Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi rujukan bagi peserta didik kelas XII yang akan menempuh ujian nasional tingkat SMA dan Sederajat, khususnya di menghadapi Soal Ujian Matematika Peminatan MIPA.
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA yang tersaji ini diadopsi dari soal UN SMA-MA dua tahun yang lalu berturut-turut, yaitu tahun 2016 dan tahun 2017. Dengan demikian, karenanya soal yang tersaji ini mempunyai keabsahan atau validitas empirik yang bagus. Dengan mempunyai validitas empirik yang bagus, soal yang dipelajari berarti dapat diinginkan untuk mempunyai prediktibilitas yang kuat. Prediktibilitas bermakna daya ramal. Meski tak akan sama persis, belajar dari soal yang mempunyai validitas empirik yang bagus dapat menolong pembelajar untuk mengklasifikasi bahan pembelajaran dan pun mengasah atau mengingat kembali dan mempertajam belajar pelajar.
Tak ada kata lain bagi para calon peserta UN SMA/MA Tahun ini kecuali dengan belajar secara sungguh-sungguh. Dengan belajar secara sungguh-sungguh berarti hasil diperjuangkan dengan sungguh-sungguh pula.
 Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA:
 
  
BACA JUGA
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Ekonomi-IPS
 - Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Sosiologi-IPS
 - Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS
 - Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Indonesia:IPS-MIPA
 - Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Bahasa Inggris:IPS-MIPA
 
 11.      Hadi,  Yuda,  dan  Toni  menabung   di handelsbank.  Jumlah  uang  tabungan  Yuda  dan  dua  kalium  uang tabungan  Toni,  Rp150.000,00     lebih banyak  dari  uang tabungan  Hadi.  Jumlah  uang tabungan Hadi    dan    Toni    yaitu     Rpl.450.000,00.       Jumlah     uang    tabungan   mereka     bertiga Rp2.000.000,00.     Jumlah  uang Yuda dan Toni yaitu   ….
 A.    Rpl .650.000,00
 B.    Rpl.450.000,00
 C.    Rpl .200.000,00
 D.     Rp900.000,00
 E.    Rp750.000,00
 12.      Seorang  penjahit  membangun  dua jenis  pakaian.  Pakain jenis  A mernerlukan  kain katun  l  m dan kain sutera 2 m,  sedangkan  pakaian  jenis  B memerlukan  kain karun 2,5 m dan kain sutera  1,5 m. Bahan  katun yang terdapat  70 m dan kain  sutera 84 m.  Pakaian  jenis  A dijual  dengan  laba Rp50.000,00/buah,    sedangkan  pakaian  jenis   B dijual  dengan  laba  Rp60.000,00/buah.     Agar penjahit   memperoleh   laba   maksimum,   banyak  pakaian  jenis   A  dan jenis   B  yang  terjual berturut-turut yaitu  ….
 A.    20 dan  16
 B.    26 dan 20
 C.     30 dan 6
 0.     16  dan 30
 E.    30 dan  16
 16. Adit menabung setiap bulan di sebuah handelsbank. Di bulan pertama-tama Adit menabung sebesar Rp80.000,00  dan di bulan-bulan berikutnya uang yang ditabung selalu RpS.000,00 lebih besar dari uang yang ditabung di bulan sebelumnya. Jumlah uang tabungan Adit pada kurun waktu satu tahun yaitu ….
 A.    Rpl.015.000,00
 B.     Rpl.150.000,00
 C.    Rpl.290.000,00
 D.    Rpl.320.000,00
 E.    Rp 1.340.000,00
 17. Sebuah zat radioaktif meluruh menjadi setengahnya di waktu 2 jam. Jikalau di pukul 06.00 massa zat tersebut 1.600 gram, massa zat yang tersisa di pukul 14.00 yaitu ….
 A.    100 gram
 8.    50 gram
 C.    25 gram
 D.    12,5 gram
 E.    6,25 gram 
 18. Setiap hari seorang  pengrajin  tas memproduksi  duajenis  tas.  Modal untuk tas  proefje I yaitu Rp20.000,00   dengan  keuntungan  40%. Modal untuk tas proefje II yaitu Rp30.000,00   dengan keuntungan  30%. Jikalau modal yang terdapat  setiap harinya  yaitu Rpl .000.000,00   dan amat banyak  hanya  dapat  memproduksi 40 tas, keuntungan  terbesar  yang dapat  diperoleh  pengrajin
 tas tersebut   yaitu  ….
