Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban US dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional SD/ MI Lengkap Semua Mata Pelajaran Tahun 2019 I pdf
Untuk merangkum bahan contoh soal USBN SD/ MI komplit seluruh mapel tahun 2018/ 2019, kami hadir dengan tujuan untuk mempermudah Sobat yang sedang mencari bahan contoh soal USBN maupun US di laman ini. Sobat tak perlu repot untuk searching di mesin pencari dengan keyword Soal-Kunci US dan USBN SD Mapel ….. Tahun 2018/ 2019 yang kadang hasil pencarian tersebut justru tak sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
Dengan berkunjung ke halaman ini, Sobat lumayan menggerakkan mouse sesuai tautan unduh dan sesuai bahan contoh soal US/ USBN yang dibutuhkan pastinya. Kami sediakan listig untuk mengunduh Kumpulan Soal-Kunci US dan USBN SD Seluruh Mapel Tahun 2019 tersebut dengan benar-benar gampang tanpa mesti pusing lagi. Akan tetapi wajib diperhatikan bahwa contoh soal yang kami share ini hanyalah sebuah contoh, kami tak pernah menjanjikan atau bahkan menjamin bahwa contoh soal yang kami berbagi ini akan keluar kala USBN/ US yang hakekatnya nanti berlangsung.
Di akhirnya, tujuan contoh soal ini ialah menolong adik-adik kelas 6 SD/ MI di persiapan menghadapi USBN di tahun ajaran ini agar lebih maksimal dan memperoleh hasil nilai yang optimal sesuai dengan usaha yang adik-adik lakukan. Kunci kesuksesan peserta didik/ pelajar yaitu belajar secara reguler dan kontinyu. Belajar ialah kewajiban yang mesti dipikul oleh pelajar dengan rasa penuh semangat. Semoga di USBN jenjang SD/ MI tahun ajaran 2018/ 2019 ini adik-adik seluruh sukses menjalaninya!
Berikut kami sediakan tautan untuk mengunduh/ mengunduh soal dan pun kunci jawab USBN/ US tingkatan SD seluruh mapel tahun 2019:
Kumpulan Soal-Kunci US dan USBN SD Seluruh Mapel Tahun 2019
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
---|---|---|---|---|
Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting kata/istilah, gezegde, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca | |
Pengetahuan danPemahaman• Mengidentifikasi• Menentukan• Memaknai | Peserta didik dapat:menentukan makna kata/istilah di teksmenentukan antonim/sinonim menggali informasi tersurat teksmenentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) | Peserta didik dapat: menentukan informasi tersurat di karya sastramenentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) menentukan makna kata/simbol/kias | Peserta didik dapat melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Peserta didik dapat:menunjukkan kesalahan pemakaian ejaanmenunjukkan kesalahan pemakaian tanda baca |
Program | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: | Peserta didik dapat: |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | |||
Level Kognitif | Membaca Nonsastra | Membaca Sastra | Menulis Terbatas | Menyunting kata/istilah, gezegde, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca |
• Menyimpulkan• Menggunakan konsep/prinsip | menentukan ide utama teksmenggali informasi tersirat teksmenentukan pernyataan sesuai isi teksmengidentifikasi jenis teks | menggali informasi tersirat di karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks ) menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) | menyusun beraneka pedoman (menggunakan/membangun sesuatu)menyusun beraneka teks(keterangan, narasi)? melengkapi beraneka jenis teks (report, iklan, pidato)melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan | menggunakan ejaan? menggunaan tanda baca |
Penalaran• Mengevaluasi• Membandingkan pola(menganalisis)• Menanggapi | Peserta didik dapat:memprediksikejadian menurut isi teksmembandingkan isi teksmelengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks | Peserta didik dapat: memprediksikejadian menurut isi cerita menentukan nilai- nilai cerita? menentukan keteladanan tokoh cerita | Peserta didik dapat:memperbaiki penulisan/pemakaian istilah/katamemperbaiki tata kalimat di paragraf | Peserta didik dapat:memperbaiki kesalahan pemakaian ejaanmemperbaiki pemakaian kesalahan pemakaian tandabaca |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | ||
---|---|---|---|
Bilangan | Geometri dan Pengukuran | Pengolahan Gegevens | |
Pengetahuan dan pemahaman Mengidentifikasi Menyusun tabulasi Menghitung Menginterpretasi Menentukan | Peserta didik dapat mengenaldan memahami pengetahuan mengenai:? operasi hitung bilangan cacah? operasi hitung bilang bulat? operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga? KPK dan FPB? pecahan? perbandingan | Peserta didik dapat mengenal danmemahami pengetahuan mengenai:- satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum- waktu, jarak, dan kecepatan- keliling dan luas segiempat- keliling dan luas lingkaran- sifat-sifat bangun datar- sifat-sifat bangun ruang- koordinat Kartesius- simetri dan pencerminan | Peserta didik dapatmengenal dan memahami pengetahuan mengenai:? penyajian gegevens dalambentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran? rata-rata hitung dan modus |
