Contoh Kartu Peserta Testing CPNS Tahun 2013 |
SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB)
GURU KELAS SEKOLAH DASAR
Pilihlah diantara jawaban jawaban yang benar !
1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas ialah sebuah perkembangan anak di tahap …
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit
2) Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara tepat sasaran bagus lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario toneelstuk/speelfilm, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau pemakaian gampang dan cepat bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan…
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh
3) Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat mengerjakan …
A. pengayaan bahan pembelajaran
B. refleksi
C. latar belakang peserta didik
D. tes awal (pre-test)
4) Di mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan cara criterion referenced. Yang bukan ialah sebuah tahap cara criterion referenced ialah …
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap pelajar dengan angka nilai batas lulus tersebut.
C. Menganalisis kemampuan peserta didik
D. Menghimpun pelajar yang diduga mengalami kesulitan belajar
5) Di kompetensi pedagogik pendidik mengusai teori belajar dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Di prinsip pembelajaran yang mendidik pendidik mesti …
A. Menjalankan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menggunakan bermacam pendekatan, strategi, cara, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif di mata pembelajaran yang diampu.
C. Menggunakan strategi pembelajaran
D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran
6) Diantara unsur strategi pembelajaran ialah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out waterput) dan sasaran (target) yang mesti diperoleh, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur strategi di atas di konteks pembelajaran ialah …
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
B. Mempertimbangkan dan memilih program pendekatan pembelajaran yang dipandang sbegitu tepat sasaran.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan strategi atau prosedur, cara dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas ondergrens ukuran kesuksesan atau kriteria dan ukuran baku kesuksesan
7) Yang ditekankan di di strategi pembelajaran interaktif ialah…
A. membangun inisiatif persoon, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari pendidik
D. proses penyampaian bahan secara verbal
8) Di Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL merujuk di kesiapan pelajar, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka mendasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang mesti dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched
9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu ….
A. kurikulum mesti mengandung hal-hal barusehingga dapat menolong pelajar untuk ,
dapat mengoptimalkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang mesti dimiliki oleh pelajar
C. Pembelajaran yang mendorong pelajar lebih mampu di mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengoptimalkan Kompetensi Basic berdasar di prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pembelajaran
10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap kepada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
11) Kurikulum dikembangkan merujuk di prinsip bahwa peserta didik mempunyai posisi sentral untuk mengoptimalkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap kepada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
12) Upaya pendidik di memberikan kesempatan kepada pelajar untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang sbegitu optimal ialah dengan cara ….
A. Pendidik memberikan tes atau kesibukan rumah setiap ahir pembelajaran
B. Pendidik menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Pendidik mewawancarai tiap pelajar mengenai capaian atau masalah belajar yang dihadapi pelajar di belajar
D. Pendidik menugaskan pelajar untuk menuliskan kesulitan pelajar di belajar
13) Upaya mendesain pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak di kegiatan pendidik selaku berikut ……………
A. Memberikan tambahan bahan berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut muziekinstrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan tambahan bahan berupa sumber didik dari penerbit yang berbeda
14) Yang di maksud dengan penilaian ialah ….
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik
15) Wujud penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh di pembelajaran di menjalankan guna di sebut penilaian
A. Pre test
B. postbode test
C. Autentik
D. Non Autentik
16) Pendidik mengerjakan penilaian kompetensi sikap lewat observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun instrumen yang di gunakan di penilaian tersebut ialah :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes
17) Lingkup penilaian hasil belajar melingkupi kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi mendasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial
18) Aspek yang di nilai di pembelajaran matetamatika selaku berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. mengerjakan prosedur
D. pemecahan masalah dan sikap
19) Konsep menyodorkan bermacam situasi kepada pelajar dan mendorong pelajar untuk menyelidiki, mencari jawabannya ialah konsep dan strategi…..