 A. 30%
 B. 36%
 c. 34%
 D. 38%
 E. 40%
 25. Seorang  petani  mempunyai   kawat  sepanjang  80 peettante,  yang direncanakan    unruk memagari kandang  berbentuk  tiga buah persegi   panjang  berdempet  yang  identik   seperti  diperlihatkan di gambar  berikut   (Sisi   di sepanjang  gudang  tak  memerlukan    kawat).
 Luas maksimum   kandang  yaitu  ….
 A.    360  m2
 B.     400 1112
 c.   420 1112
 D.    450 m2
 E.     480 m2
 Persamaan  lingkaran  dengan  pusat di titik (2,  -3)  dan menyinggung   garis x = 5,  yaitu   ….
 A.    x2 + y2 + 4x – 6y + 9 = 0
 B.   x2 + y2 – 4x + 6y + 9 = 0
 C.    x2 + y2 – 4x + 6y + 4 = 0
 0.    x2 + y2-4x-    6y + 9 =  0
 E.     x2 + y2 + 4x – 6y + 4 = 0 
 34.      Salah  satu persamaan  garis  singgung  lingkaran  x2 + y – 6x –  4y + 3 =  0  yang  sejajar  garis 3x – y – 2 ==  0  adaJah ….
 A.    3x-y-1     = 0
 B.   3x – y – 21 = 0
 C.     3x-y-17=0
 D.    3x+ y-   17 = 0
 E.     3x+y + 3 = 0
 38.    Banyak  bilangan  kelipatan   5 yang terdiri dari 3 angka  berbeda yang dapat disusun dari  angka
 0,  I,  2,  3, 4,  5,  6,  yaitu  ….
 A. 55
 B. 60
 C. 70
 D. 105
 E. 120
 39.     Di suatu ulangan  pelajar  mesti mengerjakan  8 soal dari  IO soal  yang terdapat  dengan syarat nomor  7, 8,  9 dan  10 wajib dikerjakan.  Banyak cara pelajar  mengerjakan   soal  sisa  yaitu  ….
 A. 6
 B. 15
 C. 24
 D. 30
 E. 45
 40.     Untuk membangun  secara komplit  satu set rak sepatu seperti  di gambar,  seorang  tukang kayu membutuhkan 4 po tongschar panel  kayu panjang  dan 6 panel  kayu pendek. Tukang kayu mempunyai persediaan   panel   kayu panjang  dengan  5  alternatif   warna  dan  panel  kayu  pendek  dengan  7 alternatif  warna. Jikalau panel kayu panjang  hams dipasangkan  dengan  wama yang sama demikian pun halnya  dengan  panel kayu pendek tetapi  panel  kayu panjang  tak  mesti sewarna  dengan panel  kayu pendek,  banyak variasi  warna  rak sepatu  yang dapat dibangun   yaitu  ….
 A.    20
 B.     24
 C.   28
 D.     30
 E.    35
1. Periksalah Naskah Soal yang Kamu terima sebelum mengerjakan soal yang meliputi:
a. Kelengkapan jumlah halaman dan pun urutannya,
b. Kelengkapan nomor soal dan pun urutannya.
c. Kesesuaian Nama Mata Uji dan Program Studi yang tertera di kanan atas
Naskah Soal dengan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN).
d. LJUN yang masih menyatu dengan naskah seal
2. Laporkan kepada pengawas ruang ujian apabila terdapat lembar soal, nomor soal
yang tak komplit atau tak urut, serta LJUN yang rusak, robek atau terlipat untuk
memperoleh gantinya. I
3. Tulislah Nama dan Nomor .Peserta Ujian Kamu di kolom yang disediakan di
halaman pertama-tama soal ujian.
