Soal matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 ini selaku bahan latihan persiapan pada menghadapi pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Ganjil di Sekolah Menengah Pertama-tama atau Madrasah Tsanawiyah. Soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga mempermudah bagi mengoreksi benar dan salahnya hasil kegiatan peserta didik.
Untuk Bapak Ibu pendidik yang mendidik bidang studi matematika kelas VIII SMP/MTs dan sedang mencari soal selaku bahan rujukan pada penyusunan soal khususnya mapel matematika kurikulum 2013 terbaru admin sediakan di ruang ini. dan Bapak Ibu dapat unduh di link di bawah ini.
Selaku bahan referensi Konsep Penilaian pada Pembelajaran Matematika, Bapak Ibu pada menilai mesti mengacu kepada Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015, penilaian adalah proses pengumpulan informasi/data mengenai capaian pembelajaran peserta didik pada aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan bagi memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar lewat penugasan dan evaluasi hasil belajar. Penilaian yang dimaksud yaitu penilaian hasil belajar oleh pendidik. Penilaian berfungsi bagi memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi keperluan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian dilaksanakan bagi memenuhi kegunaan formatif dan sumatif pada penilaian. Penilaian bertujuan antara lain bagi (a) mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, (b) menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi, (c) menetapkan program perbaikan atau pengayaan merujuk pada tingkat penguasaan kompetensi, dan (d) memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian yang dilakukan oleh pendidik meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Penjelasan ketiga aspek penilaian akan dibahas berikutnya. Penilaian bagi aspek pengetahuan dan keterampilan dilakukan kepada penguasaan tingkat kompetensi selaku capaian pembelajaran.
Soal yang dibagikan ini mengacu kepada buku pendidik dan buku pelajar matematika kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Selengkapnya mengenai Soal matematika kelas 8 semester ganjil berikut link unduh di bawah ini.
Soal PTS, UTS Kelas 8 Semester 1 Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2018 DOWNLOAD
Baca pun soal-soal lainnya di bawah ini.
Soal dan Kunci Jawaban Matematika SMP Kelas 7 Semester Genap Kurikulum 2013 Komplit Dengan Kisi-Kisi LINK DISINI
Soal UTS/PTS SMP Kelas VII (7) Semester 1 K-13 Segala Mata Pembelajaran LINK DISINI
Soal, Kunci Jawaban, Pembahasan PTS / UTS / UKK Matematika SMP / MTs Kelas VIII (8) Semester 1 LINK DISINI
Inilah sekilah mengenai soal matematika kelas 8 semester 1 di bawah ini.
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
Mata Pembelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : I (Ganjil)
Referensi : Kurikulum 2013
1. Batang korek api disusun dengan dengan susunan seperti di gambar berikut.
Seandainya pola tersebut terus berlanjut, banyak batang korek api di susunan ke-10 yaitu … batang.
A. 33
B. 36
C. 39
D. 42
A. 33
B. 36
C. 39
D. 42
2. Perhatikan pola bilangan berikut.
(3, 6), (6, 15), (8, 21)
Pernyataan yang tepat bagi memperoleh bilangan kedua dari pasangan
bilangan pertama-tama di pola tersebut yaitu ….
A. Ditambah 3
B. Dikalikan 2
C. Dikalikan 2 kemudian ditambah 3
D. Dikalikan 3 kemudian dikurangi 3
(3, 6), (6, 15), (8, 21)
Pernyataan yang tepat bagi memperoleh bilangan kedua dari pasangan
bilangan pertama-tama di pola tersebut yaitu ….
A. Ditambah 3
B. Dikalikan 2
C. Dikalikan 2 kemudian ditambah 3
D. Dikalikan 3 kemudian dikurangi 3
Pedoman : Bagi soal no. 3 – 16, pilihlah diantara jawaban yang benar sesuai dengan pola barisan yang diberikan.