Program Mengklasifikasi Menentukan Menghitung Menyelesaikan masalah | Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan mengenai operasi hitung bilangan cacah? operasi hitung bilangan bulat? operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar | Peserta didik dapat mengaplikasikanpengetahuan mengenai:- satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum- waktu, jarak, dan kecepatan- keliling segiempat | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:? penyajian gegevens di wujud tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | ||
Level Kognitif | Bilangan | Geometri dan Pengukuran | Pengolahan Gegevens |
pangkat dua dan tiga? KPK dan FPB? pecahan? perbandingan | – keliling dan luas lingkaran- luas permukaan kubus, balok, dan tabung- volume kubus, balok, dan tabung- koordinat Kartesius- simetri dan pencerminan | ? rata-rata hitung danmodus | |
Penalaran Memprediksi Membedakan Menafsirkan Menyimpulkan | Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:? operasi hitung bilangan cacah? operasi hitung bilangan bulat? KPK dan FPB? pecahan? perbandingan | Peserta didik dapat menggunakan nalaryang berkaitan dengan:? satuan ukuran? waktu, jarak, dan kecepatan? keliling dan luas segiempat? keliling dan luas lingkaran? luas permukaan kubus, balok, dan tabung? volume kubus, balok, dan tabung | Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:? penyajian gegevens di wujud tabel,diagram batang, dan diagramlingkaran? rata-rata hitung dan modus |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | ||||
---|---|---|---|---|---|
Makhluk Hidup dan Lingkungannya | Struktur dan FungsiMakhluk Hidup | Benda danSifatnya | Daya danPerubahannya | Bumi dan AlamSemesta | |
Pengetahuan danPemahaman? Mengidentifikasi? Menunjukkan? Memberi contoh? Menyebutkan | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:? hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya? penyesuaian diri makhluk hidup? pelestarian lingkungan | Peserta didik mampumemahami pengetahuan mengenai:? bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya? daur hidup hewan? alat gerak dan fungsinya? program pernapasan di manusia/hewan? program pencernaan di manusia? program peredaran darah di manusia? perkembangbiakan makhluk hidup? perkembangan dan pertumbuhan manusia | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:? sifat benda? perubahan wujud benda | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:? gaya dan gerak? wujud daya dan perubahannya? suhu dan kalor? bunyi dan cahaya? listrik dan magnet | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:? sumber dayaalam? daur air? program tata surya |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | ||||
Level Kognitif | Makhluk Hidup dan Lingkungannya | Struktur dan FungsiMakhluk Hidup | Benda danSifatnya | Daya danPerubahannya | Bumi dan AlamSemesta |
? pemeliharaan kesehatanorgan | |||||
Program• Menggunakan• Membandingkan• Mengklasifikasi | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:? hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya? penyesuaian diri makhluk hidup | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan mengenai:? daur hidup hewan? mekanisme program gerak? mekanisme program organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah)? pemeliharaan medis organ | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:? sifat benda? perubahan wujud benda | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:? gaya dan gerak? wujud energy dan perubahannya? suhu dan kalor? bunyi dan cahaya? listrik danmagnet | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:? sumber daya alam? daur air? program tata surya |
Penalaran• Menganalisis• Memprediksi• Menyimpulkan | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:? hubungan antarmakhluk hidup? upaya manusia di pelestarian lingkungan | Peserta didik mampumenggunakan nalar berkaitan dengan:? hubungan antara system organ dan gangguan yang ditimbulkan? percobaan di system organ hubungan antara daur? hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:? perubahan wujud benda | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:? gaya dan gerak? wujud daya dan perubahannya? suhu dan kalor? bunyi dan | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:? sumber daya alam? daur air |
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/