Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Sosiologi Kurikulum 2013-Peminatan-IPS
Disajikannya contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Sosiologi K13-Peminatan IPS Tahun 2019 ini bertujuan untuk lebih menolong peserta didik di mematangkan persiapan menghadapi ulangan ahir semester/ulangan kenaikan kelas di semester II/genap kalium ini. Persiapan sedari dini ialah sebuah keniscayaan yang tak boleh dihindari karena ia akan memberi pengaruh positif di hasil belajar yang diterima.
Jumlah soal kelas sebelas ini sama saja dengan contoh soal UAS/UKK/PAS semester 2 mapel Sosiologi-Peminatan Kelas 10 Mapel IPS-Peminatan Kurikulum 2013 yakni berjumlah total 50 dengan rincian; 45 soal ialah sebuah alternatif ganda dan 5 soal yaitu essai.
Salon yang perlu diperhatikan sebelum mengunduh contoh soal ini yaitu bahwa soal tak dapat disunting ataupun diedit. Dengan demikian, cara pemakaian dokumen atau berkas yang benar-benar bagus yaitu dengan cara diprint atau diprint.
Mengingat ia ialah sebuah soal ulangan/penilaian ahir semester 2/ulangan kenaikan kelas yang diujikan di tahun yang lalu, diinginkan ia semakin memberi manfaat yang lebih bagi peserta didik di menghadapi UAS/UKK di tahun ini. Bahwa soal ini masih relatif baru dan pernah diujikan karenanya ia telah memenuhi validitas empirik dan tentu saja mempunyai tingkat prediktibilitas yang betul-betul bagus.
Semoga dengan adanya contoh soal ini dapat secara optimal dipergunakan peserta didik di belajar dan dengan belajar secara bagus tentu saja pengharapannya ialah memperoleh hasil belajar yang sesuai dengan usaha yang telah dilakukan.
Berikut yaitu tautan Unduh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Sosiologi Kurikulum 2013-Peminatan IPS Tahun 2019 tersebut:
Download Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Sosiologi Kurikulum 2013-Peminatan IPS
Baca Pun
- Soal Siap UAS/PAS/UKK 2 SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11 Bahasa Indonesia K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK 2 SMA-SMK Kelas 11 Sejarah Indonesia Wajib K13 Tahun 2019
- Soal Jawab UAS/PAS/UKK 2 SMA -SMK Kelas 11 Bahasa Inggris Wajib K13 Tahun 2019
- Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK SMA-SMK Semester 2 Kelas 11 PPKn Wajib K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Ekonomi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Sejarah K13-Peminatan IPS Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Bahasa Jawa-Wajib-K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Matematika-Wajib K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Matematika-MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA-SMK/MAK PJOK K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Bahasa Sastra Indonesia K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Biologi-MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Fisika K13-MIPA Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Kimia K13-MIPA Tahun 2019
Berikut yaitu kutipan beberapa dari contoh soal tersebut:
Mata Pembelajaran : SOSIOLOGI-Peminatan
Satuan Pendidikan : SMA-MA
Kelas : IPS
PETUNJUK UMUM :
1. Perhatikan dan ikuti pedoman penginputan !embarjawab yang disediakan.
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum kamu menjawabnya.
3. Jumlah soal sebanyak 50 butir, Alternatif Ganda 45 butir nomor 1 s/d 45, lsian 5 butir nomor 46 s/d 50.
4. Peserta ulangan tak diperkenankan untuk menggunakan alat-alat elektronik seperti HP, Kalkulator dll.
5, Laporkan di pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang.
6. Dahulukan soal-soal yang dianggap gampang.
7. Periksalah kesibukan kamu sebelum diserahkan kepada pengawas.
I. Pilihlah jawaban yang benar-benar benar dengan memberi tanda silang (X) di huruf a, b, c, d atau e di lembar jawaban yang terdapat!
1. Masyarakat era modern acap kalium mengalami perubahan status dengan cepat. Mereka yang mempunyai kompetensi bagus akan lebih gampang memperoleh status sosial tinggi. Suatu perpindahan kedudukan atau posisi dari lapisan yang satu ke lapisan soslal yang lain disebut ….
