Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Indonesia:IPS-MIPA - Guzu Blog

Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Indonesia:IPS-MIPA


Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA ini disajikan dengan harapan bahwa ia mampu menjadi rujukan belajar bagi para peserta didik kelas XII SMA dan MA yang hendak menempuh ujian nasional bagus yang dengan menggunakan komputer (UNBK) maupun dengan menggunakan kertas dan pensil (UNKP).


Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Indonesia:IPS-MIPA yang disajikan ini berasal dari soal UN tahun 2016 dan 2017 di mata pembelajaran yang sama. Dengan demikian, karenanya contoh soal yang disajikan ini memenuhi kriteria dari aspek validitas empirik. Maknanya yaitu bahwa ia memang berasal dari soal nyata yang diujikan di waktu lalu. Dengan memenuhi kriteria validitas empirik, karenanya diinginkan bahwa contoh soal ini mempunyai prediktibilitas yang bagus. Maksud dari prediktabilitas yaitu daya ramal. Mungkin saja soal yang akan diujikan nantinya tak sama persis namun biasanya ia mempunyai pattern similarity atau kemiripan pola. Kemiripan pola kemudian menuntun logika pelajar untuk mengklasifikasi bahan belajar. Namun demikian, hendaknya setiap tahun pun mesti diperhatikan kisi-kisi yang secara resmi diterbitkan oleh pemerintah.


Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA:






BACA JUGA



Berikut yaitu kutipan dari Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA




(1) Keterbukaan batik banyuwangi kepada perwajahan baru, warna dan motif, menunjukkan watak orang Banyuwangi yang benar-benar percaya diri meramu aneka pengaruh untuk kemudian diakui selaku identitas diri. (2) Tabrak budaya ini pun terlihat di ramuan kulinernya, seperti rawon malang dicampur dengan pecel madiun menjadi rawon pecel. (3) Orang Banyuwangi benar-benar terbuka menerima budaya luar untuk diolah rnenjadi budaya Banyuwangi. (4) Sinkretisme budaya yang pun tampak di batik banyuwangi ini menjadi sesuatu yang mutlak terjadi karena Banyuwangi hingga kini mernang dihuni oleh beragam suku. (5) Kedatangan beragam suku bangsa untuk tinggal menetap di Banyuwangi antara lain dirnulai di penjajahan Belanda. (6) Belanda mendatangkan buruh perkebunan dari Jawa dan Madura.


1. Kalimat utama paragraf terse but yaitu nornor ….
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)
E. (5)


2. Makna istilah sikretisme di paragraf tersebut yaitu proses ….
A. pencampuran bermacam-macam daerah
B. adaptasi dari bermacam-macam teknologi C. perpaduan dari bermacam-macam aliran D. interaksi masyarakat di daerah E. masuknya budaya asing


(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas iradiator untuk membangun bahan genetik sorgurn bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang omkering sekaligus menjadi sumber pangan dan tenaga, (3) Ia menanam benih sorgum di Iahan-lahan omkering Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dan hasilnya positif. (4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia men hasilkan kualitas unggul sorgum bernama Pahat.


3. Kalimat yang tak padu di paragraftersebut yaitu bemomor ….
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)
E. (5)


4. Apa manfaat menanam sorgum?
A. Sorgum mempunyai gizi tinggi.
B. Petani lebih gampang menanam sorgum.
C. Sorgum dapat menjadi pengganti padi.
D. Harga sorgum lebih mahal daripada padi.
E. Sorgum dapat meningkatkan kesejahteraan petani


(1) Kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Indonesia rnulai berimbas kepada proyeksi produksi pangan tahun ini. (2) Pemangku kepentingan di beberapa wilayah menilai penurunan produksi pangan tahun ini pasti terjadi. (3) Akibat kekeringan dan banyak yang gagal panen, produksi gabah akan berkurang. (4) Ketika ini
terdapat 820 hektare lahan persawahan di Pangandaran, Jawa Barat, yang telah
dinyatakan gagal panen (puso ). (5) Salon ini akan mengakibatkan banyak petani mengalami kerugian yang tak sedikit.


