Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban US/ Ujian Sekolah SD Mata Pelajaran PPKn Tahun 2019 Kurikulum 2013 I pdf
Contoh Soal-Jawab Siap US SD Mapel PPKn Tahun 2019 K13 ini kami hadirkan dengan tujuan memberi manfaat bagi adik-adik kelas 6 SD/ MI yang akan menghadapi ujian sekolah (US) di tahun ajaran ini. Contoh soal ini ialah hasil dari kompilasi dari beraneka soal yang pernah diujikan di waktu yang telah lalu, artinya yakni bahwa soal latihan siap US mapel PPKn ini yaitu ialah soal yang secara faktual pernah diujikan, karenanya contoh soal yang disajikan kalium ini telah memenuhi unsur keabsahan atau kesahihan.
Pastinya harapan kami dengan adanya contoh soal ini ialah semakin membangun adik-adik lebih semangat lagi di belajar. Dengan belajar bahan soal PPKn ini, adik-adik dapat seketika mengetahui kunci jawabannya karena kami telah melengkapinya dengan kunci jawab untuk semakin mempermudah di belajar. Dengan dengan adanya contoh soal plus kunci jawab US mapel PPKn K13 ini, minimal menolong adik-adik di mengklasifikasi bahan pembelajaran serta menolong di meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar.
Berikut yaitu tautan unduh Soal-Jawab Siap US SD Mapel PPKn Tahun 2019 K13:
Baca Pun
Berikut kami petikkan beberapa contoh soal US PPKn SD tahun 2019 kurikulum 2013 opstopping pdf tersebut:
SOAL-KUNCI LATIHAN US PPKN TAHUN 2019
PETUNJUK UMUM
1. Tulis terlebih dahulu nomor kode sekolah dan nomor kode pesertamu di kolom yang disediakan di sudut kanan atas lembar jawaban !
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum kamu menjawab !
3. Laporkan kepada pengawas Ujian apabila terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang !
4. Dahulukan menjawa soal-soal yang kamu anggap gampang !
5. Kerjakan sesuai pedoman setiap bagian soal !
6. Periksalah kembali aktifitas kamu sebelum diserahkan kepada pengawas ujian !
I. Berilah tanda silang( X ) di huruf jawaban A, B, C atau D yang dianggap betul-betul tepat dan benar!
1. Penjabat yang menolong Kepala Desa bertugas di bidang Administrasi dan pelayanan umum di sebut….
A. Kaur C.. Ketua RW
B. Sekdes D. Ketua RT
2. Wilayah yang ialah gabungan dari beberapa Kabupaten di sebut….
A. Kota Madya C. Negara
B. Propinsi D. Daerah
3. Undang – undang yang mengatur pemilihan Kepala Daerah secara seketika yaitu….
A. UU RI No. 23 Tahun 2004 C. UU RI No. 29 Tahun 2004
B. UU RI No. 27 Tahun 2004 D. UU RI No. 32 Tahun 2004
4. Organisasi legislatif terdiri atas….
A. DPR, MPR dan DPD C. M K, DPR dan MPR
B. MPR, M A dan BPK D. M A, M K dan DPD
14. Negara tetangga yang berbatasan seketika dengan Indonesia yaitu….
A. Malaysia – Papua Nugini C. Papua Nugini – Thailand
B. Brunai Darusalam – Malaysia D. Timor Leste – Thailand
15. Peraturan Perundang – undangan yaitu peraturan tertulis yang dibentuk oleh….
A. DPR C. DPR dan Presiden
B. Presiden D. MPR
16. Kegunaan Peraturan ditengah Kehidupan masyarakat yaitu untuk….
A. Mengatur Kehidupan agar lebih bagus
B. Membangun masyarakat agar giat bekerja
C. Melayani seluruh Kebutuhan masyarakat
D. Mensejahterakan Kehidupan masyarakat
33. Gabungan seluruh alat kelengkapan atau kelengkapan negara dikenal dengan istilah….
A. Yudikatif C. Eksekutif
B. Legislatif D. Pemerintahan
34. Negara Indonesia di program pemerintahannya berbentuk demokrasi. Demokrasi mempunyai arti….
A. Sebuah format pemerintahan yang kedaulatan dan kekuasaannya di tangan presiden
B. Sebuah format pemerintahan yang kedaulatan dan kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat
C. Sebuah format pemerintahan yang kedaulatan dan kekuasannya di pegang oleh kaum bangsawan
D. Sebuah format pemerintahan yang turun temurun
35. Di proses pemilihan umum ( Pemilu ) dan pemilihan kepala daerah ( Pilkada ) di Indonesia
merujuk di LUBER. LUBER kepanjangan dari….
