Download Soal dan Kunci Jawaban Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4: Kewajiban dan Hakku Subtema 4: Kewajiban dan Hakku Sebagai Warga Negara Semester 1/Ganjil Kurikulum 2013/K13 Tahun Pelajaran 2019/2020
Seperti yang telah dimengerti dan dipahami bahwa penilaian harian (PH) yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik bagi mengukur pencapaian kompetensi basic (KD). Dengan menjalankan penilaian tersebut, pendidik akan mampu mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi peserta didik serta menggambarkan capaian hasil pembelajaran peserta didik dan mampu mengklasifikasi kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran, memberi pedoman untuk pendidik dan peserta didik pada meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui kekuatan dan kelemahan pada proses pembelajaran sehingga dapat dijadikan basic bagi pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Penilaian pada Kurikulum 2013 mempunyai karakteristik selaku berikut:
1. Belajar Tuntas
Ketuntasan Belajar adalah capaian minimal dari kompetensi setiap muatan pembelajaran yang mesti dikuasai peserta didik pada kurun waktu belajar tertentu. Ketuntasan aspek sikap (KI-1 dan KI-2) ditunjukkan dengan perilaku bagus peserta didik. Kalau perilaku peserta didik belum menunjukkan kriteria bagus karenanya dilakukan pemberian umpan balik dan pembinaan sikap secara seketika dan terus-menerus sehingga peserta didik menunjukkan perilaku bagus.
Ketuntasan belajar aspek pengetahuan (KI-3) dan keterampilan (KI-4) ditentukan oleh satuan pendidikan. Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kesempatan bagi perbaikan (remedial teaching), dan peserta didik tak diperkenankan melanjutkan pembelajaran kompetensi berikutnya sebelum kompetensi tersebut tuntas. Kriteria ketuntasan dijadikan referensi oleh pendidik bagi mengetahui kompetensi yang telah atau belum dikuasai peserta didik. Lewat cara tersebut, pendidik mengetahui sedini mungkin kesulitan peserta didik sehingga pencapaian kompetensi yang kurang optimal dapat segera diperbaiki.
2. Otentik
Penilaian dilakukan bagi mengukur pencapaian kompetensi secara holistik. Aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dinilai secara bersamaan sesuai dengan kondisi nyata. Penilaian dilaksanakan bagi mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik yang dikaitkan dengan situasi nyata bukan dunia sekolah. Oleh karena itu, pada menjalankan penilaian digunakan bermacam-macam format dan teknik penilaian. Penilaian otentik tak hanya mengukur apa yang dipahami oleh peserta didik, tetapi lebih menekankan mengukur apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
3. Berkesinambungan
Penilaian berkesinambungan dimaksudkan selaku penilaian yang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan dalam rentang waktu pembelajaran berlangsung. Tujuannya yaitu bagi memperoleh sekilas yang utuh mengenai perkembangan hasil belajar peserta didik, memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil terus menerus dengan menggunakan bermacam-macam format penilaian.
4. Menggunakan format dan teknik penilaian yang bervariasi
Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan menggunakan bermacam-macam teknik penilaian yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur atau dinilai. Berjenis-jenis sistem atau teknik penilaian dapat digunakan, seperti tes tertulis, tes lisan, penugasan, penilaian performa (praktik dan produk), penilaian proyek, portofolio, dan pengamatan atau observasi.
5. Menurut referensi kriteria
Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan menggunakan referensi kriteria. Kemampuan peserta didik tak diperbandingkan kepada kelompoknya, tetapi diperbandingkan kepada ketuntasan yang ditetapkan. Kriteria ketuntasan ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan dengan mempertimbangkan karekteristik peserta didik, karakteristik mata pembelajaran, dan kondisi satuan pendidikan.