Kalimat yang berupa fakta di teks tersebut terdapat di nomor ….
A. (1) dan (2) B. (1) dan (4) C. (2) dan (4) D. (3) dan (5) E. (4) dan (5)


(1) Gotong royong dikala berladang masih membudaya di komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. (2) Mereka bekerja sukarela tanpa diganjar upah sepeser pun. (3) Pemilik ladang lumayan mensediakan bahan dan peralatan penenanam padi serta konsurnsi. (4) Bekerja dengan gotong royong dikala berladang tak semata rnampu menekan biaya orcduksi. (5) Tradisi itu iu a merekatkan rasa ersaudaraan dan solidaritas warga


6. Ide utama paragraf tersebut yaitu ….
A. budaya gotong royong
B. peralatan penanam padi
C. penekanan biaya produksi
D. perekat rasa persaudaraan
E. tradisi masyarakat Dayak Jalai


7. Tujuan penulis sesuai teks tersebut yaitu ….
A. menginformasikan bahwa budaya gotong royong dikala berladang masih berlaku di Dayak Jalai, Kalimantan Barat
B. menjelaskan bahwa setiap selesai berladang, masyarakat Dayak Jalai selalu berdiskusi
C. mendeskripsikan cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat
D. menginformasikan bahwa berladang di Dayak Jalai Kalimantan Barat tak mengeluarkan biaya apapun
E. menjelaskan bahwa pernilik ladang di Dayak Jalai, Kalirnantan Barat, selalu menjalin solidaritas warga


8. Kalimat yang menggunakan kata tak baku terdapat di nomor ….


Mahatma Gandhi dilahirkan di tanggal 2 Oktober 1869 di Porbandar, Gujarat, India Britania, dan meninggal di tanggal 30 Januari 1948 di New Delhi, India. Nama lahir dari Mahatma Gandhi yaitu Mohandas Karamchand Gandhi. Beliau yaitu pemimpin rohani di balik kemerdekaan India. Gandhi (sebutan akrabnya) telah menentang penjajahan Inggris atas India. Gandhi memulai suatu gerakan tanpa kekerasan untuk memimpin India menuju demokrasi, perdamaian, dan kemerdekaan. Gandhi dipenjara beberapa kalium dan sempat hampir mati karena kelaparan. Namun, dengan tekad an k:uat, akhirn a beliau berhasil rneraih a a an dicita-citakannya.


9. Keteladanan yang dapat dipetik dari tokoh Mahatma Gandhi di kutipan tersebut yaitu


A. seorang pemimpin rohani yang pemberani
B. rela dipenjara demi menegakkan kebenaran
C. berjuang melawan penjajahan Inggris
D. pemimpin perang sejati rneraih kemerdekaan
E. berhasil memerdekakan India tanpa kekerasan


10. Apa yang menyemangati Gandhi di meraih cita-citanya?
A. Menjadi pemimpin rohani di balik kemerdekaan.
B. Tekad yang kuat dan berjuang tanpa kekerasan
C. Ia dilahirkan di Porbandar, Gujarat, India Britania.
D. Ia pernah beberapa kalium masuk penjara.
E. Ia hampir meninggal karena kelaparan dikala di penjara.


Badan Pusat Statistik memasukkan pangan selaku penentu garis kemiskinan. Oleh karena itu, pernerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil. Program Presiden di waktu jabatan keduanya yaitu memastikan ada cadangan beras sepuluh juta ton yang mesti diusahakan dari produksi di negeri. Keuntungan memproduksi sendiri pangan di di negeri yaitu menghindarkan ketergantungan dari impor sehingga Indonesia mempunyai ketahanan dan kedaulatan pangan. Memproduksi pangan di di negeri memberikan lapangan kerja di desa dan kota via kegiatan di ladang hingga industri penaolahan.


11. Opini redaksi yang terdapat di k:utipan tajuk rencana tersebut yaitu …
A. Pangan bukan selaku penentu bagi garis kemiskinan.
B. Pemerintah berkepentingan menjaga harga pangan selalu stabil.
C. Presiden memastikan Indonesia mempunyai cadangan beras. D. Produksi pangan Indonesia selalu stabil dan terkendali.
E. Indonesia telah mempunyai ketahanan dan kestabilan pangan.