A. Luwes, Umum, Bebas dan Rahasia
B. Luwes, Umum, Bertanggung jawab dan Rahasia
C. Seketika, Umum, bebas dan Rahasia
D. Seketika, Umum, Bertanggung jawab dan Rahasia
38. Pemilihan umum di Negara Indonesia ialah alat untuk mewujudkan penyusunan tatanan
kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu pemilihan umum di Indonesia berlandaskan….
A. Pancasila dan UUD 1945 C. Pancasila dan Hukum Adat
B. Pancasila dan UUDS D. Pancasila dan Undang – unadang
41.Pernyataan dibawah ini yang tepat yaitu….
A. Pemerintah pusat yaitu presiden sedangkan pemerintahan daerah Provinsi yaitu bupati
B. Pemerintah pusat yaitu presiden sedangkan pemerintahan daerah Provinsi yaitu walikota
C. Pemerintah pusat yaitu presiden sedangkan pemerintahan daerah Provinsi yaitu gubernur
D. Pemerintah pusat yaitu gubernur dan pemerintahan daerah yaitu presiden
42. Dibawah ini yaitu kegunaan dan wewenang Presiden selaku kepala negara dan kepala pemerintahan.
A. Mengubah dan menetapkan undang – undang
B. Membangun undang – undang
C. Memutuskan sengketa kewenangan institusi negara
D. Memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD 1945
43. Undang – undang nomor 32 Tahun 2004 menjelaskan mengenai….
A. Penyelenggaraan pemilu dan pilkada C. Pemerintaha daerah
B. Manfaat dan wewenang presiden D. Otonomi daerah
46. Negara penggagas berdirinya ASEAN yaitu….
A. Thailand dan Indonesia C. Singapura dan Malaysia
B. Thailand dan Filipina D. Malaysia dan Indonesia
Dipersilahkan untuk mendonwload opstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh isi opstopping yang komplit dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini tulisan kami yang berjudul:
Soal-Jawab Siap US SD Mapel PPKn Tahun 2019 K13
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Sobat!
Berikut yaitu kisi-kisi Soal Siap USBN SD/MI Tahun 2017/2018
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
---|---|---|---|---|
Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting kata/istilah, zegswijze, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca | |
Pengetahuan danPemahaman• Mengidentifikasi• Menentukan• Memaknai | Peserta didik dapat: menentukan makna kata/istilah di teks menentukan antonim/sinonim menggali informasi tersurat teks menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) | Peserta didik dapat: menentukan informasi tersurat di karya sastra menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) menentukan makna kata/simbol/kias | Peserta didik dapat melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Peserta didik dapat: menunjukkan kesalahan pemakaian ejaan menunjukkan kesalahan pemakaian tanda baca |
Program | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting kata/istilah, zegswijze, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca |
• Menyimpulkan• Menggunakan konsep/prinsip | menentukan ide utama teks menggali informasi tersirat teks menentukan pernyataan sesuai isi teks mengidentifikasi jenis teks | menggali informasi tersirat di karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks ) menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) | menyusun beraneka pedoman (menggunakan/membangun sesuatu) menyusun beraneka teks(penjelasan, narasi) melengkapi beraneka jenis teks (report, iklan, pidato) melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan | menggunakan ejaan menggunaan tanda baca |
Penalaran• Mengevaluasi• Membandingkan pola(menganalisis)• Menanggapi | Peserta didik dapat: memprediksikejadian merujuk di isi teks membandingkan isi teks melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran merujuk di isi teks | Peserta didik dapat: memprediksikejadian merujuk di isi cerita menentukan nilai- nilai cerita menentukan keteladanan tokoh cerita | Peserta didik dapat: memperbaiki penulisan/pemakaian istilah/kata memperbaiki tata kalimat di paragraf | Peserta didik dapat: memperbaiki kesalahan pemakaian ejaan memperbaiki pemakaian kesalahan pemakaian tandabaca |
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/