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning
20) Pendidik memebentuk kelompok kelompok belajar dan memeberikan guna kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan guna dan kegunaan tertentu sehingga jikalau diantara tak menjalankan tugasnya karenanya kesibukan kelompok tersbut tak dapat di selesaikan . karakteristik dari strategi pembelajaran tersebu ialah ;
A. Kewajiban kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pendidikan seketika (rechtstreeks teaching)
D. belajar kooperatf (cooperatf learning)
21) Teknologi informasi dan komunikasi di pembelajaran mempunyai tiga kegunaan utama yang di gunakan di kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi selaku alat bantu bagi pelajar di pembelajaran
B. Teknologi selaku ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi selaku bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi selaku alat pengembangan produk
22) Bu Ani mengajak pelajar kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Berikutnya ibu Ani memeriksa report hasil observasi pelajar. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar pelajar di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan pelajar memeiliki kecenderungan gaya belajar berhasil bagus lewat…..
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik
23) Upaya membimbing pelajar untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat di upaya pendidik:
A. memberi contoh urgen toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar pelajar
C. melatih bagaimana mempersiapkan medis diri dan lingkungan sekitar
D. melatih pelajar membangun keputusan yang diambil merujuk di informasi
24) Upaya pendidik menggunakan hasil analitik untuk menentukanketuntasan belajar antara lain selaku berikut ….
A. menentukan kreteria kesuksesan belajar
B. mengklasifikasi pelajar merujuk di hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria kesuksesan yang diinginkan
D. merencanakan pendidikan remidi
25) Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan rekam para pahlawan dan sebagainya ialah sebuah ciri-ciri anak berusia….
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun
26) Beberapa pelajar mempunyai kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau guna dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para pelajar tersebut ialah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas
27) Ontvangstruimte yang mengandung makna Pancasila selaku kaidah mendasar Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. sesungguhnya dan sejujunya
28) Penilaian yang didasarkan di gegevens yang mencerminkan kemampuan yang diukur, salon tersebut ialah sebuah prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis
29)Bila roda pertama-tama berputar 3 kalium, dan roda kedua berputar 9 kalium, berapakalikah roda kedua akan berputar jikalau roda pertama-tama berputar 10 kalium
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18
30) Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program ialah ….
A. Pengukuran
B. Evaluaasi
C. Penilaian
D. Penilaian
31) Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut…..
A. Membaca intensif
B. Membaca seketika
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas
32) Etika Pancasila ialah …..
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan
33) Di kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar pelajar dan agar proses pembelajaran berlangsung tepat sasaran, karenanya pendidik perlu mengacu di….
A. Aplikasi pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
34) Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ialah (1) meningkatkan proses belajar mendidik, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) melingkupi proses refleksi dan partisipatif, kecuali….
A. Meningkatkan proses belajar mendidik
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Melingkupi proses refleksi
D. Menggunakan metodelogi terbaru
35) Di suatu hari di perjalanan menumpangi mobil angkot. Dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tak terdengar mereka mengerjakan interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka ialah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tak menggunakan bahasa. Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk komunikasi…..
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik
36) Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut di komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seolah-olah memberi tanda untuk minta digendong. Ketika seperti begitulah bayi pertama-tama kalium mengenal sosialisasi dan merasakan bahwa dunia ini tempat orang saling berbagi rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan….
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak
37) Pemakaian huruf kapital di bawah ini yang benar ialah….
A. “kapan bapak pergi?” tanya dirman
B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
38) Bahasa Indonesia Baku ialah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Pemakaian huruf miring di kalimat di atas digunakan untuk….
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah
39) Masyarakat Indonesia terdiri dari bermacam suku dengan bahasa yang berbeda-beda, karenanya akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa utama yang digunakan. Karenanya dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Ontvangstruimte ini Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan kegunaan….
