Download Contoh 100 Soal dan Kunci Jawaban UKG Guru PAUD/TK/RA.doc - Guzu Blog

Download Contoh 100 Soal dan Kunci Jawaban UKG Guru PAUD/TK/RA.doc

Contoh 100 Soal dan Kunci Jawaban UKG Guru PAUD/TK/RA.doc – Untuk memperlancar di pelaksanaan Uji Kompetensi Pendidik khusus Taman Kanak-Kanak / Raudathul Anfhal, kami berbagi soal latihan yang telah komplit dengan jawabannya.



Mari simak di bawah ini.











File Pendidikan
Download Contoh 100 Soal dan Kunci Jawaban UKG Guru PAUD/TK/RA.doc


Contoh Soal dan Jawaban Pretest UKG Pendidik PAUD/TK/RA.doc


1. Perkembangan sosial ialah
A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial (√)
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak
D. Penyesuaian sosial selaku anggota kelompok sosial


2. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat melingkupi pelbagai ridderzaal, dari yang benar-benar sederhana hingga dengan yang benar-benar kompleks. Berikut ini ialah contoh-contoh substansi karya tulis ilmiah, kecuali
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung (√)
D. informatika


3. Menurut Djojonegoro, Profesionalisme di suatu profesi atau jabatan ditentukan oleh tiga faktor urgen di bawah ini, kecuali :
A. Mempunyai keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesilaisasi
B. Mempunyai tujuan yang jelas di berkarir yang tercermin di perencanaan yang dikerjakan untuk waktu depannya. (√)
C. Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,
D. Penghasilan yang memadai selaku imbalan kepada keahlian yang dimiliki itu.


4. Kenapa keluarga mempunyai peran urgen di proses sosialisasi anak?
A. Keluarga selaku lingkungan sosial pertama-tama kalium dan anak menerima pendidikan pertama-tama dan utama (√)
B. Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya
C. Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya
D. Keluarga yakni sebuah kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap


5. Perkembangan motorik ialah………………..
A. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh
B. Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubuh (√)
C. Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot
D. Hasil pola interaksi yang kompleks dari pelbagai bagian dan program di di tubuh yang dikontrol otak


6. Pendidik haruslah mempunyai jati diri selaku pribadi yang bagus, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau belajar untuk maju. Salon ini termasuk jenis kompetensi : A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian (√)
D. Kompetensi Sosial


7. Berikut ini ialah contoh implementasi dari kewajiban perkembangan KECUALI
A. anak mencapai berat tubuh ideal (√)
B. mengucap salam dengan bagus
C. anak belajar mengunyah makanan
D. anak memegang pensil dengan bagus


8. Anak yang telah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebetulnya, berada di rentang usia
A. 4-5 tahun 


B. 2-3 tahun C. 3-4 tahun
D. 5-6 tahun (√)


9. Pendidik wajib mempunyai sifat empati di orang lain, toleransi di orang lain, mempunyai sikap dan kepribadian yang positif serta melekat di setiap kopetensi yang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Salon tersebut termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik 


B. Kompetensi Profesional 

C. Kompetensi Profesional 

D. Kompetensi Sosial (√)


10. Anak mempunyai keinginan dan semangat belajar yang tinggi, bergairah dengan memanfaatkan pelbagai sumber belajar. Salon tersebut menunjukan bahwa sumber belajar bermanfaat untuk
A. Memberikan informasi yang akurat dan terbaru
B. Memperluas pengetahuan pendidik
C. Memperluas pengetahuan anak (√)
D. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra



Lihat :




11. Diantara wujud soal berikut, mana yang benar-benar menguntungkan untuk mengukur sasaran yang meminta pelajar mengingat informasi, tak hanya mengenalinya :
A. jawaban pendek
B. menjodohkan 

C. benar salah (√) 

D. alternatif ganda


12. Pembelajaran yang benar-benar tepat untuk meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun ialah
A. Mendidik membaca, menulis dan berhitung
B. Memberi kesempatan di anak untuk memperoleh pengalaman seketika di pelbagai aktivitas pembelajaran (√)
C. Memberikan profesi rumah agar anak dapat belajar di rumah
D. Memberi pembelajaran selaku persiapan masuk sekolah basic


13. Di karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tak memihak.
Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang yakni sebuah kajian merujuk di di, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi (√)
C. teori yang diakui kebenarannya
D. gegevens empirik/hasil penelitian


