Soal-Jawab UTS/PTS 2 PJOK SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 - Guzu Blog

Soal-Jawab UTS/PTS 2 PJOK SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Medis (PJOK) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 kami persiapkan selaku alat belajar di menghadapi ulangan/penilaian tengah semester 2/II bagi para peserta didik kelas 11/XI SMA/MA-SMK/MAK.


Perancangan soal dan pun kunci jawaban mengacu di kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013 dengan mengacu di revisi terakhir. Sumber buku atau referensi ialah buku pelajar mapel Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Medis (PJOK) Kelas XI SMA/MA-SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.


Bahan UTS/PTS Semester 2/II Mapel Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Medis (PJOK) Kelas 11/XI SMA/MA-SMK/MAK ini terdiri atas tiga bab dengan rincian selaku berikut:




BAB VI MENGANALISIS KETERAMPILAN GERAK AKTIVITAS SPESIFIK SENAM LANTAI ………………………………………………………. 161
A. Analitik Keterampilan Gerak Loncat Kangkang …………………………………… 161
1. Analisa Loncat Kangkang …………………………………………………………………. 161
2. Analisa Gerak Loncat Kangkang ………………………………………………………. 162
3. Aktivitas pembelajaran Gerak Loncat Kangkang ………………………………. 164 a. Aktivitas Belajar Meloncati Kardus……………………………………………….. 164 b. Aktivitas Belajar Meloncati Teman ……………………………………………….. 164 c. Aktivitas Belajar Meloncati Peti Lompat Bertahap ………………………… 165
4. Ringkasan…………………………………………………………………………………………. 166
5. Penilaian…………………………………………………………………………………………… 166
B. Analitik Keterampilan Gerak Loncat Jongkok ………………………………………. 166
1. Analisa Loncat Jongkok ……………………………………………………………………. 166
2. Analisa Gerak Loncat Jongkok …………………………………………………………. 166
3. Aktivitas Pembelajaran Loncat Jongkok ……………………………………………. 167 a. Aktivitas Pembelajaran Meloncati Peti Lompat Bertahap ……………… 167
4. Ringkasan…………………………………………………………………………………………. 168
5. Penilaian ………………………………………………………………………………………….. 168


BAB VII MENGANALISIS SISTIMATIKA LATIHAN KETERAMPILAN AKTIVITAS GERAK BERIRAMA………………………………………….. 169
A. Analitik Keterampilan Gerak berirama ………………………………………………… 169
1. Analitik Gerak berirama Langkah Kaki…………………………………………….. 169
2. Analitik Gerak Berirama Ayunan Lengan …………………………………………. 173
B. Analitik Sistimatika Latihan Aktivitas Gerak Berirama ………………………… 177
1. Tahap Pemanasan (Warming up) ……………………………………………………… 177
2. Tahap Inti (gerak berirama /ritmik)………………………………………………….. 178
3. Tahap Pendinginan (Cool down) ………………………………………………………. 179
C. Aktivitas Pembelajaran Sistimatika Latihan Gerak Berirama ……………….. 180
D. Ringkasan ……………………………………………………………………………………………. 184
E. Penilaian ……………………………………………………………………………………………… 184


BAB VIII MENGANALISIS KETERAMPILAN GERAK AKTIVITAS GAYA RENANG ……………………………………………………………………… 185
A. Mengenal Aktivitas Gerak Renang ………………………………………………………. 185
1. Manfaat Renang Bagi Tubuh …………………………………………………………….. 185
2. Ridderzaal – ontvangstruimte yang Mesti Diperhatikan Di Renang ………………………….. 186
3. Prinsip Berenang………………………………………………………………………………. 188 a. Prinsip Psikologis …………………………………………………………………………. 188 b. Prinsip Mengapung ………………………………………………………………………. 188 c. Prinsip Meluncur………………………………………………………………………….. 190


B. Analitik Keterampilan gerak Renang Gaya Bebas …………………………………. 191
1. Mengenal Aktivitas Gerak Renang Gaya Bebas…………………………………. 191
2. Analitik Keterampilan Gerak Renang Gaya Bebas …………………………….. 191 a. Menjalankan Gerak Renang Gaya Bebas………………………………………….. 191 b. Aktivitas Pembelajaran 1. ……………………………………………………………… 195 c. Aktivitas Pembelajaran 2 ………………………………………………………………. 196
3. Ringkasan…………………….




Berikut ialah tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Medis (PJOK) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013





Berikut ialah kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 PJOK SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut:




1. Berikut ialah ontvangstruimte yang pertama-tama kalium terjadi di urutan pendaratan di loncat kangkang tumpuan pangkal peti lompat
A. Seluruh kaki
B. Ujung kaki
C. Lutut yang tertekuk
D. Panggul yang dibungkukkan


2. Berikut yakni sebuah kesalahan di loncat kangkan tumpuan pangkal peti lompat
A. Awalan lari cepat
B. Tolakan kedua kaki dilakukan secara bersamaan
C. Pandangan ke samping
D. Tumpuan ada di pangkal peti lompat


3. Berikut ialah ontvangstruimte yang pertama-tama kalium terjadi di urutan pendaratan di loncat jongkok
A. Seluruh kaki
B. Ujung kaki
C. Lutut yang tertekuk
D. Panggul yang dibungkukkan


4. Berikut yakni sebuah kesalahan di loncat jongkok
A. Awalan lari cepat
B. Tolakan kedua kaki dilakukan secara bersamaan
C. Pandangan ke samping
D. Kedua tungkai ditarik mendekati dada ketika tangan menolak