A. Selaku lambang kebanggaan kebangsaan
B. Selaku alat pemersatu bangsa
C. Selaku alat perhubungan
D. Selaku lambang identitas nasional
40) Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan seluruh salon di konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Ontvangstruimte tersebut ialah sebuah kegunaan Bahasa Indonesia selaku….
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang digunakan di peristiwa kenegaraan
D. Bahasa pengantar di institusi pendidikan
41) Monster pembelajaran yang cocok dengan mata pembelajaran matematika ialah….
A. Monster Inquiry Learning
B. Monster Discovery Learning
C. Monster Problem Based Learning
D. Monster Project Based Learning
42) Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti Fikri, nggak? Sewaktu dia bermain di sungai bersama teman-temannya, dia mnginjak batu sungai yang licin. Akibatnya dia terpeleset dan byuurrr… jatuh deh ke sungai. Waah… asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, kenapa batu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya….
Di bacaan di atas menggunakan ragam bahasa….
A. Resmi
B. Baku
C. Tak baku
D. Daerah
43) Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini ialah …………
A. Kita kini memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita, kini memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita kini memerlukan meja, kursi dan lemari.
D. Kita kini memerlukan meja kursi dan lemari ?
44) Menyimak selaku sebuah keterampilan berbahasa , Karena ………
A. Menyimak sambil mengerjakan aktivitas lain tak mampu menanggapi secara tepat
B. Menyimak sambil mengerjakan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat
45) Di pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa cara yang dapat digunakan kecuali …..
A. Aplikasi Kupas rangkai suku kata
B. Aplikasi kata institusi
C. Aplikasi SAS
D. Aplikasi Cerita
46) Berikut diberikan studi kasus :
Mula-mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata-kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Menurut studi kasus cara membaca permulaan yang tepat digunakan ialah ….
A. Aplikasi Alfabet
B. Aplikasi Suku Kata
C. Aplikasi SAS
D. Aplikasi Cerita
47) Memilihberbagai cara menulis permulaan
1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas ialah teknik menulis permulaan dengan cara …………
A. Aplikasi Eja
B. Aplikasi Kata Institusi
C. Aplikasi SAS
D. Aplikasi Global
48) Menyusun bermacam kegiatan menulis di kelas tinggi.
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali….
A. Menulis mengenai bermacam topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo
49) Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya pendidik dan pelajar mempersiapka naskah dan skenario,perilaku dan peralatan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan pikiran pelajar di format bahasa lisan.salon tersebut termasuk hakekat berbicara jenis…..
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi
50) 1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.
2) Ayah mempunyai batu akik yang sangat-sangat ia sukai.
3) Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala dikala lampu mati.
4) Tak salah jikalau Ayah benar-benar suka dengan batu akiknya ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu ialah …
A. 1 – 4 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 2 – 4
C. 2 – 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1
A. Pengalaman kemanusiaan di seluruh wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan di seluruh wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan di seluruh salon.
D. Pengalaman kemanusiaan di seluruh aspek kehidupan.
52) Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu …
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, toneelstuk
C. Puisi, prosa, toneelstuk
D. Puisi, toneelstuk, sajak
53) Pagiku hilang telah melayang
Hari mudaku telah pergi
Kini petang datang membayang
( … )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu …
A. Batang usiaku telah tinggi
B. Admin telah menjelang ajal
C. Admin lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan
54) Di suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau.
Mereka ialah burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan Burung Gereja.
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada di dirinya yang dapat dibanggakan. Bulunya tak indah. Suaranya pun tak merdu. Badannya pun tak gagah. Lalu, burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman-temannya. Tetapi tak satupun temannya yang terlihat. Ia lalu berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang di perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka menyesali kesombongannya.
Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut ialah …
A. Kita tak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita tak boleh memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita mesti membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
55) Perhatikan cuplikan dialog berikut !
Bu pendidik : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi guna kalian dapat sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”
Chelsea : “ Saya pun mengerjakan karya tulus saya sendiri.”