A. mobilitas sosial
B. kelompok sosial
C. interaksi
D. integrasi
E. pencampuran budaya
2. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Seorang pengajar yang pindah manfaat ke SMA lain dengan jabatan yang sama
2) Setelah dua tijdsperiode menjadi Kepala Sekolah, kini ia menjadi pengajar biasanya
3) Merasa di kota telah betul-betul padat, Chandra pindah tempat tinggal ke desa
4) Claofela berhasil menjadi dokter setelah lulus kuliah
Merujuk di contoh tersebut yang tergolong mobilitas vertikal yaitu ….
A. 1) dan 2)
B. 1)dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)
3. Fernanda hanyalah anak seorang petani biasanya. Akan tetapi, Fernanda betul-betul rajin dan pandai sehingga ia dapat meneruskan kuliah lewat jalur bidik misi. Berkat ketekunannya, ia berhasil meraih predikat cumlaude dan diterima bekerja di perusahaan besar. Mobilitas yang telah dilakukan Fernanda yaitu ….
A. Mobilitas sosial antargenerasi naik
B. Mobilitas sosial intragenerasi naik
C. Mobilitas sosial antargenerasi turun
D. Mobilitas sosial intragenerasi turun
E. Mobilitas lateral
6. Rizkiono melanjutkan kuliah UNSIQ. schuiflade mengambil jurusan tarbiyah. Semasa kuliah, Rizkiono seringenboom mengisi acara-acara pengajian di Masjid. Setelah lulus kuliah, Rizkiono menjadi ustadz terkenal. Saluran mobilitas yang ditempuh oleh Rizkiono yaitu ….
A. Agama dan politik
B. Agama dan ekonomi
C. Politik dan pendidikan
D. Pendidikan dan agama
E. Pendidikan dan ekonomi
8. Warga Desa Mojotengah menjalankan transmigrasi ke Sulawesi Selatan. Di sana warga masyarakat diberi lahan tempat tinggal dan lahan pertanian. Setelah menjalankan transmigrasi, perekonomian masyarakat semakin meningkat hingga mampu membeli berjenis-jenis barang mewah. Cara mobilitas penduduk Desa Mojotengah yaitu ….
A. Perubahan tempat tinggal
B. Perubahan tingkah laku
C. Perubahan nama
D. Perkawinan
E. Prestasi
13. Berikut ini bukan ialah sebuah penyebab terjadinya konflik, yaitu …..
A. Adanya benturan kepentingan antar persoon maupun kelompok.
B. Adanya perbedaan kebudayaan yang menimbulkan pertentangan.
C. Adanya perbedaan pendirian dan perasaan persoon yang semakin tajam.
D. Adanya peristiwa perubahan sosial yang terlalu cepat yang menyebabkan disorganisasi.
E. Adanya konsensus dan integrasi di masyarakat.
14. Konflik yang terjadi di Israel dan Palestina menyebabkan banyak korban tewas akibat salah sasaran tembak dari rudal Israel. Konflik tersebut merujuk di skala wilayahnya ialah sebuah jenis konflik ….
A. Tertutup
B. lnternasional
C. Terbuka
D. Lokal
E. Intergroup
15. Konflik antara kubu PSSI dan Kemenpora belum menghasilkan kesepakatan. Pihak yang berkonflik tak ada yang saling mengalah. Menurut PSSI, Kemenpora membubarkan PSSI tanpa alasan yang tepat, sementara Kemenpora menjelaskan bahwa PSSI telah menyalahi aturan yang telah ditetapkan. Merujuk di subjeknya, konflik tersebut ialah sebuah konflik ….
A. Intra personal
B. Horisontal
C. Interpersonal
D. Antar kelompok
E. Terbuka
26. Nina melanggar lampu lalu tintas karena terburu buru agar tak terlambat masuk sekolah. Seorang polisi memberhentikan dan mengambil tindakan dengan menahan SIM yang bersangkutan. Nina merayu dan mengajak damai, tetapi petugas tetap menilangnya dan mengharuskannya mengikuti sidang di pengadilan. Penyelesaian konflik tersebut dilakukan secara ….
