Download Silabus K-13 Tahun Ajaran 2019/2020 Kelas 2 SD/MI Semester 1 dan 2 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 Revisi 2018 - Guzu Blog

Download Silabus K-13 Tahun Ajaran 2019/2020 Kelas 2 SD/MI Semester 1 dan 2 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 Revisi 2018










File Pendidikan
Silabus K13 SD/MI Kelas 2 Semester 1 & 2 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 Revisi 2018

SILABUS 


TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nama Sekolah : …………………..

Kelas / Semester : 2 / 1

Tema   : Hidup Rukun

Waktu : 112 jam pembelajaran


Mata Pembelajaran dan Kompetensi Mendasar 

1.1 Menerima hubungan gambar di lambang Negara dengan sila-sila Pancasila dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap positif kepada hubungan gambar di lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
3.1 Memperkirakan hubungan gambar di lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menceritakan hubungan gambar di lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

Bahasa Indonesia
3.1 Memaham ungkapan, ajakan, petunjuk, penolakan yang terdapat pada teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, petunjuk, penolakan pada cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
3.6 Memahami ungkapan permintaan maaf dan tolong lewat teks mengenai budaya santun selaku ilustrasi  sikap hidup rukun pada kemajemukan masyarakat Indonesia
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) bagi hidup rukun pada kemajemukan.


Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya merujuk pada nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnyaberdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah
4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan   dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
3.3    Menjelaskan dan menjalankan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan  bilangan cacah hingga dengan 999 pada kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 pada kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

Seni Budaya dan Prakarya
3.1    Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.1    Merancang karya imajinatif dua dan tiga dimensi
3.2    Mengenal pola irama sederhana lewat lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana lewat lagu anak-anak
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam pada tari
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam pada tari
3.4    Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan pada berkarya
4.4    Merancang hiasan dari bahan alam dan buatan

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Medis
3.1 Memahami pemakaian huruf kapital (nama Tuhan) nama orang, nama agama serta tanda titik dan tanda tanya pada kalimat yang benar
4.1    Mempraktikkan variasi gerak basic lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan pada bermacam format permainan sederhana dan atau tradisional


Bahan Pembelajaran


  • Hubungan gambar di lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

  • Ungkapan, ajakan, petunjuk, penolakan yang terdapat pada teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun




  • Budaya santun (permintaan maaf/tolong) selaku ilustrasi  sikap hidup rukun pada kemajemukan masyarakat Indonesia lewat ungkapan pada bahasa Indonesia lisan dan tulis




  • Makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya merujuk pada nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

  • Pertidaksamaan dua bilangan cacah

  • Bilangan cacah yang bersesuaian dengan kumpulan obyek

  • Penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan  bilangan cacah hingga dengan 999 pada kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan




  • Karya imajinatif dua dan tiga dimensi

  • Pola irama sederhana lewat lagu anak-anak

  • Gerak keseharian dan alam pada tari

  • Pengolahan bahan alam dan buatan pada berkarya




  • Prosedur gerak variasi pola gerak basic lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan pada bermacam format permainan sederhana dan atau tradisional.


Kegiatan Pembelajaran
Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah (28 jam pembelajaran)



  • Menyimak teks mengenai hidup rukun yang dibacakan pendidik lalu   menyebutkan ungkapan yang terdapat di dalamnya dengan toleransi dan tanggung jawab.

  • Membaca teks percakapan terkait dengan hidup rukun dan memerankannya dengan teman dilandasi sikap toleransi dan percaya diri.

  • Menuliskan kembali isi cerita yang telah dibaca dilanjutkan dengan mengamati pengelompokan gambar buku yang menunjukkan nilai tempat bilangan serta menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah tiga angka secara teliti dan percaya diri.

  • Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan terkait hidup rukun sesuai pola irama secara  bersama-sama dengan percaya diri.  

  • Menyimak penjelasan pendidik terkait hubungan gambar (simbol sila-sila Pancasila) di lambang negara dengan sila-sila Pancasila rasa ingin tahu dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Mengamati gambar keluarga yang sedang beribadah, kemudian mendiskusikan gambar yang diamati sesuai sila–sila Pancasila  dengan sikap toleransi.

