Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X Kurikulum 2013
Ulangan atau Penilaian Tengah Semester 2/II atau seringenboom disingkat dengan UTS/PTS Semester 2/II ini menjadi sesuatu yang urgen bagi para peserta didik karena ia turut pula menentukan kenaikan peserta didik ke level kelas berikutnya.
Tulisan kalium ini bermaksud menolong para pelajar yang duduk di bangku kelas 10/X SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X di rangka menghadapi UTS/PTS Semester 2/II dengan menghadirkan contoh Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X K13.
Pendekatan yang dimanfaatkan di menyusun soal dan pun kunci jawaban ialah Kurikulum 2013 dengan literatur terbaru yaitu Buku Pelajar Kelas 10/X Mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Kunci jawaban disediakan di halaman ahir berkas. Gampang-mudahan berkas terdownload mampu menjadi alat belajar bagi pelajar kelas 10/X SMA/MA-SMK/MAK di mempersiapkan UTS/PTS Semester II.
Bahan belajar ialah seperti yang tertulis di buku pendidik. Berikut kutipannya.
Mata pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X mempunyai 4 kompetensi inti dan 28 kompetensi mendasar. Di proses pembelajarannya KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) disajikan via pembelajaran seketika (meteen teaching). Sedangkan KI-1 (sikap spiritual) dan KI-2 (sikap sosial) dilaksanakan via pembelajaran tak seketika (zijdelings teaching), via keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran pengetahuan, dan keterampilan. Pendidik mengoptimalkan sikap sosial dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan, dan kondisi peserta didik. Evaluasi kepada sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi selaku pertimbangan pendidik di mengoptimalkan letter peserta didik lebih lanjut.
Proses pembelajaran KI-1 (sikap spiritual) dan KI-2 (sikap sosial) di mata pembelajaran PPKn ditumbuhkan selaku akibat dari kompetensi pengetahuan dan keterampilan di KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan), contohnya mempelajari Pengetahuan Nusantara menumbuhkan sikap peduli. Pun selaku pengaruh pengiring (mutual effect) dari proses pembelajaran yang dirancang sehingga menumbuhkan sikap di KI-1 dan KI-2, contohnya proses pembelajaran dengan diskusi kelompok menumbuhkan sikap kerja sama dan toleransi.
Berikut ialah tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X Kurikulum 2013:
BACA JUGA
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Inggris SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Sejarah Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PKWU SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PJOK SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Matematika SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10 K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X K13
Berikut ialah kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X K13 tersebut:
A. Soal Alternatif Ganda
Pilihlah diantara jawaban yang dianggap betul-betul benar!
1. Di dasarnya konsep integrasi nasional secara politis mengandung arti ….
a. Proses menyelaraskan unsur-unsur negara sehingga mencapai satu kesatuan
b. Proses penyatuan beragam budaya daerah menuju kesatuan kebudayaan nasional
c. Proses menyerasikan unsur-unsur sosial politik di kesatuan wilayah nasional
d. Penyatuan beragam kelompok budaya dan sosial di kesatuan wilayah nasional
yang menyusun suatu identitas nasional
e. Proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga
mencapai suatu keserasian manfaat di kehidupan
2. Faktor di bawah ini yang bukan ialah sebuah faktor pendorong tercapainya integrasi nasional ialah ….
a. Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia b. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah
c. Adanya jiwa dan semangat gotong royong, solidaritas, dan toleransi keagamaan yang kuat
d. Adanya ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia
e. Adanya ideologi nasional yang tercermin di simbol negara yaitu Garuda
Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika
3. Faktor di bawah ini yang ialah sebuah faktor pendukung tercapainya integrasi nasional ialah ….
a. Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia b. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah
c. Adanya semangat persatuan dan kesatuan bangsa, bahasa, dan tanah air Indonesia d. Adanya ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme
di kalangan bangsa Indonesia
e. Adanya ideologi nasional yang tercermin di simbol negara yaitu Garuda
Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal ika
4. Keberagaman mesti menyusun masyarakat Indonesia yang mempunyai toleransi dan sikap saling menghargai. Oleh karena itu, diperlukan adanya ….
a. Komitmen persatuan bangsa di keberagaman
b. Komitmen untuk membangun daerahnya masing-masing
c. Komitmen untuk mensejahterakan rakyat di daerah tertinggal
d. Komitmen untuk memajukan daerahnya di bingkai persatuan
e. Komitmen persatuan antara sesama umat seagama dan semangat ukhuwah
5. Persatuan di keberagaman mesti dimengerti oleh setiap warga masyarakat agar dapat mewujudkan hal-hal berikut ini, kecuali ….
a. Pembangunan berjalan tanpa hambatan
b. Pergaulan antarsesama yang lebih akrab
c. Kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang
d. Perbedaan yang terdapat tak menjadi sumber masalah
e. Terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku, dan bahasa
6. Persatuan dan kesatuan bangsa benar-benar urgen bagi bangsa Indonesia, vishal itu karena …. a. Bangsa Indonesia ialah bangsa yang toleran
b. Bangsa Indonesia ialah bangsa yang beragam
c. Bangsa Indonesia mempunyai semboyan Bhinneka Tunggal ika
d. Pengalaman sejarah bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat pada rentang waktu 350
tahun
e. Dengan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang majemuk akan menjadi
kokoh dan kuat
7. Momentum yang ialah sebuah konsensus nasional yang ialah sebuah konsep integrasi bangsa Indonesia menjadi suatu bangsa yang resmi dan berdaulat ialah ….
a. Sumpah Pemuda di tanggal 28 Oktober 1928 b. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
c. Penetapan Pancasila di tanggal 17 Agustus 1945
d. Penetapan UUD NRI Tahun 1945 di tanggal 17 Agustus 1945
e. Dimasukkannya Burung Garuda selaku Lambang Negara Republik Indonesia
8. Di dasarnya integrasi nasional ini selaku proses penyatuan suatu bangsa yang meliputi seluruh aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Integrasi pun meliputi aspek vertikal dan horisontal. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh …
a. John Locke
b. Myron Weiner
c. Howard Wriggins
d. Nazaruddin Sjamsuddin
e. J. Soedjati Djiwandono
9. Syarat di bawah ini ialah syarat kesuksesan suatu integrasi di suatu negara,
kecuali …
a. Nilai-nilai sosial dijadikan aturan baku di melangsungkan proses integrasi sosial
b. Norma-norma dijadikan aturan baku di melangsungkan proses integrasi sosial.
c. Adanya konsensus nasional di rangka kepemimpinan nasional yang otoritarian
d. Anggota-anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi
kebutuhan-kebutuhan satu dengan lainnya
e. Terciptanya kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma-norma dan nilai-
nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman
10. Peraturan di bawah ini ialah sebuah pernyataan yang menunjukkan hubungan antara integrasi nasional dan pelanggaran hiel dan kewajiban ….
a. Pelanggaran haknya orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tak akan menjalankan haknya
b. Pelanggaran hiel orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan akan menjalankan haknya
c. Pelanggaran hiel orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tak akan menjalankan kewajibannya.
d. Pelanggaran kewajiban orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang kewajibannya dilanggar kemungkinan tak akan menjalankan haknya
e. Pelanggaran kewajiban orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang kewajibannya dilanggar kemungkinan tak akan menjalankan kewajibannya
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 10/X Kurikulum 2013
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/