12. Pihak yang dituju oleh redaksi di tajuk rencana tersebut yaitu ….
A. perusahaan
B. pengimpor
C. pemerintah
D. masyarakat
E. pedagang


Gajah surnatera yaitu subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatera. Gajah sumatera berpostur lebih kecil daripada spesies gajah India. Sekitar 2.000 – 2.700 gajah sumatera tersisa di alam liar merujuk di survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi gajah sumatera lenyap akibat dibunuh rnanusia dan 30% kemungkinan diracuni.
Sekitar 83% habitat gajah sumatera telah menjadi wilayah perkebunan


Kelinci yaitu hewan mamalia. Dahulu hewan ini yaitu hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Di perkernbangannya tahun 1972, kelinci diklasifikasikan dalarn ordo Logomorpha. Ordo ini dibedakan rnenjadi dua famili, yakni ochtonidae dan laporidae. Kelinci berasal dari bahasa Belanda. Salon ini rnenunjukkan bahwa rnasyarakat Nusantara rnulai mengenali kelinci dikala waktu kolonial. Padahal di Pulau sumatera ada satu spesies kelinci surnatera yang baru ditemukan di tahun 1972.


Berikut yaitu kutipan dari kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA










































































Level KognitifLingkup Bahan
Membaca NonsastraMembaca SastraMenulis TerbatasMenyunting Kata, Kalimat, danParagrafMenyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi MemaknaiPeserta didik dapat- memaknai istilah/kata- mengidentifikasiinformasi tersuratPeserta didik dapat- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias di karya sastra- memaknai isi tersurat di karya sastraPeserta didik dapat- melengkapi kalimat/ paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/ peribahasaPeserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan pemakaian kata/istilah- mengidentifikasi kesalahan pemakaian konjungsi- mengidentifikasi kesalahan pemakaian kalimat efektif- mengidentifikasi kalimat tak padu di paragrafPeserta didik dapat- mengidentifikasi kesalahan pemakaian ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata kegunaan)- mengidentifikasi kesalahan pemakaian tanda baca
Program Menginterpretasi MenggunakanPeserta didik dapat- menemukan ide pokok- menemukan inti kalimat- menentukan makna rujukan- menyimpulkan isi tersirat di teks- menentukan kalimat utama- menentukan kalimat penjelasPeserta didik dapat- menyimpulkan isi tersirat di cerpen/novel (konflik, karena konflik, akibat konflik, amanat, nilai- nilai)Peserta didik dapat- melengkapi unsur teks (eksposisi, keterangan, argumentasi, narasi, review biografi, prosedur)- melengkapi teks sastra (prosa, puisi, stuk)- menggabungkan kalimat- mengurutkan unsur teksPeserta didik dapat- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)- mengisi dengan konjungsi yang sesuaiPeserta didik dapat- menggunakan ejaan- menggunakan tandabaca
Penalaran Membandingkan Menunjukkan bukti Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari Merefleksi Mengevaluasi MemvariasikanPeserta didik dapat- membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks- menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks- membandingkan pemakaian bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,prosedur, editorial,review/resensi)- mengomentari isi teks- menunjukkan buktisuatu simpulanPeserta didik dapat- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (merujuk di gaya, tema, unsur)- menganalisis hubungan antarbagian karya sastra- membuktikan simpulan dengan gegevens di karya sastra (bukti watak, pengaturan, nilai)- mengaitkan isi dengan kehidupan dikala iniPeserta didik dapat- memvariasikan kata yang bermakna sama- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama- menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai- memvariasikan unsur teks- mengubah format teks lainPeserta didik dapat- memperbaiki kesalahan pemakaian kalimat- memperbaiki kesalahan paragraf- menentukan alasan dari segi alternatif kata/kalimat di paragrafPeserta didik dapat- memperbaiki kesalahan pemakaian ejaan- memperbaiki kesalahan pemakaian tanda baca- menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Level KognitifLingkup Bahan
Level KognitifMembaca NonsastraMembaca SastraMenulis TerbatasMenyunting Kata,Kalimat, danParagrafMenyunting Ejaan dan Tanda Baca
– menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra- meringkas isi karya sastra

Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Bahasa Indonesia Peminatan IPS dan MIPA


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top