14. Pentingnya media pemberlajaran di TK terutama dilandasi oleh ….
A. Kecenderunagan anak menyukai sesuatu yang dapat dilihat
B. Lebih mudahnya pendidik TK di menjalankan proses pembelajaran
C. Kebutuhan anak TK akan pendidikan yang berkualitas dan menyenangkan
D. Perkembangan anak yang berada di waktu konkret (√)


15. Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, ialah
A. Cerebral cortex
B. Batang otak
C. Cerebellum (√)
D. Basal ganglia


16. Media pembelajaran dapat menolong terjadinya perluasan area of experience pendidik dan anak, maksudnya ialah
A. Pendidik mempunyai daerah pengalaman yang lebih luas dari di anak
B. Daerah pengalaman pendidik dan anak mendekati kesamaan’
C. Pengalaman anak menjadi lebih bagus disbanding gurunya
D. Anak menjadi lebih banyak memperoleh pengalaman belajar (√)


17. Kenapa keluarga mempunyai peran urgen di proses sosialisasi anak?
A. Keluarga selaku lingkungan sosial pertama-tama kalium dan anak menerima pendidikan pertama-tama dan utama (√)
B. Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya
C. Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya
D. Keluarga yakni sebuah kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap



18. Proses penyerapan informasi baru ke di informasi yang telah ada di di skemata (struktur kognitif) anak ialah
A. Ekuilibrium 

B. Akomodasi 

C. Adaptasi
D. Asimilasi (√)


19. Berikut ini pernyataan mana yang benar-benar benar ialah ….
A. Peran media di proses pembelajaran di TK, ialah selaku alat bantu pendidik mendidik
B. Tujuan utama pemakaian media pembelajaran di TK, ialah terjadinya proses belajar di diri anak (√)
C. Media pembelajaran di TK identik dengan segala peralatan yang dugunakan di proses pembelajaran
D. Pendidik yakni sebuah pihak yang benar-benar berkepentingan di pemanfaatan media pembelajaran di TK


20. Diantara faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
A. Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
B. Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
C. Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
D. Sifat basic genetik termasuk wujud tubuh dan kecerdasan (√)




Silahkan baca :

Inilah Pengertian, Fungsi, tujuan dan Capaian Nilai UKG (Uji Kompetensi Guru) Tahun 2015, 2017 dan 2019


21. Profesi ialah suatu jabatan atau profesi yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya profesi itu tak dapat dilakukan oleh sembarang orang yang tak terlatih dan tak disediakan secara khusus untuk mengerjakan profesi itu. Salon ini termasuk di jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional (√) C. Komppetensi Kepribadian D. Kompetensi Sosial


22. Ciri-ciri evaluasi yang bagus ialah : A. keefektifan dan efisiensi
B. objektifitas dan integritas
C. keshahihan dan keandalan
D. komprehensif dan kooperatif (√)


23. Teori yang menyatakan bahwa seluruh anak dilahirkan dengan mempunyai kemampuan untuk menggunakan bahasa ialah
A. Sosiokultural
B. Genetik (√)
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik


24. Berikut ini termasuk di dimensi kompetensi sosial, kecuali :
A. kerja tim, melihat peluang, peran di kegiatan kelompok, tanggung jawab selaku warga
B. kepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan di bekreasi, berbagi
C. berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, menerima perbedaan, kerja sama
D. IQ yang tinggi, relasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan (√)


25. Berikut ini ialah contoh perkembangan persoon yang terkait dengan budaya
A. anak memegang pensil dengan benar
B. anak berjalan di atas titian secara seimbang
C. anak mampu berbicara dengan bahasa yang halus (√)
D. anak mampu menggunakan egrang


26. Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif via interaksi dengan dunia sekitar disebut
A. Strukturalisme
B. Konstruktivisme (√)
C. Behaviorisme
D. Progressivisme


27. Media pembelajaran yakni sebuah bagian integral dari keseluruhan proses pembelajaran
A. Media pembelajaran meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk melatih proses berfikir anak
B. Posisi media pembelajaran saling terkait dengan komponen pembelajaran lainnya (√)
C. Media pembelajaran mesti memungkinkan dapat mempercepat proses belajar
D. Media pembelajaran mempunyai manfaat ganda yaitu selaku alat bantu pendidikan dan manfaat hiburan