Pada kurikulum 2013, konsep penilaian bagi memahami pembelajaran lewat kompetensi mengacu di 3 (tiga) hal yakni penilaian selaku pembelajaran (asessment as learning), penilaian bagi pembelajaran (asessment for learning) dan penilaian atas pembelajaran (asessment of learning). Ketiga hal ini mesti dilakukan oleh pendidik pada kegiatan penilaian.
Berikut yaitu kutipan dari Contoh Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 4 Semester 1/Ganjil K-13:
1. Memperoleh akses pendidikan yaitu adalah ….
a. Alternatif warga negara
b. Kewajiban warga negara
c. Hak warga negara
2. Diantara kewajiban kita selaku warga negara yang bagus yaitu ….
a. Belajar dengan giat
b. Kurang semangat bekerja
c. Hidup rukun hanya dengan warga yang beragama sama
3. Tolong-menolong antar umat beragama akan menghasilkan ….
a. Kerukunan
b. Kedisiplinan
c. Ketertiban
4. Ketika kita atau keluarga kita ada yang sakit, karenanya tempat yang mesti kita tuju yaitu ….
a. Rumah tetangga
b. Rumah sakit
c. Rumah kakek dan nenek
5. Supaya lingkungan kita tetap sejuk karenanya mesti ….
a. Memperbanyak penebangan pohon
b. Tertib pada menjaga kebersihan lingkungan
c. Membuang sampah di mana saja
8. Yang dimaksud dengan wawancara yaitu ….
a. Percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara sesama narasumber
b. Percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara sesama pewawancara
c. Percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara
9. Kepanjangan dari PUSKESMAS yaitu ….
a. Pusat medis masyarakat
b. Pusat keselamatan masyarakat
c. Pusat kerukunan seluruh masyarakat
10. Menaati segala aturan yang terdapat di sekolah termasuk kewajiban selaku ….
a. Warga sekolah
b. Pendidik
c. Pelajar yang baru masuk
15. Kita mesti bangga menjadi anak Indonesia. Rasa bangga tersebut dapat ditunjukkan dengan ….
a. Meniru budaya asing
b. Memakai produk pada negeri
c. Berlibur ke luar negeri
16. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas yaitu kewajiban ….
a. Sopir angkutan umum
b. Segala pengguna jalan
c. Orang dewasa
19. Diantara hak setiap warga negara yaitu ….
a. Ikut menjaga keamanan negara
c. Memperoleh tempat tinggal
d. Mematuhi aturan negara
20. Diantara ciri makanan sehat yaitu ….
a. Bergizi dan bersih
b. Diolah dari bahan-bahan seadanya
c. Rasanya amat manis
Berikut yaitu tautan Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 4 Semester 1/Ganjil K-13:
Download Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 4 Semester 1/Ganjil K-13 I pdf
Baca Pun
- Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 1 Semester 1/Ganjil K-13 Revisi 2018 Terbaru
- Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 2 Semester 1/Ganjil K-13 Revisi 2018 Terbaru
- Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 3 Semester 1/Ganjil K-13 Revisi 2018 Terbaru
- Kumpulan Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Tema 1 Kelas 3 SD/MI K13 Revisi 2018 Terbaru
- Kumpulan Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Tema 2 Kelas 3 SD/MI K13 Revisi 2018 Terbaru
- Kumpulan Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Tema 3 Kelas 3 SD/MI K13 Revisi 2018 Terbaru
- Soal dan Jawaban Tematik (PH) Kelas 1 SD/MI Tema 1,2,3,4 Semua Subtema K13 Semester 1 K-13 Revisi 2017 Terbaru
- Soal dan Jawaban Tematik (PH) Kelas 2 SD/MI Tema 1,2,3,4 Semua Subtema K13 Semester 1 K-13 Revisi 2017 Terbaru
Dipersilahkan bagi mendonwload file tersebut di tautan yang telah disediakan agar memperoleh informasi yang komplit dan utuh.
Demikian tulisan yang berjudul:
Soal-Jawab Siap PH/UH 1 Kelas 3 SD/MI Tema 4 Subtema 4 Semester 1/Ganjil K-13
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/