Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA 2017/2018 Ekonomi – Peminatan IPS - Guzu Blog

Download Contoh Soal Siap USBN SMA/MA 2017/2018 Ekonomi – Peminatan IPS


Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat dijadikan alat bantu belajar bagi para pelajar SMA/MA yang akan menghadapi USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018 khususnya untuk mata pembelajaran Ekonomi.


Contoh Soal Siap USBN SMA/MA 2017/2018 Ekonomi – Peminatan IPS ini diambil dari soal ujian nasional tahun pembelajaran 2015/2016 untuk mata pembelajaran yang sama. Karena diambil dari soal yang pernah diujikan, diinginkan contoh soal USBN ini dapat menjadi diantara rujukan belajar yang bagus di rangka persiapan menghadapi USBN.


Tak ada kata lain yang lebih sakti di upaya mancapai kesuksesan di menempuh USBN kecuali dengan belajar yang tekun. Untuk itu, contoh soal yang tersaji di halaman ini diinginkan dapat menolong di menghadapi USBN.


Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS:



Berikut kami kutipkan kisi-kisi Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS:





































































































Level KognitifLingkup Bahan
Konsep EkonomiKonsep PembangunanManagemen Perekonomian Nasional danInternasionalAkuntansiPerusahaan JasaAkuntansi Perusahaan Dagang
Pengetahuan danPemahaman• Mendeskripsikan• Menjelaskan• Menentukan• Mengidentifikasi• Menyebutkan• Menunjukkan• Membandingkan• Membedakan• Memberi contohPeserta didik mampu memahami dan menguasai mengenai:- kebutuhan manusia yang tak terbatasdengan kelangkaan sumber daya- masalah utama ekonomi- peran pelaku kegiatanekonomi konsumen danprodusen- permintaan,Peserta didik mampu memahami dan menguasai mengenai:- pertumbuhan, pembangunanekonomidan masalah pemerintah di bidang ekonomi serta pajak- pendapatan nasional- pendapatan vanaf kapita- indeks harga dan inflasi- uang dan perbankan,Peserta didik mampu memahami dan menguasai mengenai:- manajemen- koperasi dan badan usaha- perdagaangan internasional- valuta asing- neraca pembayaran dandevisaPeserta didik mampu memahami dan menguasai mengenai:- akuntansi selaku program informasi- persamaan mendasar akuntansi- mekannisme debit dan kredit- siklus akuntansiperusahaan jasa- report keuangan perusahaan jasaPeserta didik mampu memahami dan menguasai mengenai:- siklus akuntansiperusahaan dagang- harga pokokpenjualan- report keuangan perusahaan
Level KognitifLingkup Bahan
Level KognitifKonsep EkonomiKonsepPembangunanManagemenPerekonomian Nasional dan InternasionalAkuntansiPerusahaan JasaAkuntansi Perusahaan Dagang
penawarandan terbentuknya harga keseimbangan- pasar output dan pasar input- peran program ekonomidan Hiel akses JasaKeuangan, LembagaKeuangan Bukan Canap- kebijakan moneter dan kebijakan fiskal- ketenagakerjaan dalampembangunan ekonomi- APBN dan APBD- Pasar uang dan pasar modal– jurnal penutupdagang- jurnal penutup- neraca saldo setelah penutupan- jurnalpembalik
Program• Mengaplikasikan• Menginterpretasikan• Memprediksi• MenghitungPeserta didik mampumengaplikasi pemahaman mengenai:- pelaku ekonomi di kegiatan 4 pelaku konsumen danprodusen(circular flow diagram)- permintaan, penawaran dan hargakeseimbanganPeserta didik mampumengaplikasi pemahaman mengenai:- pendapatan nasional- pendapatan vanaf kapita- indeks harga, dan inflasi- uang, perbankan, danotoritas jasa keuangan- APBN dan APBDPeserta didik mampumengaplikasikan pemahaman mengenai:- perubahan kurs rupiah kepada pelbagai kepada pelbagai macam valuta asing- neraca pembayarandan devisa- koperasi dan badan usahaPeserta didik mampumengaplikasi pemahaman mengenai:- mengerjakan posting ke buku besar- menyusun report keuangan perusahaanjasa- jurnal penutupPeserta didikmampu mengaplikasikanpemahaman mengenai:- jurnal penyesuaianperusahaandagang- harga utama penjualan- jurnal penutup- neraca saldo setelahpenutupan
Level KognitifLingkup Bahan
Level KognitifKonsep EkonomiKonsepPembangunanManagemenPerekonomian Nasional dan InternasionalAkuntansiPerusahaan JasaAkuntansi Perusahaan Dagang
– jurnalpembalik
Penalaran dan logika• Menganalisis• Mensintesis• Mengevaluasi• Memecahkanmasalah• Menyimpulkan• Menjelaskan hubungankonseptual dan informasi faktualPeserta didik mampumenggunakan nalar dan logika dalammemecahkan masalah mengenai:- jenis-jenis elastisitas permintaan dan penawaran- perubahan program ekonomi di suatunegaraPeserta didik mampumenggunakan nalar dan logika dalammemecahkan masalah mengenai:- indeks harga- pendapatan nasional- pendapatan vanaf kapita- hubungan kebijakan moneter dan inflasiPeserta didik mampumenggunakan nalar dan logika dalammemecahkan masalah mengenai:- hubungan kurs valuta asing dengan neraca pembayaran- koperasi, SHUkoperasidan permasalahannyaPeserta didik mampimenggunakan nalar dan logika dalammemecahkan masalah mengenai:- report keuangan perusahaan jasa- jurnal penutupPeserta didikmampu menggunakannalar dan logika di memecahkan masalah mengenai:- laporankeuangan perusahaan dagang- jurnal penutup- neraca saldo setelahpenutupan




