Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 ini dihadirkan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi alat bagi peserta didik yang duduk di bangku kelas 11 SMA/MA-SMK/MAK di mempersiapkan ujian/penilaian tengah semester 2/II (UTS/PTS 2) mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti.
Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 ini menjadikan Kurikulum 2013 selaku pendekatan kurikulum. Rujukan yang digunakan di mendesain soal dan pun kunci jawaban yakni Buku Pelajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Contoh soal tentu saja dilengkapi dengan jawaban dengan harapan format seperti ini mampu mengasah kembali pemahaman pelajar kepada bahan PAI dan Budi Pekerti serta dapat dijadikan selaku referensi pelengkap di rangka menyambut UTS/PTS Semester 2/II SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI.
Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013:
BACA JUGA
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PPKn SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Bahasa Inggris SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 Sejarah Indonesia SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
- Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
- Soal-Jawab UTS/PTS 2 PKWU SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13
Berikut yakni kutipan dari Contoh Soal-Jawab UTS/PTS 2 PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut
6. Ahir-akhir ini semangat berkompetisi benar-benar menurun di kalangan pelajar. Ini dibuktikan ketika diumumkan mengenai peringkat kelas, justru sang juara menjadi cemoohan teman-temannya yang lain. Mereka menanggapinya dengan sinis bahwa si juara ini pelit orangnya, tak mau bagi-bagi di ketika ujian. Yang mesti dilakukan oleh orang yang memahami isi Q.S. al-Maidah/5:48 yakni .…
a. belajar dengan sungguh-sungguh agar ia menjadi juara kelas
b. bekerja keras agar apa yang diinginkan dapat tercapai
c. berkompetisi secara sehat, tak curang dan tak menyontek
d. berkolaborasi agar sama-sama memperoleh nilai memuaskan
7. Ketika menemukan masalah, kemudian terjadi perselisihan karena masing- masing menganggap amat benar pendapatnya, yang mesti kamu lakukan yakni selaku berikut, kecuali ….
a. menghormati perbedaan pendapat orang lain
b. berusaha mencari titik temu dari perbedaan tersebut
c. mengembalikan permasalahan kepada al-Qur’an dan hadis
d. menjalankan terobosan baru dengan berijtihad
8. Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita dari yang dideskripsikan di Q.S. an-Nisa/4:59 yakni ….
a. mengikuti meskipun salah
b. memeranginya dengan cara yang keras
c. menjalankan demo untuk menentangnya
d. menolaknya dengan cara yang halus
9. 1. Mempersaudarakan rakyatnya seperti saudara kandung
2. Senantiasa bersikap adil dan bijaksana serta berpola hidup sederhana
3. Bekerja keras dengan cara yang bagus dan halal
4. Menyelesaikan manfaat hingga tuntas
5. Kelompok-kelompok yang berbeda tak perlu diperangi, tetapi didekati
Ungkapan di atas yang termasuk kategori etos kerja yakni ….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
10. Iman kepada rasul mempunyai arti ….
a. yakin bahwa Allah Swt. benar-benar mengutus rasul
b. mengingkari rasul dan nabi yang tak dipahami bersama namanya
c. membenarkan berita yang tak jelas dari rasul
d. mengamalkan seluruh syariat rasul
e. meyakini tak seluruh rasul itu maksum
11. Buah iman kepada rasul yakni ….
a. menjadikan rasul selaku teman di hidupnya
b. bersahabat dengan rasul memperoleh kenikmatan tersendiri
c. mengetahui seluk beluk kisah kehidupan rasul
d. menjadikan rasul selaku teladan di hidupnya
12. Yang bukan manfaat rasul di bawah ini yakni ….
a. mengajarkan manusia agar bertauhid yang benar
b. memperbaiki tatanan hidup manusia agar bersosialisasi dengan bagus
c. meluruskan manusia agar beribadah dengan benar
d. menipu manusia dengan mengatakan dirinya Tuhan
13. Iman kepada rasul mesti diiringi dengan perbuatan …
a. menyanggah isi wahyunya
b. memboikot isi ajarannya
c. memprovokasi kejelekannya
d. mengikuti perintahnya
14. Di bawah ini yakni ayatayat yang memerintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, kecuali ….
a. QS. al-An’am/6: 151
b. Q.S. al-Isra’/17: 17
c. Q.S. al-Isra’/17: 23
d. Q.S. al-Isra’/17: 24
15. Orang tua yang mesti dihormati terlebih dahulu yakni ….
a. nenek
b. kakek
c. ibu
d. bapak
16. “Rida Allah Swt. ada di rida orang tua, dan murkanya Allah Swt. ada di murka orang tua” maksud hadis tersebut yakni ….