5. Perbedaan rangkaian loncat kangkang dengan loncat jongkok terutama ada di
A. Sikap kaki ketika melewati peti lompat
B. Sikap tubuh di ketika pendaratan
C. Media lompat yang berbeda
D. Sikap awalan gerakan


6. Berikut yang bukan yakni sebuah manfaat gerak berirama
A. Membakar lemak di tubuh
B. Membakar karbohidrat dan protein
C. Menyehatkan mental
D. Memberikan keseimbangan bagi organ-oragan tubuh


7. Berikut yakni sebuah sikap awal gerak kaki depan-belakang
A. Badan membungkuk, kedua kaki melebar, lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan
B. Badan tegak, kedua kaki rapat, lengan diangkat, pandangan ke samping
C. Badan tegak, kedua kaki rapat, lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan
D. Badan tegak, kedua kaki rapat, lengan lurus di samping badan, pandangan ke belakang


8. Berikut yang yakni sebuah kesalahan di menjalankan gerak putaran lengan dan badan
A. Badan membungkuk
B. Hitungan dan putaran harmonis
C. Putaran lengan maksimal
D. Putaran badan maksimal


9. Di gerak berirama, durasi atau rentang waktu pemanasan yang ideal ialah
A. 3-5 menit
B. 6-9 menit
C. 10 menit
D. Lebih dari 10 menit


10. Berikut yang bukan yakni sebuah tujuan pemanasan di gerak berirama
A. Menyiapkan dan memanaskan otot-otot anggota tubuh
B. Meningkatkan suhu tubuh dan denyut nadi
C. Meningkatkan elastisitas otot dan ligamen di sekitar persendian
D. Meningkatkan fokus di menjalankan gerak berirama


SOAL URAIAN


1. Jelaskan perbedaan antara loncat jongkok dengan loncat kangkang!
Jawab:
Loncat jongkok ialah jenis loncatan yang dilakukan menggunakan peti lompat dengan posisi badan jongkok di ketika melewati peti lompat. Rangkain loncat jongkok sama dengan loncat kangkang hanya saja yang membedakan ialah sikap kaki ketika melewati peti lompat mesti keadaan jongkok atau menarik kedua tungkai sedekat mungkin dengan dada. Belajar loncat jongkok dapat dilakukan dengan meloncati peti lompat yang mempunyai ketinggian secara bertahap dari mulai yang pendek, sedang, hingga tinggi. Kalian dapat menjalankan aktivitas belajar tersebut di rumah dengan menggunakan peti yang kuat dan ketinggianya sama.


2. Jelaskan manfaat menjalankan gerak berirama bagi tubuh!
Jawab:
Beberapa manfaat menjalankan gerak berirama bagi tubuh: Membakar timbunan lemak yang terdapat di di tubuh; mengkoordinasikan posisi otot yang tak tepat di posisi semestinya; memberikan keseimbangan bagi organ-organ tubuh; membangun tubuh menjadi lebih bugar; menjaga medis dan stamina tubuh; menyehatkan mental; meningkatkan kerja jantung; melenturkan dan menguatkan otot-otot tubuh; memperbaiki wujud otot lengan, otot paha, otot perut dan otot dada.


3. Sebutkan beberapa kesalahan di menjalankan gerak langkah kaki lurus ke depan!
Jawab:
badan kurang tegak dan kaku, hitungan dan langkah kurang sesuai atau tak harmonis, kaki tak lurus.


4. Jelaskan gerakan-gerakan tangan di gerakan inti gerak berirama
Jawab:
1) Mengangkat tangan ke depan, ke atas, ke samping, ke belakang
2) Gerakan tangan membuka dan menyilang
3) Mendorong dan memompa ke depan, ke atas, dan ke samping
4) Gerakan tangan meninju, ke depan, ke samping, ke atas, ke bawah, dan menyilang
5) Gerakan mengayun satu tangan atau dua tangan
6) Tepukan, antara lain kedua tangan menepuk, tangan menepuk paha, bahu, dan lain sebagainya.
5. Jelaskan hal-hal yang mesti diperhatikan sebelum berenang!
Jawab:
1) Menjalankan pemanasan untuk mencegah terjadinya kejang – kekang otot di ketika berenang. Pemanasan senam dapat dilakukan dengan cara menggerak – gerakan badan (senam kecil) atau dengan berlari – lari kecil.
2) Mandi di air pancuran yang terdapat sebelum masuk ke kolam renang. Ridderzaal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa tubuh di keadaan bersih dan tubuh dapat menyesuaikan dengan suhu air.
3) Latihlah irama kaki terlebih dahulu, sebelum wujud – wujud latihan lainnya.
4) Ukurlah kemampuan diri atau disesuaikan dengan kemampuannya.
5) Memakai pakaian renang yang berwarna (tak putih) karena air kolam dapat menyebabkan pakaian berwarna putih berubah menjadi kekuning – kuningan (mangkak)
6) Berjalan – jalan terlebih dahulu di di kolam dengan ke dalaman yang cocok yakni sebuah kesenangan yang menarik.
7) Jangan berenang di keadaan perut kosong atau terlalu kenyang. Karena di berenang diperlukan banyak tenaga dan apabila perut terlalu kenyang karenanya beban tubuh menjadi lebih berat.


Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Medis (PJOK) SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top