Download Contoh Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Berstandar Nasional SD/ MI Mata Pelajaran IPA Tahun 2019 I pdf
Tulisan kalium ini berjudul Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel IPA Tahun 2019. Iya, ketika ini kami kembali menyajikan contoh soal USBN jenjang SD/ MI untuk tahun ajaran 2018/ 2019 untuk menolong adik-adik kelas 6 di menghadapi ujian sekolah berstandar nasional yang di waktu dekat segera bergulir. Tentu persiapan yang bagus wajib dilakukan, diantara kewajiban peserta didik di mempersiapkan diri jelang USBN ialah dengan cara belajar secara rutin dan terjadwal.
Akan tetapi, sebelum kita menginjak di bahan inti mengenai contoh Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel IPA Tahun 2019 tersebut, kami tuliskan terlebih dahulu terkait tujuan dari mata pembelajaran IPA di tingkatan SD. Mapel IPA di tingkatan SD/ MI mempunyai tujuan supaya peserta didik mempunyai kemampuan:
- Mengoptimalkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membangun keputusan;
- Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta di memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam;
- Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan seluruh keteraturannya selaku diantara ciptaan Tuhan;
- Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA selaku basic untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs;
- Memperoleh keyakinan kepada kebesaran Tuhan Yang Maha Esa menurut keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya;
- Mengoptimalkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari;
- Mengoptimalkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran mengenai adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
Setelah mengetahui tujuan dari diajarkannya mapel IPA untuk pelajar SD/ MI tersebut, kini waktunya kami sajikan bahan terkait contoh Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel IPA Tahun 2018/ 2019 seperti yang telah kami janjikan di awal tulisan ini. Penyusunan contoh soal USBN ini dilakukan dengan memakai prinsip kehati-hatian dan lewat pendekatan kurikulum terbaru. Sesuai dengan kisi-kisi USBN mapel Matematika di tahun 2019 ini, soal USBN yang akan diujikan nanti menggunakan program mix/ irisan antara kurikulum 2013 dan KTSP 2006.
Berikut ialah tautan unduh Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel IPA Tahun 2019:
Baca Pun
- Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel Matematika Tahun 2019
- Soal dan Kunci Jawab Matematika Siap USBN SD Tahun 2018/ 2019
- Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel Bahasa Indonesia Tahun 2019
- Soal dan Kunci Jawab Bahasa Indonesia USBN SD Tahun 2019
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel PJOK Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel PPKn Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel IPS Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel SBdP Tahun 2019 K13
- Soal-Jawab Siap US SD Mapel PAI dan Budi Pekerti Tahun 2019 K13
Berikut kami petikkan beberapa contoh soal USBN IPA SD/ MI tahun 2019 opstopping pdf tersebut:
LATIHAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) IPA SD/MI 2019
4. Pohon gaharu dilindungi oleh pemerintah. Tujuan pelestarian pohon tersebut ialah . . . .
A. melestarikan pohon gaharu, karena nilai jualnya tinggi
B. melindungi pohon gaharu, karena dimanfaatkan unutk bangunan
C. memperbanyak pohon gaharu, karena populasinya semakain banyak
D. melindungi pohon gaharu, karena keberadaannya hampir punah
7. Hubungan antara dua makhluk hidup yang ialah simbiosis komensalisme ialah … .
A. tumbuhan tanduk rusa dengan pohon mangga karena tanduk rusa diuntungkan dapat hidup menempel di batang pohon tersebut
B. jamur kulit dengan tubuh manusia karena jamur kulit menyebabkan tubuh terasa gatal dan alergi
C. bakteri coli yang berada di usus besar manusia karena bakteri tersebut memperoleh makanan dari sisa-sisa pencernaan manusia
D. tali putri dengan tumbuhan inangnya karena tali putri mendapat makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya
10. Pengaruh kegiatan manusia berikut yang menyebabkan keseimbangan lingkungan menjadi
terganggu ialah … .
A. membakar hutan untuk membuka lahan pemukiman dan pertanian baru
B. menanam pohon di lahan yang gundul sehingga hutan menjadi lestari
C. menebang hutan dengan cara tebang pilih sehingga hutan tak menjadi gundul
D. membangun terasering di lahan miring agar tak terjadi tanah longsor
14. Proses pernafasan yang terjadi di bagian alveolus yang terdapat di paru-paru yaitu ….
A. pertukaran oksigen dan karbondioksida
B. penyesuaian kadar O2 dan CO2 di udara
C. penyaringan udara dan penyesuaian suhu
D. pemisahan udara yang bersih dan yang kotor
18. Vitamin berfungsi selaku zat pengatur dan pelindung tubuh. Kegunaan vitamin E bagi medis tubuh manusia ialah . . . . .
A. menyuburkan rambut dan pelindung sel darah merah
B. melindungi sel darah merah dan menolong proses pembekuan darah
C. menghaluskan kulit dan mencegah sariawan
D. menolong proses pembekuan darah dan menyuburkan rambut
19. Perubahan yang menandai terjadinya perubahan fisik anak laki-laki di lama pubertas ialah . . . .
A. Dada bidang, pinggul membesar dan tumbuh jakun
B. Tumbuh kumis, menstruasi, dan dada bidang
C. Mimpi basah, dada bidang, dan menstruasi
D. Tumbuh jakun, dada bidang, dan tumbuh kumis
24. Seorang karyawan toko sepeda memompa beberapa geobsedeerd sepeda yang akan dijualnya dengan sebuah pompa. Setelah beberapa ketika kemudian bagian luar dari tabung pompa tersebut menjadi terasa agak panas. Peristiwa tersebut ialah contoh perpindahan kalor secara … .