3. 10, 30, 50, 70, …, …, …
A. 80, 90, 100
B. 90, 110, 130
C. 100, 200, 400
D. 110, 130, 150
4. 2, 3, 8, 11, 16, …, …, …
A. 19, 24, 27
B. 18, 23, 26
C. 20, 25, 28
D. 19, 25, 28
5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, …, …, …
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20
D. 15, 20, 19
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20
D. 15, 20, 19
6. 1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21, …, …
A. 27, 31
B. 25, 31
C. 25, 30
D. 25, 29
A. 27, 31
B. 25, 31
C. 25, 30
D. 25, 29
7. 2, −6, 18, −32, 64, …, …, …
A. −128, 254, −508
B. 128, −254, 508
C. −96, 128, −160
D. −254, 508, −1016
A. −128, 254, −508
B. 128, −254, 508
C. −96, 128, −160
D. −254, 508, −1016
8. 90, 30, 10, …, …, …
A. 10/3, 10/9, 10/27
B. 3, 2, 1
C. 7, 4, 1
D. 10/9, 10/27, 10/81
A. 10/3, 10/9, 10/27
B. 3, 2, 1
C. 7, 4, 1
D. 10/9, 10/27, 10/81
9. 4, −7, 10, −13, 16, …, …, …
A. 19, −22, 25
B. −20, 25, −31
C. 20, −24, 28
D. −19, 22, −25
A. 19, −22, 25
B. −20, 25, −31
C. 20, −24, 28
D. −19, 22, −25
10. A, K, C, …, E, O, G
A. D
B. L
C. N
D. M
A. D
B. L
C. N
D. M
11. 1, 3, 4, 7, …, …, 29
A. 11, 19
B. 11, 18
C. 10, 17
D. 10, 18
A. 11, 19
B. 11, 18
C. 10, 17
D. 10, 18
12. 1, 4, 9, 16, …, …, 49
A. 25, 36
B. 25, 30
C. 20, 36
D. 24, 34
13. 2, 4, 10, 11, 18, 18, 26, 25, …, …, …
A. 32, 30, 40
B. 33, 31, 41
C. 34, 32, 42
D. 35, 33, 43
A. 32, 30, 40
B. 33, 31, 41
C. 34, 32, 42
D. 35, 33, 43
14. 1, 5, –1, 3, 7, 1, 5, 9, 3, 7, 11, 5, …, …, …
A. 8, 12, 6
B. 9, 13, 7
C. 10, 14, 8
D. 11, 15, 9
A. 8, 12, 6
B. 9, 13, 7
C. 10, 14, 8
D. 11, 15, 9
15. 4, 10, …, …, 34, 44
A. 17, 26
B. 16, 22
C. 17, 25
D. 16, 25
A. 17, 26
B. 16, 22
C. 17, 25
D. 16, 25
16. 100, 92, …, 79, …, 70
A. 85, 73
B. 84, 74
C. 84, 71
D. 85, 74
A. 85, 73
B. 84, 74
C. 84, 71
D. 85, 74
17. Seandainya angka di belakang koma di bilangan 7,1672416724167… dilanjutkan terus menerus, angka di tempat kedudukan 1/1033 yaitu …
