di faktanya, penerapan pembelajaran HOTS bukan salon yang gampang dilaksanakan oleh pendidik. Pendidik mesti benar-benar menguasai bahan dan strategi pembelajaran dan pendidik pun dihadapkan di tantangan dengan lingkungan pelajar. Pembelajaran akan bermakna bila pelajar diajak berpikir tingkat tinggi. Kesuksesan penguasaan suatu konsep akan didapatkan ketika pelajar telah mampu berpikir tingkat tinggi, dimana pelajar tak hanya dapat mengingat dan memahami suatu konsep, namun pelajar dapat menganalisis serta mensintesis, mengevaluasi, dan mengkreasikan suatu konsep dengan bagus, konsep yang telah dimengerti tersebut dapat melekat di ingatan pelajar di waktu yang lama, sehingga urgen sekali bagi pelajar untuk mempunyai keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS (Laily, 2013).



Kumpulan LK Kajian Konsep HOTS di program PKP 2019


Unduh LK.1 Konsep HOTS.docx 
Unduh LK.2 unit pembelajran.docx
Unduh LK.3 Format desain pembelajaran.docx 
Unduh LK.4 Penilaian HOTS.docx 
Unduh LK.5 RPP.docx
Unduh LK.6 Reviu RPP.docx 
Unduh LK.7 Jurnal Pratek Pembelajaran.docx
Unduh LK.8 Format Catatan Refleksi.docx
Unduh LK.9 Sistematika Laporan Best Practice.docx 



Demikian Format Instrumen Penilaian Diri Pendidik Kajian Konsep HOTS dapat bermanfaat untuk bapak ibu pendidik yang sedang menjalankan diklat PKP 2019. 




Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top