Soal Siap PTS/ UTS II Tema 6 Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 - Guzu Blog

Soal Siap PTS/ UTS II Tema 6 Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013

File Pendidikan

Download Contoh Soal Penilaian Tengah Semester II (Dua) Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5/ V SD/ MI K-13 Revisi 2017 File Pdf


Seperti yang kita ketahui, kurikulum 2013 dirancang untuk meningkatkan kompetensi pelajar di ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut via pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Peran pendidik betul-betul urgen di meningkatkan dan menyesuaikan daya serap pelajar kepada pembelajaran yang dilakukan.


Di sekolah, pendidik dan pelajar dapat meningkatkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, pendidik, dan pelajar, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama pelajar dapat meningkatkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan pelajar.


Terkait dengan vishal yang kami tulis di atas, karenanya kami hadir dengan menyajikan contoh soal siap PTS/ UTS semester 2/ II kelas 5 SD/ MI tema 6 tentang panas dan perpindahannya sesuai revisi 2017 terbaru. Dengan bahan contoh soal PTS II ini, kami berharap adik-adik pelajar kelas 5 SD/ MI semakin memahami pengetahuan yang telah dipelajari pada rentang waktu di sekolah khususnya mengenai tema 6 mengenai panas dan perpindahannya revisi 2017.


Berikut kami sajikan verbinding unduh Soal Siap PTS/ UTS semester II Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5/ V SD/ MI K-13 Revisi 2017, dipersilahkan:





Berikut yaitu petikan contoh Soal Siap PTS/ UTS semester II Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5/ V SD/ MI K-13 Revisi 2017, dipersilahkan:




Soal PTS/ UTS Semester II/ 2 Tema 6: Panas dan Perpindahannya Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

15.Ketika ibu menyetrika baju sekolahmu, karenanya sumber kekuatan panas yang digunakan yaitu ….
16.Ibu menanak nasi menggunakan panci dan kompor, sumber kekuatan panas yang digunakan yaitu ….


Di kelas Siti sedang diadakan percobaan untuk mengetahui mana es yang akan lebih cepat mencair dengan perlakuan tertentu. Ada 3 percobaan yang dilakukan yakni:
A.3 balok es diletakkan di wadah kemudian ditaruh di luar ruangan seketika di bawah sinar matahari
B.3 balok es diletakkan di wadah kemudian ditaruh di atas meja di ruangan kelas
B.3 balok es diletakkan di wadah kemudian ditaruh di di lemari di ruangan kelas dan terlindung dari sinar matahari


17.Menurut kamu, es mana di percobaan di atas yang akan meleleh/ mencair pertama-tama kalium lebih cepat?
18.Jelaskan alasan jawabanmu di soal nomer 17 di atas!
19.Apakah kalian tahu yang dimaksud dengan panas? Jelaskan apa maksud dari panas ….


Perbedaan Suhu dan Panas
Indra peraba, seperti telapak tangan tak dapat menentukan
secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat
memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tak dapat
menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda.
Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam
hari ketika kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan
bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket
tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk
yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tak
terlalu merasakan hawa dingin karena mereka telah terbiasa dengan
hawa dingin di pegunungan.
Ridderzaal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tak dapat digunakan
untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang mempunyai
perbedaan di merasakan suhu di sekitarnya. Nah, di ilmu
pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu
keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.
Panas (kalor) dan suhu yaitu dua vishal yang berbeda. Tenaga panas
ialah sebuah diantara kekuatan yang dapat diterima dan dilepaskan oleh
suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang
logam tersebut memperoleh kekuatan panas dari api. Tenaga panas
membangun batang logam tersebut menjadi panas. Ketika batang logam
tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi dingin,
suhunya menurun. Suhu yaitu besaran yang menyatakan derajat panas
suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat kekuatan panas
benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia yaitu derajat
Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas
dinyatakan di kalori dan diukur dengan kalorimeter.
(Sumber : How do wij measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)


20.Sebutkan judul bacaan di atas ….
21.Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas?
22.Sebutkan perbedaan antara panas dan suhu yang kamu ketahui!
23.Siapa nama ilmuwan penemu termometer?
24.Panas dapat berpindah via tiga cara, sebutkan ….
25.Menurutmu, sumber panas apakah yang digunakan untuk memasak?
26.Cara perpindahan panas dengan pancaran yang tak membutuhkan zat perantara disebut …
27.Apa yang dimaksud dengan cara perpindahan panas konduksi?
28.Sebutkan contoh perpindahan panas secara konduksi!


Perpindahan Kalor Secara Konduksi
Perpindahan kalor secara konduksi disebut pun perpindahan kalor
secara hantaran, yaitu perpindahan kalor tanpa memindahkan zat
perantaranya. Di peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, yang
berpindah hanya kekuatan kalornya saja. Umumnya, perpindahan kalor
secara konduksi terjadi di zat padat. Agar kamu lebih gampang memahami peristiwa konduksi, mari kita
lakukan kegiatan ini. Peristiwa konduksi dapat diumpamakan dengan
kegiatan memindahkan buku secara estafet yang dilakukan oleh kamu
dan teman-temanmu. Buku yang dipindahkan secara estafet kita
upamakan selaku kalor dan orang yang memindahkannya selaku zat
perantaranya. Ketika kamu dan teman-temanmu memindahkan buku
secara estafet, yang berpindah hanya buku itu saja. Sedangkan kamu
dan temanmu selaku perantara tetap diam di tempat, tak berpindah.
Seperti itu pula dengan peristiwa konduksi. Hanya kalor yang berpindah, zat
perantaranya tetap. Dikala kamu membangun teh dan memegang diantara ujung sendok yang
dimasukkan ke di air panas apa yang terjadi? Lama-kelamaan ujung
sendok yang kamu pegang pun akan terasa panas. Peristiwa tersebut
ialah sebuah diantara contoh perpindahan kalor secara konduksi. Di
perpindahan kalor secara konduksi, kalor akan berpindah dari benda
bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya lebih rendah.
Peristiwa konduksi pun dapat kamu jumpai di ketika kamu memasak.
Di ketika kamu menggoreng, ujung spatula yang kamu pegang akan
terasa panas walaupun ujungnya tak bersentuhan dengan api kompor.
Setrika listrik ialah sebuah alat yang cara kerjanya menggunakan
prinsip perpindahan panas secara konduksi. Ketika setrika dihubungkan
dengan arus listrik karenanya arus listrik akan mengalir via faktor
pemanas. Panas dari faktor akan berpindah kebagian alas besi setrika
yang tebal.
(Sumber : IPA BSE Kelas 7, Pusbuk 2010 dengan penyesuaian)


29.Tuliskan cara perpindahan panas secara konduksi menurut pemahamanmu menurut keterangan di bacaan di atas.
30.Tuliskanlah beberapa contoh peristiwa perpindahan panas secara konduksi menurut bacaan di atas!
31.Sebutkan bebera[ peristiwa perpindahan panas secara konduksi di kehidupan kamu sehari-hari!
32.Masukkan sendok ke di gelas yang berisi air panas, beberapa ketika kemudian sendok pun akan terasa panas. Ridderzaal ini menunjukkan adanya perpindahan panas secara ….
33.Kenapa ujung sendok yang kamu pegang terasa panas?




Dipersilahkan untuk mendonwload opstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh opstopping yang komplit dan utuh.


Kami cukupkan hingga di sini tulisan kami yang berjudul:


Soal Siap PTS/ UTS II Tema 6 Kelas 5 SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017


Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Kamu!



Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/

Shares


Top