Download Contoh Soal Beserta Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11/XI Mapel PPKn Wajib/Umum Kurikulum 2013 Revisi
Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK SMA-SMK Semester 2 PPKn Wajib K13 Tahun 2019 – Ulangan/penilaian ahir semester 2/II (UAS/PAS) ialah alat evaluasi belajar para peserta didik yang diselenggarakan di ahir semester dua. Momen ini menjadi benar-benar urgen keberadaaannya di mata pelajar karena ia menjadi penentu yang signifikan bagi murid yang bersangkutan di salon kenaikan kelas ke tahapan berikutnya. Oleh karena itu, ia pun dinamai dengan ulangan kenaikan kelas atau UKK.
Mapel PPKn Kelas XI SMA-MA/SMK-MAK
Mapel ini diajarkan di kelas XI SMA-MA/SMK-MAK selaku mata pembelajaran wajib atau umum. Dengan demikian, seluruh jurusan atau peminatan wajib untuk menempuh mata pembelajaran ini. Menurut panduan kurikulum, berikut yaitu kompetensi inti dan kompetensi mendasar mapel PPKn Kelas 11/XI untuk SMA-MA/SMK-MAK.
Menurut panduan kurikulum 2013, mata pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ini mempunyai kompetensi inti (KI) selaku berikut:
Mata pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas XI mempunyai 4 kompetensi inti dan 24 kompetensi mendasar. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, konsep kompetensi inti ini ialah konsep yang baru. Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya masing-masing, yaitu:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
KI-3 dan KI-4 disajikan lewat pembelajaran seketika (onmiddellijk teaching), sedangkan KI-1 dan KI- 2 lewat pembelajaran tak seketika (officieus teaching) yang terjadi pada kurun waktu proses pembelajaran. KI-1 dan KI-2 di mata pembelajaran PPKn ditumbuhkan selaku akibat dari kompetensi pengetahuan dan keterampilan di KI–3 dan KI-4, contohnya mempelajari hukum menumbuhkan sikap disiplin. Pun selaku akibat pengiring (mutual effect) dari proses pembelajaran yang dirancang sehingga menumbuhkan sikap di KI-1 dan KI-2, contohnya proses pembelajaran dengan diskusi kelompok menumbuhkan sikap kerja sama dan toleransi.
Karakteristik Soal
Ada beberapa karakteristik soal yang digunakan di contoh soal kami.
1. Soal menggunakan pendekatan kurikulum 2013 revisi
2. Soal terdiri atas 45 soal alternatif berganda dan 5 soal uraian
3. Soal berasal dari contoh soal UKK Mapel PPKn Kelas 11 tahun 2017.
Tautan Unduh
Sebelum mengunduh, salon yang perlu diperhatikan yaitu bahwa soal tak dapat disunting atau diedit. Dengan demikian, cara pemakaian dokumen atau berkas yang amat bagus yaitu dengan cara diprint atau diprint.
Tautan contoh soal dapat rekan-rekan unduh di tautan di bawah ini:
Baca Pun
- Soal Siap UAS/PAS/UKK 2 SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11 Bahasa Indonesia K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK 2 SMA-SMK Kelas 11 Sejarah Indonesia Wajib K13 Tahun 2019
- Soal Jawab UAS/PAS/UKK 2 SMA -SMK Kelas 11 Bahasa Inggris Wajib K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Sosiologi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Ekonomi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Mapel Sejarah K13-Peminatan IPS Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Bahasa Jawa-Wajib-K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK Matematika-Wajib K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA-SMK/MAK PJOK K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 11 SMA/MA Bahasa Sastra Indonesia K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Biologi-MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Fisika K13-MIPA Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 11/XI SMA/MA Mapel Kimia K13-MIPA Tahun 2019
Berikut yaitu kutipan dari Soal-Jawab Siap UAS/PAS/UKK SMA-SMK Semester 2 Kelas 11 PPKn Wajib K13 Tahun 2019 tersebut
1. Di proses pernbelajaran, ada kalanya pengajar meminta kita untuk mengerjakan diskusi kelompok. Kegiatan ini rnenunjukkan adanya pengakuan kepada ….
