Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah SD Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun 2019 Kurikulum 2013 I pdf
Contoh soal latihan dan kunci jawaban siap US SD mapel IPS K13 ini disajikan dengan harapan ia mampu menolong adik-adik di persiapan mematangkan diri di menghadapi US di tahun ajaran 2018/ 2019 K13. Untuk lebih mempermudah adik-adik di belajar, karenanya contoh soal ini telah kami lengkapi dengan kunci jawabannya.
Pemantapan diri jelang menjalani ujian di salon ini yakni Ujian Sekolah/ US memang mesti menjadi prioritas mengingat urgensi dari ujian tersebut kepada hasil belajar yang kita terima berupa nilai. Tentu adik-adik tak mau memperoleh hasil yang buruk bukan? Di tahun ini, mapel IPS pun masuk ke di mapel yang diujikan di US selain 3 mapel utama seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA untuk USBN. Karena mapel IPS ini turut diujikan karenanya ia pun mesti mendapat porsi belajar yang bagus agar memperoleh hasil yang bagus pula.
Kami yakin contoh Soal-Jawab Siap US SD Mapel IPS Tahun 2019 K13 ini masih jauh dari sempurna. Karenanya dari itu, kritik serta saran benar-benar kami nantikan dan kami sediakan di kolom komentar yang berada di bawah halaman ini. Selamat belajar dan semoga sukses menjalani Ujian Sekolah!
Berikut yakni tautan unduh Soal-Jawab Siap US SD Mapel IPS Tahun 2019 K13:
Baca Pun
Berikut kami petikkan beberapa contoh soal US IPS SD tahun 2019 kurikulum 2013 opstopping pdf tersebut:
SOAL-KUNCI LATIHAN US IPS SD/MI TERBARU
Mata Pembelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas : VI (enam )
Waktu : 120 Menit
Nomor :
Nama :
Hari/Tanggal :
5. Kegiatan yang dilakukan orang untuk mencari penghasilan di rangka memenuhi kebutuhan hidupnya disebut ….
A. Kegiatan produksi
B. Kegiatan ekonomi
C. Kegiatan distribusi
D. Kegiatan konsumsi
9. Kesultanan Banten didirikan oleh ….
A.Sunan Gresik C. Sunan Giri
B.Sunan Gunung Jati D. Sunan Bonang
11. Provinsi di Pulau Jawa yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak yakni …
A. Banten C. DKI Jakarta
B. Jawa Barat D. Jawa Timur
12. Batas wilayah laut Indonesia menurut ZEE sepanjang ….
A. 3 mil C. 12 mil
B. 9 mil D. 200 mil
23. Budaya tradisional Pwe di Myanmar mirip dengan diantara kebudayaan Indonesia yaitu ….
A. Reog B. Karapan Sapi C. Wayang D. Seni tari
24. Jumlah penduduk yang besar dan tingkat pertumbuhan yang tinggi mempunyai pengaruh negatif bila ….
A. Mempunyai sumber daya alam yang memadai
B. Kualitas sumber daya alam rendah
C. Diimbangi dengan tingkat pendidikan yang tinggi
D. Mempunyai modal yang lumayan untuk mengadakan pembangunan
25. Kota di Inggris yang menjadi penetu waktu Internasional yakni ….
A. Greenwich B. Liverpool C. Manchester D. London
26. Terusan Panama yaitu terusan yang menghubungkan ….
A. Samudera Arktik dan Samudera Atlantik
B. Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik
C. Samudera Atlantik dan Samudera Hindia
D. Samudera Hindia dan Samudera Arktik
36. Tujuan dibentuknya badan penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia yakni…
A. Menyiapkan pasukan untuk menyerang Jepang
B. Menyusun organisasi pemuda di mempersiapkan kemerdekaan
C. Menyelidiki hal-hal urgen untuk mendirikan Negara Indonesia merdeka
D. Menyiapkan organisasi pemerintah untuk menerima kedaulatan RI
40. Atas perjuangan seluruh rakyat Surabaya karenanya ditetapkan setiap tanggal 10 November diperingati
selaku hari ….
A. Kesaktian Pancasila C. Pahlawan
B. ABRI D. Kebangkitan Nasional
41. Peristiwa tsunami di Aceh disebabkan oleh ….
A. Panas sinar matahari
B. Hembusan angin yang kencang
C. Perburuan ikanyang berlebihan
D. Gempa bumi
48. Berikut yaitu manfaat adanya kegiatan ekspor-impor, kecuali ….
A. Menambah devisa negara
B. Memberi keuntungan bagi pelakunya
C. Mengaktifkan perputaran uang
D. Kebanggaan memakai produk asing
49. Barang-barang yang diperjualbelikan untuk tujuan ekspor maupun impor disebut ….
A. Komoditas B. Komunitas C. Konektifitas D. Kompas
Dipersilahkan untuk mendonwload opstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh opstopping yang komplit dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini tulisan kami yang berjudul:
Soal-Jawab Siap US SD Mapel IPS Tahun 2019 K13
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Rekan-rekan!
Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi
tersebut diperoleh lewat proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menerima, menghargai, dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi
Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri di berinteraksi dengan keluarga, teman,
pendidik, dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut diperoleh lewat
pembelajaran tak seketika (zijdelings teaching), yaitu lewat keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan karakteristik mata
pembelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang
proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan selaku pertimbangan
pendidik di mengoptimalkan letter peserta didik lebih lanjut.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/