  • Menceritakan pengalaman pada memakai nilai sila-sila Pancasila pada kehidupan sehari-hari.

  • Mengamati gambar dan meragakan gerak basic berjalan dengan rasa ingin tahu.

  • Mencari ungkapan di pada syair lagu “Peramah dan Sopan” dan menjelaskan artinya dengan penuh tanggung jawab.

  • Membaca bilangan tiga angka, menuliskan lambangnya, dan menentukan nilai tempatnya dengan teliti

  • Membaca teks percakapan mengenai sikap sopan yang dapat memelihara kerukunan bersama teman sebangku dengan penuh toleransi dan percaya diri.

  • Menampilkan pola irama sederhana lewat lagu anak-anak dengan gerak tubuh sesuai irama penuh semangat.

  • Mengamati gambar dan meragakan gerak basic berlari dilanjutkan  dengan menjalankan permainan tradisional penuh tanggung jawab

  • Membaca teks terkait penerapan nilai-nilai sila Pancasila dan menceritakan kembali isinya dengan percaya diri.

  • Mengamati bungkus makanan/ tiket/karcis lalu membaca angka yang tertera kemudian menuliskan sesuai dengan nilai tempat dengan kerjasama..


Subtema 2: Hidup Rukun di Tempat Bermain (28 jam pembelajaran)


  • Mengamati gambar dan mengurutkannya sehingga menjadi sebuah cerita runtut dengan kreatif.

  • Menjalankan gerakan kepala, tangan, dan kaki tanpa hitungan, dilanjutkan gerakan yang    dilakukan dengan hitungan sesuai ajakan teman secara berpasangan dengan penuh semangat.

  • Mengamati sekumpulan kubus yang ditata sesuai dengan nilai tempatnya, kemudian membandingkan kelompok kubus yang satu dengan yang lain merujuk pada nilai tempatnya dengan teliti.

  • Merancang pertanyaan merujuk pada bacaan terkait hidup  rukun yang telah disimaknya dengan rasa ingin tahu dan percaya diri

  • Mengamati gambar dan meragakan gerak basic lokomotor sesuai contoh yang diberikan pendidik. Kemudian menjalankan permainan tradisional dengan jujur dan percaya diri.

  • Mengamati gambar permainan tradisional dan menuliskan isinya  pada format cerita sederhana dengan kreatif.

  • Mengurutkan kalimat berisi contoh penerapan nilai-nilai sila Pancasila sesuai gambar sehingga menjadi cerita yang runtut dengan percaya diri.

  • Mengamati gambar/video/film yang terkait dengan pengamalan sila-sila  Pancasila di tempat bermain dan menceritakan kembali isinya dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Meragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala dengan mengambil contoh gerakan bermain layang-layang dengan semangat.

  • Membaca percakapan yang mengandung kalimat ajakan dengan cara menjalankan gerak basic lokomotor penuh semangat.

  • Membandingkan bilangan tiga angka dengan teman secara berpasangan dengan tanggung jawab.

  • Membandingkan  dua bilangan cacah lewat diskusi kelompok dengan kerja sama dan percaya diri.

  • Mengamati gambar tarian anak dilanjutkan dengan menirukan gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan dengan tanggung jawab.

  • Menyimak syair  lagu “Gembira” yang dibacakan oleh pendidik dilanjutkan dengan menyanyi bersama-sama kemudian mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kata ajakan dengan rasa ingin tahu.

  • Menjelaskan arti pentingnya kerja sama bagi menjaga kerukunan pada kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

  • Merancang teks percakapan dengan menggunakan kata ajakan yang berkaitan dengan cerita hidup rukun dan toleransi dengan  rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Berdiskusi mengenai kerukunan dan kekompakan yang mesti dilaksanakan ketika bermain dengan teman secara santun dan percaya diri.

  • Menjalankan permainan berlari berpasangan dengan rintangan selaku contoh penerapan nilai-nilai sila Pancasila secara sportif.

  • Mengidentifikasi dan menceritakan  perilaku yang adalah penerapan nilai sila-sila Pancasila di tempat bermain dengan percaya diri.

