Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II Prakarya SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013
Ulangan tengah semester atau penilaian tengah semester 2 yaitu diantara alat evaluasi hasil belajar peserta didik. Ia menjadi urgen bagi para pelajar karena ia menjadi faktor penentu yang lumayan urgen bagi kenaikan peserta didik ke tingkatan kelas berikutnya.
Prakarya yaitu diantara mata pembelajaran yang diujikan di UTS/PTS 2 ini. Ruang lingkup mata pembelajaran prakarya untuk SMP kelas VIII meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Ruang lingkup tersebut tentu saja bagi sekolah yang telah mengaplikasikan Kurikulum 2013 dengan mengacu di referensi terbaru, yaitu Buku Siswa Prakarya SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Unggahan tulisan kalium ini bermaksud menolong para pelajar SMP/MTs Kelas 8 yang akan menempuh UTS/PTS Semester 2 mapel Prakarya dengan menyediakan Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II Prakarya SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013. Rujukan kurikulum yang digunakan di contoh soal dan pun kunci jawaban ialah Kurikulum 2013 dengan mengacu di Buku Pelajar Prakarya Kelas 8 SMP/MTs Semester 2.
Contoh soal dan pun jawaban yang kami sediakan di tulisan kalium ini terdiri atas soal alternatif berganda dan soal essai atau uraian. Untuk mempermudah belajar peserta didik, soal kami lengkapi dengan kunci jawaban.
Berikut ialah tautanUnduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II Prakarya SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013:
BACA JUGA
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 IPA SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013
- Soal Jawab Siap UTS/PTS 2/II Matematika SMP/MTs Kelas 8 K13
- Soal-Jawab Siap UTS/PTS Semester 2 SMP/MTs Kelas 8 Bahasa Indonesia K13
- Soal-Jawab Siap UTS/PTS Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 8 K13
- Soal-Jawab Siap UTS/PTS Semester 2 SMP/MTs Kelas 8 PPKn K13
- Contoh Soal-Jawab UTS/PTS Semester II Bahasa Inggris SMP Kelas 8 K13
- Soal-Kunci Siap UTS/PTS II PJOK SMP/MTs Kelas 8
- Soal-Jawab Siap UTS/PTS II PAI dan Budi Pekerti SMP Kelas VIII
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013
Berikut ialah kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 8 K13 tersebut:
16. Berikut yang bukan yaitu tujuan dari penjernihan air
A. Menghilangkan gas-gas terlarut
B. Menghilangkan rasa yang tak enak
C. Membasmi bakteri pathogen yang berbahaya
D. Menambah kadar karbondioksida di air
17. Perancangan saringan air yang benar-benar sederhana ialah dari bahan
A. Kapas
B. Kain katun
C. Keramik
D. Arang
18. Proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke di air disebut dengan
A. Pemurnian oksigen
B. Aerasi
C. Abrasi
D. Reboisasi
19. Aplikasi penjernihan air dengan cara saringan pasir cepat ialah
A. saringan air yang dikerjakan dengan menggunakan lapisan pasir di bagian atas dan kerikil di bagian bawah
B. saringan air yang dikerjakan dengan menggunakan atas lapisan pasir di bagian atas dan kerikil di bagian bawah
C. Saringan air yang dikerjakan dengan menggunakan bahan dari keramik
D. Saringan air yang dikerjakan dengan menggunakan bahan dari kain katun
20. Aplikasi penjernihan air dengan cara saringan pasir lambat ialah
A. saringan air yang dikerjakan dengan menggunakan lapisan pasir di bagian atas dan kerikil di bagian bawah
B. saringan air yang dikerjakan dengan menggunakan atas lapisan pasir di bagian atas dan kerikil di bagian bawah
C. Saringan air yang dikerjakan dengan menggunakan bahan dari keramik
D. Saringan air yang dikerjakan dengan menggunakan bahan dari kain katun
21. yang mampu mengadopsi dan menetralisir partikel-partikel lumpur serta logam yang terkandung di air limbah suspensi, dengan partikel kotoran melayang di di air ialah
A. biji kelor
B. tawas
C. kapur gamping
D. arang batok kelapa
22. Bahan yang berfungsi untuk menaikkan pH air ialah
A. Biji kelor
B. Tawas
C. Kapur gamping
D. Arang batok kelapa
23. Untuk membangun alat penjernih air dari bahan alami tak dibutuhkan keterampilan selaku berikut
A. Memotong
B. Mengukir
C. Melubangi
D. Menyambung
24. Kegunaan pasir zeolit ialah
A. Penyaring air dan penambah oksigen di air
B. Menyaring lumpur dan tanah
C. Membunuh kuman dan bakteri
D. Mencegah polusi air
25. Bahan penjernih air buatan yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri ialah
A. Karbon aktif
B. Karbon pasif
C. Pasir zeolit
D. Klorin tablet
SOAL URAIAN
1. Sebut dan jelaskan proses pengolahan sederhana bahan dari limbah keras
Jawab:
1. Pemilahan bahan limbah
Seleksi bahan limbah keras perlu dilakukan sebelum proses produksi.
