Download Contoh Soal dan Kunci Jawab PTS/UTS 1 (Ganjil) Kelas 1 SD/MI Tema 1: Diriku Subtema 1: Aku dan Teman Baru Kurikulum 2013/K13 Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2019/2020 I Pdf
Judul tulisan kalium ini yaitu Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 1 Subtema 1 K-13 Revisi 2017 Tahun Pembelajaran 2019/2020. Contoh soal yang kami share ini berjumlah 20 soal dan disertai dengan kunci jawaban untuk lebih mempermudah adik-adik di belajar. Persiapan yang bagus tentu mesti ditempuh supaya memperoleh hasil belajar yang bagus pula.
Contoh soal-kunci jawab PTS/UTS semester 1/ganjil tema 1 subtema 1 ini mengacu di kurikulum terbaru yakni K13 revisi 2017.
Contoh soal ini kami hadirkan semata untuk menolong peserta didik khususnya kelas 1 SD/MI di mempersiapkan diri jelang berlangsungnya penilaian tengah semester 1/PTS ganjil di tahun ajaran kalium ini.
Contoh soal ini kami susun dengan sebaik mungkin sesuai dengan buku pegangan pengajar untuk tema 1 subtema 1 K13 edisi revisi 2017, sehingga ia dapat dipergunakan selaku pelengkap bagi pengajar di penyusunan naskah soal PTS/UTS ganjil bagi peserta didik di sekolah yang Kamu ampu. Semoga ia bermanfaat di menolong peserta didik di belajar dan dapat memberi efek positif berupa hasil belajar yang memuaskan.
Berikut kami sajikan verbinding untuk mengunduh contoh Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 1 Subtema 1 K-13 Revisi 2017 di bawah ini:
Download Soal dan Kunci Jawab Siap PTS Semester I Kelas 1 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Baca Pun
- Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 1 Subtema 2 K-13 Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2019/2020
- Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 2 K-13 Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2019/2020
- Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 3 K-13 Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2019/2020
- Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 4 K-13 Revisi 2017 Tahun Pelajaran 2019/2020
Berikut yaitu kutipan dari Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 1 Subtema 1 K-13 Revisi 2017 tersebut:
KELAS : 1
TEMA : 1 (Diriku)
SUBTEMA : 1 (Admin dan Teman Baru)
Nama Pelajar :
A. Soal 1
3. Sebutkan 5 nama komplit teman di kelasmu!
4. Sebelum pergi ke sekolah, kamu mesti ….. di orangtuamu.
5. Ayo tuliskan 6 huruf abjad pertama-tama secara berurutan!
6. Rangkailah huruf berikut ini agar menjadi sebuah nama : i – d – b – u
7. Tuliskan yang termasuk huruf vokal !
8. Urutkanlah bilangan berikut merujuk di urutan terbesar : 1 5 2 4 3
B. Soal II
1. Apa huruf depan dari nama “Hartini” ?
2. Vishal apa yang kamu sukai dari diantara teman barumu?
3. Namaku FREDI. Ada berapa huruf dan apa saja huruf nya…?
6. Tadi pagi ketika hendak ke sekolah, kalian memberi salam dan berpamitan dengan orang tua. Ketika nanti pulang, apa yang sebaiknya kalian lakukan sebelum masuk ke di rumah?. Kenapa salon itu mesti dilakukan?
7. Pelajar berpamitan dan memberi salam kepada pengajar ketika akan pulang. Tuliskan cara kamu berpamitan di pengajar sebelum pulang!
8. Beni dan Doni bermain di halam sekolah, lalu datang 3 teman yang lain untuk bermain
bersama. Kini ini ada berapa jumlah anak yang bermain di halaman sekolah?
Kunci Jawaban
A. Soal 1
1. Laki-laki berjumlah 3 anak dan perempuan berjumlah 1 anak
2. 3
3. (Nama teman di kelas kalian)
4. Berpamitan
5. A b c d e f g
6. budi
7. a i u e o
B. Soal II
1. Huruf “H”
2. Bagus, ramah, tak nakal, suka berbagi, dan lain-lain
3. Ada 5, yaitu f– r – e – d – i
4. A b c d e f g
5. 2 3 4 5 6
6. Mengetuk pintu, mengucapkan salam di orangtua dan mengucap syukur kepada Tuhan karena telah hingga rumah dengan keadaan selamat
Dipersilahkan untuk mendonwload verkeersopstopping tersebut di tautan yang telah disediakan agar memperoleh isi verkeersopstopping yang komplit dan utuh.
