Halo rekan-rekan pendidik segala. Masih bertemu dengan kembali dengan blog  yang selalun update terkait dengan pendidikan. Di kesempatan yang bagus ini akan membagikan diantara fungsi bagi pendidik sasaran peserta Diklat PKP Tahun 2019 dengan Aplikasi Zonasi yaitu Jawaban LK. 4 Penilian Berorientasi HOTS. Mari lihat dulu di bawah ini.
 LK 4 PENILAIAN BERORIENTASI HOTS
 Tujuan Kegiatan :
 Penyususn Soal Berorientasi HOTS
 Langkah Kegiatan :
    
 1.       Buatlah penilaian pengetahuan dengan strategi selaku berikut:
 a.       Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pembelajaran yang diampu sesuai kompetensi mendasar mata pembelajaran yang telah ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
 b.      Buatlah soal di kartu soal yang terdapat, setiap peserta minimal membangun 1 (satu) soal alternatif ganda dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman, program (LK-4b) dan penalaran serta 1 (satu) soal uraian (LK-4c)! 
 c.       Anggota kelompok secara berpasangan menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang terdapat (LK-4d).
 2.       Presentasikan hasil kerja, peserta lain menyimak presentasi dengan cermat  bagi memberikan saran perbaikan!
 3.       Perbaiki hasil yang dibangun sesuai saran!
 
 LK.4A KISI-KISI PENULISAN SOAL
    
 Jenis sekolah                 : SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KARYAMUKTI   
 Jumlah soal                    : 2
 Mata pembelajaran             : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)                          
 Format soal/tes           : Uraian
 Penyusun                       : Yanti Parida, S.Pd.SD
 Alokasi waktu              : 120 Menit
 Kisi-Kisi Penulisan Soal
 2. KARTU SOAL
 LK.4B KARTU SOAL PILIHAN GANDA
   
