Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menolong para peserta didik kelas XII SMA/MA Peminatan IPS yang hendak menghadapi ujian sekolah berstandar nasional atau USBN tahun pembelajaran 2017-2018.
Contoh soal diadopsi dari soal ujian nasional (UN) tahun 2016/2017. Dengan melandaskan di fakta bahwa contoh soal berasal dari soal yang telah diujikan, karenanya diinginkan bahwa Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS yang disajikan ini mempunyai validitas empirik dan prediktibilitas yang lumayan bagus.
Seperti halnya tipe ujian yang lain, USBN SMA/MA 2017-2018 ini memerlukan persiapan belajar yang matang dan seksama. Apalagi ujian sekolah berstandar nasional ini ialah komponen yang lumayan urgen di menentukan kelulusan pelajar.
Berikut ialah tautan Unduh Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS
Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS tersebut:
1. Perjalanan dari Bogor ke Cianjur Jawa Barat akan menjumpai jalan naik turun atau bergelombang.
Konsep goegrafi yang digunakan untuk memahami fenomena tersebut ialah:
A. Konsep aglomerasi
B. Konsep morfologi
C. Konsep pola
D. Konsep nilai kegunaan
E. Konsep diferensiasi area
2. Banyaknya pabrik besar di sekitar sungai Siak Riau menyebabkan air sungai tersebut tak jernih. Diduga telah terkontaminasi berjenis-jenis macam limbah industri yang dibuang ke sungai.
Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji gejala tersebut ialah pendekatan
A. Spatial
B. Temporal
C. Ekologi
D. Kronologi
E. Kompleks wilayah
3. Mata pencaharian selaku besar penduduk di daerah pesisir timur Sumatera ialah selaku nelayan. Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut ialah
A. Prinsip keterangan
B. Prinsip interelasi
C. Prinsip distribusi
D. Prinsip kronologi
E. Prinsip persebaran
4. Pernyataan
(1) Kemarau panjang terjadi di tahun ini
(2) Beberapa wilayah di Indonesia mengalami kekeringan
(3) Petani mengerjakan sawahnya.
(4) Badai topan di Amerika Serikat
(5) Mesyarakat menolong korban kecelakaan
Fenomena yang termasuk aspek fisik terdapat di angka
5. Imbas pergerakan tektonik yaitu terjadinya patahan di basic laut menimbulkan
A. Gempa laut tsunami
B. Hiposentrum menjadi dangkal
C. Perluasan tepi lempeng benua
D. Palung di tepian benua
E. Aktivitas vulkanisme basic laut
6. Pernyataan
(1) Terbentuknya dari kabut bersuhu gas tinggi
(2) Adanya bahan padat kecil mengelilingi inti berbentuk viral
(3) Terjadi ledakan raksasa dan mengembang
(4) Kabut gas berputar benar-benar lambat makin lama makin cepat dan membeku
(5) Adanya siklus bahan yang diawali dengan ekspansi
Pernyataan yang berhubungan dengan teori pembentukan Tatasurya terdapat di angka
7. Pernyataan
1. gumpalan awan gas dan debu mengalami pemampatan menyusun gumpalan bola dan mulai berpilin
2. galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup, kemudian memampat yang didahului oleh keluarnya pancaran panas yang benar-benar tinggi
3. bagian tengah cakram gas itu berpilin lebih lambat dari bagian tepinya sehingga partikel di bagian tengah saling menekan
4. tak bersifat statis semakin jauh jarak galaksi dari bumi semakin cepat proses pengembangannya
5. terbentuk karena siblus bahan yang diawali dengan waktu ekspansi disebabkan reaksi inti hidrogen
Pernyataan yang berhubungan dengan teori pembentukan jagatraya terdapat di angka
Berikut ialah kisi-kisi Soal USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
---|---|---|---|---|
Hakekat dan Informasi Geografi | Pembentukan Jagadraya,Tatasurya, Bumi, danFenomena Geosfer | Kependudukan dan Lingkungan Hidup | Kewilayahan | |
Pengetahuan dan pemahaman Mendeskripsikan Mengidentifikasi Menjelaskan Menentukan | Pelajar mampumendeskripsikan:- hakekat geografi (konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi);- informasi geografi (peta, penginderaan jauh, sisfo geografis) | Pelajar mampumendeskripsikan:- teori pembentukan planet Bumi, akibat rotasi dan revolusi Bumi;- fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer, mitigasi | Pelajar mampumendeskripsikan:- kependudukan,- sumberdaya alam,- lingkungan hidup,- pembangunan berkelanjutan,- ketahanan pangan,- industri, dan- tenaga baru terbarukan | Pelajar mampumendeskripsikan:- pola keruangan,- interaksi desa- kota,- wilayah dan pewilayahan,- poros maritim dunia,- posisi stretegisIndonesia,- keragaman budaya |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
Level Kognitif | Hakekat d a n I n f o r m a s iG eografi | Pembentukan Jagadraya,Tatasurya, Bumi, danFenomena Geosfer | Kependudukan danLingkungan Hidup | Kewilayahan |
Indonesia,- pusat pertumbuhan,- negara berkembang dan maju | ||||
Program Mengklasifikasi Menentukan Menggunakan Menunjukkan Mengaplikasikan Menghitung | Pelajar mampu mengaplikasikan:- hakekat geografi (konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi);- mencari informasi geografi menggunakan peta, penginderaan jauh, sisfo geografis | Pelajar mampu menentukankarakteristik- pembentukan planet Bumi, akibat rotasi dan revolusi Bumi,- fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer, mitigasi | Pelajar mampu menentukanpermasalahan dan menunjukkan upaya mengatasi permasalahan:- kependudukan,- sumberdaya alam,- lingkungan hidup,- pembangunan berkelanjutan,- ketahanan pangan,- industri, dan- tenaga baru terbarukan | Pelajar mampumenentukan karakteristik:- pola keruangan,- interaksi desa- kota,- wilayah dan pewilayahan,- poros maritim dunia,- posisi stretegisIndonesia,- keragaman budaya Indonesia,- pusat pertumbuhan,- negara berkembang dan maju |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
Level Kognitif | Hakekat d a n I n f o r m a s iG eografi | Pembentukan Jagadraya,Tatasurya, Bumi, danFenomena Geosfer | Kependudukan danLingkungan Hidup | Kewilayahan |
Penalaran dan logika Membandingkan Memprediksi Membuktikan Menginterpretasi Menganalisis | Pelajar mampu menganalisis:- hakekat geografi (konsep geografi, pendekatan geografi, prinsip geografi, aspek geografi);- informasi geografi (peta, penginderaan jauh, sisfo geografis) | Pelajar mampu menganalisis:- teori pembentukan planet Bumi, akibat rotasi dan revolusi Bumi;- fenomena geosfer: atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer, mitigasi | Pelajar mampu memprediksipermasalahan dan upaya mengatasinya di bidang:- kependudukan,- sumberdaya alam,- lingkungan hidup,- pembangunan berkelanjutan,- ketahanan pangan,- industri, dan- tenaga baru terbarukan | Pelajar mampumembedakan kewilayahant entang:- pola keruangan,- interaksi desa- kota,- wilayah danpewilayahan,- poros maritim dunia,- posisi stretegisIndonesia,- keragaman budaya Indonesia,- pusat pertumbuhan,- negara berkembang dan maju |
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal Siap USBN SMA/MA Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/