Demikian tulisan mengenai
Soal-Jawab Siap PTS I Kelas 1 SD/ MI Tema 1 Subtema 1 K-13 Revisi 2017
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Mengenai Buku Pengajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas I:
Buku Pengajar disusun untuk mempermudah para pengajar di menjalankan
pembelajaran tematik terpadu. Buku ini meliputi hal-hal selaku berikut.
1. Jaringan tema yang memberi ilustrasi kepada pengajar mengenai suatu tema
yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi basic (KD) dan
indikator dari beraneka mata pembelajaran.
2. Ruang lingkup pembelajaran yang memberikan ilustrasi mengenai kegiatan
dan kemampuan yang dikembangkan di satu subtema.
3. Tujuan pembelajaran yang akan diperoleh di setiap kegiatan pembelajaran.
4. Media dan alat pembelajaran yang akan digunakan di setiap kegiatan
pembelajaran.
5. Strategi kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari
Kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Penutup yang disusun untuk
menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
6. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku
positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat
tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi
reflektif.
7. Bermacam teknik penilaian pelajar.
8. Informasi yang menjadi rujukan kegiatan remedial dan pengayaan.
9. Pedoman pemakaian Buku Pelajar.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk memajukan
kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) pelajar via aktivitas
yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi hal-hal selaku berikut.
1. Membuka pembelajaran dengan cara yang menarik perhatian pelajar, seperti
membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, menjalankan permainan,
demonstrasi, dan pemecahan masalah.
2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga pelajar dapat mengorganisasi
informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan
dikerjakan).
3. Menggali pengetahuan pelajar yang diperoleh sebelumnya agar pelajar dapat
mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
4. Memberi manfaat yang bertahap guna menolong pelajar memahami konsep.
5. Memberi manfaat yang dapat memajukan kemampuan berpikir tingkat
tinggi.
6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah
dipelajari.
7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman pelajar.
Bagaimana Menggunakan Buku Pengajar?
Buku Pengajar mempunyai dua kegunaan, yaitu selaku pedoman pemakaian Buku Pelajar
dan selaku rujukan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya
buku ini, disarankan memperhatikan pedoman selaku berikut.
1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2. Pahamilah setiap kompetensi basic dan indikator yang dikaitkan dengan
tema.
3. Upayakan untuk meliputi kompetensi di sikap spiritual dan sikap
sosial di semua kegiatan pembelajaran. Pengajar diinginkan menjalankan
penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan
perilaku positif.
4. Dukunglah ketercapaian kompetensi di sikap spiritual dan sosial dengan
kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan Buku Pelajar
sesuai dengan halaman yang dimaksud.
6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar
sesuai tema pembelajaran. Lebih bagus lagi jikalau dilengkapi dengan kegiatan
pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu
pelajar. Misalnya, bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang,
menyanyikan lagu, menunjukkan gambar dan sebagainya. Demikian pun
di ketika menutup pembelajaran. Pemberian pengantar di setiap
perpindahan subtema dan tema menjadi faktor yang benar-benar urgen untuk
meningkatkan manfaat dan kesuksesan pendekatan tematik terpadu
yang diuraikan di buku ini.
7. Kembangkan ide-ide kreatif di memilih cara pembelajaran. Termasuk
di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi
kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya pelajar tak dapat mengamati
tanaman di luar kelas di ketika hujan).
8. Pilihlah beragam cara pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya
bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar,
dan sebagainya). Pemakaian beragam cara tersebut, selain melibatkan
pelajar secara seketika, diinginkan pun dapat melibatkan warga sekolah
dan lingkungan sekolah.