Berikut yakni kutipan dari Contoh Soal Siap USBN SMA/MA 2017/2018 Ekonomi – Peminatan IPS




1. Andri pelajar SMA mempunyai uang sebesar Rp. 500.000, 00. Dia mempunyai beberapa kebutuhan antara lain, beli seragam sekolah Rp 30.000, beli buku pembelajaran Rp 200.000, beli sepatu futsal Rp 300.000, dan beli tas sekolah Rp 200.000 untuk mengganti tas lama yang masih bagus dan layak gunakan.


Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, cara mengatasinya yakni


A. Membeli sepatu futsal dan buku pembelajaran
B. Membeli seragam sekolah dan buku pembelajaran
C. Membangun skala prioritas kebutuhan
D. Mencari alternatif kebutuhan lain
E. Membeli semua kebutuhan dengan cara apapun


2. Berikut ini masalah kelangkaan sumber daya yang dihadapi masyarakat
(1) Semakin berkurangnya lahan pertanian akibat adanya proyek pembangunan perumahan
(2) Adanya penebangan liar di hutan mengakibatkan kerusakan hutan dan meniumbulkan tanah longsor
(3) Kemarau yang berkepanjangan, masyarakat sulit memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari


Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kelangkaan tersebut yakni


A. Melarang pembangunan perumahan di daerah pedesaaan
B. Mencari tempat tinggal aman dan tak menimbulkan bencana
C. Mengerjakan penghijauan di daerah-daerah agar tak terjadi bencana
D. Menjaga kelestarian alam dan memanfaatkan sumber daya sesuai dengan kebutuhan
E. Mengerjakan transmigrasi untuk meningkatkan potensi alam di daerah tersebut


3. Seorang pengusaha handicraft ingin meningkatkan produk sehingga banyak permintaan di pasaran. Untuk memenuhi permintaan tersebut, pengusaha menambah mesin dan tenaga dari warga lingkungan sekitar.


Menurut ilustrasi di atas, masalah utama ekonomi dari pengusaha yakni


A. Barang yang akan diproduksi
B. Siapa yang akan memproduksi
C. Bagaimana barang akan diproduksi
D. Untuk siapa barang diproduksi
E. Dimana barang diproduksi


4. Ada dua pendekatan di mengukur kepuasan konsumen, yaitu pendekatan kardinal dan ordinal. Pernyataan berikut yang benar yakni


A. Di pendekatan kardinal, kepuasan konsumen diukur dengan satuan utilitas, sedangkan pendekatan ordinal kepuasan konsumen diukur dnegan mengurutkan tingkat kepuasan
B. Di pendekatan kardinal, kepuasan konsumen diukur dengan angka kardinal, sedangkan pendekatan ordinal kepuasan konsumen diukur dengan satuan
C. Pendekatan kardinal menggunakan alat analitik marginal utility, sedangkan pendekatan ordinal menggunakan alat analitik total utility
D. Pendekatan kardinal menggunakan kurva indiferen, sedangkan pendekatan ordinal menggunakan marginal utility
E. Pendekatan kardinal menjelaskan kepuasan konsumen secara subjektif, sedangkan pendekatan ordinal menjelaskan kepuasan konsumen secara objektif


5. Bagan alur empat pelaku ekonomi


Menurut bagan alur di atas, nomor 4 menunjukkan arus


A. Rumah tangga produksi membayar pajak kepada pemerintah
B. BUMN mengekspor hasil produksi ke masyarakat luar negeri
C. Rumah tangga produksi membayar imbalan gaji ke rumah tangga konsumsi
D. Masyarakat luar negeri menerima faktor produksi dari rumah tangga konsumsi
E. Perusahaan menerima pembayaran atas barang/jasa dari masyarakat luar negeri




Demikian informasi mengenai


Unduh Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017/2018 Mapel Ekonomi Peminatan IPS


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top