Soal-Jawab UTS/PTS Semester 2 IPA Kelas 7 SMP/MTs K13 - Guzu Blog

Soal-Jawab UTS/PTS Semester 2 IPA Kelas 7 SMP/MTs K13


Ulangan atau penilaian tengah semester 2/II (UTS/PTS 2/II) Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/MTs Kelas 7/VII yaitu sebuah evaluasi di pertengahan semester 2/II untuk mapel IPA. Keberadaan UTS/PTS Semester 2/II ini menjadi urgen karena ia memberi penentuan di kenaikan peserta didik ke level kelas berikutnya, yaitu kelas VIII.


Belajar mempersiapkannya tentu saja menjadi solusi yang tak tertawarkan bagi setiap pelajar agar dapat menghadapi UTS/PTS 2/II ini dengan sebaik mungkin dan memperoleh nilai yang sebaik mungkin.


Maksud dari tulisan ini ialah selaku wahana belajar bagi pelajar kelas 7/VII SMP atau MTs yang hendak menempuh UTS/PTS Semester 2/II di mata pembelajaran IPA. Wahana belajar yang kami sediakan ialah berupa penyediaan Soal UTS/PTS Semester 2 IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013.


Bahan belajar IPA di kelas 7/VII Semester 2/II ini terdiri atas enam bab selaku berikut:


Bab 1 Program Organisasi KehidupanMakhluk Hidup ……………………. 1


A. Sel selaku Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan…………………….. 4
B. Jaringan-Jaringan di Hewan dan Tumbuhan ………………………………12
C. Organ-Organ di Hewan dan Tumbuhan………………………………………..14
D. Program Organ dan Organisme ………………………………………………………………18


Bab 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan ………………28


A. Pengertian Lingkungan …………………………………………………………………………29
B. Ridderzaal-hal yang Ditemukan di Suatu Lingkungan ………………………….31
C. Interaksi di Ekosistem Menyusun Suatu Pola ………………………….33
D. Pola Interaksi Manusia Memengaruhi Ekosistem ……………………………..41


Bab 3 Pencemaran Lingkungan…………………………………………………..47


A. Definisi Pencemaran ………………………………………………………………………………49
B. Pencemaran Air……………………………………………………………………………………….51
C. Pencemaran Udara …………………………………………………………………………………59
D. Pencemaran Tanah …………………………………………………………………………………62


Bab 4 Pemanasan Global………………………………………………………………68


A. Efek Rumah Kaca …………………………………………………………………………………….72
B. Pengertian Pemanasan Global……………………………………………………………..74
C. Penyebab Pemanasan Global……………………………………………………………….75
D. Pengaruh Pemanasan Global ………………………………………………………………….76
E. Usaha-usaha Menanggulangi Pemanasan Global …………………………….78


Bab 5 Lapisan Bumi……………………………………………………………………….83


A. Atmosfer…………………………………………………………………………………………………..86
B. Litosfer………………………………………………………………………………………………………98
C. Hidrosfer……………………………………………………………………………………………….. 131


Bab 6 Tata Surya …………………………………………………………………………. 146


A. Program Tata Surya ………………………………………………………………………………… 150
B. Kondisi Bumi………………………………………………………………………………………… 155
C. Kondisi Bulan……………………………………………………………………………………….. 159
D. Gerhana ………………………………………………………………………………………………… 162


Untuk bahan UTS/PTS Semester 2/II ini ialah dari Bab 1 hingga dengan Bab 3. Buku atau rujukan yang digunakan ialah Buku Pelajar Kelas 7/VII Mapel IPA SMP/MTs Semester II Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.


Berikut ialah tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II IPA Kelas 7/VII SMP/MTs Kurikulum 2013





Berikut ialah kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS Semester 2 IPA Kelas 7 SMP/MTs K13 tersebut:




16. Sesuatu dapat dinamakan mencemari lingkungan apabila
A. Mengganggu kehidupan masyarakat
B. Mengganggu kelancaran lingkungan
C. Menganggu keseimbangan ekosistem
D. Membangun rusak kualitas udara
17. Suatu zat bukan dinamakan selaku polutan apabila
A. Kadarnya melebihi ambang batas
B. Berada di waktu yang tak tepat
C. Berada di tempat yang tak semestinya
D. Mengakibatkan medis terganggu
18. Berikut yang bukan yaitu sebuah asal dari bahan pencemaran air
A. Limbah industri
B. Limbah rumah tangga
C. Sampah padat
D. Limbah pertanian
19. Pembuangan bahan tercemar secara seketika ke di perairan dapat menyebabkan terjadinya pencemaran di perairan tersebut. Misalnya,pembuangan limbah organik dapat menyebabkan peningkatan mikroorganismeatau kesuburan tanaman air, sehingga menghambat masuknya cahaya mataharike di air. Ridderzaal ini menyebabkan berkurangnya kandungan oksigen terlarutdalam air, sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem di dalamnya.
Uraian tersebut di atas menggambarkan akibat pencemaran air yang berupa
A. Penurunan kualitas lingkungan
B. Gangguan medis
C. Pemekatan hayati
D. Percepatan proses perusakan benda
20. Coba kamu pikirkan apabila suatu perairan tercemar oleh bahan beracun. Bahan beracun itu dapat meresap ke di tubuh alga, atau mikroorganisme lainnya. Berikutnya, hewan-hewan kecil (zooplankton) akan memakan alga tersebut, kemudian zooplankton akan dimakan oleh ikan ikan kecil dan ikan besar akan memakan ikan yang kecil. Apabila ikan-ikan besar tersebut ditangkap oleh manusia dan dimakan, karenanya bahan beracun tersebut akan masuk ke di tubuh manusia. Zooplankton yang makan alga tak hanya satu, tetapi banyak sel alga. Dengan demikian, zooplankton tersebut telah mengandung bahan beracun yang banyak. Demikian pun halnya dengan ikan kecil yang memakan zooplankton, dan ikan besar akan memakan ikan kecil tak hanya satu. Makin banyak memakan ikan-ikan kecil, karenanya makin banyak bahan pencemar yang masuk ke tubuh ikan besar. Bagaimana dengan tubuh manusia kalau seringenboom makan ikan yang beracun tersebut?
Uraian tersebut di atas menggambarkan akibat pencemaran air yang berupa
A. Penurunan kualitas lingkungan
B. Gangguan medis
C. Pemekatan hayati
D. Percepatan proses perusakan benda
21. Berikut ini yang bukan yaitu sebuah tujuan pengolahan limbah
A. Memperhatikan kelestarian estetika lingkungan
B. Agar berbau tak menyengat
C. Menetralkan air dari bahan-bahan tersuspensi dan terapung
D. Minimalisasi bakteri patogen
22. Peningkatan kadar karbondioksida yang disebabkan oleh aktivitas pembakaran oleh manusia. Ridderzaal tersebut yaitu sebuah contoh
A. Pencemaran udara primer
B. Pencemaran udara sekunder
C. Pencemaran udara tersier
D. Pencemaran udara generik
23. Limbah pertanian salah satunya disumbangkan dari pemakaian pestisida. Pemakaian pestisida yang berlebihan dan terus menerus tentu saja dapat berakibat buruk bagi tanah. Akibat buruk yang diterima tanah dari pemakaian pestisida ialah:
A. Tanah menjadi penuh racun
B. Pemakaian pestisida dapat membunuh hama yang bermanfaat bagi petani
C. Pestisida dapat membunuh mikroorganisme yang diperlukan untuk menjaga kesuburan tanah
D. Pemakaian pestisida dapat mencemari lingkungan di luar persawahan
24. Penuruan hasil pertanian yang disebabkan oleh pencemaran tanah ialah menurunnya hasil pertanian. Ridderzaal ini disebabkan oleh
A. Perubahan stofwisseling tanaman
B. Tanaman menjadi cepat layu
C. Tanaman menjadi santapan hama
D. Tanaman menjadi kurang layak konsumsi
25. Kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar disebut dengan
A. Bioremediasi
B. Antioksidanisasi
C. Remediasi
D. Gotong royong
Soal Uraian
1. Apabila diantara organ penyusun program mengalami kerusakan, apa yang terjadi dengan program organ tersebut? Dapatkah program organ tersebut berfungsi dengan bagus?
Jawab:
Program organ yaitu sebuah kumpulan organ yang saling bekerja sama untuk menjalankan fungsinya, sehingga apabila diantara organ penyusun program tersebut rusak atau tak berfungsi, karenanya program organ tersebut akan mengalami kegagalan perannya.


2. Kenapa adanya mikroskop yaitu sebuah sesuatu yang betul-betul bermanfaat untuk mempelajari sel? Jelaskan.
Jawab:
Mikroskop mampu menolong manusia melihat sesuatu yang berukuran kecil dan mata manusia tak mampu melihatnya. Sel sesuatu yang tak kasat mata/tak dapat dilihat dengan mata tanpa bantuan alat. Alat tersebut ialah mikroskop, yang mampu menolong manusia melihat sel dan bagian di sel/organela sel.


3. Apa yang dimaksud dengan vishal berikut? Jelaskan.
a. Interaksi
b. Ekosistem
Jawab:
a. Interaksi ialah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan makhluk hidup atau makhluk hidup dengan lingkungannya.
b. Ekosistem ialah suatu program yang di dalamnya terdapat interaksi antara setiap komponen bagus biotik maupun abiotik.


4. Jelaskan mengenai pencemaran sekunder yang terjadi karena aktivitas alam!
Jawab:
Aktivitas alami yang terjadi di alam dapat menimbulkan pencemaran udara di atmosfer. Kotoran–kotoran yang diraih oleh hewan ternak mengandung senyawa metana yang dapat meningkatkan suhu bumi, sehinga terjadi pemanasan global.
Proses yang serupa terjadi di siklus nitrogen di atmosfer. Selain itu, bencana alam seperti meletusnya gunung berarpi menghasilkan abu vulkanik yang mencemari udara sekitar yang berbahaya bagi medis serta tanaman. Kebakaran hutan yang
terjadi akan menghasilkan karbon dioksida di jumlah banyak yang dapat mencemari udara serta berbahaya bagi medis hewan dan manusia.


5. Jelaskan akibat pencemaran udara kepada medis!
Jawab:
Terbukti bahwa kualitas udara yang menurun akibat pencemaran menimbulkan berjenis-jenis penyakit. Seperti ISPA (infeksi saluran pernapasan) ialah salah satunya, saluran pernapasan yaitu sebuah portal masuknya udara ke di tubuh. Udara yang kotor membawa senyawa-senyawa yang tak bagus bagi medis. Tentu saja, pengendapan-pengendapan logam yang terlarut di udara dapat mengendap di paru-paru dan dapat menimbulkan iritasi. Akibat yang lebih serius dari polusi udara ialah emfisema, yaitu gejala kesulitan pengangkutan oksigen. Kadar karbon monoksida yang terlalu banyak di udara (lebih banyak dari oksigen) dapat menghambat pengikatan oksigen di di tubuh. Oleh karena itu, tubuh akan kekurangan oksigen, sehingga, muncul gejala berupa sesak napas, dan pusing bahkan dapat, berlanjut di kematian apabila tak ditangani dengan segera.


Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II IPA Kelas 7/VII SMP/MTs Kurikulum 2013


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top