A. Mediasi
B. Adjudikasi
C. Arbitrasi
D. Kompromi
E. Konsiliasi
27. Benturan antar dua supporter sepak bola di awalnya diupayakan selesai denqan cara dialog bersama. Oleh karena kesalahpahaman, konflik terjadi kembali dan melibatkan massa. Akibatnya, pihak Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) campur tangan di penyelesaian konflik. Urutan proses akomodasi di menyelesaikan konflik tersebut yaitu …
A. Negosiasi dan arbitrase
B. Arbitrase dan rekonsiliasi
C. Mediasi dan negosiasi
D. Toieransi dan arbitrase
E. Negosiasi dan mediasl
29. Di suatu masyarakat terdapat dua kelompok yang saling berseteru. Mereka saling terlibat adu mulut bahkan terkadang muncul perkelahian. Kondisi tersebut menyebabkan masyarakat sulit berkembang. Menyadari kondisi tersebut, kedua belah pihak akhirnya berdamai untuk mewujudkan perubahan. Kondisi tersebut menunjukkan akibat positif konflik, yaitu ….
A. Munculnya nilai dan norma baru
B. Meningkatnya solidaritas kelompok
C. Meningkatnya keresahan masyarakat
D. Mendorong kesadaran untuk berkompromi
E. Mendorong seseorang keluar dari zona nyaman
33. Masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah pegunungan cenderung bermata pencaharian selaku petani dan mengoptimalkan aneka makanan dari sayur dan buah. Sementara itu, masyarakat di daerah pesisir cenderung bermata pencaharian selaku nelayan dan mengoptimalkan aneka makanan dari olahan hasil laut. Kemajemukan masyarakat Indonesia tersebut disebabkan oleh ….
A. Perbedaan struktur tanah dan iklim
B. Letak Indonesia yang strategis
C. lsolasi geografis Indonesia yang kepulauan
D. Mata pencaharian berbeda
E. Latar belakang historis
40. Pernyataan yang menggambarkan adanya proses inteqrasi sosial yaitu ….
A. Andra berusaha menghindari satu kelompok dengan peserta lomba yang berasal dari daerah lain.
B. Salina dari India seringenboom berinteraksi dengan sahabatnya Aisyah yang berasal dari Indonesia.
C. Di aktifitas pentas seni, Sinta dan kelompoknya menampilkan tarian Tor Tor.
D. Bangsa Indonesia menyusun suatu kesepakatan untuk bersatu melawan korupsi.
II. Jawablah soal – soal berikutdengan singkatdan tepat !
46. A. Ceritakan mengenai mobilitas sosial yang dialami keluarga kalian !
B. Identifikasi jenis mobilitas yang terjadi di keluarga kalian !
47. Tanpa kita sadari kekerasan dapat terjadi disekitar kita. Berikan tiga contoh kekerasan yang pernah kalian ketahui !
48. Konflik antara PKL dengan Satpol PP seringenboom terjadi di Indonesia. Meskipun telah dilakukan penertiban dan tindakan tegas, jenis konflik ini selalu terjadi. Menurut kalian, bagaimana cara penyelesaian konflik antara PKL dengan Satpol PP? Berikan alasan kalian ..
49. Indonesia yaitu negara yang masyarakatknya betul-betul beraneka ragam. Keragaman tersebut salah satunya yaitu keragaman agama. Jelaskan faktor penyebab keanekaragaman agama di masyarakat multikultural!
50. Selaku negara multikultural, Indonesia sedang berusaha untuk menjalankan integrasi sosial. Wujud inteqrasi yang benar-benar gampang diaplikasikan sesungguhnya yaitu integrasi normatif, karena masyarakat Indonesia cenderung menjunjung tinggi adat dan norma sosial. Jelaskan mengenai integrasi normatif dan beri contohnya !
Dipersilahkan untuk mendonwload opstopping tersebut di tautan yang telah disediakan agar memperoleh isi opstopping yang komplit dan utuh.
Demikian tulisan mengenai
Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Sosiologi K13-Peminatan Tahun 2019
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/