- Buku Report Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik, ialah sebuah ringkasan hasil penilaian kepada seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan peserta didik di kurun waktu tertentu. Report perkembangan dan hasil Pencapaian Kompetensi peserta didik secara rinci, disajikan di portofolio yang ialah sebuah bagian tak terpisahkan dari Buku Report Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini.
- Buku Report Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik dipergunakan pada rentang waktu peserta didik yang bersangkutan mengikuti pembelajaran di Sekolah Basic;
- Apabila pindah sekolah, buku Report Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini dibawa oleh yang bersangkutan untuk dipergunakan di sekolah baru dengan meninggalkan arsip/copy di sekolah lama;
- Apabila buku Report Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini hilang, dapat diganti dengan Buku Report Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik pengganti yang disahkan oleh Kepala Sekolah asal;
- Buku Report Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik ini mesti dilengkapi dengan schrede gambar (3 cm x 4 cm) dan pengisiannya dilakukan oleh Pengajar Kelas;
- Report penilaian mengandung hasil Pencapaian Kompetensi yang disajikan secara deskriptif untuk masing-masing kompetensi inti.
- Report perkembangan fisik diisi dengan gegevens kondisi peserta didik merujuk di hasil pengukuran yang dilakukan pendidik bekerjasama dengan pihak lain yang relevan.
- Report kondisi medis diisi dengan penjelasan hasil pemeriksaan yang dilakukan pendidik, bekerjasama dengan tenaga medis atau puskesmas terdekat.
- Kolom ketidakhadiran diisi dengan gegevens akumulasi ketidakhadiran pelajar, bagus karena sakit, izin, maupun tanpa keterangan di satu semester.
1. Nama Peserta Didik | : | ……………………………………………………………… |
2. Nomor Induk | : | ……………………………………………………………… |
3. Tempat,Tanggal Lahir | : | ……………………………………………………………… |
4. Jenis Kelamin | : | ……………………………………………………………… |
5. Agama | : | ……………………………………………………………… |
6. Pendidikan sebelumnya | : | ……………………………………………………………… |
7. Domisili Peserta Didik | : | ……………………………………………………………… |
8. Nama Orang Tua | : | ……………………………………………………………… |
a. Ayah | : | ……………………………………………………………… |
b. Ibu | : | ……………………………………………………………… |
9. Kegiatan Orang Tua | : | ……………………………………………………………… |
a. Ayah | : | ……………………………………………………………… |
b. Ibu | : | ……………………………………………………………… |
10. Domisili Orang Tua | : | ……………………………………………………………… |
Jalan | : | ……………………………………………………………… |
Kelurahan/Desa | : | ……………………………………………………………… |
Kecamatan | : | ……………………………………………………………… |
Kabupaten/Kota | : | ……………………………………………………………… |
Provinsi | : | ……………………………………………………………… |
11. Wali Peserta Didik | : | ……………………………………………………………… |
a. Nama | : | ……………………………………………………………… |
b. Kegiatan | : | ……………………………………………………………… |
c. Domisili | : | ……………………………………………………………… |
Schrede poto ………………, 15 Juni 2019
3 x 4 cm Kepala Sekolah,
……………………..
NIP.
Di Standar Penilaian Pendidikan disebutkan bahwa Report hasil penilaian oleh pendidik berbentuk: (1) nilai dan/atau penjelasan pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu (2) penjelasan sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial (3) Penilaian oleh masing-masing pendidik tersebut secara keseluruhan berikutnya dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik di wujud Report Hasil Belajar Peserta Didik.
Pengembangan Report Hasil Belajar Peserta Didik di dasarnya ialah sebuah wewenang sekolah. Untuk menolong sekolah mengoptimalkan Report Hasil Belajar Peserta Didik, Direktorat Pembinaan Sekolah Basic menyusun Buku Raport untuk SD dan pun Panduan Penginputan Report Hasil Belajar Peserta Didik.
Buku Pedoman Teknis Penginputan Report Hasil Belajar Peserta Didik di tahapan Sekolah Basic diinginkan dapat menolong sekolah di mengisi format Report Hasil Belajar Peserta Didik sesuai dengan Kurikulum 2013.
Penilaian oleh pendidik di dasarnya digunakan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik selaku mendasar untuk memperbaiki proses pembelajaran, dan bahan penyusunan report kemajuan hasil belajar peserta didik.