  • Mengurutkan  bilangan tiga angka dari yang terkecil atau sebaliknya merujuk pada nilai tempatnya dengan teliti dan jujur.


Subtema 3: Hidup Rukun di Sekolah (28 jam pembelajaran)


  • Mengamati teks percakapan yang mengandung kalimat petunjuk sesuai nilai sila-sila Pancasila dengan rasa ingin tahu.

  • Merancang kalimat petunjuk sesuai dengan gambar percakapan imajinatif dengan percaya diri.

  • Menyelesaikan  permasalahan pada kehidupan sehari-hari  terkait dengan operasi hitung penjumlahan cara susun panjang dengan teliti dan percaya diri.

  • Menceritakan kegiatan di sekolah yang memakai pengamalan  nilai sila –sila Pancasila dengan percaya diri dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Menyelesaikan operasi hitung  penjumlahan dan pengurangan dengan teliti dan percaya diri.

  • Mewarnai gambar imajinatif kemudian membangun pertanyaan sesuai gambar dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Menuliskan dan menyebutkan  bunyi sila –sila  Pancasila dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Menyelesaikan permasalahan pada kehidupan sehari-hari yang mengandung penyelesaian operasi hitung pengurangan dengan teliti..


Subtema 4: Hidup Rukun di Masyarakat (28 jam pembelajaran)


  • Mengidentifikasi kalimat yang menunjukkan ajakan dan kalimat yang menolak ajakan pada teks wacana dengan teliti dan percaya diri.

  • Mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita dan menuliskan angka di samping gambar yang menunjukkan urutan cerita dengan percaya diri.

  • Menuliskan bahan dan alat yang digunakan bagi membangun setiap jenis prakarya dengan tanggung jawab.

  • Merancang hiasan menggunakan bahan baku dari  biji-bijian dan diintegrasikan dengan penyelesaian operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan teliti.

  • Menceritakan kembali teks percakapan yang telah dibaca dan  mencantumkan bagian penolakan ajakan dengan santun.

  • Menceritakan pengalaman kegiatan di masyarakat yang sesuai dengan penerapan nilai-nilai  sila Pancasila secara tertulis dan lisan dengan jujur dan percaya diri.

  • Menceritakan kegiatan gotong-royong yang dilakukan di lingkungan rumah dengan percaya diri.

  • Menunjukkan dan menuliskan   kalimat penolakan yang terdapat di teks percakapan dengan toleransi dan percaya diri.

  • Merancang karya kreasi dari biji-bijian dengan rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa.

  • Mengamati gerakan-gerakan melompat  dan meloncat, serta memeragakannya dengan penuh percaya diri.

  • Menyimpulkan isi teks mengenai olahraga dengan percaya diri dan tanggung jawab.

  • Mencari dan menuliskan kalimat penolakan dan kalimat yang menunjukkan keadilan di dongeng yang didengarnya dengan teliti.

  • Menyelesaikan permasalahan pada kehidupan sehari-hari yang terkait dengan  operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. 


Selengkapnya silahkan Bapak Ibu unduh atau unduh filenya di bawah ini.



NEXT :






Selamat pagi semuanya terutama kepada guru-guru Sekolah Mendasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2, yang sedang mencari bahan pem…



DOWNLOAD BUKU GURU DAN SISWA KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 REVISI 2018 & 2017


Download Silabus, RPP, Prota, Promes, SD, KD, KKM SD/MI Kelas 2 Semester 1 dan 2.rar – Kami unggah khusus bagi Kelas 2 SD/MI terkait dengan Administrasi Kelas bagi Pendidik, dengan tujuan hanyalah menolong agar meringankan sedikit aktifitas mengenai administrasi yang setiap hari dikerjakan. Dengan adanya administrasi yang memadai Pendidik tak akan kelabakan bagi menjalankan…


Silabus yang diposting ini adalah format microsoft wor, sehingga Bapak ibu dapat mengeditnya, diantaranya nama pendidik, nama kepala sekolah, nama sekolah. Sekianlah dan terima kasih atas kunungannya dan semoga bermanfaat.



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top