Download Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II PPKn SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013
Salam informasi dan pendidikan untuk kita semuanya. Di kesempatan kalium ini kami menyajikan tulisan yang berjudul Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019. Contoh soal ini kami tujukan bagi peserta didik yang sedang mencari bahan belajar selaku persiapan menuju UKK/ UAS/ PAS semester 2 khusus mapel PPKn di tahun ajaran 2018/ 2019 ini.
Seperti yang telah dimengerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yakni diantara mata pembelajaran wajib untuk tahapan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. PKKn dirancang untuk menghasilkan pelajar yang mempunyai keimanan dan akhlak mulia dari yang diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga dapat berperan selaku warga negara yang tepat sasaran dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh meliputi Pancasila, Undang-Undang Basic Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.
Secara umum tujuan mata pembelajaran PPKn di tahapan pendidikan mendasar dan menengah yaitu meningkatkan potensi peserta didik di seluruh dimensi kewarganegaraan, yakni : (1) sikap kewarganegaraan termasuk keteguhan, komitmen, dan tanggung jawab kewarganegaraan (civil confidence, civil committment, and civil responsibility); (2) pengetahuan kewarganegaraan (civil knowledge); (3) keterampilan kewarganegaraan termasuk kecakapan dan partisipasi kewarganegaraan (civil competence and civil responsibility).
Baiklah, seperti yang telah kami sampaikan di awal tulisan ini terkait contoh soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019, berikut kami sajikan contoh soal UKK yang telah diujikan di tahun lalu. Dengan adanya contoh soal UKK mapel PPKN ini diinginkan peserta didik akan lebih giat di belajar dan mampu mengetahui ilustrasi mengenai jenis soal UKK mapel PPKn.
Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 /II PPKn SMP/MTs Kelas 7 Kurikulum 2013 Tahun 2019:
Baca Pun
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Prakarya SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PJOK SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Matematika SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPS SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 IPA SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Jawa SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PAI SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 K13
- Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 8 K13
Berikut yaitu kutipan dari Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 7 K13 Tahun 2019 tersebut:
6. Struktur masyarakat Indonesia menurut Syarif Moeis (2008) ditandai dengan dua ciri yaitu secara vertikal dan secara horizontal. Termasuk di keberagaman anatrgolongan di Indonesia secara veertikal antara lain adanya ….
a.golongan tingkat pendidikan kelas tinggi, kelas menengah dan kelas rendah
b.perbedaaan lapisan atas dan poetslap[isan bawah yang lumayan tajam
c.bermacam-macam parpol yanga da di Indonesia
d.perbedaan-perbedaan suku bangsa, agama, adat istiadat, dan kedaerahan
9. Kebragaman bangsa Indonesia tampak di seni selaku hasil kebudayaan daerah di Indonesia. Upaya yang dapat kita lakukan agar keberagaman di Indonesia tak menimbulkan perpecahan bangsa, antara lain dilakukan dengan ….
a.tak menonjolkan perbedaan tetapi mencari persamaan di pergaulan
b.mengedepankan persamaan hobby antara warha negara Indonesia
c.mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan/ kelompok
d.saling menghormati apabila mempunyai persamaan suku dan agama
11. Indonesia terdiri dari beraneka ragam agama. Agar terbina kerukunan antar umat beragama karenanya mesti dikembangkan sikap saling menghargai dengan cara ….
a.tak peduli dengan urusan agama orang lain
b.mengikuti ibdah agama orang lain
c.beribadah bersama dengan pemeluk agama lain
d.tak mengganggu apabila orang lain sedang beribadah
15. Landasan ideologi kehidupan sosila politik Indonesia terdapat di Pancasila terutama sila ….
a.Ketuhanan Yang Maha Esa
b.Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
c.Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat kebijaksanaan di permusyawaratan perwakilan
d.Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
23. Ikut berpartisipasi di kegiatan siskamling yaitu contoh wujud dan pembelaan negara di lingkungan ….
a.keluarga
b.sekolah
c.negara
d.masyarakat
34. Proklamasi yakni pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial dan diganti dengan hukum nasional yaitu lahirnya NKRI yakni makna Proklamasi Kemerdekaan dari aspek ….
a.historis
b.sosiologis
c.politis
d.hukum
Dipersilahkan untuk mendonwload verkeersopstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh isi verkeersopstopping yang komplit dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini tulisan kami yang berjudul:
Soal Siap UAS/PAS/UKK Semester 2 PPKn SMP/MTs Kelas 7 K13
Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Sobat!
Berikut kami tuliskan mengenai Ruang Lingkup Mata Pembelajaran PPKn
Dengan perubahan mata pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menjadi
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), karenanya ruang lingkup PPKn
meliputi hal-hal selaku berikut.
a. Pancasila, selaku Basic Negara, ideologi nasional, dan pandangan hidup
bangsa.
b. Undang-Undang Basic Negara Republik Indonesia Tahun 1945, selaku hukum
mendasar tertulis yang menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
c. Negara Kesatuan Republik Indonesia, selaku kesepakatan final format Negara
Republik Indonesia.
d. Bhinneka Tunggal Ika, selaku wujud filosofi kesatuan yang melandasi dan
mewarnai keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Ruang lingkup bahan PPKn di SMP/MTs kelas VII, yaitu selaku berikut.
a. Perumusan dan Penetapan Pancasila selaku Basic Negara.
b. Norma-Norma di kehidupan bermasyarakat.
c. Sejarah perumusan dan pengesahan Undang-Undang Basic Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
d. Keberagaman Suku, agama, ras, dan antargolongan di bingkai Bhinneka
Tunggal Ika.
e. Kerjasama di beragam bidang kehidupan.
f. Karakteristik tempat tinggal di kerangka NKRI.