Proses pembelajaran dan penilaian difokuskan di tiga ranah yaitu: sikap, pengetahuan dan keterampilan. Di kurikulum 2013 tiga ranah tersebut dijabarkan menjadi empat kompetensi inti yaitu kompetensi inti 1 (satu) sikap spiritual, kompetensi inti 2 (dua) sikap sosial, kompetensi inti 3 (tiga) pengetahuan, dan kompetensi inti 4 (empat) keterampilan.
- Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan di aspek sikap anak di tiap muatan pembelajaran yang terdapat di komptensi inti 1 dan 2 (KI-1 dan KI-2).
- Usaha pengembangan kemampuan di aspek sikap anak di tiap muatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti 1 dan 2 (KI-1 dan KI-2) di kelas yang diikutinya.
Berikutnya dari penjelasan yang dituangkan pendidik pun menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian pendidik dan orang tua, agar seorang pelajar dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Penjelasan tersebut ialah sebuah ringkasan dan intisari dari penilaian yang telah dilakukan oleh pendidik dengan pelbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah pelajar mengikuti pembelajaran dengan proefje pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu pun memanfaatkan portofolio dan hasil observasi dan wawancara.
Aspek | Penjelasan |
Menerima, menjalankan ajaran agama yang dianutnya | · diisi oleh pendidik di kalimat positif mengenai apa yang menonjol terkait dengan kempuan anak di tiap muatan mata pembelajaran, dan usaha-usaha apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan di kelas yang diikutinya |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, di berinteraksi dengan keluarga dan pendidik | · diisi oleh pendidik di kalimat positif mengenai apa yang menonjol terkait dengan kempuan anak di tiap muatan mata pembelajaran, dan usaha-usaha apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan di kelas yang diikutinya |
- Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan di aspek pengetahuan anak di tiap muatan pembelajaran yang terdapat di komptensi inti 3 (KI 3).
- Usaha pengembangan kemampuan di aspek pengetahuan anak di tiap muatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti 3 (KI 3) di kelas yang diikutinya.
Berikutnya dari penjelasan yang dituangkan pendidik pun menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian pendidik dan orang tua, agar seorang pelajar dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Penjelasan tersebut ialah sebuah ringkasan dan intisari dari penilaian yang telah dilakukan oleh pendidik dengan pelbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah pelajar mengikuti pembelajaran dengan proefje pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu pun memanfaatkan portofolio dan hasil penilaian yang dilakukan via tes (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan ahir semester).
- Apa yang menonjol terkait dengan kemampuan di aspek pengetahuan anak di tiap muatan pembelajaran yang terdapat di komptensi inti 3 (KI 3).
- Usaha pengembangan kemampuan di aspek pengetahuan anak di tiap muatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti 3 (KI 3) di kelas yang diikutinya.
Di aspek pengetahuan, penjelasan menggambarkan prestasi pelajar di muatan mata pembelajaran di kelas dan semester tertentu dari aspek pengetahuan.
Berikutnya dari penjelasan yang dituangkan pendidik pun menggambarkan kompetensi-kompetensi yang masih perlu ditingkatkan dan perlu mendapat perhatian pendidik dan orang tua, agar seorang pelajar dapat mencapai kompetensi secara optimal.
Penjelasan tersebut ialah sebuah ringkasan dan intisari dari penilaian yang telah dilakukan oleh pendidik dengan pelbagai alat penilaian termasuk penilaian autentik setelah pelajar mengikuti pembelajaran dengan proefje pembelajaran proyek (project based learning), penemuan (discovery learning), dan pemecahan masalah (problem based learning). Disamping itu pun memanfaatkan portofolio dan hasil penilaian yang dilakukan via tes (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan ahir semester).
Contoh penginputan aspek: Pengetahuan Kelas I semester 2 (dua) dapat dilihat di program yang akan admin share ini.
- Program ini menggunakan INPUT nilai yang telah matang yaitu nilai rata-rata dari analisa persubtema dari tiap2 KD
- Isikan DATA di TABEL yang berwarna PUTIH untuk warna selain PUTIH sebaiknya dihindari untuk di menej (kecuali bagi yang paham FORMULA EXCEL)
- Untuk Mata pembelajaran dan KD dapat DIGANTI bila di RAPORT ada baris Mata Pembelajaran yang tak digunakan silakan di DELETE saja
- Bila ada kesulitan dapat hubungi di sumbernya di sini
trim’s kang martho
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Semester 2 Revisi 2018 Lengkap |
Lihat pun :
Inilah Kumpulan Buku Petunjuk Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawai (SAPK) BKN
Demikianlah yang dapat kami tulis di dikala ini. Semoga bermanfaat.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/