A. 1
B. 6
C. 7
D. 2
A. 1
B. 6
C. 7
D. 2
18. Angka satuan di bilangan 2.0132.001 yaitu …
A. 3
B. 9
C. 7
D. 1
A. 3
B. 9
C. 7
D. 1
19. Seandainya n di bilangan 1.248n yaitu suatu bilangan bulat positif, nilai n agar angka satuannya 8 yaitu …
A. 2.013
B. 2.014
C. 2.015
D. 2.016
A. 2.013
B. 2.014
C. 2.015
D. 2.016
20. Seandainya n menyatakan banyak rusuk sisi alas suatu limas, karenanya banyak rusuk di limas tersebut yaitu ….
A. 3n
B. 2n
C. 3n + 1
D. 2n + 1
A. 3n
B. 2n
C. 3n + 1
D. 2n + 1
21. Diketahui bersama titik A(3,1), B(3, 5), C(–2, 5). Seandainya ketiga titik tersebut dihubungkan akan menyusun
A. segitiga sama sisi
B. segitiga sama kaki
C. segitiga siku-siku
D. segitiga sembarang
A. segitiga sama sisi
B. segitiga sama kaki
C. segitiga siku-siku
D. segitiga sembarang
22. Diketahui bersama pada koordinat Kartesius terdapat titik P, Q , dan R. Titik P(4,6) dan titik Q(7, 1). Seandainya titik P, Q , dan R dihubungkan akan menyusun segitiga siku-siku, karenanya koordinat titik R yaitu ….
A. (6, 5)
B. (4, 5)
C. 6, 1)
D. (4, 1)
A. (6, 5)
B. (4, 5)
C. 6, 1)
D. (4, 1)
Bagi pertanyaan nomor 3 – 10 perhatikan koordinat kartesius berikut ini.
23. Koordinat titik A yaitu …
A. (5, 7)
B. (–5, 7)
C. (7, 5)
D. (7, –5)
A. (5, 7)
B. (–5, 7)
C. (7, 5)
D. (7, –5)
24. Koordinat titik C yaitu ….
A. (4, 4)
B. (–4, 4)
C. (4, –4)
D. (–4, –4)
A. (4, 4)
B. (–4, 4)
C. (4, –4)
D. (–4, –4)
25. Koordinat titik F yaitu ….
A. (8, 6)
B. (8, –6)
C. (6, –8)
D. (–8, –6)
A. (8, 6)
B. (8, –6)
C. (6, –8)
D. (–8, –6)
26. Koordinat titik H yaitu ….
A. (6, 5)
B. (–6, 5)
C. (6, –5)
D. (–6, –5)
A. (6, 5)
B. (–6, 5)
C. (6, –5)
D. (–6, –5)
27. Titik-titik yang berjarak 3 satuan kepada sumbu-X yaitu ….
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G
28. Titik-titik yang berjarak 4 satuan kepada sumbu-Y yaitu ….
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G
29. Titik-titik yang terdapat di kuadran II yaitu ….
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H
30. Titik-titik yang terdapat di kuadran IV yaitu ….
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H
31. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu-X yaitu ….
A. garis m dan n
B. garis m dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l
A. garis m dan n
B. garis m dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l
32. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu-Y yaitu ….
A. garis m dan n
B. garis m dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l
A. garis m dan n
B. garis m dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l
33. Garis m dan garis n yaitu yaitu dua garis yang ….
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar
34. Garis n dan garis k yaitu dua garis yang ….
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar
35. Garis yang berada disebelah kanan sumbu-Y yaitu ….
A. garis m
B. garis n
C. garis k
D. garis l
A. garis m
B. garis n
C. garis k
D. garis l
36. Garis yang berada di bawah sumbu-X yaitu ….
A. garis m
B. garis n
C. garis k
D. garis l
A. garis m
B. garis n
C. garis k
D. garis l
37. Jarak garis m kepada sumbu- Y yaitu ….
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan
38. Jarak garis k kepada sumbu- X yaitu ….
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan
39. Koordinat titik potong garis m dan l yaitu ….
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)
40. Koordinat titik potong garis n dan l yaitu ….
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)
41. Diketahui bersama himpunan P = {1, 2, 3, 5} dan Q = {2, 3, 4, 6, 8, 10}.
Seandainya ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (5, 10)}, karenanya relasi dari himpunan P ke himpunan Q yaitu ….
A. kurang dari
B. setengah dari
C. dua kali dari
D. kuadrat dari
Seandainya ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (5, 10)}, karenanya relasi dari himpunan P ke himpunan Q yaitu ….