KI dan KD Mata Pembelajaran PPKn
1. Kompetensi Inti
Mata pembelajaran PPKn untuk SMP/MTs kelas VII mempunyai empat kompetensi inti dan
24 kompetensi mendasar. Ridderzaal ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yaitu adanya
konsep kompetensi inti.
Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya masing-masing, yaitu :
a. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
b. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
c. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
d. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
KI 1, KI 2, dan KI 4 mesti dikembangkan dan ditumbuhkan via proses
pembelajaran setiap bahan utama yang tercantum di KI 3. Adapun KI 1 dan KI
2 tak diajarkan seketika (meteen teaching), tetapi zijdelings teaching di setiap kegiatan
pembelajaran.
Kompetensi Inti PPKn Kelas VII :
Kompetensi Inti 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Inti 2 :
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, di berinteraksi secara tepat sasaran dengan lingkungan
sosial dan alam di jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut
rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Inti 4 :
Mencoba, mengolah, dan menyaji di ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan mendesain) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama di sudut pandang/teori.
2. Kompetensi Basic (KD)
Tabel 1.1 Kompetensi Inti dan Kompetensi Basic PPKn Kelas VII
Kompetensi Inti (KI) | Kompetensi Basic (KD) |
---|---|
KI 1 (Sikap Spiritual)1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. | 1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri negara di merumuskan dan menetapkan Basic Negara Pancasila. 1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku di kehidupan bermasyarakat selaku anugerah Tuhan yang Maha Esa. 1.3 Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Basic Negara Republik Indonesia Tahun 1945 selaku format sikap beriman. 1.4 Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan di bingkai Bhinneka Tunggal Ika selaku sesama ciptaan Tuhan. 1.5 Mensyukuri makna kerja sama di beragam bidang kehidupan di masyarakat. 1.6 Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya di kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia selaku anugerah Tuhan Yang Maha Esa. |
KI 2 (Sikap Sosial)2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri di berinteraksi secara tepat sasaran dengan lingkungansosial dan alam di jangkauan pergaulan dan keberadaannya. | 2.1 Memajukan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen selaku warga negara indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara di perumusan dan penetapan Pancasila selaku mendasar negara. 2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku di kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan. 2.3 Memajukan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang- Undang Basic Republik Indonesia Tahun1945. |
2.4 Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan di bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 2.5 Mendukung bentuk-bentuk kerja sama di beragam bidang kehidupan di masyarakat. 2.6 Bersikap antusias kepada persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya. | |
KI 3 (Pengetahuan)3. Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. | 3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila selaku Basic Negara. 3.2 Memahami norma-norma yang berlaku di kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan. 3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-undang Basic Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan di bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama di beragam bidang kehidupan di masyarakat. 3.6 Mengasosiasikan karakteristik daerahdalam kerangka Negara Kesatuan RepublikIndonesia. |
Keterangan Langkah Pembelajaran PPKn
LangkahPembelajaran | Keterangan Kegiatan | Wujud Hasil Belajar |
---|---|---|
Mengamati (observing) | Mengamati dengan indra (membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat. | Perhatian di waktu mengamati suatu objek/ membaca suatu tulisan/ mendengar suatu penjelasan, catatan yang dibangun mengenai yang diamati, kesabaran, waktu (on task) yang digunakan untuk mengamati. |
Menanya (questioning) | Mendesain dan mengajukan pertanyaan, tanya jawab, berdiskusitentang informasi yang belum dimengerti, informasi tambahan yang ingin dimengerti, atau selaku klarifikasi. | Jenis, kualitas, dan jumlah pertanyaan yang diajukan peserta didik (pertanyaan faktual, konseptual, prosedural, dan hipotetik). |
Mengumpulkan informasi/ mencoba (experimenting) | Mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, meniru format/gerak, menjalankan eksperimen, membaca sumber lain selain bukuteks, mengumpulkan gegevens dari nara sumber via angket, wawancara, dan memodifikasi/menambahi/ meningkatkan. | Jumlah dan kualitas sumber yang dikaji/ digunakan, kelengkapan informasi, validitas informasi yang dikumpulkan, dan instrumen/alat yang digunakan untuk mengumpulkan gegevens. |
Menalar/ Mengasosiasi (associating) | Mengolah informasi yang telah dikumpulkan, menganalisis gegevens di format mendesain kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/ informasi yang terkait di rangka menemukan. | Memajukan interpretasi, argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan informasidari dua fakta/konsep, interpretasi argumentasi dan kesimpulan mengenai keterkaitan lebih dari dua. |
Mengomunikasikan | Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan menurut hasil analisa secara lisan, tertulis, atau media lainnya. | Memajukan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengansingkat dan jelas, dan meningkatkan kemampuan berbahasa yang bagus dan benar. |
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/