Bu pendidik : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Kenapa isi dari jawaban ulangan
kalian tak sama dengan isi karya tulis kalian? Dapat menjelaskan ke ibu?
( lama Aline dan Chelsea terdiam )
Bu pendidik : “ Baiklah kalau kalian tak mau mengaku, ibu anggap kalian tak mengerjakan guna karya tulis dan tak mengikuti ulangan tadi.”
Letter Bu Pendidik di toneelstuk di atas ialah …
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana
56) Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 …
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368
57) Dimengerti bersama kegunaan f : dan kegunaan f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1, jikalau f (a) = 10, itunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a = -3
B. a = -3 atau a = 3
C. a = -3 atau a = -3
D. a = 3 atau a = 3
59) Harga 2 opkoper dan 5 tas ialah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 opkoper dan 2 tas ialah Rp 570.000,00. Harga sebuah opkoper dan tas ialah …
A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00
60)Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Bila hasil kalium kedua bilangan itu sama dengan 75, karenanya bilangan-bilangan tersebut ialah …
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12
61) Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia mesti membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000.
Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B. Rp. 32.000
C. Rp. 40.000
D. Rp. 50.000
62)
JIka besar sudut a ialah 70 derajat karenanya besar sudut e ialah … derajat
A. 90
B. 100
C. 110
D. 120
63) Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1) mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3) mempunyai sudut siku-siku
4) mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5) mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang ialah sebuah sifat laying-layang ialah ….
A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)
64) Hasil pencerminan kepada garis x dari bangun di bawah ini ialah ….
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30
66) Gegevens nilai pelajar kelas VI berturut turut ialah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari gegevens tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5
67) Bus Zuilengang Jakarta berisi penumpang pergi dari terminal ke pasar, di treinstation pertama-tama turun 4 orang, di treinstation kedua naik 2 orang hingga di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik di terminal?
A. 17
B. 15
C. 13
D. 11
68) Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut ialah 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m
69) Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut ialah 110 dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut ialah ….
A. 308
B. 318
C. 326
D. 344
Dari barisan geometri dimengerti bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, karenanya tentukan U12!
A. 2048 C. 2047
B. 2049 D. 2046
72) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya di konteksmateri pengukuran Sebuah kattebak mandi diisi air mulai pukul 07.20 hingga dengan pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air di kattebak mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter
73) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya di konteksmateri Statistika Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7 pelajar ialah 6,50. Ketika nilai satu orang pelajar ditambahkan, karenanya rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai pelajar yang ditambahkan ialah ….
A. 9,10
B. b. 8,10
C. 7,10
D. 6,10
74) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya di konteks bahan Logika/Penalaran Matematika Dari pernyataanberikutini, manakah yang merupakaningkaran dari pernyataan Jakarta Ibukota RI.
A. Jakarta bukanibukota RI
B. Jakarta adalahibukota RI
C. Benarbahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benarbahwa Jakarta bukanIbukotadari RI
75) Menentukan alat peragadalam pembelajarannbilangan Bu Ani ingin mengajarkan kepada anak-anak kelas 1 mengenai nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat digunakan Bu Ani di Pembelajaran tersebut ialah…
A. Kartu bilangan
B. Hakblok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku
76) Mengklasifikasikan alatperaga di pembelajaranGeometri dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan peettante.Alat peraga yang sebaiknya digunakan supaya pembelajaran menarik ialah…
A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Hakblok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, speelgoedblok dienes
D. Tangga garis, speelgoedblok dienes, tangga garis
77) Menentukan alat ukur di pembelajaranbgeometri dan pengukuran Ketidakpastian yang terdapat di pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Bila kita menggunakan mistar atau penggaris, karenanya ketidakpastiannya ialah sama dengan….
