Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11/XI Mapel Sejarah Indonesia Wajib/Umum Kurikulum 2013
Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-SMK Semester 2 Kelas 11 Sejarah Indonesia Wajib K13 Tahun 2019 – Penilaian/ulangan ahir semester 2/II bagi para pelajar atau peserta didik yang tengah duduk di kelas XI SMA-MA/SMK-MAKmenjadi penentu bagi yang bersangkutan untuk menuju ke level berikutnya. Tak salah pula bila ia disebut dengan ulangan kenaikan kelas (UKK).
Mengingat bahwa ia menjadi betul-betul urgen, karenanya setiap pelajar hendaknya mempersiapkan menghadapinya dengan serius. Keseriusan tersebut dapat dibuktikan dengan belajar secara bersungguh-sungguh. Tak ada yang jatuh dari langit dengan cuma-cuma. Belajar yakni kunci kesuksesan.
Diantara mata pembelajaran yang diujikan yakni Sejarah Indonesia. Mapel ini ialah sesuatu yang dipelajari untuk level sekolah menengah atas. madrasah aliyah, sekolah menengah kejuruan, dan madrasah aliyah kejuruan. Sejarah Indonesia memberi pesan kepada anak bangsa untuk mengidentifikasi lama lalu sejarah bangsa dan negara Indonesia dan mengambil hikmah sejarah untuk kehidupan di lama kini dan lama mendatang. Ia pun megajarkan para peserta didik untuk mempunyai jiwa nasionalisme dan patriotisme.
Identitas Contoh Soal
Kurikulum
Kurikulum yang dimanfaatkan untuk contoh soal ini yakni kurikulum 2013 revisi.
Tipe Contoh Soal
Tipe contoh soal yakni alternatif ganda dan essai. Alternatif berganda terdiri atas 45 soal dan essai terdiri atas 5 soal. Jumlah soal total yakni 50.
Validitas
Validitas atau kesahihan contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-SMK Semester 2 Sejarah Indonesia Wajib K13 tergolong bagus karena ia bersumber dari soal yang pernah diujikan secara nyata.
Unduh
Soal yang terdownload tak dapat disunting. Ia hanya dapat dibaca saja. Cara betul-betul dianjurkan di menggunakan contoh soal yakni dengan diprint atau diprint. Berkas unduhan berekstensi pdf.
Berikut yakni tautan unduhannya:
Baca Pun
- Soal Siap UAS/PAS/UKK 2 SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11 Bahasa Indonesia K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Jawab UAS/PAS/UKK 2 SMA -SMK Kelas 11 Bahasa Inggris Wajib K13 Tahun 2019
- Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK SMA-SMK Semester 2 Kelas 11 PPKn Wajib K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Sosiologi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Ekonomi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Sejarah K13-Peminatan IPS Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Bahasa Jawa-Wajib-K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Matematika-Wajib K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA-SMK/MAK PJOK K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Bahasa Sastra Indonesia K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Biologi-MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Fisika K13-MIPA Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Kimia K13-MIPA Tahun 2019
Berikut yakni kutipan sebahagian dari contoh soal tersebut:
1. Di Perang Asia Pasifik, kedatangan pasukan Jepang disambut bagus oleh rakyat Indonesia karena ….
A. dianggap selaku juru selamat
B. dianggap selaku saudara tua bangsa Indonesia
C, tak mengeksploitasi bangsa Indonesia
D. tak mengadakan beban pajak
E. tak ingin menguasai Indonesia
2. Perhatikan keterangan-keterangan di bawah ini!
1. Indonesia dijadikan sumber bahan mentah
2,. Indonesia dijadikan selaku pasar hasil industri Jepang
3. Indonesia dijadikan rnitra kerja di bidang industri
4. Indonesia dijadikan sumber untuk memperoleh tenaga buruh dengan upah yang mahal
Tujuan pendudukan Jepang atas lndonesia ditunjukkan di nomor ….
A. 1) dan.2)
B. 1) dan3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)
3. Jepang menyusun Gerakan Tiga A dengan maksud ….
A. mengakui keberadaan orang Indonesia
B. mendidik berorganisasl bangsa Indonesia
C. memajukan pengetahuan bangsa lndonesia
D. memperoleh kepercayaan dari bangsa Indonesia
E. meningkatkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia
4. Perhatikan keterangan-keterangan di bawah ini!
1) Dibentuk di bulan Maret 1943
2) Dipimpin oleh empat serangkai
3) Mempropagandakan politik hakko ichiu kepada rakyat lndonesla
Berikut organisasi bentukan Jepang yang sesuai dengan keterangan di atas yakni ….