A. hiel pengajar untuk memberikan pembelajaran
B. hiel pengajar untuk diperhatikan perintahnya
C. hiel sekolah untuk meriyediakan pengajar yang cakap
D. hiel pelajar untuk dikembangkan potensinya
E. hiel pelajar untuk memperhatikan pedoman pengajar
2. Pemerintah ataupun warga negara sama-sama mempunyai tanggung jawab untuk menegakkan hiel warga negara. Guna dan tanggung jawab negara di di masyarakat di bidang hukum antara lain ….
A. aktif di pelbagai kegiatan sosial
B. menghargai kebebasan memeluk agama
C. tak melindungi pelaku pelanggaran hukum
D. mendesain peraturan perundang-undangan setiap tahun
E. memfasilitasi kelornpok sosial peduli penegakan hukum
3. Di antara pasal 27 ayat (2) dengan pasal 31 ayat (1) terdapat kaitan yang erat yaltu bahwa agar setiap warga negara dapat memperoleh penghidupan yang layak karenanya perlu dijamin haknya untuk memperoleh ….
A. persamaan kedudukan di hukum
B. persamaan kedudukan dalarn layanan pemerintah
C. hiel untuk menyampaikan pendapat
D. hiel untuk membela negara
E. hiel untuk rnendapatkan pendldikan
4. Kewajiban selaku warga negara untuk mewujudkan kerukunan antarumat beragama dapat ditunjukkan dengan contoh sikap ….
A. beribadah bersama-sania
B. memecahkan masalah agama bersama-sama
C. menghormati umat agama lain yang sedang beribadah
D. bersama-sama mendirikan organisasi keagamaan di desa
E. bersarna-sama merayakan hari besar keagamaan
5. Perhatikan beberapa perbuatan berikut ini!
1) Melanggar peraturan lalu lintas
2) Tak rnembayar pajak dan retribusi
3) Tak taat di hukum yang berlaku
4) Menuntut upah yang tak sesuai aturan yang berlaku
Dari keempat contoh kasus di atas pelanggaran kepada hiel warga negara yang diatur pasal 27 ayat 1 UUD RI 1945 ditunjukkan di nomor ….
A. 1 ) 2), dan 3)
8. 1) dan2)
C. 1) dari3)
D. 2) dan 3)
E. 2) dan 4)
6. Perhatikan beberapa salon selaku berikut:
1) Pemerintah melarang sama sekali unjuk rasa buruh menuntut upah ondergrens.
2) Para peserta rapat tak mau mendengarkan pendapat dari kelornpok minoritas.
3) Sebuah organisasi dibubarkan pemerintah tanpa alasan hukum yang jelas.
Peristiwa-peristiwa tersebut bila ditinjau dari UUD RI 1945 ialah pelanggaran hiel warga negara yang dijamin di pasal ….
A. 26 ayat (1)
B. 27 ayat (1)
C. 27 ayat (2
D. 27 ayat (3)
E. 28
7. Berikut yang ialah contoh yang tepat penegakan hiel warga negara yaitu ….
A. mencegah terjadinya penganiayaan di sekitar kita
B. ikut mengadili pelaku pencurian yang tertangkap
C. melaporkan bagus setiap kasus pencemaran nama
D. pemindahan paksa anak-anak dari pemukiman yang tak layak
E. pemberian kesernpatan orang tua kepada anaknya untuk bergaul bebas
8. Penyampaian pendapat di muka umum yang dilaksanakan secara bebas tanpa batas dapat berdampak ….
A. terwujudnya demokrasi yang semakin berkualitas
B. terjadinyapenquatan budaya musyawarahdan mufakat
C. ketidakpercayaan kepada dpr seoaqal saluranasplrasi rakyat
D. hilangnya keseimbangan antara hiel dan kewajiban
E. terlaksananya asas kepastian hukum di demokrasi
9. Beberapa waktu lalu diberitakan telah terjadinya pengeroyokan massal kepada orang yang diduga selaku pelaku penculikan kepada anak-anak. Peristiwa tersebut menunjukkan adanya ….