28. Yang tak termasuk kreativitas ialah
A. Kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang di dasarnya baru, dan sebelumnya tak dikenal pembuatannya
B. Dapat berupa kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman
C. Cara berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur, dan linier (√)
D. Cara berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik, multidimensional, dan human


29. Emosi menurut Goleman ialah
A. Perasaan yang terdapat di diri seseorang, berupa senang atau tak senang, benci atau cinta
B. Bermacam perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih
C. Selaku perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tak tampak
D. Merujuk di suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak (√)


30. Pendidik yakni sebuah suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau profesi yang memerlukan keahlian khusus selaku pendidik. Suatu profesi mempunyai persyaratan tertentu seperti dibawah ini, kecuali :
A. menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan di konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar
B. menekankan di suatu keahlian di bidang tertentu sesuai dengan profesinya
C. mempunyai tingkat pendidikan setingkat Doktor (√)
D. menuntut tingkat pendidikan yang memadai


31. Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?
A. Mendengarkan orang dewasa berbicara
B. Meniru ucapan orang dewasa
C. Memperhatikan muka orang dewasa dan menanggapi dengan bahasa mereka
D. Bermain-main dengan bunyi (mengoceh) (√)


32. Inovasi yakni sebuah suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang terdapat sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan di mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja (√)
B. Mattew B. Milers 


C. Sumantri Mulyani 

D. Rabbin


33. Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya ialah
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif (√)
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter


34. Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain mengenai perasaan dan kebutuhan mereka termasuk di manfaat emosi selaku
A. Pengaturan (regulation)
B. Komunikasi (communication) (√)
C. Kelangsungan hidup (survival)
D. Penyesuaian diri (adaptation)


35. Manakah kegiatan yang benar-benar mungkin dilakukan oleh pendidik di ketika ia ingin mengenalkan binatang kepada anak-anak
A. Mendatangkan pawing ular ke kelas
B. Mengundang petugas bonbin ke kelas
C. Menampilkan pelbagai macam binatang via gambar (√)
D. Membawa binatang ke di kelas


36. Diantara nilai yang dimiliki media pembelajaran, yaitu
A. Mendesain abstrak konsep-konsep yang nyata
B. Membangkitkan motivasi belajar anak (√)
C. Menumbuhkan individualism anak di belajar
D. Mengatur ketepatan mendidik pendidik


37. Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain mengenai perasaan dan kebutuhan mereka termasuk di manfaat emosi selaku
A. Pengaturan (regulation)
B. Komunikasi (communication) (√)
C. Kelangsungan hidup (survival)
D. Penyesuaian diri (adaptation)


38. Berikut ini dalah contoh sumber belajar yang dapat memberikan informasi yang akurat dan terbaru, kecuali
A. Buku bacaan
B. Majalah untuk anak
C. Nara sumber
D. Cerita rakyat (√)


39. Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan karenanya seseorang akan mengalami emosi
A. Marah (√)
B. Gembira atau senang
C. Sedih
D. Takut


40. Proses penyerapan informasi baru ke di informasi yang telah ada di di skemata (struktur kognitif) anak ialah
A. Ekuilibrium 


B. Akomodasi 

C. Adaptasi
D. Asimilasi (√)


41. Secara harafiah media berarti
A. Perantara Perantara (√)
B. Sumber pesan
C. Penerima pesan
D. Aplikasi pembelajaran


42. Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, di umumnya menyajikan mengenai
A. kumpulan dan tindak lanjut
B. simpulan umum
C. rekomendasi penulis
D. simpulan dan saran (√)


43. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi di anak
A. Faktor keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan dan pendidikan
C. Faktor kematangan dan belajar (√)
D. Faktor intelektual dan sosial


44. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A. sikap penulis
B. panjang tulisan (√)
C. struktur sajian
D. pemakaian bahasa


45. Tahap di ketika persoon/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tak menyenangi kepada inovasi dikategorikan ….
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion) (√)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)


46. Pendidik tak perlu mendatangkan obyek tertentu keruangan kelas karena tak memungkinkan dari segi pengadaannya. Pernyataan tersebut sesuai dengan manfaat sumber belajar, yaitu sumber belajar dapat
A. Memberikan informasi yang akurat dan terbaru
B. Memperluas pengetahuan anak
C. Meningkatkan motivasi belajar anak
D. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra (√)