A. 0,05 cm C. 0,1 cm
B. 0,01 cm D. 1 cm
78) Memecahkan PembelajaranIPS SD (diberikan kasus di pembelajaran, peserta dapat menyimpulkan pembelajaran di kasus tersebut Bu,fitri ialah pendidik SD Negeri 2 Sukamakmur ,mendidik di kelas Beliau memberikan pembelajaran IPS,dengan bahan “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pembelajaran, anak-anakberbaris di depan kelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangan dan telinga. Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anak diajak berdoa dan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum memberikan bahan, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun tidur ku terus mandi,tak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri ialah ….
A. Pendidik kurang memotivasi anak di pembelajaran
B. Pendidik mengajak pelajar bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak-anak hanya diam saja dikala diberi pertanyaan di pembelajaran karena pendidik kurang memotivasi anak
D. Pendidik memberikan motivasi kepada pelajar di pembelajaran
79) Menegaskan Fokus utamakajian pembelajaran IPS diSD (diberikan kasus contoh Hari selasa, dikala pembelajaran IPS pak Sunarto akan memberikan bahan di anak-anak mengenai silsilah keluarga. Waktu pembelajaran ialah 2 x 35 menit. Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan pertanyaan di para pelajar untuk mengawali pembelajaran.
“ Anak- anak pastinya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?”
“ iya pak, punya.” Jawab seluruh pelajar srentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja yang dirumah kalian yang masuk di anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para pelajar bersahut-sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan bagan dan gambar silsilah keluarga. Anak-anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada pelajar dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri penjelasan dengan memberikan pertanyaan di pelajar “ apakah kalian telah paham seluruh mengenai silsilah keluarga yang telah bapak jelaskan,,?”
Tanya pak Sunarto.
“ Telah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang jelas atau bingung, anak- anak boleh bertanya ”
“ tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memberikan guna kepada pelajar agar dikerjakan sendiri- sendiri. Pak sunarto yakin, pasti nialai anak- anak memuaskan karena anak-anak berhasil menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Kewajiban yang diberikan pun sama dengan guna yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama-nama di bagan silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan setelah di koreksi ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% pelajar memperoleh nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali…..
A. Pemakaina cara pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan penugasan
B. Alat peraga kurang komplit sehingga membingngungkan pelajar
C. Penyampaian bahan kurang jelas
D. Pendidik telah menyampaikan tujuan pembelajaran
80) Membedakan pengertian IPS dan Ilmu sosial.
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial menetapkan kebenaran Ilmiah selaku focus tujuanya, sedangkan di Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah di penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial menetapkan kebenaran Ilmiah selaku focus tujuanya, sedangkan di Ilmu-Ilmu sosial mengarah di penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial ialah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan di pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.
81) Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu, SistemSosialdanBudaya, PerilakuEkonomidanKesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu
82) Mengklasifikasikan tujuan IPS di pembelajaran di SD Apa tujuan IPS di pembelajaran di SD?
A. Menolong pelajar untuk mengoptimalkan bakatnya
B. Menolong pelajar di menentukan cita-cita yang ingin diraihnya di waktu mendatang
C. Menyediakan kesempatan kepada pelajar untuk berekspresi lingkungan masyarakat
D. Memberikan kepada Pelajar pengetahuan mengenai pengalaman manusia di kehidupan bermasyarakat di masalalu, kini dan waktu akan datang
83) Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi pelajar
Bagi pelajar mempelajari sejarah mempunyai beberapa manfaat. Berikut yang bukan ialah sebuah manfaat mempelajari sejarah bagi pelajar yaitu. . .