A. pelanggaran hiel keselamatan anak
B. penegakan hiel perlindungan kepada anak
C. pengingkaran kewahban untuk menjunjung tinggi hukum
D. ketidakmampuan pemerintah di
E. anak-anak masih benar-benar gampang menjadi korban tindak kejahatan
1O. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!
1) memperoleh pembelaan apabila ada ancaman.
2) lkut di usaha pertahanan dan keamanan I negara.
3) Memperoleh persamaan kedudukan di di hukum menaati hukum yang berlaku.
Di antara pernyataan-pernyataan tersebut di atas yang menunjukkan hiel negara yaitu pernyataan di nomor ….
A. 1) dan 2) B. 1)dan-3) C. 1) dan 4) D. 2)dan 3) E. 3) dan 4)
11. Pernankan beberapa ancaman berikut dengan cermat!
1) Agresi Beland a II
2) Krisis wilayah Ambalat
3) Senqketa Sipadan dan Ligitan
4) Masalah TimorTimur
5) Born Bali I dan II
Ancarnan dari banqsa aslnq yang hampi menggoyahkan-kedaulatan NKRI, yaitu
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 4) dan 5)
D. 1) ‘
E. 2)
12. Perhatikan rnacam-rnacam a_ncaman berikutl
1) Pembajakan
2) Perompakan
3) Konflik antarsuku
4) Pelanggaran batas negara
Dari keterangan di atas yang ialah ancaman inwendig ditunjukkan di homor ….
A. 1)
8. 1)dan2)
C. 2).dan 3)
D. 3)
E. 4)
13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Menggunakan pelbagai produk luar negeri
2) Konflik komunal
3) M_asuknya pelbagai kebudayaan luar
4) Spionase
5) Masuknya penqaruhneqatif iptek
6) Sabotase
Berdaaarkan ancaman tersebut, yang ialah ancaman mlllter dltunjukkan di nomor ….
A. 1 ), 2), dan 3)
B. 1 ), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 4), 5), dan 6)
14. Salah satu penyebab ancaman nonmilite. yaitu ….
A. pertikaian antar suku
B. pengaruh globallsasi
C. perbedaan pendapat anatrwarga
D. perbedaan kepentinqen
E. pemaksaan kehendak
15. Berikut ini faktor-faktor yang berkaitan dengan integritas nasional.
1) Faktor sejarah yang menirnbulkan rasa senasib dan seperjuangan
2) Rasa rela berkorban untuk bangsa dan negara
3) Rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia
4) Masyarakat Indonesia yang heterogen
Yang ialah faktor penghambat integrasi _nasional adalan pernyataan nomor di nomor ….
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 1)dan4) E. 4)
16. Program pertahanan negara Indonesia yaitu sistern hankamrata. Ridderzaal ini diatur di UUD tahun 1945 pasal ….
A. 30 ayat (1)
B. 30 ayat (2)
c. 30 ayat (3)
D. 31 ayat (1)
E. 31 ayat(2)
17. Negara kita rnelaksanakan upaya pertahanan
negara untuk menghadapi pelbagai ancarrran bagus dari di negeri maupun luar negeri. Penyelenqqaran pertahanan negara mesti dilakukari sesuai prinsip demokrasi artinya …. A. setiap kebijakan pertahanan negara mesti mernenuhi syarat-syarat yang dlakul oleh
