Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA Mapel Ekonomi Kurikulum 2013-Peminatan-IPS
Banyak cara untuk mempersiapkan diri menghadapi pelbagai macam ujian/ ulangan, salah satunya yaitu dengan belajar menggunakan teknik berlatih mengerjakan contoh soal dan mencari tahu kunci jawabnya sehingga proses belajar akan terasa menyenangkan sekaligus tepat sasaran di me-refresh bahan yang pembelajaran yang telah dipelajari pada rentang waktu semester terakhir.
Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Ekonomi Kurikulum 2013-Peminatan (IPS) Tahun 2019 ini dihadirkan untuk menunjang proses belajar peserta didik di persiapannya menjalani ulangan/penilaian ahir semester II/ ulangan kenaikan kelas. Contoh soal ini diambil dari naskah UAS/PAS/UKK yang telah diujikan di tahun pembelajaran terakhir.
Dengan menggunakan contoh soal ini diinginkan peserta didik dapat memaksimalkannya untuk belajar dan semoga meningkatkan hasil belajar. Jumlah soal UAS/UKK/PAS semester 2 mapel Ekonomi-Peminatan IPS K13 Tahun 2019 ini berjumlah total 40 dengan rincian; 35 soal ialah sebuah alternatif ganda dan 5 soal yaitu essai.
Tautan Unduh
Sebelum mengunduh, ridderzaal yang mesti diperhatikan yaitu bahwa soal tak dapat disunting atau diedit. Dengan demikian, cara pemakaian dokumen atau berkas yang amat bagus yaitu dengan cara diprint atau diprint.
Berikut yaitu tautan Unduh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Ekonomi Kurikulum 2013-Peminatan (IPS) Tahun 2019:
Download Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Ekonomi Kurikulum 2013-Peminatan (IPS)
Baca Pun
- Soal Siap UKK Kelas X/ 10 SMA Bahasa Inggris K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas X/ 10 SMA/MA Biologi MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas X/ 10 SMA/MA-SMK/MAK PPKn K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Sejarah Indonesia K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK PJOK K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK PAI Budi Pekerti K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Bahasa Indonesia K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Mapel Seni Budaya K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Bahasa dan Sastra Inggris K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Fisika K13-MIPA Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Kimia K13-MIPA Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Geografi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Matematika-MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK Bahasa Jawa-Wajib-K13 Tahun 2019 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Matematika-Wajib K13 Tahun 2019 Tahun 2019
Berikut yaitu kutipan beberapa dari contoh soal tersebut:
Mata Pembelajaran:Ekonomi
Satuan Pendidikan:SMA/MA
Kelas:X/10-IPS
Hari/ Tanggal:Rabu, 31 Mei 2017
Dimulai Pukul:07.30 WIB
Diakhiri Pukul:09.30 WIB
I. Pilihlah jawaban yang amat benar dengan memberi tanda silang (X) di huruf a, b, c, d atau e di lembar jawaban yang terdapat!
1. Misi handelsbank Indonesia selaku instansi negara yang independen di pelaksanaan kewajiban dan wewenang bebas dari campur tangan pemerintah yaitu….
a. Mengawasi dan mengatur handelsbank di Indonesia
b. Mengatur program pembayaran
c. Mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah
d. Menyatakan kliring antar handelsbank
e. Mengatur kebijakan program perbankkan
2. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Instansi yang tak mencari keuntungan
2) Instansi yang mencari keuntungan
3) Bertindak selaku pengawas dan pembina handelsbank
4) Instansi yang menerbitkan uang kartal
5) Instansi yang menerbitkan uang giral
Ciri-ciri handelsbank sentral ditunjukkan oleh nomor….
a.1), 2) dan 4)
b.1), 3) dan 4)
c.1), 3) dan 5)
d.2), 3) dan 4)
e.3), 4) dan 5)
6. Surya mempunyai uang sebesar Rp 10.000,- Uang tersebut dapat dibelikan empat bungkus roti. Dengan demikian, nilai riil lembaran uang tersebut sebanyak empat bungkus roti. Arti nilai riil uang yaitu ….
a. Nilai uang yang tetap dan tahan lama
b. Niai tukar kepada mata uang asing
c. Nilai yang tercantum di uang
d. Nilai bahan penyusunan uang
e. Nilai uang untuk dltukar dengan barang
7. Perhatikan guna uang berikut!
1) Alat penunjuk harga
2) Alat pembayaran yang sah
3) Alat tukar umurn
4) Alat satuan hitung
5) Alat penimbun kekayaan
Manfaat turunan uang ditunjukkan oleh nomor …
a. 1 ), 2) dan 3)
b. 1 ), 2) dan 5)
c. 2), 3} dan 4)
d. 2), 4) dan 6)
e. 3), 4) dan 5)
9. Di era modern seperti kini ini dibutuhkan alat pembayaran yang cepat, aman, tepat sasaran dan efisien. Ada 2 jenis alat pembayaran tunai dan non tunai. Untuk alat pembayaran non tunai ada yang dengan kertas dan kartu. Contoh alat pembayaran dengan kertas ….