A. Konduksi karena terjadi perpindahan kalor lewat rambatan di zat padat tanpa disertai perpindahan zat perantaranya
B. Konveksi karena terjadi perpindahan kalor lewat aliran udara dari luar pompa masuk ke di tabung pompa sepeda.
C. Konveksi karena terjadi perpindahan kalor bersama udara dari di tabung pompa masuk ke di geobsedeerd sepeda.
D. Radiasi karena terjadi perpindahan kalor lewat zat perantara udara di luar pompa masuk ke di geobsedeerd sepeda
30. Ibu membangun saus mangga dengan menggunakan blender, prinsip kerja alat yang digunakan menghasilkan perubahan … .
A. tenaga listrik -> tenaga cahaya
B. tenaga listrik ->tenaga gerak
C. tenaga listrik -> tenaga bunyi
D. tenaga listrik -> tenaga kalor
38. Gerakan bumi mengelilingi matahari dapat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi. Peristiwa berikut yang ialah akibat gerakan bumi berevolusi kepada Matahari ialah … .
A. di bulan April hingga September penduduk daerah tropis seringenboom menggunakan jasje hujan
B. bulan Desember hingga Maret penduduk di belahan kutub bumi selatan mengenakan jaket wool
C. di bulan Maret hingga Juni penduduk di belahan kutub bumi selatan banyak bercocok tanam
D. bulan Desember hingga Maret penduduk di belahan kutub bumi utara mengalami musim dingin
Dipersilahkan untuk mendonwload opstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh isi opstopping yang komplit dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini tulisan kami yang berjudul:
Soal-Jawab Siap USBN SD/ MI Mapel IPA Tahun 2019
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Kamu!
Berikut ialah kisi-kisi USBN mapel IPA (irisan) SD/MI Tahun 2018/2019
Mata Pembelajaran : IPA
Level : SD/MI
Kurikulum : IRISAN
Level Kognitif | Lingkup Bahan | ||||
---|---|---|---|---|---|
Makhluk Hidup dan Lingkungannya | Struktur dan FungsiMakhluk Hidup | Benda danSifatnya | Daya danPerubahannya | Bumi dan AlamSemesta | |
Pengetahuan danPemahaman Mengidentifikasi Menunjukkan Memberi contoh Menyebutkan | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:˗ hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya˗ penyesuaian diri makhluk hidup˗ pelestarian lingkungan | Peserta didik mampumemahami pengetahuan mengenai:˗ bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya˗ daur hidup hewan˗ alat gerak dan fungsinya˗ program pernapasan di manusia/hewan˗ program pencernaan di manusia˗ program peredaran darah di manusia˗ perkembangbiakan makhluk hidup˗ perkembangan dan pertumbuhan manusia | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:˗ sifat benda˗ perubahan wujud benda | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:˗ gaya dan gerak˗ wujud tenaga dan perubahannya˗ suhu dan kalor˗ bunyi dan cahaya˗ listrik dan magnet | Peserta didikmampu memahami pengetahuan mengenai:˗ sumber dayaalam˗ daur air˗ program tata surya |
Level Kognitif | Lingkup Bahan | ||||
Level Kognitif | Makhluk Hidup dan Lingkungannya | Struktur dan FungsiMakhluk Hidup | Benda danSifatnya | Daya danPerubahannya | Bumi dan AlamSemesta |
˗ pemeliharaan kesehatanorgan | |||||
Program• Mengaplikasikan• Membandingkan• Mengklasifikasi | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:˗ hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya˗ penyesuaian diri makhluk hidup | Peserta didik mampumengaplikasikan pengetahuan mengenai:˗ daur hidup hewan˗ mekanisme program gerak˗ mekanisme program organ (pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah)˗ pemeliharaan medis organ | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:˗ sifat benda˗ perubahan wujud benda | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:˗ gaya dan gerak˗ wujud energy dan perubahannya˗ suhu dan kalor˗ bunyi dan cahaya˗ listrik danmagnet | Peserta didikmampu mengaplikasikan pengetahuan mengenai:˗ sumber daya alam˗ daur air˗ program tata surya |
Penalaran• Menganalisis• Memprediksi• Menyimpulkan | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:˗ hubungan antarmakhluk hidup˗ upaya manusia di pelestarian lingkungan | Peserta didik mampumenggunakan nalar berkaitan dengan:˗ hubungan antara system organ dan gangguan yang ditimbulkan˗ percobaan di system organ hubungan antara daur˗ hidup/perkembangbiakan dengan pelestarian makhluk hidup | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:˗ perubahan wujud benda | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:˗ gaya dan gerak˗ wujud tenaga dan perubahannya˗ suhu dan kalor˗ bunyi dan | Peserta didikmampu menggunakan nalar berkaitan dengan:˗ sumber daya alam˗ daur air |
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/