komunitas bangsa-bangsa
B. setiap kebijakan pertahanan negara mesti diupayakan agar sesuai kehendak rakyat
C. setiap kebijakan pertahanan negara mesti
rnendapat persetujuan dari pemermtah
D. setiap kebiiakan pertahanan negara mesti
berasal’dari TNI
E. setiap kebijakan mesti mendapat persetujuan dari PBB
18. Nilai-nilai bela negara di kehidupan sehari- hari dapat kita tunjukkan dengan cara ….
A. mencintai lingkungan dan menghargai kebersamaan
B. membiasakan hldup mandiri dan menqembanqkan idealisme
C. mendukung terselengaranya kegiatan kerja sama antara pelbagai kepentingan
D. menjaga kebersihan, keindahan, dan kerapihan
E. menghormati hiel orang lain urituk mengoptimalkan ideologi selain Pancasila
19. Perhatikan asas-asas berikut!
1) Keterbukaan
3) Keadilan
4) Transparansi
5) Pertanggung jawaban
Asas-asas pengetahuan nusantara yang amat tepat dituniukkan di nomor ….
A. 1 ), 2), clan 3)
B. 1 ), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
20. Implementasi pengetahuan nusantara di qidang kehidupan sosial budaya masyarakat yang pal- ing tepat yaitu ….
A. kehidupan sosial budaya mesti dapat rnenyetaraskan dengan kehidupan soaial budaya luar negeri
B. kehidupan sosial budaya mesti dapat mengoptimalkan kehidupan bangsa yang serasi antara masyarakat yang berbeda dari seqi budaya, status sosial, dan daerah
C. pengembangan kehidupan sosial budaya mesti dapat menyelaraskan dengan berbaqai aspek kehidupan yang lain
21. Secara eti”.lologi geopolitik berasat dari bahasa Yunani geo, polis dan teie yang mempunyai arti ….
A. bumi, negara, dan urusan politik
B. kornunitas, riegara, danurusan politik
C. burni, komunitas, dan urusan politik
D. bumi, negara, dan urusan masyarakat
E. negara, komunitas, dan urusan politik
22. Indonesia merupskan negara kepulauan wilayah Indonesia ialah kesatuan politik, sosial budaya, •ekonomi, serta pertahanan dan keamanan yang berlandaskan Pancasila dan UUD_NRI 1945.Pertanyaan diatas ialah konsep dari ….
A. Siskamling
B. Sishankamrata
C. Geopolltlk Indonesia D. Ketahanan nasional E. Pengetahuan nusantara
23. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
“Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu sebuah neqara kepulauan yang berciri nusantara. dengan wilayah yang batas-batas dan hak- haknya ditetapkan dengan undang-undang”, pernyataan tersebut ialah bunyi dari ketentuan UUD NRI 1945 di pasal ….
A. 25
24. Garis bujur yaitu garis yang membujur dari utara – selatan, garis lintanq yaitu garis yang melingkari bumi denqan arah timur – barat, letak garis bujur dan garis lintang lndonesi_a yaitu ….
A.. 92″ BT-141 “BT dan 3″ LU -11” LS
B. 93″ RT-141 “BT dan 4″ LU-11″ LS C. 94” BT- 141 “BT dan 5″ LU-11″ LS D. 95” BT- ‘141 “BT dan 6″ LU -11″ LS E. 96” BT- 141 “BT dan?” LU-11″ LS
25. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
“Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik”, pernyataan tersebut ialah bunyi pasal ….
A. 1 ayat 1 UUD NRI 1945
B. 2 ayat 1 UUD NRI 1945
C. 3 ayat 1 UUD N l 1945
D. 4 ayat 1 UUD NRI 1945
E. 5 ayat 1 UUD NRI 1945
26. Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu negara kepulauan dengan luas wilayah kurang le_bih 1,9 juta km persegi, Di bawah ini yang bukan ialah alat pemersatu bangsa yaitu ….
A. mendasar.falsafah B. bahasa daerah C. bendera negara D. lagu kebangsaah’ E. lambang negara
27. Founding father Negara Kesatuan Republik Te- donesia (NKRI) merumuskan tujuan dibentuknya NKRI. Di bawah ini yang bukan termasuk rumusan tujuan dibentuknya NKRI yang termuat di Pembukaan UUD NRI 1945 alinea keempat yaitu ….
A. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh’tumpah darah Indonesia
B. memajukan kesejahteraan umum
C. rnencerdaskan kehidupan banqsa
D. ikut menjalankan ketertiban dunia
E. mernbentuk pemerintahan. yang berkedaulatan rakyat
28. Amerika Serikat ialah diantara format negara serikat yang beribl.i kota di Washington D.C denganjumlah total 50 negara bagian, Yang ialah ciri- ciri negara serikat yaitu .. ..
A. wilayah neqaranya luas
B. kepala negara mempunyai hiel veto
C. setiap daerah diberikan otonomi yang luas D. kabinetkast bertanggungjawan kepada presiden
E. parlemen terdiri dari dua badan, yaltu DPR dan DPD
29. Presiden Soekamo menjadi presiden pertama-tama di Indonesia, beliau berkuasa pada kurun waktu 23 tahun dari 18 Agustus 1945-11 Maret 1966. Di tijdsperiode orde lama terdapat penyimpangan kepada Pancasila dan UUD NRI 1945, yaitu ….
A. penetapan Ir. Soekarno selaku presiden scumur nioup
8. supremasi hukum tak dapat ditegakka•n
C. penghapusan doktrin dwifungsi ABRI D. mewujudkan kebebasan pers
E.• rnewuludkan kehidupan yang demokratis
30. Setelah Bung Karno lengserjabatan Presiden Indonesia dipegang oleh Pak Harto, beliau berkuasa pada kurun waktu 32 tahun dari 11 Maret 1966 -21 Mei 1998. Di tijdsperiode orde baru terdapat
penyimpangan kepada Pancasila dan UUD N_RI 1945, yaitu ….
A. pembentukan MPRS sementara
B. mewujudkan kehldupan yang demokratis
C. supremasi hukum tak dapat diteqakkan
D. pemberantasan KKN
E. mengerjakan amandemen UUD NRI 1945
31. Perubahan format negara Indonesia dari format kesatuan menjadi serikat terjadi setelah tijdsperiode ….
A. 18 Agustus 1945- 27 Desember 1949
B. 27 Desember 1945 – 17 Agustus 1950
C. 17 Agustus 1950 – 5 Juli 1959
D. 5 Juli 1959′”-11 Maret 1966
E. 11 Maret 1966-21 Mei 1998
32. Pemilu pertama-tama yang dilaksanakan di Indone- sia berlangsung di tahun 1955 yaitu di mas a kabinetkast ….
A. Wilopo
B. Djuanda
C. Sukirrian
D. Ali Sastroamidjoyo
E. Burhanudin Harahap
33. Di era reformasi telah dilakukan upaya upaya untuk mewujudkan negara demokratis, salah satunya dengan mengerjakan amandemen kepada UUD NRI 1945. Adapun tujuan dilakukannya amandemen kepada UUD NRI 1945 yaitu ….
A. mengatasi instabilitas politik
B. menghindari protes dari rakyat
C. rnelanqqenqkan kekuasaan pemerintah
D. menqurai intensitas demonstrasi dari rakyat
E. menyesuaikan dengan perubahan zarnan dan perkembangan rnasyarakat
34. Kalau masyarakat tidal< hanya mengetahui, tetapi pun mempunyai perasaan kepada suatu program politik pemerintah karenanya masyarakat tersebut memilikl orientasl kepada slstem politik yang bersifat … A. kognitif B. afektif C. objektif D. subjektif E. evaluatif
Demikian tulisan mengenai
Unduh Contoh Soal Dan pun Kunci Jawaban Siap UAS/PAS/UKK Semester 2/II SMA-MA/SMK-MAK Kelas 11/XI Mapel PPKn Wajib/Umum Kurikulum 2013 Tahun 2019 Revisi
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/