Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Matematika SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019 - Guzu Blog

Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Matematika SMP/MTs Kelas 8 K13 Tahun 2019


Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini disajikan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi diantara alat belajar bagi para peserta didik atau pelajar SMP/MTs Kelas 8/VIII yang akan menghadapi ulangan/penilaian ahir semester atau ulangan kenaikan kelas, khususnya untuk mata pembelajaran matematika.


Ulangan/penilaian ahir semester 2/II ini menjadi amat urgen karena ia menjadi penentu kenaikan kelas bagi pelajar yang bersangkutan. Sedangkan mapel Matematika itu sendiri ialah mapel yang unik, karena ia melibatkan nalar berhitung yang barangkali bagi banyak pelajar dianggap selaku mapel yang sulit. Tentu saja seluruh mapel akan menjadi sulit bila tak pernah dipelajari secara serius dan seksama. Dengan demikian, cara yang benar-benar tepat sasaran di menghadapi UAS/PAS/UKK Semester 2 Matematika SMP/MTs Kelas 8 ini, para pelajar hendaknya mempersiapkan diri dengan belajar secara serius.


Pendekatan Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Tahun 2019 yang disajikan di tulisan ini ialah kurikulum 2013. Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 yang tersaji diambil dari soal yang telah diujikan di tahun sebelumnya sehingga ia diinginkan dapat memenuhi aspek validitas empirik. Dengan pendekatan validitas empirik yang bagus, karenanya prediktabilitas soal pun dapat dianggap amat bagus.


Berikut ialah tautan Unduh Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019:





Berikut ialah kutipan dari Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019 tersebut:




1 . Persamaan Linier Dua Variabel (PLDV) mempunyai wujud umum ax + by = c. Bila dimengerti persamaan x = c 2y+3, karenanya nilai n, b dan c barturut-turut ialah …


A. 1, 2 dan 3 C. 0, 2 dan 3
B. 1,-2 dan 3 D. 0,-2.dan-3


2. Yang ialah selesaian dari 2y – 3x = 5 ur.tuk x, y E Himpunan Bilanqan Asli ialah …


A. (4, 1)
B. (1, 4)
C. (0, 25)
D. (-3′ 0)


5. Keliling kotam bsrbentuk persegi panjanq ialah 32 peettante. Panjang kolam 4 peettante lebih panjang dari lebarnya. Misalkan panjanq kolam ialah x dan lebar kolam ialah y, karenanya persamaan yang tepat mengenai informasi  di atas ialah … .
A. 2x + 2y = 32 dan x == y – 4 . C. 2(x +y) ::=.: 32 dan x = y + 4
B. 2x + 2y = 32 dan y = x + 4 D. 2(x -t-y) 02 dan y = x 1 4


6. Selesaian dari x + 3y = 4 dan 3x + 2y = -2 dengan x, y E R ialah ….
A. x == – 2 dan y = 2 C. x = 1 dan y == 3
8. x 2 dan y = – 2 D. x == 3 clan ‘,’ = 2


7. Arda membeli 2 buah pulpen dan 4 buah buku seharga Rp. 44.000. Di toko yang sama, Arda membelikan kakaknya sebuah pulpen dan 6 buah buku seharga Rp. 60.0000. Jumlah harga sebuah pulpen dan sebuah buku ialah


A. Rp 3000
B. Rp 6500
C. Rp 9500
D. Rp 12.500


26. Sebuah batu yang bentuknya tak beraturan dirnasukkan ke dalarn sebuah bejana yang berisi air sehingga volumenya menjadl 0;345 liter. Bila air di bejana mula-rnula sebanyak 75 cm3, rnaka volume batu tersebut ialah .. , .
A. 2,7cm3  C. 270 cm”
B. 27 cm3 D. 2.700 cm”


27. Sebuah mobil tangkinya berisi bensin seban;ak 9 liter, mobil itu ternyata dapat rnenempuh jarak 108 km. Bila mobil itu hendak menempuh jarak sejauh 288 km, karenanya banyak bensin yang diperlukan  mobil tersebut ialah …..


A. 24 liter C. 28 liter
B. 26 liter D. 30 liter


28. Persediaan rumput akan habis dimakan oleh 10 ekor kambing di waktu 2 jam, Bila persediaan rumput itu dimakan oleh 4 ekor kambing saja, karenanya akan habis di waktu ….
A. 0,5 jam  C. 5 jam
B. 0,8 jam  D. 8 jam




Berikut kami petikkan mengenai penilaian mapel Matematika SMP Kelas 8 Semester 1 dan 2 Merujuk di Kurikulum 2013 :


1. Konsep Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013


Mengacu di Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015, Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi ialah proses pengumpulan informasi/gegevens mengenai capaian pembelajaran peserta didik di aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar via penugasan dan evaluasi hasil belajar. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang dimaksud ialah Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi hasil belajar oleh pengajar. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi dilaksanakan untuk memenuhi guna formatif dan sumatif di Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi . Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi bertujuan antara lain untuk (a) mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, (b) menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi, (c) menetapkan program perbaikan atau pengayaan menurut tingkat penguasaan kompetensi, dan (d) memperbaiki proses pembelajaran.


Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang dilakukan oleh pengajar meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Penjelasan ketiga aspek Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi akan dibahas berikutnya. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi untuk aspek pengetahuan dan keterampilan dilakukan kepada penguasaan tingkat kompetensi selaku capaian pembelajaran.


2. Teknik dan Instrumen Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi


Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi menggunakan berjenis-jenis instrumen berupa tes, pengamatan, penugasan perseorangan atau kelompok, serta wujud lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik. Mekanisme Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang dapat dilakukan oleh pengajar meliputi:


a. perancangan strategi Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi oleh pengajar dilakukan di ketika penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menurut silabus;


b. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi oleh pengajar dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, perbaikan hasil belajar via penugasan dan pengukuran pencapaian satu atau lebih Kompetensi Basic;


c. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi aspek sikap dilakukan via observasi/pengamatan selaku sumber informasi utama dan pelaporannya menjadi tanggung jawab wali kelas atau pengajar kelas;


d. hasil Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi pencapaian sikap oleh pengajar disampaikan di wujud predikat atau keterangan;


e. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi aspek pengetahuan dilakukan via tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai;


f. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi keterampilan dilakukan via praktik, produk, projek, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai;


g. hasil Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi pencapaian pengetahuan dan keterampilan oleh pengajar disampaikan di wujud angka dan/atau keterangan; dan


h. peserta didik yang belum mencapai KKM mesti mengikuti pembelajaran remedi.


Berikut uraian singkat mengenai pengertian dan teknik-teknik Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.


a. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Sikap


Merujuk di Permendikbud No. 24 Tahun 2016 mengenai Kompetensi Inti dan Kompetensi Basic, dimengerti bahwa KD dari KI – 1 dan KI – 2 hanya ada di mata pembelajaran PAIB dan PPKn, sedangkan untuk mata pembelajaran lainnya tak dikembangkan menjadi KD.


Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi sikap di mata pembelajaran Matematika Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi dilakukan mesti via perencanaan perencanaan diaZali dengan mengidentifikasi sikap di K, dan KI – 2 serta sikap yang diinginkan oleh sekolah yang tercantum di KTSP. Sikap yang dinilai ialah sikap spiritual dan sikap sosial yang muncul secara alami pada rentang waktu pembelajaran.


1) Pengertian Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi: Sikap


Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi sikap ialah kegiatan untuk mengetahui kecenderungan perilaku spiritual dan sosial pelajar di proses pembelajaran. Sikap yang perlu dinilai di proses pembelajaran ialah sikap kepada mata pembelajaran, sikap kepada pengajar, dan sikap kepada proses pembelajaran.


2) Teknik Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Sikap


Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi sikap dilakukan dengan teknik observasi dan teknik lain yang relevan.


Teknik Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi observasi dapat menggunakan instrumen berupa lembar observasi atau wujud jurnal. Teknk Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi lain ialah Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi diri dan antar teman b. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Pengetahuan


1) Pengertian Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi pengetahuan


Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi pengetahuan ialah Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan pelajar yang meliputi bagus pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural, serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi pengetahuan dilakukan dengan berjenis-jenis teknik Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi . Pendidik memilih teknik Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan dinilai. Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi dimulai dengan perencanaan yang dilakukan di ketika menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi pengetahuan, selain untuk mengetahui apakah pelajar telah mencapai K%0 KK0, pun untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan penguasaan pengetahuan pelajar di proses pembelajaran (diagnostic). Hasil Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi digunakan memberi umpan balik (terugkoppeling) kepada pelajar dan pengajar untuk perbaikan mutu pembelajaran. Hasil Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi pengetahuan yang dilakukan pada rentang waktu dan setelah proses pembelajaran dinyatakan di wujud angka dengan rentang 0 – 100.


2) Teknik Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi pengetahuan


Beraneka teknik Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi pengetahuan dapat digunakan sesuai dengan karakteristik tiap-tiap KD. Teknik yang lazimnya digunakan antara lain tes tertulis, tes lisan, penugasan, dan portofolio. Teknik-teknik Penilaian Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi pengetahuan yang lazimnya digunakan disajikan di tabel berikut.




Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II Mapel Matematika SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun 2019


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top