A. kurang dari
B. setengah dari
C. dua kali dari
D. kuadrat dari
42. Empat orang anak bernama Tohir, Erik, Taufiq, dan Zainul mempunyai kesukaan masing-masing. Kesukaan Tohir belajar kelompok dan menulis cerpen, kesukaan Erik bermain komputer dan renang, kesukaan Taufiq menulis cerpen dan renang, dan kesukaan Zainul renang saja.
Anak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen, tetapi tak suka belajar kelompok yaitu ….
A. Tohir
B. Erik
C. Taufiq
D. Zainul
Anak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen, tetapi tak suka belajar kelompok yaitu ….
A. Tohir
B. Erik
C. Taufiq
D. Zainul
43. Diketahui bersama himpunan pasangan berurutan:
(i) {(0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3)}
(ii) {(1, 3), (2, 3), (1, 4), (2, 4)}
(iii) {(1, 5), (2, 5), (3, 5), (4, 5)}
(iv) {(5, 1), (5, 2), (4, 1), (4, 2)}
Himpunan pasangan berurutan yang adalah pengklasifikasian (kegunaan ) yaitu ….
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (iii) dan (iv)
(i) {(0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3)}
(ii) {(1, 3), (2, 3), (1, 4), (2, 4)}
(iii) {(1, 5), (2, 5), (3, 5), (4, 5)}
(iv) {(5, 1), (5, 2), (4, 1), (4, 2)}
Himpunan pasangan berurutan yang adalah pengklasifikasian (kegunaan ) yaitu ….
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (iii) dan (iv)
44. Antara himpunan A = { a, b} dan himpunan B = {1, 2, 3} dapat dibentuk banyak pengklasifikasian dengan ….
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 8 cara
D. 9 cara
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 8 cara
D. 9 cara
45. Bila P = { a, b, c } dan Q = {1, 2, 3}, karenanya banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin dari P ke Q yaitu ….
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 9 cara
D. 27 cara
46. Kegunaan f : x → x + 1 dengan daerah asal {2, 4, 6, 8} mempunyai daerah hasil ….
A. {2, 4, 6, 8}
B. {3, 5, 7, 9}
C. {1, 3, 5, 7}
D. {2, 3, 4, 5}
A. {2, 4, 6, 8}
B. {3, 5, 7, 9}
C. {1, 3, 5, 7}
D. {2, 3, 4, 5}
47. Seandainya dipahami f(x) = 2 x + 5 dan f(x) = –3, karenanya nilai dari x yaitu ….
A. –3
B. –4
C. –5
D. –6
A. –3
B. –4
C. –5
D. –6
48. Diketahui bersama kegunaan f : x → 2x – 1. Pernyataan di bawah ini yang salah yaitu…
A. 3 → 4
B. f(–5) = –11
C. kalau f(a) = 5, karenanya a = 3
D. bayangan 1 yaitu 1
A. 3 → 4
B. f(–5) = –11
C. kalau f(a) = 5, karenanya a = 3
D. bayangan 1 yaitu 1
49. Diketahui bersama G(x) = ax + b. Seandainya G(–2) = –4 dan G(–6) = 12, karenanya format kegunaan G yaitu ….
A. G(x) = –4 x + 12
B. G(x) = –4 x – 12
C. G(x) = –2 x + 6
D. G(x) = –4 x – 6
A. G(x) = –4 x + 12
B. G(x) = –4 x – 12
C. G(x) = –2 x + 6
D. G(x) = –4 x – 6
50. Daerah asal kegunaan yang didefinisikan dengan kegunaan f dari x ke 2 x – 1 yaitu −2 x < x < 3; x ∈ B . Daerah hasilnya yaitu …..
A. {–3, –1, 1, 3}
B. {–2, –3, –1, 1, 3, 4}
C. {–2, –1, 0, 1, 3}
D. { –1, 0, 1, 2}
51. …… dst
Soal PTS, UTS Matematika Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Soal yang disajikan ini. Kami harapkan dapat menolong semuanya bagus pendidik, maupun pelajar pada proses pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/