47. Anak usia taman kanak-kanak berada di tahap perkembangan
A. Praoperasional (√)
B. Formal operasional 


C. Konkrit operasional 

D. Sensorimotor


48. Pendidik mesti mempunyai pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, paham beberapa konsep pendidikan yang bermanfaat untuk menolong pelajar, menguasai beberapa metodologi mendidik yang sesuai dengan bahan dan perkambangan pelajar, sertanmenguasai program evaluasi yang tepat dan bagus yang di gilirannya semakin meningkatkan kemampuan pelajar. Salon ini termasuk di jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik (√)
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial


49. Anak yang telah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebetulnya, berada di rentang usia
A. 4-5 tahun (√)
B. 2-3 tahun 


C. 3-4 tahun 

D. 5-6 tahun


50. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiah dicerminkan di gaya bahasa yang bersifat
A. resmi
B. baku (√)
C. impersonal
D. personal




Unduh pun :





51. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit) (√)
B. Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan


52. Pernyataan yang benar ialah :
A. kedua pernyataan di bawah salah
B. kedua pernyataan di bawah salah
C. kekurangannya yakni di patokan yang digunakan dan ridderzaal itu tergantung di pertimbangan pendidik yang bersangkutan
D. pernyataan di atas semuanya benar (√)


53. Guna utama media di proses pembelajaran di TK, yaitu
A. Menolong mempermudah pendidik di menjalankan pembelajaran
B. Memancing perhatian anak di proses pembelajaran (√)
C. Mengurangi terjadinya verbalisme di diri pelajar
D. Selaku alat bantu pendidik di mengarahkan anak belajar


54. Hasil penelitian lainnya menunjukan bahwa informasi atau pengetahuan yang benar-benar banyak mengendap di ingatan seseorang, yaitu via
A. Auditori
B. Visualisasi
C. Audiovisual (√)
D. Audio


55. Memanfaatkan sumber daya dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Salon tersebut disebabkan anak
A. Senang karena gurunya lebih banyak beristirahat
B. Gembira karena gurunya tak terlalu banyak mengatur
C. Merasa senang karena banyak alternatif sumber untuk belajar (√)
D. Bingung karena sumber belajarnya terlalu banyak


56. Yang tak termasuk di strategi empat P di pengembangan kreativitas ialah
A. Pribadi
B. Pendorong
C. Proses
D. Prosedur (√)


57. Berikut ini BUKAN termasuk contoh perkembangan
A. anak mampu berguling kemudian tengkurap
B. anak tumbuh gigi (√)
C. anak mampu berlari
D. anak memainkan lidah dan meraban


58. Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya ialah
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif (√)
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter


59. Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif via interaksi dengan dunia sekitar disebut
A. Strukturalisme
B. Konstruktivisme (√)
C. Behaviorisme
D. Progressivisme


60. Standar kompetensi pendidik terdiri atas tiga komponen yang saling mengait seperti di bawah ini, kecuali :
A. Pengelolaan pembelajaran
B. tingkat Kecerdasan yang tinggi (√)
C. pengembangan profesi
D. penguasaan akademik.


61. Proses sosialisasi ialah….
A. Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial 


C. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial (√) 

D. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial


62. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit)
B. Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar) (√)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan


63. Menurut report dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993, pendidik profesional dituntut mempunyai lima ridderzaal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali :
A. Pendidik mempunyai relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain (√)
B. Pendidik mempunyai komitmen di pelajar dan proses belajarnya.
C. Pendidik menguasai secara mendalam bahan/bahan pembelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para pelajar.
D. Pendidik bertanggung jawab memantau hasil belajar pelajar via pelbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan di perilaku pelajar sampaites hasil belajar. Pendidik bertanggung jawab memantau hasil belajar pelajar via pelbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan di perilaku pelajar sampaites hasil belajar.