a. Wesel
b. Kartu kredit
c. Kartu ATM
d. Kartu debit
e. E-Money
12. Aktivitas handelsbank yang berhubungan dengan guna handelsbank untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yaitu
a. Canap memberikan kredit dan investasi
b. Canap menjalankan transaksi pembayaran transaksi internasional
c. Canap memberikan keuntungan bunga di nasabah
d. Canap mengurangi inflasi karena menghimpun dana dari masyarakat
e. Canap meningkatkan tabungan masyarakat
13. Yang bukan ialah sebuah wewenang dan hiel akses jasa keuangan (OJK) yaitu …
a. Menetapkan kebijakan operasional pengawasan kepada kegiatan jasa keuangan
b. Mengawasi pelaksanaah kewajiban pengawasan yang dilaksanakan oleh kepala eksekutif
c. Mengerjakan tetapi tak menetapkan penunjukan pengelola status
d. Memberikan pedoman tertulis di instansi jasa keuanqan
e. Mengerjakan pengawasan, pemeriksaan, investigasi, perlindungan konsumen dan tindakan lain di instansi keuangan
17. Pak Toni menyimpan sertifikat tanah dan emas di safe deposit opbergruimte (BSD), milik handelsbank swasta. Pak Toni menyimpan barang di BSD karena …
a. Nilai jual barang berharga dapat meningkat
b. Keamanan barang berharga yang disimpan di handelsbank terjamin
c. Memperoleh kemudahan di bertransaksi di handelsbank
d. Kepemilikan barang berharga tersebut dapat dipindahtanqankan
e. Memperoleh bunga dari hasil jaminan barang berharga tersebut
22. Tujuan pemerintah mendirikan BUMN untuk ….
a. Memperoleh keuntungan sebesar-besarnya atas operasional BUMN
b. Meningkatkan modal lewat penjualan saham kepada publik
c. Menyediakan barang dan jasa bagi pemenuhan kebutuhan publik
d. Memonopoli sumber daya ekonomi agar tak dikelola pihak swasta
e. Menquasai dan mengatur perekonomian lewat pengelolaan badan usaha
24. Tak seluruh badan usaha di Indonesia berbentuk BUMN. Artinya pemerintah masih memberi peluang bagi Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) untuk berkembanq dan menjadi diantara penggerak perekonomian nasional. Tindakan tersebut dilakukan pemerintah karena …
a. Semakin banyak BUMS berkembang semakin banyak insentif diterima pemerintah
b. Menumbuhkan daya kreasi dan partisipasi masyarakat untuk mencapai kemakmuran
c. Pemerintah takut akan menjalankan monopoli yang mengakibatkan kenaikan harga
d. Desakan dari pihak swasta untuk mempermudah perizinan pendirian badan usaha
e. Keberadaan BUMS tak akan mengganggu eksistensi usaha BUMN
30. Nina seorang pelajar kelas X SMA Bangsa yang sekaligus selaku anggota koperasi sekolah. Di pertengahan tahun, ia pindah sekolah mengikuti orang tuanya yang pindah kewajiban ke daerah lain. Berkaitan dengan kasus tersebut, keanggotaan Nina di koperasi sekolah yaitu …
a. Dapat digantikan pelajar baru
b. Dapat dipindahtangankan kepada temannya
c. Berakhir dan tak dapat dipindahtangankan
d. Terus dilanjutkan temannya hingga tamat sekolah
e. Dapat digantikan pelajar sekelas dengan persetujuan pengurus
31. Pak Nanang diminta perusahaan untuk memberi pelatihan kerja kepada karyawannya agar dapat bekerja secara tepat sasaran dan efiisien. Guna yang di!akukan Pak Nanang sebaqai manajer SDM , ini termasuk di unsur managemen, yaitu …
a. Money
b. Material
c. Machine
d. Method
e. Man
II. Kerjakan soal-soal berikut!
36. Jelaskan baqaimana kebijakan Canap Indonesia di menjaga stabilitas moneter!
37. Identifikasi tiga perbedaan kartu debit dan kartu kredit!
38. Tujuan BUMN yaitu menghasilkan barang dan jasa untuk melayani kepentingan umum, tetapi pun mesti memperoleh keuntungan. Bagaimana cara BUMN menjalankan usahanya di rangka mencapai kedua tujuan tersebut!
40. Kenapa guna managemen perlu diaplikasikan di kegiatan di sekolah seperti OSIS?
Dipersilahkan untuk mendonwload opstopping tersebut di tautan yang telah disediakan agar memperoleh isi opstopping yang komplit dan utuh.
Demikian tulisan mengenai
Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Ekonomi K13-Peminatan (IPS) Tahun 2019
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/