A. Membangun kesadaran peserta didik mengenai pentingnya waktu dan tempat yang ialah sebuah proses dari waktu lampau, waktu kini, dan waktu depan
B. Menumbuhkan pemahaman peserta didik kepada landasan sikap yang akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan di pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan peserta didik kepada peninggalan sejarah selaku bukti peradaban bangsa Indonesia di waktu lampau
84) Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia
Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia
85) Menjelaskan hubungan pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikan soal kasus) Antropologi selaku diantara dari ilmu sosial mempunyai kaitan dan sumbangan kepada ilmu sejarah seperti itu pun sebaliknya. Di penulisan sejarah, sejarawan tak jarang menggunakan teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang seringenboom digunakan sejarawan, kecuali. . .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti
86) Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka di kehidupan sehari-hari Eko ialah pelajar kelas V SD Bumi Pertiwi. Di suatu hari Pak Pendidik membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa
B. Eko tak bersedia satu kelompok dengan Rully karena Rully bukan teman dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka karena mereka seluruh pandai
D. Eko bersedia berkelompok dengan siapun karena seluruh ialah teman
87) Menggali pengalaman butir-butir Pancasila Mengoptimalkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, ialah sebuah pengalaman Pancasila sila ke- . . .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima
88) Mengemukakan suku bangsa yang terdapat di Indonesia.(diberikan kasus diantara suku bangsa di Indonesia) Bangsa Indonesia mempunyai ratusan suku bangsa dan pun adat dan budayanya. Masing-masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang ialah sebuah kekayaan budaya nasional.
Berikutciri-cirisalahsatusuku yang terdapat di pulauJawa :
– Tidakdiperkenankanmenggunakankendaraanuntuksaranatransportasi
– Tidakdiperkenankanmenggunakan alas kaki
– Laranganmenggunakanalatelektronik
– Pinturumahharusmenghadaputara/selatan
Sukutersebutadalah. . .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak
89) Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus) Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia ialah . . .
A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan
90) Merencanakan pemakaian ICT di pembelajaran IPS SD Di pemebelajaran IPS kelas V dengan bahan Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan gampang diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang mesti digunakan pak
Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio
91) Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih bagus. Pernyataan tersebut ialah manfaat mempelajari sejarah di salon …
A. Sejarah dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah dapat digunakan selaku pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah dapat dijadikan selaku profesi
D. Sejarah dapat mengetahui kejadian waktu lampau
92) Apakah persamaan hubungan antara sejarah dengan antropologi..
A. Menempatkan manusia selaku subyek dan obyek di kajiannya
B. Keduanya menunjukkan proses yang melingkupi keterlibatan para pelaku
C. Terlibat di faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D. Berorientasi kepada pandangan hidup para pelakunya
93) Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat di satu pedoman Bhinneka Tunggal Ika dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua salon tersebut diatur di Undang-Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009
94) Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia. Beberapa lainnya masih berupa potensi yang belum dimanfaatkan karena bermacam keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi sumber daya yang terdapat yaitu…
A. Mengolah sumber daya yang terdapat dengan mendatangkan tenaga kerja asing
B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa bahan mentah
C. Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk memperoleh pembelajaran dan pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang terdapat dengan teknologi canggih
95) Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Dimana keduanya mempunyai manfaat dan tujuan yang sama yaitu…
A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Selaku sumber pengetahuan dan teknologi
D. Selaku sumber kekayaan alam
96) Dibawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik yaitu…
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi
97) Metamorfosis ialah suatu proses perkembangan biologi di hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau penetasan. Dibawah ini ialah contoh serangga yang tak mengalami metamorfosis yaitu…
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut
98) Katak mengalami metamorfosis sempurna. Di perkembangannya di ontwikkelingsstadium berudu, bernapas menggunakan…
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit
99) Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya ialah dengan mengerjakan reboisasi atau penghijauan dengan tujuan…
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan
100) Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah basah dan sampah omkering. Ontvangstruimte yang sbegitu tepat untuk mengatasi limbah sampah omkering ialah…
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka
Kunci Jawaban Soal Latihan SKB Guru Kelas SD |
Demikianlah yang dapat kami informasikan terkait dengan soal latihan untuk calon pelamar ASN bagus untuk CPNS maupun untuk Calon PPPK atau P3K.
Semoga lulus dan sukses sehingga menjadi ASN (PNS / PPPK, P3K). Amiin.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/