A. GerakanTiga A
B. Putera
C. Heiho
D. Seinendan
E. Fujinkai
5. Di tanggal 1 Januari 1944, Jepanq menyusun Jawa Hokokai selaku pengganti Putera karena ….
A. bangsa Indonesia tak tertarik dengan organisasi Putera
B. Jepang semakin terdesak di perang Pasifik
C. Putera merencanakan pemberontakan di Jepang
D. Putera dianggap lebih bermanfaat bagi bangsa Indonesia
E. para tokoh pergerakan nasicnal tak bersedia duduk di organisasi Putera
6. Organisasi bentukan Jepang yang bertugas. untuk menolong manfaat polisi yakni ….
A. Seinendan
B. Keibodan
C. Fujinkai
D. Barisan pelopor
E. Heiho
7. Organisasi bentukan Jep’ang’yang dijadikan alat untuk rnernpersiapkan kemerdekaan yakni ….
A. Seinendan
B. Keibodan
C. Gerakan Tiga A
D. Putera
E. Fujinkai
8. Perhatikan keterangan di bawah ini!
1). Yaitu sebuah satu-satunya organisasi pergerakan nasional yang diperbolehkan berdiri di lama pendudukan Jepang
2) Salah satu tugasnya yakni mengharmoniskan Islam dengan kebutuhan perkembangan zaman
3) Di bulan Mei 1943, menyusun Majelis Pemuda dan Keputrian.
Merujuk di keterangan tersebut, organisasi yang dimaksud yakni ….
A. Chuo Sangi Te
B. Seinendan
C. Keibodan
D. Putera
E. MIAI
9. Supriyadi yakni tokoh komandan peleton pasukan Jepang yang menjalankan pemberontakan kepada Jepang. Karena beliau menganggap bahwa pemerintahan pendudukan Jepang hanya rnenyesenqsarakan rakyat Indonesia. Adapun pasukan yang dipimpin Syudanco Supriyadi tersebut yakni ….
A. Heiho
8. Peta
C. Seinendan
0. Keibodan
E. Fujinkai
10. Tokoh dari Singaparna yang tak bersedia menjalankan seikerei yakni ….
A. Supriyadi
B. Pang Suma
C. Tengku Abdul Jalil
D. Kusaeri
E. KH. zainal Mustafa
11. Untuk menyerahkan tenaga kerja di desa-desa dibentuk panitia pengerah tenaqa kerja yanQ disebut ….
A. Chuo Sangi Te
B. Romusa
C. Hakka ichiu
D. Romukyokai
E. Fujinkai
12. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Pemerintah Jepang melarang pemakaian bahasa Belanda
2) Perrlerintah Jepang melarang penggunaanbahasa Indonesia
3) Pernerintah Jepanq aktif menyelenqqarakan kursus bahasa Jepang .
4) Pemerintah Jepang menjadikan bahasa Indonesia sebaga1 alat koniunikasi
Penyebab majunya perkembangan bahasa Indonesia di jaman pendudukan Jepang diIndonesia yakni ….
A. 1)dan2)
B. 1)dan3)
C. 2) dan 3)
D. 1) dan 4)
E. 2)dan4)
1 3. Di awal tahun 1945, pasukan Jepang mulai mengalami kekalahan di banyak vooraanzicht pertempuran akibat kekuatan pasukan sekun, yang terus menggempur kedudukan Jepang di Asia. Dengan adanya ontvangstruimte tersebut, Perdana Mentri Jepang mengambil taktik berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia, P_erdana Menteri tersebut yakni ….
A. Jendral Hideki Tojo
B. Jendral Kuniaki Koiso
C. Letnan Jendralkumakichl Harada
D. Jendral Hitqshi Imamura
E. Laksamana Maeda
14. Langkah konkret pertama-tama Jepang seibagai pelaksanaan janji Koiso yakni ,dengan menyusun ….
A. Chuo Sangi Te
B. Panitia Sembilan
C. Panitia kecil
D. PPKI
E . BPUPKI
15. Di lama pendudukan Jepanq, tokoh yang menjabat selaku ketua BPUPKI yakni …..
A . Muh Yamin
8. Soepomo
C. Soekarno
D. Ahmad Soebarjo
E. R djiman Wedyodinlngrat
16. Tokoh yang di tanggal 1 Juni 1945 mengemukakan lima rumusan basic neqara lndonesta merdeka yakni …..
A. MuhYamin
B. Soepomo
C. Ahmad Soebarjo
D. Soekamo
E. A.A. Maramis
17. Tujuan diadakannya sidang BPUPKI pertarna di tanggal 29 Mei-f Juni 1945 yakni ., ..
A. menyusun panitia Sembilan
B. merumuskan basic neqara
C. nierumuskan rancanqan undang-undang basic .
D. merencanakari sidang BPUPKI kedua
E. menyusun PPKI
19. Rapat golongan pemuda di ruang lernbaqa bakteriologi di tanggal 15 Agustus 1945 dipimpin oleh:. . .
A. Sutan Syahrir
B: Darwis
C. Wikana
0. Chairul Saleh
E. Ahmad Soebar]o
20. Adanya perbedaan sikap antara golongan tua dan golongan muda mengenai kapan dikala yang tepat untuk memproklamasikan kernerdekaan
Indonesia menyebabkan terjadinya peristiwa …..