2. Pembersihan limbah
Keadaan limbah keras biasanya tak lumayan bersih. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencucian dengan menggunakan detergen agar zat bekas makanan atau minuman dapat larut dan limbah keras menjadi bersih.
3. Pengeringan
Pengeringan dilakukan secara konvensional yaitu menggunakan sinar matahari seketika atau dapat pun secara seketika dengan dibersihkan menggunakan poetslap omkering.
4. Pewarnaan
Pewarnaan di limbah keras dapat dilakukan dengan cara disem- prot atau dikuas dengan cat.
5. Pengeringan setelah pewarnaan
Setelah diberi warna, bahan limbah mesti dikeringkan kembali dengan sinar matahari seketika atau diangin-anginkan.
6. Penghalusan bahan agar siap gunakan
Bahan limbah yang telah omkering dapat difinishing agar gampang di- proses menjadi karya. Proses finishing pun beraneka macam cara- nya, seperti dipotong, ditempa, dilem, digerinda, dan diamplas.
2. Sebut dan jelaskan hal-hal yang mesti kalian perhatikan di membangun kerajinan dari bahan tempurung kelapa!
Jawab:
a. Pilihlah tempurung kelapa yang telah benar-benar tua dan omkering dengan ciri bagian potongannya berwarna kehitaman.
b. Bersihkan serabut kasar di permukaan tempurung kelapa menggunakan pecahan kaca atau pisau. Lakukan langkah ini dengan hati-hati.
c. Bersihkan sisa serabut halus di permukaan tempurung menggunakan amplas kasar, kemudian gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan tempurung secara merata.
d. Agar permukaan tempurung mengilap, kamu dapat menggosok permukaan tempurung menggunakan daun omkering secara berulang hingga terlihat mengilap. Cara lain yang dapat ditempuh dengan mengecatnya menggunakan cat pernis.
e. Potong tempurung sesuai dengan pola kerajinan yang akan dikerjakan menggunakan gergaji besi.
3. Sebut dan jelaskan bagaimana cara membangun kerajinan dari bahan limbah kaca!
Jawab:
1. Kumpulkan pecahan kaca di karung dan dipukul-pukul dari luar menggunakan kayu. Ukuran serpihan kaca tak terlalu halus lumayan hingga bongkahan kecil-kecil saja agar gampang diprint.
2. Siapkan cetakan kaca yang terbuat dari keramik yang dibakar hingga suhu melebihi suhu bakar kaca, agar kaca dapat di- format menyerupai cetakan.
3. Lapisi cetakan menggunakan kaolin atau alumina yang dicair- schenkkan agar di dikala meleleh kaca tak menempel di keramik dan gampang dilepas dari cetakan.
4. Bakar kaca yang telah dimasukkan di cetakan ke di tungku keramik. Bakar hingga suhu 650-9000C tergantung ke- tebalan kaca.
5. Siapkan tataan untuk asesoris seperti cincin atau kalung. Masuk- schenkkan kaca yang telah diprint di tataan cincin atau kalung.
4. Jelaskanlah proses penyaringan air dengan cara graffiti-led filtering system
Jawab:
Gravity-fed filtering system yaitu gabungan dari Saringan Pasir Cepat (SPC) dan Saringan Pasir Lambat (SPL). Air bersih didapatkan via dua tahap. Pertama-tama-tama-tama air disaring menggunakan Saringan Pasir Cepat (SPC). Air hasil penyaringan tersebut dan kemudian hasilnya disaring kembali menggunakan Saringan Pasir Lambat. Dengan dua kalium penyaringan tersebut diinginkan kualitas air bersih yang didapatkan tersebut dapat lebih bagus. Untuk mengantisipasi debit air hasil penyaringan yang keluar dari Saringan Pasir Cepat, dapat digunakan beberapa Saringan Pasir Lambat.
5. Jelaskan prosedur atau tahapan di membangun alat penjernih air dengan bahan alami!
Jawab
1) Menentukan atau memutuskan specimen format dan ukuran alat penjernih air yang akan dikerjakan, setelah sebelumnya menjalankan pengamatan alur cara kerja penjernih air, bagus via pelatihan, internet atau informasi mengenai alat penjernih air yang terdapat di daerah setempat.
2) Membangun sketsa gambar benda yang akan dikerjakan dan gambar teknik yang dilengkapi dengan ukuran.
3) Menentukan dan menyiapkan alat tangan (hand tools) yang akan digunakan dan bahan alam apa saja yang diperlukan selaku penyaring serta selaku wadah air, saluran penghubung pipa, selang atau bambu maupun keran yang dibutuhkan.
4) Menentukan langkah membangun alat penjernih air, yaitu menentukan bagian mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu.
5) Membangun dan merakit alat penjernih air sesuai rencana.
6) Menguji yaitu bagian urgen di penyusunan alat penjernih air dan dilanjutkan dengan menyempurnakan.
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTS/PTS Semester 2/II Prakarya SMP/MTs Kelas Delapan (8/VIII) Kurikulum 2013
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/