 KARTU SOAL NOMOR 1  (PILIHAN GANDA)  Mata   Pembelajaran       : Ilmu   Pengetahuan Alam (IPA)                   Kelas/Semester     : IV / 1                                                               | |
 Kompetensi Basic  |  3.4 Menghubungkan gaya dan gerak   di peristiwa di lingkungan sekitar  | 
 Bahan   |  Format Tenaga dan Perubahannya  | 
 Indikator Soal  |  1.            Disajikan suatu cerita mengenai dua benda yang   dijatuhkan secara bersamaan, pelajar dapat menyimpulkan bahwa gaya berat   mempengaruhi kecepatan jatuhnya benda.  2.            Disajikan suatu cerita mengenai anak yang sedang bermain   kelereng, pelajar dapat menyimpulkan bagaimana gerak kelerang ketika diantara   kelereng menabrak kelereng lain yang diam.  | 
 Level Kognitif  |  L3  | 
 Soal  Ahmad dan Hanif sedang bermain   adu kelereng. Kelereng Hanif menabrak kelereng Ahmad yang sedang diam.   Kejadian  di bawah ini yang tak   mungkin terjadi yakni….   A. Kedua kelereng bergerak ke   arah yang berbeda   B. Kedua kelereng bergerak   bersama-sama   C. Kedua kelereng diam  D. Kelereng Hanif berbalik arah  | |
 Kunci Pedoman Penskoran
 NO  SOAL  |  KUNCI/KRITERIA JAWABAN  |  SKOR  | 
 1  |  C. Kedua   kelereng diam  |  1  | 
 Keterangan:                                                                                                                                
 Soal ini termasuk soal HOTS karena
 1.       dapat merangsang kemampuan berfikir tingkat tinggi
 2.       Proses aktivitas pada pembelajaran dilengkapi dengan kegiatan yang menarik
LK.4C KARTU SOAL URAIAN
 KARTU SOAL NOMOR 2  (URAIAN)  Mata   Pembelajaran       : Ilmu   Pengetahuan Alam (IPA)                   Kelas/Semester     : IV / 1                                                               | |
 Kompetensi Basic  |   3.4 Menghubungkan gaya dan gerak di   peristiwa di lingkungan sekitar  | 
 Bahan   |  Format Tenaga dan Perubahannya  | 
 Indikator Soal  |  1.            Disajikan suatu cerita mengenai dua benda yang   dijatuhkan secara bersamaan, pelajar dapat menyimpulkan bahwa gaya berat mempengaruhi   kecepatan jatuhnya benda.  2.            Disajikan suatu cerita mengenai anak yang sedang bermain   kelereng, pelajar dapat menyimpulkan bagaimana gerak kelerang ketika diantara   kelereng menabrak kelereng lain yang diam.  | 
 Level Kognitif  |  L3  | 
 Soal  Selembar kertas dijatuhkan   bersamaan dengan selembar kertas yang telah diremas. Kertas mana yang akan   jatuh ke lantai terlebih dahulu? Jelaskan!  | |
 Kunci Pedoman Penskoran
LK-4d Format Telaah Soal
 INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
 BENTUK TES PILIHAN GANDA
 Nama Pengembang Soal                                                              : 
 Mata Pembelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema             : IPA
 Kls/Prog/Peminatan                                                                    : IV
 Isilah tanda ceklist (v) di kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) di kolom  butir soal bila soal tersebut tak memenuhi kaidah.
 No.  |  Aspek yang    ditelaah  |  Butir Soal  | 
 1  | ||
 A.  |  Bahan  | |
 1.            |  Soal sesuai Kompetensi   Basic (KD)  |  V  | 
 2.            |  Soal   sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)  |  V  | 
 3.            |  Soal   tak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi,   Politik, Propaganda, dan Kekerasan).  |  V  | 
 4.            |  Soal menggunakan stimulus   yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia   nyata)*  |  V  | 
 5.            |  Soal menggunakan stimulus   yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik bagi membaca).  |  V  | 
 6.            |  Soal menggunakan stimulus   yang mendorong peserta didik bagi mengerjakan sesuatu).  |  V  | 
 7.            |  Soal   mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta).   Sebelum menentukan alternatif, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan   tertentu.  |  V  | 
 8.            |  Jawaban tersirat di stimulus  |  V  | 
 B.  |  Konstruksi  | |
 1.            |  Utama   soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.  |  V  | 
 2.            |  Rumusan   utama soal dan alternatif jawaban adalah pernyataan yang diperlukan saja.  |  V  | 
 3.            |  Utama   soal tak memberi pedoman kunci jawaban.  |  V  | 
 4.            |  Utama   soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.  |  V  | 
 5.            |  Alternatif   jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi bahan.  |  V  | 
 6.            |  Gambar,   grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.  |  V  | 
 7.            |  Panjang   alternatif jawaban relatif sama.  |  V  | 
 8.            |  Alternatif   jawaban tak menggunakan pernyataan “segala jawaban di atas salah/benar” dan   sejenisnya.  |  V  | 
 9.            |  Alternatif   jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun menurut urutan besar kecilnya   angka atau kronologisnya.  |  V  | 
 10.      |  Butir   soal tak bergantung di jawaban soal sebelumnya.  |  V  | 
 C.  |  Bahasa  | |
 1.            |  Menggunakan bahasa yang   sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, bagi bahasa daerah dan bahasa asing   sesuai kaidahnya.  |  V  | 
 2.            |  Tak menggunakan bahasa yang   berlaku setempat/tabu.  |  V  | 
 3.            |  Soal menggunakan kalimat yang   komunikatif.  |  V  | 
 Cibalong,   Oktober 2019
 Penelaah
 DIAN, S.Pd
 Format Telaah Soal Uraian
 INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
 BENTUK TES URAIAN
 Nama Pengembang Soal                                                : YANTI PARIDA, S.Pd.SD
 Mata Pembelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema             : IPA
 Kelas/Program/Peminatan                                             : IV
 Isilah tanda ceklist (v) di kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) di kolom butir soal bila soal tersebut tak memenuhi kaidah.
 R 3 RUBRIK PENGEMBANGAN SOAL HOTS
 Rubrik ini digunakan fasilitator bagi menilai hasil karya pengembangan butir Soal USBN
 Langkah-Langkah Hasil Kajian
- Cermati fungsi yang diberikan kepada peserta pelatihan di LK-3!2. Berikan nilai menurut penilaian kamu kepada hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
 
 Kriteria Penilaian:
 1.         Merumuskan indikator soal dengan tepat.
 2.         Menuliskan soal sesuai indikator soal.
 3.         Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
 4.         Menuliskan soal alternatif ganda sesuai kriteria soal HOTS.
 5.         Menuliskan kunci jawaban alternatif ganda dengan tepat.
 6.         Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal HOTS.
 7.         Menuliskan kunci jawaban uraian dengan tepat.
 Rubrik Penilaian :
 Selengkapnya silahkan ambil filenya di link di bawah ini !
Unduh Jawaban LK 4 Penilaian Berorientasi HOTS Tugas Diklat PKB Melui PKP Berbasis Zonasiif
 Menuju Link Berikut :
- Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019
 - Jadawan LK 2 ANALISIS UNIT PEMBELAJARAN
 - Jawaban LK 3 Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran Tugas In 2 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi
 
Demikianlah yang dapat saya share semoga menolong Bapak Ibu pada menjalankan fungsi di Diklat PKB lewat PKP Dengan menggunakan Zonasi.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/