A. Proklamasi
8. Sidang BPUPKI C. Sidang PPKI
O. Rengasdengklok
E. Rapat pernuda
21. Di pernbicaraan pribadi antara Shodanco Singgih dan Soekarno, Shodanco Singih menyimpulkan bahwa Soekarno bersedia memproklamasikan kemerdekaan setelah kembali ke ….
A. Bandunq
B. Begor
C. Jakarta
D. Tangerang
E. Bekasi
22. Tujuan Soekarno-Hatta menemui kepala pemerintahan umum Mayor Jendral Nishimura sebelum ke rumah Laksamana Maeda yakni untuk ….
A. mengajak Nishirnura merigikuti rapat PPKI
B. menjajaki sikap Nishimura mengenai rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia
C. mengajak Nishimura menyusun teks proklamasi
D. meminta persetujuan Nishimura mengolah hasil panen
E. meminta Nishimura untuk dapat hadir di upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
23. Surat kabar yang pertarna kalium menylarkan berita mengenai proklamasi kemerdekaan yakni cahaya yang terbit di kota ….
A. Jakarta D., Yogyakarta
8. Bandunq E. Surakarta
C. Surabaya
24. Komite yang memberikan gagasan untuk mengerahkan massa di suatu rapat di lapangan lkada yakni ….
A. Komite Pemuda Indonesia
B. Komite Kemerdekaan
C. Komite van handeling Menteng 31
D. Komite Menteng Raya
E. Komite van handeling Raya
26. Diantara hasil sidang PPKI pertama-tama tanggai
18Agustus 1945 yakni . :..
A. Menentukan 12 kernentrian
8. Membagi wilayah Indonesia ‘menjadl 8 provinsi
C. Memilih dan mengangkat presiden dan wakil presiden
D. Mernbentuk PNI
E. Menyusun BKR
27. Perhatikan pernyatan-pernyataan berikut!
1) menyusun Kornite Nasional Indonesia
2) menetapkan 12 kernentrian
3) membagi wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi
4) memilih presiden dan wakil presiden
5) mengesahkan rancangan undanq-undanq basic Negara
Hasil sidang kedua PPKI ditunjukkan di nomor ….
A. 1) dan 2) B. 1) dan 3) C. 2) danS) D. 3)dan4) E. 4)dan5)
28. Tujuan awal pembentukan PNI yakni ….
A. menguasai seluruh rakyat Indonesia
B. merijadikan anggota PNI duduk dalarn kementrian
C. menjadikan sebaqai partai .tunggal di Indonesia
0. menjadikan PNI selaku panutan partal-partai lainnya
E. mewujudkan Negara republic Indonesia yangberdaulat, adil dan makmur menurut kedaulatan rakyat
29. Walikota Jakarta yang mernirnpin persiapan upacara proklamasi kemerdekaan yakni ….
A. Sukarni
B. Muwardi
C. Sayuti Melik
D. Suwiryo
E. Ahmad Soebarjo
30. Tokoh yang berhasil membujuk Laksamana Maeda agar rumahnya•dapat digunakan untuk menyusun naskah proklamasi yakni ….
A. Sukarni
B. Muwardi
C. Ahmad Soebarjo
D. Suwiryo
E. B.M. Diah
31. Perhatikan keteranqan-keteranqan di bawah ini!
1) Lahir di Blitar, Jawa Timur di tanggal 14
2) Meninggal di Jakarta di tanggal 7 Mei 1971 di usia 54 tahun
3) Mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi kemerdekaan yakni Bung Karna dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia
Merujuk di keterangan tersebut, tokoh yang dimaksud yakni ….
A. Latief Hendraningrat
B. Sukami
C. Sayuti Melik
D. 8.M. Diah
E. Yusuf Kunto
32. Tokoh yang mengetik naskah proklamasi yakni ….
A. Sayuti Melik
B. Sukarno
C. Soekami
D. Ahmad Subarjo
E. Moh. Hatta
33. Diantara sumber inftasi di awal berdlrinya republik Indonesia yakni ….
A. naiknya nilai dolar
B. adanya blokade ekonomi Belanda
C. belum baiknya penqaturan uang
D. beredarnya mata uang rupiah zaman pendudukan Jepang yang tak terkendali
E. banyak produk pertaniari yang tak laku di pasaran dunia
34. Tujuan Belanda mengadakan blockade ekonorni
padachtige a aw nu kernerdekaan yakni ….
