Halo rekan-rekan pendidik segala. Masih bertemu dengan kembali dengan blog yang selalun update terkait dengan pendidikan. Di kesempatan yang bagus ini akan membagikan diantara fungsi bagi pendidik sasaran peserta Diklat PKP Tahun 2019 dengan Aplikasi Zonasi yaitu Jawaban LK. 4 Penilian Berorientasi HOTS. Mari lihat dulu di bawah ini.
LK 4 PENILAIAN BERORIENTASI HOTS
Tujuan Kegiatan :
Penyususn Soal Berorientasi HOTS
Langkah Kegiatan :
1. Buatlah penilaian pengetahuan dengan strategi selaku berikut:
a. Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pembelajaran yang diampu sesuai kompetensi mendasar mata pembelajaran yang telah ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b. Buatlah soal di kartu soal yang terdapat, setiap peserta minimal membangun 1 (satu) soal alternatif ganda dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman, program (LK-4b) dan penalaran serta 1 (satu) soal uraian (LK-4c)!
c. Anggota kelompok secara berpasangan menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang terdapat (LK-4d).
2. Presentasikan hasil kerja, peserta lain menyimak presentasi dengan cermat bagi memberikan saran perbaikan!
3. Perbaiki hasil yang dibangun sesuai saran!
LK.4A KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah : SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KARYAMUKTI
Jumlah soal : 2
Mata pembelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Format soal/tes : Uraian
Penyusun : Yanti Parida, S.Pd.SD
Alokasi waktu : 120 Menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
2. KARTU SOAL
LK.4B KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL NOMOR 1 (PILIHAN GANDA) Mata Pembelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas/Semester : IV / 1 | |
Kompetensi Basic | 3.4 Menghubungkan gaya dan gerak di peristiwa di lingkungan sekitar |
Bahan | Format Tenaga dan Perubahannya |
Indikator Soal | 1. Disajikan suatu cerita mengenai dua benda yang dijatuhkan secara bersamaan, pelajar dapat menyimpulkan bahwa gaya berat mempengaruhi kecepatan jatuhnya benda. 2. Disajikan suatu cerita mengenai anak yang sedang bermain kelereng, pelajar dapat menyimpulkan bagaimana gerak kelerang ketika diantara kelereng menabrak kelereng lain yang diam. |
Level Kognitif | L3 |
Soal Ahmad dan Hanif sedang bermain adu kelereng. Kelereng Hanif menabrak kelereng Ahmad yang sedang diam. Kejadian di bawah ini yang tak mungkin terjadi yakni…. A. Kedua kelereng bergerak ke arah yang berbeda B. Kedua kelereng bergerak bersama-sama C. Kedua kelereng diam D. Kelereng Hanif berbalik arah |
Kunci Pedoman Penskoran
NO SOAL | KUNCI/KRITERIA JAWABAN | SKOR |
1 | C. Kedua kelereng diam | 1 |
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1. dapat merangsang kemampuan berfikir tingkat tinggi
2. Proses aktivitas pada pembelajaran dilengkapi dengan kegiatan yang menarik
LK.4C KARTU SOAL URAIAN
KARTU SOAL NOMOR 2 (URAIAN) Mata Pembelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas/Semester : IV / 1 | |
Kompetensi Basic | 3.4 Menghubungkan gaya dan gerak di peristiwa di lingkungan sekitar |
Bahan | Format Tenaga dan Perubahannya |
Indikator Soal | 1. Disajikan suatu cerita mengenai dua benda yang dijatuhkan secara bersamaan, pelajar dapat menyimpulkan bahwa gaya berat mempengaruhi kecepatan jatuhnya benda. 2. Disajikan suatu cerita mengenai anak yang sedang bermain kelereng, pelajar dapat menyimpulkan bagaimana gerak kelerang ketika diantara kelereng menabrak kelereng lain yang diam. |
Level Kognitif | L3 |
Soal Selembar kertas dijatuhkan bersamaan dengan selembar kertas yang telah diremas. Kertas mana yang akan jatuh ke lantai terlebih dahulu? Jelaskan! |
Kunci Pedoman Penskoran
LK-4d Format Telaah Soal
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal :
Mata Pembelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : IPA
Kls/Prog/Peminatan : IV
Isilah tanda ceklist (v) di kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) di kolom butir soal bila soal tersebut tak memenuhi kaidah.
No. | Aspek yang ditelaah | Butir Soal |
1 | ||
A. | Bahan | |
1. | Soal sesuai Kompetensi Basic (KD) | V |
2. | Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK) | V |
3. | Soal tak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi, Politik, Propaganda, dan Kekerasan). | V |
4. | Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)* | V |
5. | Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik bagi membaca). | V |
6. | Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik bagi mengerjakan sesuatu). | V |
7. | Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan alternatif, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu. | V |
8. | Jawaban tersirat di stimulus | V |
B. | Konstruksi | |
1. | Utama soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas. | V |
2. | Rumusan utama soal dan alternatif jawaban adalah pernyataan yang diperlukan saja. | V |
3. | Utama soal tak memberi pedoman kunci jawaban. | V |
4. | Utama soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda. | V |
5. | Alternatif jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi bahan. | V |
6. | Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi. | V |
7. | Panjang alternatif jawaban relatif sama. | V |
8. | Alternatif jawaban tak menggunakan pernyataan “segala jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya. | V |
9. | Alternatif jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun menurut urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya. | V |
10. | Butir soal tak bergantung di jawaban soal sebelumnya. | V |
C. | Bahasa | |
1. | Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, bagi bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya. | V |
2. | Tak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu. | V |
3. | Soal menggunakan kalimat yang komunikatif. | V |
Cibalong, Oktober 2019
Penelaah
DIAN, S.Pd
Format Telaah Soal Uraian
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal : YANTI PARIDA, S.Pd.SD
Mata Pembelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : IPA
Kelas/Program/Peminatan : IV
Isilah tanda ceklist (v) di kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) di kolom butir soal bila soal tersebut tak memenuhi kaidah.
R 3 RUBRIK PENGEMBANGAN SOAL HOTS
Rubrik ini digunakan fasilitator bagi menilai hasil karya pengembangan butir Soal USBN
Langkah-Langkah Hasil Kajian
- Cermati fungsi yang diberikan kepada peserta pelatihan di LK-3!2. Berikan nilai menurut penilaian kamu kepada hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1. Merumuskan indikator soal dengan tepat.
2. Menuliskan soal sesuai indikator soal.
3. Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
4. Menuliskan soal alternatif ganda sesuai kriteria soal HOTS.
5. Menuliskan kunci jawaban alternatif ganda dengan tepat.
6. Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal HOTS.
7. Menuliskan kunci jawaban uraian dengan tepat.
Rubrik Penilaian :
Selengkapnya silahkan ambil filenya di link di bawah ini !
Unduh Jawaban LK 4 Penilaian Berorientasi HOTS Tugas Diklat PKB Melui PKP Berbasis Zonasiif
Menuju Link Berikut :
- Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019
- Jadawan LK 2 ANALISIS UNIT PEMBELAJARAN
- Jawaban LK 3 Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran Tugas In 2 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi
Demikianlah yang dapat saya share semoga menolong Bapak Ibu pada menjalankan fungsi di Diklat PKB lewat PKP Dengan menggunakan Zonasi.
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/