64. Salon yang mesti diperhatikan dari sisi pendidik di ketika akan menggunakan cara bercerita ialah
A. jenis cerita (√)
B. tema cerita
C. penguasaan letter tokoh cerita
D. pengaturan tempat duduk



65. Kalau tes telah dibakukan, karenanya tes itu : A. telah diuji lapangan
B. absah
C. mahal
D. yakni sebuah ukuran bakat (√)


66. Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk kewajiban perkembangan emosi anak berusia
A. 5 tahun
B. 5 tahun 6 bulan (√)
C. 4 tahun
D. 4 tahun 6 bulan


67. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi di anak
A. Faktor keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan dan pendidikan
C. Faktor kematangan dan belajar (√)
D. Faktor intelektual dan sosial


68. Diantara jenis soal ini, mana yang benar-benar cocok untuk mengukur perilaku kreatif : A. penilaian produk
B. benar salah
C. alternatif ganda
D. menjodohkan (√)


69. Diantara wujud permainan anak ialah bermain sejajar, maksudnya ialah
A. pendidik meminta anak bermain berpasang-pasangan
B. pendidik meminta anak bermain berhadapan
C. anak bermain bersama dan bekerjasama membangun satu objek
D. anak bermain bersama namun tak saling kerjasama (√)


70. Emosi menurut Goleman ialah
A. Perasaan yang terdapat di diri seseorang, berupa senang atau tak senang, benci atau cinta
B. Bermacam perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih
C. Selaku perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tak tampak
D. Merujuk di suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak (√)


71. Pengembangan kreativitas akan berhasil seandainya
A. Pelaksanaan pembelajaran di anak usia dini berorientasi di pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung, karenanya manfaat imajinasi di belahan otak kanan terabaikan
B. Membebani belahan otak kiri di anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat akademis
C. Pembelajaran di anak usia dini dilaksankan secara seimbang dan harmonis di meningkatkan kedua belahan otak (√)
D. Pembelajaran anak usia dini kurang memberikan kebebasan


72. Berikut yang pemahaman PALING mendekati konsep perkembangan sosial ialah A. kesediaan seseorang untuk memberi sesuatu kepada orang atau bergotong-royong (√) B. kemampuan anak untuk menghafal nama-nama tokoh
C. kemampuan anak berperilaku sesuai dengan tuntutan masyarakat
D. kemampuan anak untuk memberikan saran kepada temannya yang minder


73. Alat Permainan Edukatif untuk anak TK dapat didefinisakan selaku
A. Semua alat yang digunakan anak TK untuk memenuhi kebutuhan naluri bermainnya
B. Alat permainan yang sengaja dirancang untuk kebutuhan pendidikan
C. Alat permainan yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak TK (√)
D. Alat permainan yang popular di kalangan anak TK


74. Yang tak termasuk di karakteristik kepribadian kreatif ialah
A. Mempunyai kekuatan tenaga fisik yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi pun dapat tenang dan rileks, bergantung di situasinya
B. Mempunyai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian kepada suatu masalah (√)
C. Amat bersemangat (passionate) bila menyangkut karya mereka, tetapi pun betul-betul objektif di penilaian karyanya
D. Sikap keterbukaan dan sensitivitas seringenboom membuatnya menderita seandainya mendapat banyak kritik dan serangan kepada hasil jerih payahnya, namun di ketika yang sama pun merasakan kegembiraan yang luar lazim


75. Berikut ialah implementasi cara pembiasaan di pembelajaran kemampuan sosial
A. mengucap salam ketika bertemu atau berpisah dengan sesama teman dan pendidik (√)
B. berhitung sebelum memasuki ruang kelas untuk belajar
C. berdoa sebelum memulai aktivitas
D. mencuci tangan sebelum makan bersama


76. Proses sosialisasi ialah
A. Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial
C. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial (√)
D. Belajar berperilaku yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima



77. Bahan didik yang cocok untuk anak TK di prinsipnya mesti memenuhi beberapa ridderzaal, antara lain
A. Kompleks
B. Abstrak
C. Konkret (√)
D. Tak berwarna


78. Yang tak termasuk di prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang dimanfaatkan selaku referensi bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap perkembangan anak ialah
A. Mendesain lingkungan yang saling asuh
B. Pembelajaran untuk menolong perkembangan dan belajar anak
C. Menyusun kurikulum yang sesuai
D. Memacu perkembangan anak dengan memberikan pembelajaran baca dan menulis (√)


79. Penerima pesan di proses komunikasi pembelajaran di TK disebut
A. Communicator
B. Communicant (√)
C. Messages
D. Sources


80. Pernyataan yang salah di bawah ini ialah :
A. antara PAP dan PAN, masing-masing mempunyai kelebihan 


B. antara PAP dan PAN, masing-masing mempunyai kelemahan 

C. pernyataan keduanya benar
D. pernyataan keduanya salah (√)


81. Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan karenanya seseorang akan mengalami emosi
A. Marah (√)
B. Gembira atau senang
C. Sedih
D. Takut


82. Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk kewajiban perkembangan emosi anak berusia
A. 5 tahun (√)
B. 5 tahun 6 bulan
C. 4 tahun
D. 4 tahun 6 bulan


83. APE dapat meningkatkan lebih dari satu aspek perkembangan, ini ialah ciri APE yang
A. Multiguna (√)
B. Konstruktif
C. Kreatif
D. Aman


84. Perkembangan sosial ialah
A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak
D. Penyesuaian sosial selaku anggota kelompok sosial (√)


85. Berikut ialah diantara contoh kewajiban perkembangan sosial di taman kanak-kanak
A. anak tak malu bercerita di depan kelas
B. anak saling bertukar alat main dengan temannya (√)
C. anak mampu mengitung jumlah temannya yang hadir dan yang absen
D. anak mampu menyebutkan anggota keluarganya


86. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun di umumnya seluruh karya tulis ilmiah mempunyai komponen
A. daftar pustaka (√)
B. abstrak
C. daftar tabel
D. lampiran


87. Diantara unsur kreativitas ialah
A. Yakni suatu cara berpikir, tak sinonim dengan kecerdasan yang melingkupi kemampuan mental selain berpikir (√)
B. Mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata
C. Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawaban di menghadapi persoalan
D. Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat prosedural/metodologis


88. Berikut ini pernyataan yang benar ialah :
A. mutu evaluasi bergantung di mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
B. mutu evaluasi bergantung di mutu asesmen
C. mutu evaluasi bergantung di tes dan pengukuran
D. pernyataan a, b dan c salah (√)


89. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah di umumnya terdiri dari
A. pendahuluan, inti (utama pembahasan), dan penutup (√)
B. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan C. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan D. abstrak, bagian inti, penutup


90. Prinsip evaluasi meliputi hal-hal selaku berikut ini kecuali : A. objektivitas
B. kontinuitas (√)
C. integritas
D. keefektifan


91. Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun
A. Melompat-lompat dengan kaki bergantian
B. Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas kattebak/ hamparan pasir
C. Melompati parit (√)
D. Melompat dengan satu kaki


92. Dari jenis soal ini, mana yang benar-benar dihindari selaku tes satu soal : A. penilaian produk
B. benar salah (√)
C. alternatif ganda
D. menjodohkan


93. Permainan peran yang di dalamnya pendidik mempersiapkan skenario disebut
A. role-play
B. sosiodrama
C. schouwspel bebas
D. schouwspel terpimpin (√)


94. Pemanfaatan pelbagai sumber belajar di pembelajaran anak TK mempunyai pelbagai manfaat, antara lain
A. Kegiatan belajar anak menjadi kurang menarik
B. Kegiatan belajar anak tak menyenangkan
C. Pengetahuan anak tak bertambah
D. Motivasi belajar anak semakin meninggkat (√)


95. Berikut ini pernyataan yang benar ialah : A. tes ialah awal dari evaluasi (√)
B. tes ialah bagian dari pengukuran
C. tes ialah sebuah instrumen
D. ketiga pernyataan benar


96. Diantara komponen bahasa yang menekankan di pemakaian bahasa di
konteks komunikatif ialah
A. Morfologi B. Fonologi C. Semantik
D. Pragmatik (√)


97. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, bagus dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil (√)
B. Homofil C. Holomofil D. Homogen


98. Pendidik disyaratkan mempunyai sifat yang jujur, berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objekti, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain. Salon tersebut termasuk di jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Kepribadian (√)
D. Kompetensi Sosial


99. Bagaimanakah ilustrasi orang yang sosial?
A. Orang yang menginginkan kehadiran orang lain
B. Orang yang kesepian seandainya berada seorang diri di suatu tempat
C. Orang yang merasa puas semata-mata karena berada bersama orang lain
D. Orang yang perilakunya mecerminkan kesuksesan di proses sosialisasi (√)


100. Semantik selaku diantara komponen bahasa ialah
A. Susunan kata, organisasi kalimat, dan faktor lain suatu kalimat
B. Suatu pengertian yang mengacu di susunan internal yang terdapat di sebuah kata
C. Suatu program aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata (√)
D. Berkaitan dengan kaidah yang menyusun struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan susunan suku kataSelengkapnya ada di opstopping tautan ini.


Silahkan unduh !!!


Demikianlah yang dapat dishare kalium ini.

Semoga bermanfaat.


Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top