9. Kembangkanlah keterampilan berikut.
a. Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, tepat sasaran, dan menyenangkan (PAIKEM).
b. Keterampilan bertanya yang berorientasi di kemampuan berpikir
tingkat tinggi.
c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran.
d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
10. Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang terdapat di lingkungan
sekolah.
11. Di setiap semester terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema.
Setiap subtema diurai ke di 6 pembelajaran. Satu pembelajaran
dialokasikan untuk 1 hari.
12. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk di struktur kurikulum. Meskipun
demikian, alokasi waktu menurut mata pembelajaran hanyalah selaku pedoman
umum. Pengajar diinginkan menentukan sendiri alokasi waktu merujuk di
situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
13. Hasil unjuk kerja pelajar yang berupa karya dan bukti penilaian dapat berfungsi
selaku portofolio pelajar.
14. Buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai, selaku bahan untuk
menjalankan perbaikan di proses pembelajaran berikutnya. Misalnya
faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan bagus,
kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan
lebih lanjut.
15. Libatkan semua pelajar tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap pelajar cerdas
dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman mengenai
kecerdasan majemuk, gaya belajar pelajar, serta beragam faktor penyebab
efektivitas dan kesulitan belajar pelajar, benar-benar dibutuhkan.
16. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen pengajar untuk
mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kegiatan Bersama Orang Tua
Secara khusus, di setiap ahir pembelajaran di Buku Pelajar, terdapat kolom
untuk orang tua dengan subjudul ‘Kegiatan Bersama Orang Tua’. Kolom ini
berisi informasi mengenai aktivitas belajar yang dapat dilakukan pelajar bersama
orang tua di rumah. Orang tua diinginkan berdiskusi dan terlibat di
aktivitas belajar pelajar. Pengajar perlu membangun komunikasi dengan orang tua
sekaitan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua
dan pelajar di rumah.
Buku pengajar disusun selaku pemandu pemakaian buku teks pelajar di
lapangan. Dari yang dipahami bersama bahwa buku teks pelajar yang dengan menggunakan
aktivitas disusun selaku diantara penunjang penerapan Kurikulum 2013
yang disempurnakan, yang benar-benar mengedepankan pencapaian kompetensi
pelajar sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya selaku
diantara penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, pengajar
tak diinginkan menggunakan buku ini selaku satu-satunya buku panduan
yang menjadi rujukan di proses belajar mendidik di kelas. Isi dari Buku Pengajar
hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Pengajar
mempunyai keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang
sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pelajar. Pengajar pun tetap mesti membuka
dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep
penilaian dan pelaporan yang tak dapat diurai secara detil di buku ini.
Guna memperkaya pengetahuan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan
kehadiran buku-buku penunjang. Kalau perlu, dapat saja pengajar memanfaatkan
buku-buku KTSP yang telah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut
didesain selaku buku teks yang sarat bahan. Pengajar maupun peserta didik
pun dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk
ensiklopedia, beraneka buku yang membahas topik terkait pembelajaran,
majalah, surat kabar, dan sebagainya.
Buku ini dibangun dengan berlandaskan di Kompetensi Mendasar yang telah
disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah via proses
review, evaluasi, penyuntingan, dan memperoleh catatan serta saran-saran
perbaikan yang dilakukan bagus oleh penelaah maupun tim editor di bawah
pengawasan Kemendikbud.
Berbeda dengan Buku Pengajar sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud,
kalium ini Buku Pengajar tak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk
PPKn. Namun demikian, di kesehariannya pengajar tetap menjalankan proses
pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.
Penulis menyadari betul bahwa buku ini belum sempurna. Di kenyataan-
nya, buku ini ialah draft pertama-tama, dan masih akan disusul dengan draft
kedua, sebelum akhirnya dianggap sempurna di draft ketiga atau final.
Untuk mencapai salon tersebut, sesuai rencana Kemendikbud, dibutuhkan waktu
pada kurun waktu 3 (tiga) tahun.
Oleh karena itu, penulis benar-benar mengharapkan masukan untuk perbaikan
mengarah di kesempurnaan. Kritik dan saran-saran produktif dari pembaca
dan pengguna benar-benar kami nantikan untuk perbaikan di lama yang akan
datang.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/