a. kalau ingin memperoleh rida orang tua, mesti taat kepada Allah Swt.
b. kalau ingin mendapat murka Allah Swt., sayangi orang tua
c. kalau ingin mendapat rida Allah Swt., hormati orang tua
d. kalau ingin dicintai Allah Swt., jauhilah orang tua
17. Seringenboom seorang pelajar membedabedakan manfaat antara orang tua dan pengajar, padahal manfaat keduanya hampir sama. Di bawah ini yakni manfaat orang tua dan pengajar yang sama, kecuali…
a. mendidik dan mengajari
b. membina dan merawat
c. merawat sehingga ia mandiri
Selaku bahan bacaan, kami kutipkan pula Kompetensi Inti dan Kompetensi Mendasar Mapel PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013. Salon ini kami harapkan dapat menjadi bukti penguat bahwa soal yang kami sajikan telah sesuai dengan panduan kurikulum 2013 terbaru
Kompetensi Inti | Kompetensi Mendasar |
---|---|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | 1.1 Terbiasa membaca al-Quran dengan meyakini bahwa taat di aturan, kompetisi di kebaikan, dan etos kerja selaku command agama.1.2 Meyakini bahwa agama mengajarkan toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.1.3 Meyakini adanya kitab-kitab suci AllahSwt.1.4 Meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt.1.5 Meyakini bahwa Islam mengharus-kanumatnya untuk mempunyai sifat syaja’ah(berani membela kebenaran) dalammewujudkan kejujuran1.6 Meyakini bahwa hormat dan patuh kepadaorang tua dan pengajar selaku kewajibanagama.1.7 Menggunakan penyelenggaraan jenazahsesuai dengan ketentuan syariat Islam.1.8 Menggunakan ketentuan khutbah, tabligdan dakwah di masyarakat sesuai dengansyariat Islam.1.9 Menggunakan prinsip ekonomi danmuamalah sesuai dengan ketentuan syariatIslam.1.10 Mengakui bahwa nilai-nilai islam dapatmendorong kemajuan kejayaan Islam yangdinantikan kembali.1.11 Mempertahankan keyakinan yangbenar sesuai ajaran islam di sejarahperadaban Islam di waktu modern. |
Kompetensi Inti | Kompetensi Mendasar |
2. Mengoptimalkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab,peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan sikap selaku bagian dari solusi atas beraneka permasalahan bangsa di berinteraksi secara tepat sasaran dengan lingkungan sosialdan alam serta di menempatkan diri selaku cerminan bangsa di pergaulan dunia. | 2.1 Bersikap taat aturan, tanggung jawab, kompetitif di kebaikan dan kerja keras selaku implementa-si dari pemahaman QS. Reeds Maidah/5: 48; Q.S. An-Nisa/4: 59; danQ.S. At Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait.2.2 Bersikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan selaku implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus /10 : 40-41 dan Q.S. Reeds-Maidah/5 : 32, serta hadis terkait.2.3 Peduli kepada orang lain dengan saling menasihati selaku cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.2.4 Menunjukkan perilaku saling menolong selaku cerminan beriman kepada rasul- rasul Allah Swt.2.5 Menunjukkan sikap syaja’ah (berani membela kebenaran) di mewujudkan kejujuran.2.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan pengajar selaku implementasi dari pemahaman Q.S. Reeds- Isra’/17: 23 dan hadis terkait.2.7 Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kerja sama di penyelenggaraan jenazah di masyarakat.2.8 Menjaga kebersamaan dengan orang lain dengan saling menasihati lewat khutbah, tablig dan dakwah.2.9 Bekerjasama di menegakkan prinsip- prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam.2.10 Bersikap rukun dan kompetitif di kebaikan selaku implementasi dari nilai- nilai kejayaan Islam yang dinantikan kembali.2.11 Bersikap rukun dan kompetitif di kebaikan selaku implementasi dari nilai- nilai sejarah peradaban Islam di waktu modern. |
Kompetensi Inti | Kompetensi Mendasar |
