Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS ini tersaji dengan harapan bahwa Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS ini dapat menjadi rujukan belajar bagi para pelajar kelas XII SMA atau MA yang hendak menempuh ujian nasional tahun pembelajaran 2017-2018 ini.
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS yang diunggah di halaman ini tentu saja berasal dari contoh soal UN yang pernah diujikan, tepatnya dari dua tahun pembelajaran yang lalu. Karena contoh soal berasal dari contoh soal UN yang nyata-nyata pernah diujikan, karenanya dengan demikian, ia mempunyai validitas empirik yang bagus. Maksudnya yaitu bahwa Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS yang disajikan ini terbukti telah menjadi soal di lama lampau. Dengan pendekatan empirik tersebut, karenanya konsekuensi logis darinya yaitu terletak di prediktibilitas atau daya ramal. Meskipun nanti tak sama persis, tapi soal dapat diprediksikan mempunyai pattern atau pola yang mirip. Dengan adanya prediktibilitas tersebut, karenanya para pelajar SMA-MA yang mengikuti UN tahun pembelajaran 2017-2018 ini dapat menjalankan mapping atau pengklasifikasian belajar. Dengan menjalankan mapping tersebut, karenanya belajar dapat menjadi lebih tepat sasaran dan efisien. Semoga.
Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS:
BACA JUGA
Berikut yaitu kutipan dari Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS tersebut:
1. Penduduk Jakarta banyak yang membutuhkan mesin pendingin ruangan, sehingga produsen mesin tersebut banyak menjual produknya di Jakarta.
Konsep geografi yang sesuai dengan fenomena terse but yaitu ….
A. konsep lokasi
B. konsep aglomerasi
C. konsep interaksi interdependensi
D. konsep diferensiasi area
E. konsep keterkaitan keruangan
2. Di Indonesia terjadi perpindahan penduduk musiman di waktu mudik lebaran dari kota ke desa, ketika kembali ke kota mereka membawa saudaranya untuk memperoleh kegiatan. Ridderzaal ini mengakibatkan terjadi kepadatan penduduk di kota.
Prinsip geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena terse but yaitu ….
A. prinsip persebaran
B. prinsip interelasi
C. prinsip penjelasan
D. prinsip korologi
E. prinsip aglomerasi
3. Banjir menggenangi daerah hilir akibat alih manfaat lahan hutan di daerab hulu menjadi permukiman dan aktivitas lainnya. Seandainya hujan dengan intensitas sedang dapat meningkatkan limpahan air sungai menyebabkan banjir di daerah hilir.
Pendekatan geografi untuk menganalisis gejala terse but yaitu ….
A. pendekatan ekologi
B. pendekatan korologi
C. pendekatan keruangan
D. pendekatan kelingkungan
E. pendekatan kompleks wilayah
4. Fenomena geosfer:
( 1) urbanisasi semakin meningkat di perkotaan; (2) curah hujan cenderung tak menentu;
(3) gempabumi menimbulkan korban penduduk;
(4) penduduk berwisata ke daerah pegunungan;
(5) erosi, denudasi, dan longsor akibat penggundulan hutan;
Aspek geografi fisik dari fenomena terse but terdapat di angka ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (4), dan (5)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
5. Pernyataan:
(1) penentuan awal bulan Ramadhan; (2) mengamati gerakan air laut;
(3) mendeteksi perubahan permukaan laut; (4) mengamati rasi bintang di malam hari; (5) menikmati keindahan bunga sakura.
Bukti aktivitas penduduk yang berkaitan dengan pergerakan revolusi Bumi terdapat di
angka ….
A. (I), (2), dan (4) B. (1),(3),dan(S) C. (1), (4), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)
6. Pernyataan:
(1) pergantian musim di kedua belahan Bumi; (2) perbedaan waktu di muka Bumi;
(3) perbedaan panjang siang dan panjang malam;
(4) pembelokan arah angin;
(5) peredaran semu harian benda-benda langit.
Fenomena yang terjadi akibat rotasi Bumi terdapat di angka ….
A. (I), (2), dan (3) B. (1), (2), clan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
7. Deformasi atau pergeseran kulit Bumi menyusun gunung, pegunungan, lembah, dan jurang.
Faktor yang memengaruhi pergerakan lempeng tersebut yaitu ….