A. untuk menghancurkan ekonomi Indonesia dan merobohkannya
B. supaya Indonesia bergabung dengan
Belanda
C. untuk mengukur seberapa besar kekuatan . perekonomian Negara Indonesia
D. agar pernerintah republic Indonesia mau
menerima dan bekerjasarna dengan NICA E; ‘supaya pernerintah republic ln onesia
bersedia bekerlasama denqan Belanda
35. Kelompok masyarakat yang betul-betul menderita akibat inflasi yang terjadi di awal kemerdekaan Indonesia adelah ….
A. anak-anak D. nelayan
B. pekerja E. petani
C. pedagang
36. Mentri urusan bahan makanan yang membangun rencana produksl 3 tahun (1948 1950) yakni ….
A. B.R. Motlk
B. Moh. Hatta
C. I.J. Kasimo
D. Margono Joyohadikusumo
E. Sutan Syahrir
37. Perhatikan keteranqan-keteranqan dibawah ini!
1) Menjalankan piniaman nasional
2) Mengadakan konferensi ekonornl
4) Pembentukan KPULN
5) Mengeluarkan uang kertas baru (ORI)
Upaya pemerintah mengatasi kesulitan monster diperuntukkan di nomor ….
A. 1),2)dan3)
B. 1 ), 3) dan 5)
C. 2), 3) dan 4)
D. 2), 4) dan 5)
E. 3),4)dan5)
38. Programma houtvezelplaat dibentuk di tanggal 19 .Januari 1947 atas inisiatif Mentri Ke.makmuran ….
A. Ahmad Subarjo
B. AK. Gani
C. Sukami
D. A.A. Mararnis
E. Gatot Mangkuprojo
39. Di bawah ini yang termasuk manfaat AFNEI yakni … :
A. menerirna penyerahan dari tangan bangsa Indonesia
B. membebaskan para tawarian perang Jepang
C. melucuti dan rnenqurnpulkan senjata orang Belanda
D. menegakkan dan mempertahankan keadaan damai untuk kemudian diserahkan kepada pernermtah sipil
E. menyerang pemerintahan sipil di Indonesia
40. Moh. Taha meninggal di waktu rneledakkan gudang niesiu NICA. Kejadian tersebutterjadi pada-peristiwa ….
A. Merah putih di Manado
B. PerternpuranAmbarawa-Magelang
C. Pertempuran Medan Area
D. Bandung Lautan api
E. Pertempuran Surabaya
41. Di tang gal 18 September .194 7, bewan – Keamanan PBB rnernbentuk sebuah komisi jasa bagus yang kemudian dikenal dengan sebutan ….
A. AFNEI
B. KTN
C. UNCI
D. Programma houtvezelplaat
E. KNIL
42. Mentri kernakrnuran yang menerima mandat untuk rnernbentuk pemerintahan darurat Republik Indonesia di Bukittlnggi yakni ….
A. Syafrudin Prawiranegara
8. A.A. Maramis
C. Jendral Sudirman
D. L.Ni Palar
E. Sudarsono
43. Konferensi Inter. Indonesia sanqat urgen diiakukan untuk mewujudkan kesamaan • pandanqan di menghadapi Belanda di perundingan …
A. Linggajati
B. KMB
C. Hoage Veluwe
D. Roem Royen.
E. Renville
44. Adanya perjanjian Linggarjati bagi Indonesia ada sisi positif dan riegatifnya. Sisi positifnya yakni pengakuan secara den facto atas republik Indonesia yang rneliputi ….
A. Jawa, Sulawesi, dan Madura
B. Madura, Kalimantan, dan Sumatra
C. Sumatra Sulawesi, dan Kalimantan
D. Jawa, Madura, Sumatra
E. Jawa, Sumatra, Kalimantan
45. KMB dibuka di Riderzaal, dennenboom Liguster, Belanda di tanggal 23 Agustus 1949. Delegasi Indonesia dipimpin oleh ….
A. Sultan Hamid II
B. Amir Syaritudin
C. Moh. Hatta
D. Abdul Kadir Wijoyoatmojo
E. Ahmad Soebarjo
II. Jawablah pertanyaan bsnkut. ini dengan tepat dan jelas I
46. Jelaskan akibat positif-pendudukan Jepang di Indonesia di bidang pendidikan !
47. Jelaskan makna dan arti panting peristiwa.proklamasi kernerdekaan Indonesia!
48. Jelaskan penyebab utama terjadinya perternpuran Surabaya !
49. Jelaskan taktor penyebab rnernburuknya keadaan ekonomi Indonesia awal kernerdekaan !
50. Sebutkan hasil pep,mdingari KM£U Jetaskan darnpak positif perjanjian tersebut bagi bangsa Indonesia !
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11/XI Mapel Sejarah Indonesia Wajib/Umum Kurikulum 2013 Tahun 2019
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/