3. Memahami, mengaplikasikan,dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif di ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan pengetahuan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomenadan kejadian,serta menerapkanpengetahuan proseduralpada bidang kajian yangspesifik sesuai denganbakat dan minatnyauntuk memecahkanmasalah. | 3.1 Menganalisis makna Q.S. Reeds-Maidah/5 : 48;Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9:105, serta hadis mengenai taat di aturan,kompetisi di kebaikan, dan etos kerja.3.2 Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 :40-41 dan Q.S. Reeds-Maidah/5 : 32, sertahadis mengenai toleransi, rukun, danmenghindarkan diri dari tindak kekerasan.3.3 Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.3.4 Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.3.5 Menganalisis makna syaja’ah (beranimembela kebenaran) di mewujudkankejujuran.3.6 Menganalisis perilaku hormat dan patuhkepada orang tua dan pengajar.3.7 Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraanjenazah.3.8 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tabligdan dakwah.3.9 Menelaah prinsip-prinsip dan praktikekonomi di Islam.3.10 Menelaah kejayaan Islam yang dinantikankembali.3.11 Menelaah perkembangan Islam di masamodern (1800-sekarang). |
Kompetensi Inti | Kompetensi Mendasar |
4 Mengolah, menalar, dan menyaji di ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektifdan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan | 4.1.1 Membaca Q.S. Reeds-Maidah/5 : 48; Q.S.An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9:105 sesuai dengan kaidah tajwid danmakharijulhuruf.4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Reeds-Maidah/5 : 48; Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S.At-Taubah/9: 105 dengan fasih dan gampang.4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintahberkompetisi di kebaikan dengankepatuhan kepada ketentuan Allahsesuai dengan pesan Q.S. Reeds-Maidah/5 : 48;Q.S. An-Nisa/4: 59, dan Q.S. At-Taubah/9:105.4.2.1 Membaca Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S.Reeds-Maidah/5: 32 sesuai dengan kaidahtajwid dan makharijul huruf.4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S.Yunus/10: 40-41 dan Q.S. Reeds-Maidah/5: 32dengan fasih dan gampang.4.2.3 Menyaji-kan keterkaitan antara kerukunandan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10:40-41 dengan menghindari tindakkekerasan sesuai pesan Q.S. al-Maidah/5:32.4.3 Menyaji-kan keterkait-an antara berimankepada kitab-kitab suci Allah Swt, denganperilaku sehari-hari.4.4 Menyajikan kaitan antara iman kepadarasul-rasul Allah Swt dengan keteguhandalam bertau-hid, toleransi, ketaatan, dankecintaan kepada Allah Swt.4.5 Menyaji-kan kaitan antara syaja’ah(berani membela kebenaran) denganupayamewujudkan kejujuran dalamkehidupan sehari-hari.4.6 Menyaji-kan kaitan antara ketauhidandalam beribadah dengan hormat danpatuh kepada orang tua dan pengajar sesuaidengan Q.S. Reeds-Isra’/17: 23 dan hadisterkait.4.7 Menyajikan prosedur penye-lenggaraanjenazah.4.8 Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dandakwah. |
Kompetensi Inti | Kompetensi Mendasar |
4.9 Mempresentasikan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi di Islam.4.10 Menyajikan kaitan antara perkem-bangan peradaban Islam di waktu kejayaan dengan prinsip-prinsip yang mempe- ngaruhinya.4.11.1 Menyajikan prinsip-prinsip perkem- bangan peradaban Islam di waktu modern (1800-sekarang)4.11.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradab-an Islam di waktu modern. |
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II PAI dan Budi Pekerti SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/