A. arus konveksi di lapisan astenosfer
B. gravitasi Bumi di lapisan inti di
C. arus konduksi di lapisan litosfer
D. ams maknetisme lapisan Bumi
E. konveksi imbas rotasi Bumi
10. Pengaruh letusan gunung api secara global yaitu ….
A. terjadi tsunami menyebabkan kematian tumbuhan
B. pendangkalan sungai disebabkan aliran material letusan
C. semburan aerosol vulkanik menurunkan suhu Bumi
D. semburan abu vulkanik rnelenyapkan spesies tertentu
E. abu vulkanik menyebabkan kandungan oksigen meningkat
11. Pengaruh yang ditimbulkan dari terjadinya gempa vulkanik yaitu ….
A. seringenboom terjadi banjir lahar dingin
B. penanda aktivitas magma meningkat
C. kebakaran hutan di puncak gunung
D. penanda keluarnya cadangan minyak
E. indikator pembentukan pelbagai jenis batuan
13. Jenis tanah di daerah pegunungan kapur yang banyak ditumbuhi tanaman jati yaitu ….
A. tanab aluvial
B. tanah organosol
C. tanah podsolik
D. tanah terarosa
E. tanah laterit
14. Pemanasan Matahari yang tinggi sehingga uap air naik secara vertikal di daerah tropis hingga menyebabkan bujan. Jenis hujan yang sesuai dengan fenomena tersebut yaitu ….
A. hujan frontal
B. hujan zenithal
C. hujan orografis
D. hujan muson
E. hujan musim dingin
15. Ciri-ciri iklim:
(1) ketinggian tempat 1.500 – 2.500 peettante di atas permukaan Iaut;
(2) temperatur udara antara 17, 1 °C – 11, 1 °C;
(3) terdapatjenis tumbuhan: sayuran, kopi, teh, dan kina.
lklim yang sesuai ciri tersebut menurut Junghuhn yaitu ….
A. iklim panas
B. iklim hangat
C. iklim sedang
D. iklim sejuk
E. iklirn dingin
16. Suatu wilayah dengan kondisi tanah subur, curah hujan tinggi, dan yaitu dataran rendah. Aktivitas penduduk yang sesuai dengan kondisi tersebut yaitu ….
A. pertanian pangan
B. pertanian bahan baku industri
C. budidaya tanaman hias
D. perkebunan buah
E. budidaya ikan hias
17. Usaha untuk mengurangi imbas perubahan iklim global kepada punahnya pelbagai j enis flora dan fauna yaitu dengan cara ….
A. menggunakan wilayah konservasi alam
B. memanfaatkan wilayah penghijauan nasional
C. menentukan suatu wilayah menjadi cagar alam
D. menggunakan program perlindungan alam
E. menggunakan wilayah hutan sesuai kebutuhan
18. Indonesia selaku negara agraris dengan lahan pertanian yang luas, namun pemanfaatannya belum optimal karena pengetahuan petani mengenai potensi lahan dan kondisi iklim yang nurum.
Pengetahuan yang mesti dimiliki petani lahan sawah yaitu informasi ….
A. jenis tanah dan kecepatan angin
B. kesuburan tanah dan lama musim tanam
C. struktur geologi lahan dan curah hujan
D. kondisi tanaman dan temperatur udara
E. karakteristik lahan dan kelembaban udara
19. Pemanfaatan sungai yang mempunyai volume air tetap, di, dan le buffet serta masih tersedianya hutan selaku cadangan air yaitu untuk ….
A. persawahan pasang surut dan objek penelitian
B. tambak ikan bandeng dan alat olahraga C. pembangkit tenaga listrik dan peternakan D. alat transportasi dan sumber irigasi
E. pariwisata dan bahan balm industri
20. Manfaat pelestarian daerah aliran sungai yang utama di Indonesia yaitu ….
A. penyedia sumber tenaga
B. penyedia alat tranportasi
C. persediaan air pada kurun waktu kemarau
D. penghasil sumber bahan makanan
E. pendukung alat industri
Jenis hayati yang dimanfaatkan di bidang industri kreatif terdapat di angka ….
A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
25. Banjir di kota besar seperti Jakarta, bukan hanya akibat penggundulan hutan di hulu sungai, tetapi pun akibat pendangkalan sungai. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut
yaitu ….
A. larangan membuang sampah ke sungai
B. relokasi permukiman di hulu sungai
c. penanaman pohon di sepanjang sungai
D. menyusun sodetan sepanj ang sungai
E. menyusun bendungan sepanjang sungai
27. Padi dapat diraih daerah rawa pasang surut. Daerah penghasil padi pasang surut di
Indonesia terdapat di wilayah pantai ….
A. Utara Jawa, Selatan Kalirnantan, dan Barat Sumatera
B. Timur Sumatera, Selatan Kalimantan, dan Papua
C. Utara Jawa, Selatan Sumatera, dan Timur Kalimantan
D. Utara Jawa, Timur Sumatera, dan Nusa Tenggara
E. Timur Kalimantan, Sulawesi, dan Selatan Papua
29. Barang tambang alumunium digunakan selaku bahan baku industri ….
A. pesawat terbang dan alat dapur
B. campuran besi baja dan bahan bangunan
C. konstruksi bangunan dan perkakas rumah tangga
D. perkakas rumah tangga dan peleburan besi
E. peleburan besi dan bahan bangunan
31. Pendapatan vanaf kapita rata-rata penduduk Indonesia tergolong rendah bahkan ada di antara penduduk Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan.
Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi vishal tersebut yaitu ….
A. mengusahakan j aminan sosial tenaga kerja
B. meningkatkan pengetahuan penduduk
C. memakai program upah di setiap daerah
D. memperluas lapangan kerja baru
E. memberikan pelayanan medis free
32. Masyarakat Muntilan dekat Candi Borobudur Jawa Tengah banyak yang berpotensi selaku pengrajin patung dan cobek. Aktivitas penduduk tersebut didukung oleh ….
A. terdapat bahan baku dan banyak konsumen
B. penduduk terarnpil dan pendidik:an tinggi C. pendidikan tinggi dan banyak konsumen D. budaya lokal dan penduduk terampil
E. terdapat bahan baku dan budaya lokal
33. Pernyataan:
(1) pemberlakuan ritual sebelum musim tanam; (2) pengaturan program pengairan sawah;
(3) penentuan waktu musim tanam;
(4) penggiliran tanaman pangan;
(5) penanaman tanaman yang tahan omkering.
Wujud kearifan lokal di upaya pemanfaatan lahan pertanian terdapat di angka ….
A. (1 ), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
34. Pernyataan:
( 1) terrasering;
(2) pergiliran tanaman;
(3) pemakaian pupuk organik; (4) tanarnan sejenis;
(5) pemakaian pestisida.
Upaya pelestarian lingkungan di bidang pertanian yang sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan terdapat di angka ….
A. (1),(2),dan(3)
B. (I), (2), dan (4) C. (I), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
35. Pembangunan vila dan hotel di teritori Puncak-Bogor sulit dikendalikan hingga menjadi ancaman teritori tersebut. Tindakan yang mencerminkan pembangunan berkelanjutan di kasus tersebut yaitu ….
A. menetapkan perancangan lubang biopori di sekitar teritori
B. rnengatur pembangunan sesuai analitik imbas lingkungan
C. mengelola teritori sesuai keinginan para pengembang
D. menetapkan rencana umum tataruang wilayah tertentu
E. memajukan pembangunan teritori hutan lindung
Berikut yaitu kutipan dari Kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS:
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||||
---|---|---|---|---|---|---|
Hakikat Geografi | Dinamika planet bumi selaku ruang kehidupan | Fenomena Geosfer | Kependudukan dan Lingkungan Hidup | Informasi Geografi | Kewilayahan | |
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Memahami | Peserta didik dapatmendeskripsikan:- konsep geografi- pendekatangeografi- prinsip geografi- aspek geografi | Peserta didik dapatmendeskripsikan pembentukan:- Bumi | Peserta didikdapat mendeskripsikan:- atmosfer- hidrosfer- litosfer- biosfer | Peserta didik dapatmendeskripsikan:- kependudukan- sumber daya alam- lingkungan hidup- pembangunanberkelanjutan | Peserta didik dapatmendeskripsikan:- peta- pengindraan jauh- sisfo geografis | Peserta didik dapatmendeskripsikan:- pola keruangan- interaksi desa-kota- wilayah dan pewilayahan- pusat pertumbuhan- negara maju dannegara berkembang |
Program Mengklasifikasi Menentukan Menggunakan Memecahkan Memakai Menghitung | Peserta didik dapatmengaplikasikan:- konsep geografi- pendekatangeografi- prinsip geografi- aspek geografi | Peserta didikdapat menentukan karakteristik:- Bumi | Peserta didikdapat mengklasifikasi unsur:- atmosfer- hidrosfer- litosfer- biosfer | Peserta didik dapatmengaplikasi pengetahuan untuk mengatasi permasalahan:- kependudukan- sumber daya alam- lingkungan hidup- pembangunanberkelanjutan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan untuk mencari informasi dengan menggunakan:- peta- pengindraan jauh- program informasigeografis | Peserta didik dapatmenentukan karakteristik:- pola keruangan- interaksi desa-kota- wilayah danpewilayahan- pusat pertumbuhan- negara maju dannegara berkembang |
Penalaran Membandingkan Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi Menganalisis | Peserta didik dapatmenganalisis hakikat geografi:- konsep geografi- pendekatangeografi- prinsip geografi- aspek geografi | Peserta didikdapat menganalisis:- Bumi | Peserta didikdapat menganalisis fenomena geosfer:- atmosfer- hidrosfer- litosfer- biosfer | Peserta didik dapatmemprediksi permasalahan dan upaya mengatasinya di bidang:- kependudukan- sumber daya alam- lingkungan hidup | Peserta didik dapatmenganalisis informasi geografi dari:- peta- pengindraan jauh- program informasigeografis | Peserta didik dapatmembedakan kewilayahan mengenai:- pola keruangan- interaksi desa-kota- wilayah danpewilayahan- pusat pertumbuhan |
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/