4. Gunakan pensil 28 untuk mengisi LJUN dengan ketentuan selaku berikut: i
a. Tuliskan Nama Kamu di kotak yang disediakan, lalu hitamkan bulatan di bawahnya sesuai dengan huruf di atasnya.
b. Tuliskan Nomor Peserta dan Tanggal Lahir di kolom yang disediakan, lalu . hitamkan bulatan di bawahnya sesuai huruf/angka di atasnya
c. Tuliskan Nama Sekolah, Tanggal Ujian, dan bubuhkan Tanda Tangan Kamu di :
kotak yang disediakan.
d. Salinlah kalimat berikut di ternpat yang disediakan di LJUN: “Saya
rnengerjakan ujian dengan jujur”
5. Jikalau terjadi kesalahan di mengisi bulatan, hapus sebersih rnungkin dengan karet
penghapus kemudian hitamkan bulatan yang menurut Kamu benar. ‘I’
.6. Pisahkan LJUN dari Naskah Soal secara hati-hati dengan cara menyobek di tempat
I yang telah ditentukan. !
7. Waktu yang terdapat untuk mengerjakan Naskah Soal yaitu 120 menit. I
8. Naskah terdiri dari 40 butir soal yang masing-rnasing dengan 5 (lima) alternatif
jawaban.
9. Dilarang menggunakan kalkulator, HP, tabel matematika atau alat bantu hitung
lainnya.
l 0. Periksalah profesi Kamu sebelum diserahkan kepada pengawas ruang ujian.
11. Lembar soal_boleh dicorat-coret, sedangkan LJUN tak boleh dicorat-coret.
Berikut yaitu kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA
| Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
|---|---|---|---|---|
| Aljabar | Kalkulus | Geometri dan Trigonometri | Statistika | |
| Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Membandingkan Menentukan Menghitung Mengklasifikasi Menjelaskan | Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep di topik:- format pangkat, akar, dan logaritma- kegunaan, komposisi kegunaan, kegunaan invers, dan grafik fungsi- persamaan dan kegunaan kuadrat- program persamaan dan program pertidaksamaan linear- program linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometri | Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep di topik:- limit kegunaan aljabar- turunan kegunaan aljabar- integral tentu dan taktentu kegunaan aljabar | Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep di topik:- perbandingan trigonometri- kegunaan trigonometri dangrafiknya- aturan sinus dan kosinus- kedudukan dan jarak darititik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang- persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran- transformasi geometri | Peserta didik memilikikemampuan memahami konsep basic di topik:- penyajian gegevens di format tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan- peluang suatu kejadian | 
| Program Menentukan Menghitung Memodelkan Menyelesaikan masalah | Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep aljabar di masalah kontekstual di topik:- format pangkat, akar, dan logaritma- kegunaan, komposisi kegunaan, kegunaan invers, dan grafik kegunaan | Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus di masalah kontekstual di topik:- limit kegunaan aljabar- turunan kegunaan aljabar- integral tentu dan taktentu kegunaan aljabar | Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep geometri dan trigonometri di masalah kontekstual di topik:- perbandingan trigonometri- kegunaan trigonometri dangrafiknya- aturan sinus dan kosinus | Peserta didik memilikikemampuan mengaplikasikan konsep statistik dan peluang di masalah kontekstual di topik:- penyajian gegevens di format tabel, diagram, dan grafik | 
| – persamaan dan kegunaan kuadrat- program persamaan dan program pertidaksamaan linear- program linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometri | – kedudukan dan jarak dari titik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang- persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran- transformasi geometri | – ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan- peluang suatu kejadian | ||
| Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menginterprestasi Memprediksi Mensintesis | Peserta didik memilikikemampuan bernalar di topik:- format pangkat, akar, dan logaritma- kegunaan, komposisi kegunaan, kegunaan invers, dan grafik fungsi- persamaan dan kegunaan kuadrat- program persamaan dan program pertidaksamaan linear- program linear- matriks- barisan dan deret aritmetikadan geometri | Peserta didik memilikikemampuan bernalar di topik:- limit kegunaan aljabar- turunan kegunaan aljabar- integral tentu dan taktentu kegunaan aljabar | Peserta didik memilikikemampuan bernalar di topik:- perbandingan trigonometri- kegunaan trigonometri dangrafiknya- aturan sinus dan kosinus- kedudukan dan jarak darititik, garis, dan bidang- besar sudut antara garis dan bidang, serta antara dua bidang- persamaan lingkaran dan garis singgung lingkaran- transformasi geometri | Peserta didik memilikikemampuan bernalar di topik:- penyajian gegevens di format tabel, diagram, dan grafik- ukuran pemusatan, letak, dan penyebaran data- kaidah pencacahan (perkalian permutasi, kombinasi)- Peluang suatu kejadian | 
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika Peminatan MIPA
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/
