Soal ulangan kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 7 – Indahnya Keragaman di Negeriku. |
Jenis penilaian di Kurikulum 2013 (K13) yaitu penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian ahir semester. Penilaian ahir tahun (PAT) atau pun dikenal dengan Ulangan ahir semester (UAS) genap dilaksanakan di sekitar bulan Juni sesuai dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan.
Buat setiap tema kelas 4 SD Kurikulum 2013 (K13) terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap ahir dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH). Di kelas 4 SD Tema 7 – Indahnya Keragaman di Negeriku dengan subtema sesuai Kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru yaitu:
Subtema 1 : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Subtema 2 : Indahnya Keragaman Budaya Negeriku
Subtema 3 : Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku
Pengklasifikasian Kompetensi Basic (KD) Tema 7 Kelas 4
Soal ulangan atau penilaian ahir semester 2 kelas 4 SD tema 7 disusun menurut kisi-kisi terdiri dari soal alternatif ganda, isian singkat, dan uraian. Soal UAS Kurikulum 2013 kelas 5 terdiri dari beberapa kompetensi basic muatan mata pembelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 4 sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan buat mempermudah pada melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah merancang soal evaluasi, mempermudah pada merancang kisi-kisi soal serta dapat mempermudah pada melakukan analisa soal. Berikut deskripsi setiap KD Kelas 4 SD Tema 7 – Indahnya Keragaman di Negeriku:
KD Muatan Pembelajaran Tema 7 Kelas 4 Semester 2
PPKN 1.4 mensyukuri beraneka format keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan selaku anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
PPKN 2.4 menampilkan sikap kerja sama pada beraneka format keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
PPKN 3.4 mengidentifikasi beraneka format keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
PPKN 4.4 mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu pada kehidupan sehari-hari.
B. INDO 3.7 menggali pengetahuan baru yang terdapat di teks nonfiksi
B. INDO 4.7 menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke pada tulisan dengan bahasa sendiri
IPA 3.3 mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
IPA 4.3 mendemonstra-sikan manfaat gaya pada kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
IPS 3.2 mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat selaku identitas bangsa Indonesia
IPS 4.2 menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat selaku identitas bangsa Indonesia
SBdP 3.2 mengetahui gerak tari kreasi daerah
SBdP 3.3 mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 3.4 mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 4.2 menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
SBdP 4.3 meragakan gerak tari kreasi daerah
SBdP 4.4 merancang karya kolase, montase, program, dan mozaik.
Baca pun: Soal Ulangan Kelas 4 Tema 6 Kurikulum 2013
Contoh Soal Ulangan Kelas 4 Tema 7 Subtema 1, 2, dan 3
Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!
A. 3.4
1. Indonesia mempunyai keragaman suku bangsa yang tergambar pada lambang ….
A. Garuda Pancasila
B. Bhinneka Tunggal Ika
C. Bersatu Kita Teguh
D. Bercerai Kita Runtuh
5. Pelestarian budaya benar-benar urgen karena budaya nasional bersumber di budaya ….
8. Sebutkan 3 cara menghargai keragaman budaya bangsa Indonesia!
B. 3.7
10. Diantara suku yang tinggal di pulau Jawa ialah ….
A. Suku Batak
B. SUku Dani
C. Suku Bugis
D. Suku Bawean
14. Setiap suku bangsa di Indonesia mempunyai adat dan budaya yang berbeda dengan suku lainnya. kata adat mempunyai makna yaitu ….
16. Tuliskan gagasan pendukung paragraf di atas!
C. 3.3
17. Tarikan dan dorongan yang merubah kedudukan suatu benda disebut ….
A. Gaya
B. Daya
C. Tenaga
D. Usaha
22. Magnet yang mempunyai kutub sama akan saling ….
23. Sebutkan 3 manfaat gaya listrik!
E. 3.2
25. Suku Minangkabau, Mentawai, Guci, Jambak, dan Tanjung merupakan suku yang terdapat di propinsi ….
A. Aceh
B. Sumatra Utara
C. Sumatra Barat
D. Riau
27. Bahasa daerah yang digunakan masyarakat provinsi Jawa Barat ialah ….
31. Sebutkan dan jelaskan 2 aktivitas ekonomi di bidang perikanan!
F. 3.2
33. Lagu daerah Apuse mempunyai tempo moderato yang artinya ….
A. benar-benar lambat
B. lambat
C. agak cepat
D. benar-benar cepat
F. 3.3
36. Tari Janger berasal dari provinsi ….
A. Maluku
B. Kalimantan Barat
C. Papua
D. Bali
F. 3.4
40. Jelaskan pengertian dari karya seni tempel;
a. karya program
b. montase
c. kolase
Unduh Soal Ulangan Kelas 4 Tema 7
Selengkapnya soal-soal penilaian ahir tahun atau UAS semester 2 kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 7 – Indahnya Keragaman di Negeriku yang belum disertai dengan kunci jawabannya dan yang berformat .pdf itu dapat didownload via link berikut ini:
Buat bahan persiapan anak-anak menghadapi Ulangan Ahir Semester 2, khususnya kelas 4 SD yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas yang belum disertai dengan kunci jawabannya. Selain kompetensi pengetahuan (KI 3), pelajar pun mesti menguasai kompetensi ketrampilan (KI 4).
Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik pada setiap muatan pembelajaran yang mengacu di setiap KD. Nilai penilaian ahir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per muatan pembelajaran.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/